Cara Mengatasi Hp Layar Gerak Sendiri

Pengguna hp layar sentuh mungkin pernah mengalami layar hp yang bergerak sendiri. Kondisi yang satu ini juga dikenal dengan istilah ghost touch. Hal ini membuat pengguna jadi kesulitan ketika ingin mengakses aplikasi dan fitur tertentu dari hp. Tapi tidak perlu khawatir, karena ada cara mengatasi hp layar gerak sendiri.

Ghost touch sendiri merupakan kondisi saat layar hp bergerak sendiri tidak sesuai dengan perintah yang diberikan ke layar. Misalnya, hp anda membuka fitur kamera, padahal Anda tidak menyentuh layar dan mengetuk fitur tersebut.

Selain bergerak sendiri, layar hp yang tidak merespons perintah sentuhan Anda juga bisa masuk kategori ghost touch. 

Baca juga: cara atasi hp cepat panas 

Penyebab Layar Smartphone Gerak Sendiri

cara mengatasi hp layar gerak sendiri

Sebelum membahas cara mengatasi hp layar gerak sendiri, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab dari ghost touch ini. Ada beberapa penyebab dari ghost touch yang umum terjadi.

  1. Cuaca yang sangat panas atau dingin.
  2. Pelindung layar tidak sesuai, misalnya pelindung layar tidak terlalu kuat menempel ke layar sehingga memungkinkan partikel air, debu, dan kotoran masuk ke sela layar.
  3. Charger tidak sesuai juga bisa membuat layar hp bergerak sendiri. Baik itu menggunakan charger yang kendor maupun palsu.
  4. Kesalahan saat memperbaharui software. Penyebab yang satu ini jarang dialami, tetapi pernah terjadi di beberapa kasus.
  5. Hp kemasukan air. Sebab air bisa merusak sensitivitas dan sistem layar sentuh di hp dan membuat layar bergerak sendiri.
Baca Juga:  5 Cara Edit Foto di Photoshop dengan Mudah, Cocok untuk Pemula

Cara mengatasi hp layar gerak sendiri

Kalau masalahnya ada di sistem, biasanya hal masih bisa kamu atasi dengan mudah. Tetapi jika masalahnya di komponen, maka kamu perlu menggantinya supaya bisa normal kembali. Berikut adalah cara mengatasi layar hp yang mengalami ghost touch atau gerak sendiri.

Bawa hp ke ruangan suhu normal

Jika masalah layar gerak sendiri karena faktor cuaca yang terlalu panas atau dingin, maka segera bawa hp Anda ke ruangan yang memiliki suhu normal. Hal ini akan mengembalikan sensitivitas dan juga kemampuan operasi sistem hp ke kondisi normal.
Jangan lupa untuk melepas pelindung hp anda jika Anda menggunakannya. Tujuannya, untuk mengurangi panas pada hp anda

Restart hp

Cara mengatasi layar hp bergerak sendiri juga bisa dengan memuat ulang alias merestart hp. Karena, hal ini bisa memulihkan kinerja sistem operasi pada hp anda.
Caranya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mematikan hp anda selama beberapa saat, lalu menyalakannya lagi.

Update software dan aplikasi

Selanjutnya anda bisa mengatasinya dengan update software dan aplikasi yang digunakan. Caranya, buka Pengaturan di hp, lalu update software, baik di iOS maupun Android.
Setelah itu, buka App Store atau Google Play Store dan lakukan update semua aplikasi yang ada di hp Anda.

cara mengatasi hp layar gerak sendiri

Scan malware

Ghost touch juga mungkin saja terjadi karena ada malware atau virus di hp anda. Untuk mendeteksi malware, Anda bisa menuju ke Google Play Store, dan ketuk Play Protect untuk memeriksa apakah ada aplikasi yang mengandung malware atau virus.
Jika ada malware, segera bersihkan dengan menghapus data di sampah serta jangan gunakan aplikasi itu lagi.

Matikan fitur Gestures

Cara untuk menghilangkan ghost touch iPhone bisa dengan mematikan fitur Gestures. Sebab, kehadiran fitur ini di bagian layar hp bisa menambah kemungkinan ghost touch pada hp Anda.

