Cara Mengatasi Hp Ngelag, Dijamin Ampuh dan Anti Ribet!

Ponsel pintar atau smartphone saat ini memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan manusia. Sayangnya banyak sekali orang yang sering mengeluhkan jika hp mereka mengalami penurunan kecepatan operasional atau lemot seiring dengan berjalannya waktu. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi hp ngelag yang bisa dilakukan sendiri dan dijamin ampuh!

Hp yang ngelag ini bisa disebabkan oleh pembaruan dari perangkat lunak jangka panjang yang secara teratur terjadi dan memakan ruang lebih besar dari hp anda sehingga menjadi ancaman bagi kecepatan hp anda.

Baca juga: layar hp gerak sendiri

Cara mengatasi hp ngelag

Jika hp anda ngelag, maka anda tidak perlu khawatir karena ada cara untuk mengatasinya sebagai berikut.

cara mengatasi hp ngelag

Kosongkan ruang penyimpanan

Ketika ruang penyimpanan di hp anda mulai habis maka segalanya akan menjadi lambat, masalah dari kinerja hp anda akan berpengaruh saat ruang penyimpanan dari pernagkat anda yang tersedia kurang dari 10 persen. Namun dengan menyisakan ruang penyimpanan sampai 20 persen adalah taruhan yang lebih baik. Cara mengatasi hp ngelag yang satu ini dijamin ampuh banget.

Copot aplikasi yang tidak terpakai

Jika penyebab dari HP ngelag adalah memori internal penuh, maka solusinya adalah dengan menghapus aplikasi yang sudah anda instal di HP, hapus aplikasi yang tidak penting. 

Baca Juga:  8 Tutorial Microsoft Power Point Bagi Pemula

Atau silahkan beli memori eksternal atau kartu SD untuk memperluas kapasitas penyimpanan memori hp. Lalu pindahkan semua data atau aplikasi yang ada di memori internal ke kartu SD, tentunya kapasitas kartu SD harus besar, minimal 32 GB.

Jika anda memiliki HP dengan spesifikasi dan kapasitas penyimpanan rendah maka bijaklah dalam menginstal aplikasi, tidak perlu menginstal aplikasi dengan ukuran besar, jika terpaksa harus instal banyak aplikasi gunakan saja memori eksternal.

Aplikasi yang tidak lagi digunakan akan mengambil ruang penyimpanan di hp anda dan dapat menyumbat memori RAM anda jika tetap berjalan di latar belakang. Jika mengunduh aplikasi yang tidak lagi digunakan, ada baiknya mencopot atau mengunistall aplikasi lama tersebut sehingga bisa meningkatkan kelancaran sistem dan meningkatkan masa pakai baterai anda juga.

Cara mengatasi hp ngelag ini sebenarnya sangat efektif dan memiliki berbagai cara untuk mencopot pemasangan aplikasi, tetapi anda biasanya bisa menekan lama pada ikon aplikasi tersebut dan memilih untuk meng-unistall pemasangan 

Ubah kecepatan animasi sistem

Mengubah kecepatan dari animasi sistem pada hp android anda akan mempercepat kinerjanya kembali, tetapi anda juga akan menciptakan persepsi bahwa kinerja perangkat anda lebih cepat. Perasaan peningkatan kinerja sistem ini disebabkan oleh penundaan animas yang berkurang dan menyebabkan urutan grafik selesai lebih cepat.

Cara mengatasi hp ngelag yang satu ini hampir terasa ajaib jika animasi di ponsel anda tampak sangat lambat atau lamban. Anda juga bisa mematikan animasi sistem untuk hasil yang lebih baik, namun anda akan mengorbankan efek transisi yang mencolok dalam prosesnya.

Restart Hp anda

cara mengatasi hp ngelag

Melakukan restart atau memulai ulang hp anda dipercaya merupakan hal pertama yang ahrus dilakukan untuk memecahkan masalah perangakt listrik. Langkah yang perlu and alakukan sangat sederhana, anda dapat melakukan keajaiban untuk kinerja hp anda terutama jika beberapa proses aplikasi latar belakang anda mengalami penurunan yang mengganggu, ada baiknya restart ponsel dilakukan setidaknya seminggu sekali.

