Inilah Alasan Kenapa Anda Harus Upgrade ke Windows 10 Pro!

Microsoft memang tidak pernah main-main perihal rilis OS terbarunya, sama halnya dengan Windows 10 pro yang memiliki banyak keunggulan. Maka dari itu, jika Anda masih menggunakan Windows 7 atau 8 kini waktunya untuk beralih. 

Sejatinya antara Windows Home dengan 10 Pro jika diperhatikan dengan baik tidak ada perbedaan yang begitu mencolok. Bahkan pihak microsoft hanya menambahkan sedikit fitur baru saja pada versi pronya. Namun harga untuk mengupgrade ke versi pro tentu tidak semurah itu lho. 

Tapi anehnya, kenapa banyak sekali orang saling berebut untuk mendapatkan versi pro ini? Tentu saja Anda harus mengetahui hal apa saja yang menjadikan Windows 10 pro digemari banyak orang bukan? Maka dari itu, kami hadir dengan membawakan beberapa alasan dan poin penting mengapa harus memilih Windows Pro ini.

Windows 10 pro

Baca juga: cara download iTunes 

Faktor Kuat yang Menjadi Alasan Anda Harus Memilih Windows 10 Pro

Seperti yang telah disinggung sedikit di atas, jika versi Pro Windows 10 ini memiliki tambahan fitur barunya. Selain fitur, tentu beberapa faktor di bawah ini bisa menjadi alasan terbesar mengapa Windows 10 ini layak untuk dimiliki:

Windows 10 Pro Tersedia Fitur BitLocker

Alasan pertama mengapa Anda harus memilih Windows 10 pro adalah fitur BitLocker yang dimilikinya. Meskipun fitur ini sudah ada dan berkembang pada jaman Windows Vista, namun tetap saja pasti akan ada perbedaan besarnya. 

Pada versi Windows 8.1 BitLocker punya fitur untuk encrypt drive saat Windows sedang booting, drive lain dalam sistem dan USB serta driver Eksternal. Singkatnya, data di Laptop Anda akan tetap aman meskipun menggunakan koneksi publik.

Baca Juga:  7 Cara Uninstall Microsoft Store di Windows 10 Enteprise dan Menginstal Ulangnya

Sedangkan pada Windows 10 pro proses encrypt system drive tersebut akan bekerja sangat cepat. Pada saat drive diencrypt, otomatis BitLocker akan melakukan enkripsi ke data-data lain yang ada di drive tersebut. Bahkan ada fitur untuk menghapus enkripsi itu secara keseluruhan lho, sehingga akan sangat memudahkan!

Fitur Client Hyper V Windows 10 Pro

Bagi Anda sipecinta komputer tentu saja virtualisasi pun akan sangat diperhatikan bukan? Bagi mereka virtualisasi adalah sebuah kebutuhan untuk melakukan testing insider yang dibangun pada sistem PC. Dan serunya lagi, proses virtualisasi ini bisa dilakukan dengan beberapa cara jika Anda menggunakan Windows 10 versi pro.

Virtualisasi sendiri bekerja untuk membuat sistem dalam sebuah sistem, artinya Anda bisa menjalankan Linux di Windows 10 pro. Dengan Windows tersebut, Anda cukup menginstall Client Hyper V saja lho. Anda tidak perlu mengunduh software satu ini lagi, sebab sudah tersedia di Windows tinggal di aktifkan saja.

Windows 10 pro

Untuk mempermudah mencari software tersebut, Anda tinggal menggunakan kolom “Search” pada menu Windows. Ketiklah Client Hyper V dan pilihlah bagian “Turn Windows 10 features on or off” yang tersedia di bawah menu “Programe dan Features”. Setelah itu cari dan ubahlah menjadi centang pada kolom yang bertuliskan Client Hyper V.

Kelebihan lainnya, ternyata software ini bisa bekerja maksimal baik dalam kecepatan ringan hingga tinggi di Windows 10 pro. Namun Anda harus menggunakan yang 64 bit, jika menggunakan OS 32 but biasanya sistem akan berat untuk menjalankan program satu ini. 

Fitur WDAG Windows 10 Pro 64

Fitur yang selama ini ditunggu-tunggu pengguna Windows 10 adalah super sandbox yang dikenal dengan Windows Defender Application Guard. WDAG sendiri bekerja dari Microsoft Edge yang Anda miliki. Namun fitur ini tidak bisa muncul sebelum Anda mengaktifkan WDAG di Control Panel. 

