Cara Menghilangkan Activate Windows 10 Permanen

Cara menghilangkan activate Windows 10 permanen bisa dilakukan dengan beberapa tahapan yang mudah dan aman. Apabila kamu hendak melakukan instal ulang sistem operasi Windows 10 tanpa Aktivasi, maka kamu akan mendapat batasan limit lisensi.

Hal ini disebut juga dengan trial license yang mungkin sering kamu temukan. Adapun uji coba tersebut akan memakan waktu sekitar 90 hari lamanya. Setelah itu, kamu akan segera mendapat bermacam notifikasi yang menjelaskan bahwa SO Windows 10 kamu sudah expired.

Biasanya setelah notifikasi yang bertuliskan “Your Windows License Expired Soon” muncul, akan ada tampak watermark pada ujung bagian kanan bawah desktop kamu.

Watermark tersebut akan memunculkan tulisan “Activate Windows go to setting to activated Windows”. Adapun Watermark tersebut selalu terlihat dimanapun contohnya saat membuka halaman browser. Hal ini bagi kebanyakan orang mungkin akan mengganggu.

Oleh karena itu supaya watermark SO Windows 10 bisa hilang secara permanen,  kamu bisa mengikuti langkah-langkah cara menghilangkan activate Windows 10 melalui penjelasan di bawah ini:

Cara Menghilangkan Activate Windows 10

1. Membuka Notepad

kamu bisa memulai dengan menjalankan program sistem operasi Windows 10. Untuk program ini biasanya telah ada di Windows kamu jadi tidak perlu repot lagi untuk menggunakan aplikasi tambahan.

Adapun program yang dimaksud yaitu Notepad yang tentunya sudah biasa kamu kenal. Program tersebut akan membantu kamu pada proses untuk membuat script.

kamu bisa membuka Notepad melalui pilihan Start Menu lalu masukan kata kunci Notepad, kemudian klik program Notepad yang biasanya berada di bagian paling atas.

Baca Juga:  Tutorial Screen Recorder Windows 10. Cek Disini!

2. Lakukan Copy dan Paste Script

Ketika sudah selesai membuka program notepad, selanjutnya kamu perlu menambahkan script atau disebut juga sebagai kode tertentu. Adapun kode tersebut bisa kamu lihat di bawah ini:

@echo off

taskkill /F /IM explorer.exe

explorer.exe

exit

cara menghilangkan activate windows 10 permanen

Copy kode yang ada di atas dengan cara klik dan tahan semua bagian lalu tekan tombol CTRL + C agar bisa melakukan copy atau menyalin text di atas.

Setelah itu, kamu bisa buka kembali program Notepad, lakukan paste salinan kode tadi dengan menggunakan shortcut CTRL + V agar bisa mem-paste text yang sudah disalin sebelumnya.

3. Menyimpan script Notepad

Setelah selesai melakukan paste salinan pada Notepad, langkah selanjutnya yaitu melakukan penyimpanan. Caranya menyimpannya juga sangat mudah yaitu cukup dengan menekan CTRL + S.

Berikutnya mencari lokasi penyimpanan untuk tempat file Notepad tadi, bisa dimana saja. Lalu tuliskan nama file seperti good.bat kemudian ganti “Save as Type” ke “All Files”. Setelah itu pilih tombol Save di bagian sudut kanan Explore.

4. Menjalankan Script

Langkah berikutnya buka jendela Explorer kamu agar lokasi dari file good.bat dapat muncul. Apabila sudah terlihat, maka jalankan file dengan klik kanan kemudian pilih Run as Administrator.

Jika “User Account Control” terlihat, maka tekan saja tombol Yes agar bisa melewatinya. Pada akhirnya ketika membuka CMD secara otomatos akan memunculkan “SUCCESS: The process “explorer.exe” with PID 9668 has been terminated“.

cara menghilangkan activate windows 10 permanen

Adapun maksud dari tulisan tersebut yaitu file good.bat sudah berhasil dijalankan menggunakan CMD. Tetapi perlu diingat bahwa tulisan itu hanya akan muncul dengan sangat singkat saja, maka pastikan bahwa file goo.bat sudah berhasil dijalankan.

Baca Juga:  7 Cara Uninstall Microsoft Store di Windows 10 Enteprise dan Menginstal Ulangnya

5. Me-restart PC

Langkah terakhir yaitu yang paling mudah dilakukan yaitu merestart perangkat laptop/PC kamu. Adapun cara-cara yang sudah dijelaskan sangat sederhana, tidak harus menonaktifkan antivirus, gratis dan pastinya aman.

