Cara mengatasi hp ngeblank dan penyebabnya

Cara mengatasi hp ngeblank bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Hp yang ngeblank biasanya ditandai dengan tampilan di layarnya yang hitam dan putih, hal ini biasanya terjadi karena masalah pada memori, terjadi kerusakan LCD, baterai, atau sistem yang error.

Sebelum anda membawa hp anda ke tempat service, ada baiknya jika anda melakukan pertolongan pertama terlebih dahulu pada hp anda yang terus-menerus blank. Terdapat beberapa cara untuk mengatasinya dan ini bisa digunakan untuk beberapa hp tertentu.

Lalu apa sebenarnya penyebab hp ngeblank? Hp yang ngeblank biasanya ditandai dengan layar yang hitam dan putih, umumnya disebabkan oleh layar yang tidak berfungsi. Penyebab lainnya adalah sebagai berikut.

Baca juga: atasi hp ngelag

Penyebab Layar HP Ngeblank

Cara mengatasi hp ngeblank

  • Konektor dari layar LCD hp anda longgar

Penyebab dari hp ngeblank selanjutnya adalah dikarenakan kondisi pada layar hp, seperti pada LCD dan masalah pada fleksibel layar. Faktor yang satu ini adalah faktor yang paling sering terjadi.

  • Kesalahan pada sistem hp

Hp yang ngeblank umumnya disebabkan oleh masalah pada sistem, seperti kurang stabil. Penyebab dari layar yang tiba-tiba putih atau hitam pada hp telah dipahami para pengguna android.

  • Pengisian daya baterai hp berlebihan atau terlalu lama

Biasanya ini terjadi saat anda tidak menutup aplikasi anda dengan benar sehingga menumpuk sampah cache

  • Hp anda berada di suhu ruangan yang ekstrim 

Misalnya berada di suhu terlalu panas atau terlalu dingin

  • Memori hp penuh

Alasan lain hp anda sering ngeblank bisa saja karena memori dari hp anda sudah penuh, pastikan anda membersihkannya secara berkala agar hp anda bisa berfungsi dengan normal.

  • Baterai yang perlu diganti

Kerusakan yang terjadi pada komponen baterai hp juga bisa saja mengakibatkan hp anda ngeblank, karena pada saat inilah tegangan hp menjadi tidak kuat.

Baca Juga:  Cara Memanfaatkan Teknologi Secara Benar dan Tepat

Cara mengatasi hp yang ngeblank

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari hp ngeblank maka anda juga harus mengetahui cara mengatasi hp ngeblank agar anda bisa melakukan pertolongan pertama sebelum akhirnya di service.

Reboot hp anda

Untuk melakukan cara yang satu ini anda tinggal menekan tombol power lalu pilih menghidupkan ulang hp anda, cara ini bisa dipakai untuk hp yang baterainya tidak bisa dilepas. Setiap hp pasti memiliki tombol kombinasi yang berbeda, berikut ini adalah cara untuk melakukan reboot melalui hp android.

Cara mengatasi hp ngeblank

  1. Menekan tombol power + volume atas secara bersamaan
  2. Tombol power + bawah
  3. Menekan power + volume bawah + volume atas
  4. Power + home button

Anda bisa menekan tombol power dan tombol bolume secara bersamaan, tunggu hingga hp anda mati kemudian lepaskan tombolnya ketika logo hp anda menyala.

Bersihkan port pengisi daya

Selain adanya masalah pada sistem, ternyata penyebab lain dari hp yang sering ngeblank bisa disebabkan oleh hp yang kotor, debu dan juga kotoran yang ada di dalam hp akan mempengaruhi kinerja dari hp anda. Cara mengatasi hp ngeblank yang selanjutnya adalah anda bisa membersihkan kotoran dan juga debu yang ada di port pengisian daya, berikut adalah cara melakukannya.

  1. Gunakan tusuk gigi yang terbuat dari kayu atau cotton bud yang berukuran kecil
  2. Bersihkan port pengisian daya dari debu dan kotoran
  3. Tunggu hingga 10 menit setelah port dibersihkan setelahnya coba isi daya dan reboot hp anda
Baca Juga:  Tips memilih smartphone terbaik untuk budget rendah

Isi daya baterai

Salah satu cara mengatasi HP ngeblank yaitu dengan mengisi daya hp hingga penuh. Anda cukup menunggu baterai hp benar-benar habis dan mati. Setelah itu, isi ulang hp hingga baterai terisi penuh. Cara ini untuk menghidupkan ulang hp karena kesalahan sistem. Umumnya kesalahan sistem menyebabkan layar ngeblank. Setelah mengisi daya, hp dihidupkan ulang dan bisa berfungsi kembali. 

