5 Cara Edit Foto di Photoshop dengan Mudah, Cocok untuk Pemula

Bukan rahasia lagi bahwa Photoshop adalah salah satu software pengedit foto paling populer untuk laptop. Ini karena memiliki banyak fitur yang memudahkan untuk memanipulasi objek dalam gambar, terdapat cara edit foto di photoshop yang sangat begitu bermanfaat.

Namun disisi lain, kelengkapan fitur-fiturnya seringkali membuat bingung para pemula yang ingin belajar photoshop sekalipun. Mungkin Anda adalah salah satu orang yang tertarik mempelajari cara mengedit foto tetapi tidak tahu harus mulai dari mana.

Baca juga: edit jedag-jedug

Karena itulah kami memberikan sedikit tutorial cara edit foto di Photoshop untuk pemula. Ini adalah dasar-dasar yang biasanya perlu dikuasai oleh orang yang baru mempelajari editor gambar ini.

cara edit foto di photoshop

Setelah Anda memahami hal ini, akan lebih mudah untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara edit foto di photoshop. Yang tersisa hanyalah menghubungkannya dengan kreativitas dan ide di otak Anda.

Cara Membuat Background Foto Transparan

Ini mungkin salah satu hal yang paling Anda cari. Ini adalah cara menghilangkan background gambar agar transparan, atau kita tahu cara menghilangkan background di photoshop. Ingin tahu? Simak tips berikut ini sekarang juga.

Edit foto terlebih dahulu

Jika gambar sudah dimasukkan ke dalam photoshop, klik dulu 2x pada layer background. Hal ini dikarenakan akan memudahkan kita untuk membuat background menjadi transparan nantinya.

Ubah ke layer baru

Saat jendela popup muncul, Anda tinggal klik OK. layer latar belakang atau background sebelumnya berubah menjadi level 0.

Baca Juga:  2 Cara Edit File PDF Untuk Anda Melalui Situs dan Aplikasi

Mengaktifkan Polygonal Lasso

Selanjutnya kita melakukan seleksi dengan Polygonal Lasso Tool. Anda dapat mempercepatnya dengan menggunakan shortcut keyboard L.

Memilih bagian objek

Di sini Anda harus bersabar saat memilih bagian item. Lakukan dengan hati-hati dan tepat untuk hasil yang memuaskan.

Inverse Selection

Jika seleksi sudah disambungkan, klik kanan dan pilih Select Inverse. Dengan opsi ini, untuk membalik seleksi yang sudah dipilih sebelumnya.

Penghapusan background

Terakhir, untuk membuat background menjadi transparan maka kita hanya perlu menekan tombol Delete pada keyboard. Latar belakang gambar kemudian dihapus secara otomatis.

Simpan hasilnya

Sekarang simpan perubahan dengan mengklik File, pilih Save As atau tekan CTRL ALT S. Pastikan untuk memilih PNG di bagian format karena plugin ini mendukung objek transparan. Jika Anda menyimpan dalam format JPG, hasilnya tidak akan transparan.

Cara Ubah latar belakang menjadi hitam putih

cara edit foto di photoshop
belajar edit foto dasar photoshop

Kita sering melihat orang memposting foto hitam putih dirinya di media sosial. Bagaimana Anda mengaturnya? Anda mungkin penasaran, tetapi rahasianya sangat sederhana. Simak tutorial cara edit foto di photoshop berikut jika ingin tahu.

Pilih Polygon Lasso Tool

Pertama, buka foto yang ingin diedit dengan Photoshop. Setelah itu, klik pada fitur Polygonal Lasso Tool yang fungsinya untuk menyeleksi objek.

Pemilihan objek

Kemudian kita harus memilih bagian objek yang diperlukan. Langkah ini membutuhkan kesabaran dan kehati-hatian. Lakukan ini perlahan sampai pick terhubung sepenuhnya.

Inverse Selection

Setelah semuanya sudah terhubung, maka kalian tinggal klik kanan lalu pilih Select inverse. Ini akan membatalkan opsi yang dibuat sebelumnya untuk mengganti latar belakang yang dipilih.

Sesuaikan adjustment layer

Terakhir, klik Adjustment Layer di bagian bawah dan pilih menu Hue/Saturation. Dalam opsi ini kita dapat mengatur beberapa perubahan warna dan lain sebagainya.

Ubah Object Saturation

Terakhir, Anda sekarang dapat menyeret Saturasi ke arah kiri. Latar belakang segera berubah menjadi hitam dan putih. Sesederhana itu, bukan?

Baca Juga:  Cara Bersihkan Cache Chrome Dengan Praktis Dan Mudah

Memotong foto di Photoshop

Memotong foto adalah salah satu hal paling mendasar yang harus dikuasai setiap orang. Fungsi ini biasanya digunakan untuk memotong bagian tertentu dari sebuah foto. Berikut cara edit foto di photoshop dalam hal ini memotong gambar.