Cara menghilangkan Activate Windows 10 Permanen Melalui Regedit

Untuk cara berikut ini dapat dikatakan sebagai kategori yang sulit atau juga level “Advanced”. Hal ini karena kamu perlu mengganti vavlue data oleh salah satu registry operating system Windows 10.

Perlu diketahui bahwa setiap perubahan yang kamu lakukan di Registry Editor (Regedit) memiliki risiko yang tinggi. Bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada sistem operasi Windows 10 lainnya jika kamu salah mengubahnya.

Oleh karena itu penting untuk mengikuti cara di bawah ini agar kamu bisa mengubah value data dengan benar sehingga bisa menghilangkan watermark activated di Windows 10 laptop kamu.

  1. kamu bisa mulai dengan menekan tombol Windows + R
  2. -Lalu ketik kata “regedit” dan tekan OK
  3. -Setelah itu salin lokasi direktori di bawah ini
  4. Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\SoftwareProtectionPlatform\Activation
  5. Di registry “Manual” Klik kanan dan kemudian pilih Modify
  6. Setelahnya, ganti Value Data menjadi 1 supaya bisa mematikan auto activation
  7. Lanjut dengan Klik OK
  8. Kemudian tutup program regedit lalu lakukan restart pada Laptop/PC

Apabila kamu takut akan resiko nya yang besar, ada baiknya untuk membeli lisensi sistem operasi Windows 10. Adapun harga satu lisensi bisa mencapai 2 jutaan untuk Windows 10 dan sekitar 4 juta untuk lisensi Windows 10 Pro.

Memang harganya sangat mahal, namun ada juga alternatif lain untuk bisa membeli lisensi Windows 10 yang original dan legal namun dengan harga yang murah. Adapun jalannya yaitu menggunakan lisensi retail.

Lisensi tersebut bisa dibeli di marketplace yang ada di Indonesia dengan harga yang hanya 20 ribu rupiah saja. Hal tersebut tentunya akan memudahkan kamu yang ingin menghilangkan activate Windows dengan aman. Berikut langkah-langkah untuk membelinya di antaranya:

  1. Minta CD lisensi ( kamu bisa juga meminta kode aktivasinya saja dan penjual akan mengirimkan kode lisensi yang legal)
  2.  Lalu kamu buka CMD kemudian klik Run as Administrator
  3.  Masukan perintah slmgr /upk kemudian tekan Enter
  4.  Masukkan perintah slmgr.vbs /cpky kemudian Enter
  5.  Setelah itu restart PC kamu
  6.  Berikutnya masuk ke menu Settings lalu pilih Update & Security kemudian Activation dan pilih Change Product Key
  7.  Masukkan serial key Windows 10 setelah itu klik Next
  8.  Kemudian klik Activate lalu hidupkan internet kamu dan proses selesai.
  9. Apabila belum bisa melakukan aktivasi, ulangi kembali langkah di atas.
Baca Juga:  7 Cara Membuka Control Panel yang Tidak Bisa Terbuka di Windows 10/11

Menghilangkan Activate Windows 10 Lewat KMS Pico (Tidak Direkomendasikan)

Cara yang terakhir yang bisa dilakukan yaitu menggunakan activator Windows dan Office di Windows 10. Activator ini bisa kamu dapatkan gratis, namun cara terakhir ini sangat tidak direkomendasikan untuk pemula.

Adapun alasannya karena activator ini sama artinya dengan melakukan pembajakan Windows 10. Hal ini disebut juga dengan tindakan illegal.

  1. Terlebih dahulu matikan antivirus
  2. Install software KMS Pico di Windows 10 melalui kmsauto.info
  3. Lakukan Ekstrak file KMS Pico
  4. Setelah folder diekstrak, kemudian klik kanan di file KMSpico.exe lalu pilih Run as Administrator
  5. Pilih Next sampai software bisa terpasang
  6. kamu bisa menjalankan aplikasi KMSPico
  7. Pilih opsi Token kemudian pilih “Install Key”
  8. Terakhir kembali pada menu “Main” dan menekan tombol merah.

Ada beberapa pilihan cara menghilangkan activate Windows 10 yang dapat kamu pilih dan coba. Meski ada yang menggunakan cara ilegal, sebaiknya kamu menggunakan cara aman yang juga tidak sulit dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

Leave a Comment