Baca Juga:  Sering Terjadi! Inilah Beberapa Cara untuk Mengatasi Layar Shadow di Ponsel Samsung

Ganti LCD

Jika anda sudah mencoba berbagai cara mengatasi hp layar gerak sendiri sudah Anda lakukan, namun ternyata ghost touch tetap terjadi, maka jalan satu-satunya gantilah LCD hp Anda. Mungkin saja terjadi  kerusakan pada sensitivitas layar yang sudah cukup parah, sehingga perlu diganti baru.

Pakai charger berkualitas

Pastikan Anda juga selalu menggunakan charger yang berkualitas atau berasal dari toko resmi hp anda. Jangan gunakan charger yang palsu yang kerap dijual lebih murah di pasaran. Karena charger palsu memiliki voltase dan arus yang tidak stabil. Hal ini dapat mengakibatkan hp jadi lebih cepat rusak, termasuk muncul error pada layar hp.

Jaga kebersihan layar dan lepas pelindung

cara mengatasi hp layar gerak sendiri

Untuk menghindari ghost touch, Anda juga disarankan untuk selalu membersihkan layar hp anda. Jika Anda menggunakan pelindung layar yang tidak sesuai, maka sebaiknya lepaskan saja.

Reset ke setelan pabrik

Cara mengatasi hp layar gerak sendiri yang berikutnya adalah dengan melakukan reset hp ke setelan pabrik. Cara ini ampuh untuk mengatasi masalah ghost touch yang tidak kunjung hilang dengan mengupdate software.

Matikan hp sementara

Salah satu yang membuat layar hp bergerak sendiri adalah karena overheat, maka dari itu cara mengatasi hp layar gerak sendiri adalah dengan cara mematikan hp anda selama 3 sampai 5 menit misalnya, agar hp anda bisa menyegarkan sistemnya dan membuat suhunya kembali normal. Selain itu cara ini juga biasanya berfungsi jika hp anda mengalami bug pada sistem.

Memakai aplikasi partial screen

Anda juga bisa mengatasi layar hp yang gerak sendiri dengan memakai aplikasi yang bernama partian screen, jika anda belum tahu partial screen ini adalah aplikasi yang berfungsi untuk memindai layar yang bergerak sendiri. Jika ditemukan suatu error maka partial screen ini akan memperbaikinya secara otomatis. Sebelumnya anda juga ahrus memastikan sudah mengecek layar hp anda dulu. Jika suda melakukan pengecekan dan hasilnya normal maka anda bisa menggunakan partial screen dengan langkah berikut ini.

  1. Install dulu aplikasi partial screen di Google playstore
  2. Setelah proses install selesai anda harus membuka aplikasi tersebut
  3. Kemudian klik dapatkan izin untuk memperbolehkan partial screen memindai layar hp yang bermasalah
  4. Jika sudah nantinya proses pemindaian akan langsung dilakukan
  5. Lalu klik menu area manajer untuk melihat lokasi layar yang bermasalah
  6. Jika ternyata ada amsalah maka akan muncul beberapa warna tepat di posisi layar yang bergerak sendiri.
  7. Klik hapus semua untuk memblokir posisi layar yang bergerak sendiri
Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Cepat Panas Anti Ribet

Nantinya posisi layar yang terdeteksi bergerak sendiri atau error akan mati, sehingga anda tidak bisa melakukan touch di area tersebut.

Memakai aplikasi touchscreen calibration

Seiring dengan pemakaian biasana respon dari touchscreen hp menjadi lebih lambat, cara mengatasi hp layar gerak sendiri anda bisa melakukan kalibrasi layar sentuh supaya sistem bisa mengenali sentuhan dengan akurat kembali.

  1. Install touchscreen calibration
  2. Buka aplikasinya
  3. Tekan tombol kalibrasi
  4. Klik ketuk tunggal di kolom uji alas
  5. Klik ketuk ganda di kolom uji ulas kembali
  6. Klik ketuk lama dan tahan selama 2 detik
  7. Setelahnya usap ke layar kiri atau kanan
  8. Berikutnya cubit layar dengan dua jari di kolom uji alas dan perbesar layar
  9. Tunggu proses kalibrasi, jika sudah akan muncul notifikasi kalibrasi berhasil

Itu tadi adalah cara mengatasi hp layar gerak sendiri, semoga informasi diatas bermanfaat!

Leave a Comment