Keluarkan Baterai hp

Hp keluaran lama menggunakan baterai yang bisa dilepas dan juga dipasang. Pengguna hp bisa mengeluarkan baterai selama 30 detik atau lebih, setelah itu pasang kembali baterai lalu hidupkan hp. Tunggu beberapa saat hingga layar hp kembali menyala. 

Restart Hp 

Hp Android menyediakan pengaturan restart atau atur ulang hp. Cara tersebut dapat membantu Anda untuk menghidupkan kembali hp anda yang ngeblank agar kembali normal

Lakukan Reset atau Setelan Pabrik 

Jika anda sudah melakukan beberapa hal diatas namun tetap tidak bisa, maka cara mengatasi hp ngeblank yang bisa anda coba adalah melakukan reset atau setelan pabrik.  Namun, Anda perlu berhati-hati karena hp akan kembali ke pengaturan semula. Jika  anda memilih langkah ini, seluruh memori dan aplikasi dapat terhapus secara otomatis. Solusinya, Anda bisa melakukan back up data ke komputer atau hp lain untuk menyimpan data.

Wipe data 

Cara mengatasi hp ngeblank yang selanjutnya adalah dengan melakukan wipe data, ini merupakan cara paling sering digunakan jika semua cara sudah dilakukan namun tidak membuahkan hasil, tapi perlu diingat jika melakukan cara yang satu ini akan menghilangkan semua data bahkan data penting yang ada di hp anda, jadi pikirkan dengan matang sebelum melakukan cara ini. Jika anda sudah yakin anda bisa mencoba cara ini. 

Baca Juga:  7 Cara Reset Setting Notifikasi Android Lengkap Beserta Penjelasannya

Cara mengatasi hp ngeblank

Cara melakukan wipe data recovery adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, anda pastikan HP tersebut sudah dalam keadaan mati.
  2. Selanjutnya, anda tekan lalu tahan tombol Power + tombol volume.
  3. Jika anda sudah masuk ke mode recovery, anda cari menu dan pilih Wipe Data.

Cara ini direkomendasikan kalau HP anda berhasil booting, tapi setelah booting malah mengalami masalah blank.

Bersihkan socket LCD hp anda

Jika tidak ada masalah pada firmwarenya, maka kemungkinan besar blank pada hp anda disebabkan oleh hardware HP. Bisa jadi dari socket LCD hp anda kotor atau bisa juga karena terjadi kerusakan. Tapi sebelum memastikan kalau LCD rusak, baiknya anda bisa bongkar dan bersihkan socket-nya dulu.

Berikut cara bersihkan socket LCD HP:

  1. Pertama, anda matikan dulu HP.
  2. Kemudian, anda lepas casing belakang HP.
  3. Setelah casing belakang HP sudah terbuka, perhatikan di bagian samping di sana ada socket LCD.
  4. Lalu, coba lepas kabelnya dan bersihkan bagian dari ujung kabel konektor dengan menggunakan penghapus.
  5. Jika sudah selesai, anda pasang kembali kabel, baterai serta casing HP.
  6. Kemudian nyalakan kembali HP tersebut.

Apabila langkah cara mengatasi HP ngeblank di atas sudah anda coba namun belum berhasil, masih ada langkah lainnya untuk mengatasi HP blank. Salah satu cara mengatasi HP ngeblank yang berikutnya adalah dengan melakukan flash HP.

Flash HP ini biasanya menjadi salah satu cara untuk mengatasi  HP ngeblank yang dapat membantu menormalkan kembali tampilan layar. Namun perlu diketahui dulu apa penyebab dan konsultasikan dengan yang ahli di bidangnya. Karena itulah anda dapat juga membawa HP yang ngeblank ke jasa servis. Ini menjadi langkah terakhir untuk mengatasi HP anda yang ngeblank.

Demikian informasi yang bisa disampaikan semoga informasi di atas bermanfaat dan sampai jumpa dilain kesempatan.

Leave a Comment