Baca Juga:  2 Cara Edit Tulisan PDF yang Cukup Simple, Anti Ribet dan Gagal!

Cara mengaktifkan WDAG pada Windows 10 pro sama seperti mengaktifkan Client Hyper V tadi. Yakni dengan membuka membuka Control Panel lalu klik menu Programs dan cari Turn Windows 10 Features on or off, terakhir pilih WDAG.

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah, gunakan fitur WDAG ini khusus saat Anda melakukan browsing di “kedalaman”. Sehingga untuk browsing biasa, gunakan saja Windows Edge agar tidak terlalu memberatkan perangkat. Faktanya, WDAG ini bisa berjalan lancar dengan system Windows 10 pro.

Namun dengan WDAG Anda tidak memiliki akses untuk menggunakan ekstensi apapun dari browser. Atau jika Anda menambahkan favorite pada browser juga tidak akan muncul ketika menggunakan program WDAG. Tak hanya itu, jika Windows 10 pro Anda menggunakan WDAG, tidak akan bisa melakukan download apapun sebelum mengubah setting defaultnya.

Memiliki Fitur Windows Sandbox 

Di bagian atas kita telah membahas seputar WDAG, dan ternyata ada kaitannya dengan Sandbox. Pada dasarnya WDAG merupakan sebuah fitur untuk melakukan browsing, dikembangkan dengan menggunakan konsep go-to atau disebut juga praktis. Sedangkan Sandbox memiliki peran untuk menyempurnakan sistem kerja pada WDAG itu sendiri.

Windows 10 pro

Sehingga Sandbox bisa dikatakan sebagai versi upgradenya WDAG, akan tetapi menjadi versi downgradenya Client Hyper V. Sebenarnya Sandbox pada Windows 10 pro menyajikan cara yang sederhana untuk launch system virtual, tanpa adanya lisensi atau persyaratan lainnya. 

Mulanya Sandbox ini dibuat untuk fitur testing, baik dalam web hingga untuk urusan malware. Bahkan Sandbox ini bisa menciptakan sebuah lingkungan dalam sistem yang Anda miliki. Akan tetapi jika waktu dikeluarkan, system PC maupun laptop kamu akan normal kembali.

Baca Juga:  4 Cara Uninstal Aplikasi di Laptop Windows 10, Gampang Banget!

Maka hal inilah yang menjadi pembeda antara Sandbox dengan WDAG. Jika Anda mendownload dengan menggunakan WDAG pada Windows 10 pro, filenya akan tersimpan dalam sistem virtual tadi. Tetapi jika menggunakan Sandbox, bisa langsung tersimpan di dalam laptop dan PC atau pada system virtual Sandbox. 

Sandbox juga sangat ampuh lho untuk browsing dengan sistem keamanan yang baik. Meskipun fitur ini dilengkapi dengan standart dari Windows Edge, Anda masih bisa menginstall Google Crome atau mesin pencari lainnya. 

Namun jika pada Windows 10 pro Anda menggunakan Sandbox, meskipun sistem kerjanya sama dengan browser lainnya. Tetapi waktu Anda menyimpan data atau saat log in menggunakan akun, data tersebut akan otomatis tersimpan di browser yang Anda gunakan. Tetapi data-dara history pada saat browsing akan langsung tertutup dan hilang saat Anda menutup browser tersebut.

Adanya Fitur Windows 10 Remote Desktop Source Aplikasi PC

Alasan terakhir kenapa Anda harus memilih Windows 10 ini adalah fitur desktop remote connection. Mungkin Anda sudah tak asing lagi dengan fitur satu ini bukan? Sebab ada juga di Windows Home sebelumnya. Singkatnya, fitur ini bisa membuat Anda mengendalikan sebuah laptop dari laptop lainnya lho.

Namun hanya ada di Windows 10 pro yang bisa benar-benar menggunakan fitur ini dengan sangat baik. Maka dari itu, Anda bisa mengendalikan laptop ataupun PC lainnya dengan tujuan yang baik misalnya untuk kebutuhan edukasi. Contoh saja untuk mengerjakan tugas atau mengajar orang lain seputar design dan lainnya.

Baiklah itu saja alasan yang dapat kami sampaikan mengenai Windows 10 pro yang begitu banyak memberikan keunggulan dibandingkan versi sebelumnya.

Leave a Comment