Baca Juga:  Tips memilih smartphone terbaik untuk budget rendah

Gunakan aplikasi lite

Google dan beberapa pengembang lainnya menawarkan aplikasi dengan edisi lite atau Go dari aplikasi mereka untuk perangkat android lama dan kelas bawah, ini memudahkan anda karena bisa menghemat ruang penyimpanan di hp anda. Aplikasi edisi lite lebih kecil dan menjadi alternatif yang tidak membutuhkan banyak sumber daya dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Cara mengatasi hp ngelag ini bisa anda coba loh

Perbarui perangkat lunak terbaru

Jika hp anda terasa sangat lambat maka periksa pembaruan yang tersedia yang belum anda instal, Google akan membantu mengoptimalkan android anda dengan merilis setiap perangkat lunak baru. Sebagian besar dari produsen juga akan melakukan hal yang sama untuk memperbaiki perangkat lunak mereka. 

Reset factory atau reset pabrik

Jika anda sudah melakukan semua cara mengatasi hp ngelag diatas dan masih terdapat masalah maka untuk meningkatkannya anda perlu melakukan reset pabrik yang baik namun juga ekstrim untuk meningkatkan kinerja hp anda. Ini akan mengembalikan ponsel anda ke status stoknya dan menghapus semua data anda. Jika anda sudah siap untuk mengembalikan perangkat android anda ke setelan pabrik pertama buatlah cadangan data untuk data yang penting.

Lalu apa saja penyebab dari hp ngelag?

Memori penuh

Tidak bisa dipungkiri lagi jika memori merupakan komponen penting sebuah HP. Jika memori HP anda penuh maka dapat dipastikan kinerja HP anda menjadi sedikit lemot dan terhambat.

Apalagi kalau memori internal HP anda kapasitasnya kecil dan hobi instal aplikasi dengan ukuran besar atau game-game berat maka HP akan ngelag jika terus-terusan digunakan.

Baca Juga:  Sering Terjadi! Inilah Beberapa Cara untuk Mengatasi Layar Shadow di Ponsel Samsung

Sampah dan Cache yang Menumpuk 

Penyebab Hp anda  ngelag adalah banyaknya cache dan sampah yang menggumpal di sistem. Biasanya ini terjadi pada hp yang sangat jarang diperhatikan cache atau sampah dari aplikasi yang digunakan.

Cache sendiri adalah sekumpulan data yang terkumpul dalam sistem android. Cache yang tidak dihapus ini bisa memperberat kinerja dari HP dan membuat HP ngelag.

Banyaknya Aplikasi yang Berjalan di Balik Layar

Apakah anda tipe pengguna android yang gemar menggunakan banyak aplikasi dalam satu waktu bersamaan? Kalau iya mungkin itu yang menyebabkan HP anda ngelag.

cara mengatasi hp ngelag

Setiap aplikasi yang digunakan dan tidak ditutup secara sempurna biasanya masih berjalan di balik layar. Akibatnya aplikasi ini akan memakan resource dan menyebabkan kinerja HP sedikit lemot.

Kapasitas RAM yang Tidak Memadai

Selain memori internal atau eksternal, komponen penting lain yang perlu diperhatikan adalah RAM. Setiap hp memiliki kapasitas RAM yang tidak sama, biasanya yang terkecil adalah 2 GB, meskipun sekarang banyak sekali bermuncul HP dengan kapasitas RAM lebih dari 8GB.

HP dengan RAM yang kurang memadai bisa jadi penyebab HP ngelag. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui besar kapasitas RAM yang anda miliki.

Terkena Serangan Virus

Tentu yang dimaksud virus disini adalah melainkan virus yang biasa menyerang smartphone. Malware dapat dengan mudah menyerang keamanan sebuah hp. Hal ini bisa disebabkan dari mengunduh aplikasi yang sumbernya tidak jelas.

Oleh karena itu sebelum unduh aplikasi atau apapun itu, pastikan sumbernya jelas dan aman agar tidak menimbulkan ancaman di HP anda.

Bagaimana? Apakah ada salah satu penjelasan di atas yang sedang menyerang hp anda? Jika ada maka anda harus segera menerapkan cara mengatasi hp ngelag yang sudah disebutkan agar kembali pada fungsi normalnya ya!

Leave a Comment