2 Cara Edit Jedag Jedug di Capcut yang Harus Kalian Coba!

Aplikasi edit foto dan video mulai populer Sejak meroketnya media sosial seperti TikTok dan Instagram, aplikasi yang bermunculan pun beragam, ada yang berbayar ada juga yang bisa digunakan secara gratis. Salah satunya adalah CapCut, aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk edit video baik short ataupun video durasi panjang. Mungkin sebagian orang belum mengetahui aplikasi ini, pada artikel ini kami akan membahas apa itu capcut, fitur didalamnya, serta cara edit jedag jedug di capcut.

cara edit jedag jedug di capcut

Apa itu CapCut?

Sebagian besar desainer dan konten creator menggunakan photoshop atau filmora untuk edit foto dan video, menggunakan software tersebut tentunya harus lewat laptop karena sampai saat ini belum tersedia versi mobile, lantas bagaimana dengan content creator yang tidak memiliki laptop atau PC? CapCut bisa menjadi salah satu solusi yang tepat, dengan aplikasi ini Anda bisa edit video dengan mudah dimana saja dan kapan saja.

Baca juga: hp mati sendiri

Awalnya CapCut bernama Viamaker yang secara khusus digunakan untuk edit video short, kemunculan via maker tidak berhasil menempati peringkat strategis di market aplikasi. Sehingga developer memutuskan memperbarui via maker mulai dari fitur, menu, hingga nama diubah menjadi CapCut.

CapCut menjadi salah satu cara edit jedag jedug di capcut favorit setiap orang, bahkan banyak digunakan oleh para youtuber terkenal untuk membuat konten. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur gratis, beragam pilihan effect, sehingga akan membuat konten Anda indah dan menarik.

Tidak hanya itu, interface aplikasi CapCut juga sangat mudah dipahami. Tak heran jika aplikasi ini berhasil menempati tempat teratas di Google Play Store karena banyaknya pengguna yang telah mengunduh dan menggunakan aplikasi ini.

Baca Juga:  2 Cara edit Video Tiktok yang Paling Menarik

Jadi, Anda tidak perlu mahir dalam editing atau mempunyai kemampuan yang mumpuni, karena didalam aplikasi sudah tersedia template yang sangat banyak dan indah. Secara umum ada 2 cara editing di CapCut, yakni dengan cara otomatis (menggunakan template) atau cara manual (tanpa template). Berikut penjelasannya:

Menggunakan Template

Bagi Anda editor pemula yang ingin edit cepat tanpa harus atur ini itu, menggunakan template bisa menjadi solusi yang tepat. Jadi, template dimaksudkan sebagai video yang sudah jadi, hanya saja Anda perlu memasukkan foto atau video yang Anda suka, selain itu tidak ada pengaturan lain yang perlu disesuaikan.

aplikasi CapCut ini menyediakan banyak sekali template yang lengkap dengan audio dan bisa digunakan dengan gratis cara edit jedag jedug di capcut juga sangat mudah. Namun, jika Anda tertarik menikmati template atau fitur premium CapCut sebaiknya mengunduh versi premium atau berbayar yang bisa secara langsung diunduh di Play Store.

Tanpa Menggunakan Template (New Project)

Fitur new project ini digunakan untuk edit video dari 0, artinya Anda perlu membuat template dan desain video sendiri, dalam fitur ini biasanya menggunakan beberapa tools umum di Capcut, antara lain:

cara edit jedag jedug di capcut

  • Tools Edit

Tools edit biasanya digunakan untuk mengatur ukuran video, menghapus background, menambahkan animasi, membuat stabil video dan dan masih banyak pengaturan lainnya yang bisa Anda temukan di dalam tools ini.

  • Tools Audio

Tools ini digunakan untuk menambahkan musik atau audio kedalam video yang sudah Anda edit, audio tersebut bisa berasal dari perangkat internal yang Anda gunakan atau dari tiktok langsung. Biasanya editor lebih memilih menggunakan audio tiktok karena lebih trend dan pilihan tak terbatas.

  • Tools Text
Baca Juga:  Tips dan Cara Edit Foto Aesthetic

Tools ini bisa Anda manfaatkan untuk menambahkan tulisan didalam video. Tools text ini sangat lengkap mulai dari jenis font, warna, ukuran hingga desain text menarik yang bisa Anda gunakan.