Aktifkan fungsi potong atau Fitur Crop

Pastikan gambar Anda diimpor ke Photoshop. Setelah itu aktifkan tool Crop, jika ingin lebih cepat tekan  tombol C pada keyboard.

Pilih area yang Dipotong

Sekarang kita hanya perlu menggambar tepi area  yang ingin dipotong. Jangan ragu untuk menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda.

Menggunakan rasio aspek

Untuk mengubah ukuran foto menurut rasio aspek tertentu, tinggal klik kanan dan pilih ukuran yang tersedia. Ukuran pemotongan kemudian akan secara otomatis disesuaikan dengan rasio aspek yang dipilih. Tekan Enter untuk memotong.

Cara Pengubahan ukuran gambar

Setiap foto harus memiliki ukurannya masing-masing, biasanya dinyatakan dalam piksel. Tentu saja, semakin banyak piksel yang Anda miliki, semakin baik kualitasnya. Ini diikuti oleh ukuran file yang lebih besar maka Anda bisa menggunakan cara edit foto di photoshop.

Mengubah ukuran foto atau Resize Foto

Untuk mengubah ukuran foto, klik  menu Image lalu pilih opsi Image Size. Jika ingin lebih mudah bisa menggunakan kombinasi tombol CTRL + ALT + I.

Sesuaikan Ukuran Gambar

Selanjutnya jendela sembulan akan terbuka, sekarang Anda dapat mengubah panjang dan lebar gambar di bawah Dimensi Piksel. Jangan membuatnya terlalu kecil lalu klik OK.

Simpan gambar

Terakhir, kita hanya perlu menyimpan gambar yang dimodifikasi. Kemudian ukurannya akan menjadi lebih kecil dari versi aslinya.

Cara Mengatur kontras dengan Curve

cara edit foto di photoshop

Saat kita mengambil foto dengan kamera HP, kontrasnya sering kali terdistorsi. Kita dapat dengan mudah memperbaikinya dengan fitur Curves Photoshop. Berikut adalah panduan untuk pemula cara edit foto di photoshop.

Buka foto di Photoshop

Pertama kita buka foto yang ingin kita proses di Photoshop. Klik File, lalu pilih Open atau tekan CTRL O. Kemudian cari file gambar yang Anda inginkan.

Baca Juga:  4 Cara Edit Twibbon Serta Cara Membuatnya

Pilih opsi Curve Adjusment

Selanjutnya, klik pada lapisan penyesuaian di bawah ini. Kemudian pilih opsi Curves untuk mengatur kontras gambar.

Sesuaikan kontras

Terakhir, Anda sekarang dapat menyeret pengaturan kurva untuk menyesuaikan kontras gambar. Lakukan ini dengan hati-hati untuk menemukan level yang sesuai.

Jika Anda ingin mengubah latar belakang foto Anda, silakan lakukan hal berikut:

  1. Pertama, buka aplikasi Adobe Photoshop di komputer atau laptop Anda. Setelah itu, pilih  File > Open > Select Photo untuk menyisipkan gambar utama dengan latar belakang dihapus. Kemudian, klik Buka untuk mulai mengedit foto.
  2. Kemudian ubah layar background menjadi Layer 0. Untuk melakukan ini, klik dua kali  layer tersebut hingga muncul jendela New Layer muncul. Lalu klik Oke.
  3. Pada langkah selanjutnya, klik dan tahan alat Lasso hingga muncul tiga opsi alat lagi, dan pilih objek yang muncul.
  4. Saat Anda memilih, Anda dapat mengklik beberapa bagian  untuk mendapatkan anchor point.
  5. Setelah pemilihan selesai, muncul garis putus-putus di sekeliling objek. Untuk menghapus latar belakang dari foto, klik  Select > Invert. Kemudian tekan tombol Hapus.
  6. Setelah menghapus latar belakang dari foto, Anda dapat mengubah latar belakang di Photoshop. Caranya adalah klik dan seret foto yang sedang terbuka dari Windows Explorer ke Photoshop.
  7. Selanjutnya ubah ukuran background foto dengan cara klik dan drag ke ujung foto sambil menahan tombol Shift Alt. Jika sudah, klik dua kali  foto tersebut atau klik tanda centang di bagian atas.
  8. Pindahkan posisi layer background di bawah gambar objek yang dipilih. Setelah itu, klik dan seret ke  bawah dan atur posisi latar belakang yang diinginkan.
  9. Simpan foto hasil editan dengan membuka menu File > Save As.

Demikianlah informasi mengenai cara edit foto di photoshop dengan beragam fitur yang dimiliki, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment