Mengenal Perbedaan E Bisnis dan E Commerce

Di zaman teknologi saat ini, hampir segala jenis informasi dan kegiatan bisnis sudah bisa dilakukan via online dengan internet. Seiring dengan pesatnya perkembangan dunia bisnis digital, Anda tentu semakin sering mendengar istilah E Bisnis dan E Commerce.

Banyak orang yang menganggap kedua istilah ini sama. Hal ini wajar karena perbedaan E Bisnis dan E Commerce tidak terlalu jauh.

Perbedaan E bisnis dan E Commerce yang Harus Anda Ketahui

Mengenal Perbedaan E Bisnis dan E Commerce

Walaupun sekilas tampak mirip, namun E Bisnis dan E Commerce memiliki perbedaan yang mendasar di berbagai hal. Oleh karena itu, sebelum berkecimpung kedalam bisnis digital, Anda harus memahami kedua istilah ini. Lalu apa saja perbedaan yang dimiliki keduanya? Berikut penjelasannya

Pengertian

E Bisnis dan e Commerce memiliki pengertian yang berbeda. E Bisnis sendiri diartikan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara online. 

Kegiatan yang menjadi cakupannya juga sangat luas dan tidak terbatas pada transaksi jual beli saja, namun termasuk juga berkomunikasi, menjalin relasi, memberikan layanan serta berbagai aktivitas bisnis lainnya.

Sedangkan E Commerce merupakan kegiatan transaksi perdagangan jual beli produk atau jasa yang dilakukan secara online melalui perangkat elektronik seperti gadget dan laptop.

Cakupan Wilayah

E Bisnis tidak jauh berbeda dengan E Commerce karena lingkup kedua istilah ini sama-sama di bidang bisnis. Perbedaannya hanya cakupan wilayahnya saja. Lingkup E Bisnis jauh lebih besar dibandingkan dengan E Commerce karena mengurusi semua lingkup bisnis

Beberapa cakupan yang termasuk kedalam E bisnis antara lain SDM (sumber daya manusia), modal, management, proses audit  serta beragam bentuk pemasaran dan jasa serta resiko pasca pembelian atau transaksi. 

Berbeda halnya dengan E bisnis, E commerce tidak mencakup keseluruhan bidang bisnis namun hanya terfokus pada tugasnya sebagai media transaksi online jual beli jasa atau produk melalui situs atau web sehingga cakupan wilayahnya lebih sempit.

Peran dan Tugas

E Bisnis memiliki peran dan tugas yang lebih besar dibandingkan dengan E Commerce. Dibandingkan dengan tugas E Commerce sebagai perantara transaksi jual beli online, E Bisnis lebih berperan sebagai media edukasi sehingga pelanggan lebih paham terhadap manfaat dari produk atau jasa yang mereka dapatkan dari proses transaksi online.

Sistem Pemasaran

Perbedaan E BIsnis dan E Commerce lainnya terdapat pada sistem pemasaran. Jika E Commerce hanya terfokus pada sistem pemasaran yang spesifik dan mengarah pada sistem penjualan produk atau jasa saja, maka sistem pemasaran E Bisnis lebih luas dan mencakup kepada seluruh sistem bisnis dari berbagai aspek mulai dari produksi, pemasaran, dan lain sebagainya.

Kegiatan

Secara umum, E Bisnis merupakan suatu proses bisnis digital yang memiliki cakupan luas. Tidak hanya terfokus pada proses transaksi jual beli saja, namun juga mengacu pada teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan baik oleh individu, kelompok, atau perusahaan untuk menjalankan bisnis yang akan memberikan profit atau keuntungan.

Sedangkan E Commerce merupakan bagian dari E Bisnis dimana kegiatannya terfokus pada proses transaksi jual beli online.

Dari perbedaan E Bisnis dan E Commerce yang telah dijelaskan, dapat diketahui bahwa sejatinya E Commerce termasuk kedalam bagian E Bisnis. Walaupun memiliki perbedaan makna, nyatanya baik E Bisnis maupun E Commerce memberikan banyak sekali dampak positif terutama pada perkembangan transaksi jual beli digital.

Leave a Comment

4 × five =