  • Tools Effect

Tools ini dapat digunakan untuk menambahkan efek pada video Anda. Ada dua efek yang bisa Anda pilih, yakni efek video dan efek tubuh. CapCut juga sudah menyediakan template epek yang tinggal Anda pilih dengan gratis.

  • Tools Filter

Filter banyak digunakan untuk memperindah hasil edit sebuah video, di dalam aplikasi ini tools filter biasanya digunakan untuk menambah kecerahan sebuah video agar terlihat lebih menarik dan jelas.

Cara Edit Jedag Jedug di Capcut Keren Dengan Mudah dan Simple

Video jedag jedug adalah sebuah jenis video trend yang umumnya menggunakan musik DJ sebagai audio utama. Nantinya, sebuah video akan ditambahkan transisi-transisi keren yang akan mengikuti alunan audio tersebut. Di Dalam transisi inilah akan ditambahkan berbagai macam efek sesuai dengan keinginan editor. 

Sehingga efek audio bisa berubah-ubah tergantung nada alunan musik yang digunakan. Video jedag jedug sangat populer dikalangan anak muda, dan hampir 80 persen menghiasi media sosial seperti TikTok, Snack Video dan media sosial lainnya. Sehingga tak heran jika banyak anak muda yang masih pennasan cara edit jedag jedug di CapCut.

cara edit jedag jedug di capcut

Banyak aplikasi yang difungsikan untuk membuat video jedag jedug, saat in CapCut masih menempati peringkat teratas aplikasi jedad jedug terlaris. Berikut cara edit jedag jedug di CapCut:

  • Langkah pertama, pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi CapCut di Google Play Store atau App Store. Kemudian, siapkan foto atau video yang akan di edit. Dan pastikan sudah menyediakan audio DJ yang akan digunakan.
  • Jika semua bahan sudah siap, buka CapCut dan klik ‘Proyek Baru’. Kemudian tambahkan foto atau video yang akan diedit dan masukkan juga audio yang sudah disiapkan sebelumnya atau bisa juga langsung mencari dari tiktok. Lalu, tekan ‘Edit’ untuk mengubah video menjadi jedag-jedug.
  • Cara edit jedag jedug di CapCut berikutnya adalah mengatur ‘Speed’, di menu ini pilih ‘Curve’ dan segera ubah velocity. Pilih ‘Custom’ untuk membuat velocity sesuai dengan keinginan Anda. Namun, Anda juga bisa memilih dari tiktok langsung, sehingga tidak perlu repot-repot membuatnya secara manual
  • Jika tetap ingin mengatur curve velocity secara manual, tekan ‘Edit’ kemudian perhatikan lima poin beats yang bisa Anda atur baik itu menambahkan atau mengurangi.
  • Selanjutnya, Geser salah satu beat point ke jika ingin meningkatkan kecepatan video. Namun, jika ingin memperlambat kecepatan geser beat point kebawah. Misalnya, jika akan meningkatkan beat point kedua menjadi 8,8x lebih cepat. Geser salah satu beat point ke bawah membuat video menjadi lambat. Misalnya, jika ingin menurunkan beat point keempat menjadi 0,3x lebih lambat dari kecepatan sebelumnya.
  • Setelah itu, potong video di beberapa yang tidak Anda inginkan, caranya adalah dengan menekan tombol ‘Split’ sebagai alat untuk menyisipkan transisi dengan cahaya. Kemudian, tekan menu ‘Animasi’ kemudian pilih transisi yang Anda sukai.
Baca Juga:  Cara Mengganti Tanggal Lahir di Akun Google Dengan Berbagai Metode

Demikian penjelasan mengenai cara edit jedag jedug di Capcut dengan mudah dan keren. Cara di atas bisa Anda gunakan untuk menghasilkan perpaduan antara video dan audio yang indah dilihat dan enak didengar. Jika masih pemula sebaiknya banyak mencoba menggunakan template sebagai referensi. Namun, jika sudah terbiasa Anda akan bisa membuat karya sendiri yang bisa dipublikasikan.

Leave a Comment