Cara Mengatasi Follower Instagram Berkurang Sendiri dengan Berbagai Metode

Jumlah pengguna Instagram di Indonesia yang sangat banyak membuat sosial media satu ini selain digunakan untuk keperluan pribadi juga kerap dimanfaatkan sebagai akun bisnis. Namun sayangnya tidak sedikit pengguna Instagram yang memanfaatkannya untuk akun bisnis mengeluhkan jumlah followernya tiba-tiba berkurang.

Padahal faktanya mereka tidak menganfollow akun-akun tersebut. Kondisi itu tentunya sangatlah merugikan karena bisa membuat barang yang terjual jumlahnya sedikit. Jika hal ini terjadi pada Anda tidak perlu khawatir, pasalnya sudah ada banyak cara yang bisa dicoba untuk mengembalikan jumlah follower tersebut. Lantas bagaimana cara mengatasi followers instagram berkurang sendiri itu?

Cara Mengubah Akun Personal Menjadi Bisnis

Permasalahan umum yang menyebabkan jumlah followers di Instagram itu bisa berkurang sendiri dikarenakan penggunanya belum mengubah akun personal menjadi bisnis. Oleh karenanya Anda perlu mengubah akun personal itu menjadi bisnis terlebih dahulu. Adapun langkah-langkah mengubah akun personal menjadi bisnis yang bisa diikuti seperti berikut ini

  • Pertama silakan untuk membuka terlebih dahulu sosial media Instagram yang sudah terinstal di HP.
  • Kemudian silakan untuk masuk ke halaman pengaturan pada sosial media Instagram.
  • Setelah itu pilihlah opsi “Akun”.
  • Selanjutnya scroll layar ke bawah hingga menemukan opsi bertuliskan “Beralih ke Akun Profesional”.

Beralih ke Akun Profesional

  • Nantinya pada menu “ Beralih ke Akun Profesional” Anda akan disuguhkan beberapa opsi. Dalam hal ini silakan untuk memilih opsi sesuai keinginan masing-masing.
  • Pilih saja opsi yang berhubungan dengan visi dan dan keinginan pada bisnis.

Memahami Algoritma Penting dari Instagram

Cara mengatasi follower Instagram berkurang sendiri juga bisa dilakukan dengan memahami algoritma penting dari sosial media tersebut. Misalnya di mesin pencarian Google, sosial media Instagram mempunyai algoritmanya tersendiri yang akan bekerja  sesuai dengan perintah yang sudah diprogramkan sebelumnya.

Bukan hanya itu saja namun algoritma pada Instagram tersebut juga memiliki fungsi untuk menampilkan konten sesuai dengan apa yang dicari oleh seseorang di dalam sosial media ini. Dengan memahami cara algoritma itu bekerja nantinya pengguna dapat menciptakan konten yang mudah ditemukan pada Instagram. Tentunya semakin mudah konten itu ditemukan maka jumlah follower Instagram akan bertambah dengan sendirinya.

Update Story IG Secara Berkala

Mengupdate Story IG secara berkala juga termasuk ke dalam salah satu cara untuk mengatasi follower social media Instagram yang jumlahnya berkurang sendiri. Nantinya dengan rutin melakukan update Story IG seperti membagikan foto produk terbaru atau video bisa membuat orang lain tertarik untuk mengunjungi akun Instagram milik Anda.

Tentunya semakin banyak orang yang mengunjungi akun Instagram milik Anda maka peluang mendapatkan follower banyak sangatlah mudah dilakukan. Tetapi perlu diingat ketika Anda ingin melakukan hal itu jangan sampai mengupdate Story IG yang mempunyai sifat negatif atau kurang penting. Pasalnya Story IG yang memiliki sifat negatif itu bisa membuat jumlah followernya berkurang dengan sendirinya.

Memperhatikan Waktu Postingan

Untuk mengatasi jumlah pengikut Instagram yang berkurang sendiri juga bisa dilakukan dengan cara memperhatikan waktu posting di sosial media tersebut. Dalam hal ini sebaiknya untuk memposting konten Instagram pada waktu yang berbeda.

Sebab postingan konten yang muncul dalam waktu sama atau berdekatan bisa dianggap sebagai perilaku spam oleh pihak Instagram. Adapun beberapa rekomendasi waktu yang tepat untuk memposting konten di Instagram seperti berikut ini.

  • Pilihlah waktu memposting konten ketika sedang jam makan atau istirahat misalnya pada pukul 11.00 hingga 13.00 siang.
  • Pilihlah waktu memposting konten ketika sedang jam selesai kerja misalnya pada pukul 19.00 hingga 21.00 malam.

Di samping memperhatikan waktu untuk memposting konten di Instagram yang terpenting yakin harus bisa konsisten dalam melakukan posting konten di sosial media tersebut.

Pasalnya kegiatan itu dapat memberikan dampak positif untuk algoritma sosial media Instagram dan mempermudah Anda untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Mengunci Follower Instagram agar Tidak Berkurang

Tujuan utama mengunci follower Instagram ini yaitu agar para pengikut dari sosial media tersebut jumlahnya tidak berkurang. Namun cara ini hanyalah sebuah trik sederhana dikarenakan belum adanya fitur yang bisa digunakan untuk mengunci follower Instagram tersebut. Adapun langkah-langkah mengunci follower Instagram dengan trik sederhana seperti berikut ini.

  • Pertama silakan untuk membuka sosial media Instagram pada browser atau smartphone.
  • Selanjutnya silakan login ke akun Instagram menggunakan username dan password yang Anda miliki.
  • Jika sudah selesai pilihlah opsi menu profile.
  • Kemudian pada menu profile pilihlah opsi “Edit Profil “.
  • Langkah berikutnya scroll layar ke arah bawah hingga menemukan opsi “ “Nonaktifkan Sementara Akun Saya”.
  • Nantinya secara otomatis follower yang Anda miliki tidak bisa melakukan unfollow pada akun instagrammu. Hal itu bisa terjadi dikarenakan akun Instagram milikmu dianggap tidak ada.

Membeli Pengikut Instagram pada Jasa Penambah Follower Social Media

Cara mengatasi jumlah pengikut Instagram yang tiba-tiba berkurang sendiri juga bisa dilakukan dengan membeli follower di jasa. Namun ketika Anda ingin menggunakan cara ini pastikan telah menyediakan budget yang cukup untuk membayar jasa penambah followers sosial media tersebut.

Meskipun cara ini terbukti efektif bisa menambah jumlah pengikut pada sosial media Instagram, tetapi perlu diketahui bahwa umumnya jumlah pengikut yang didapatkan dengan cara membelinya lama kelamaan jumlahnya akan berkurang dikarenakan dihapus oleh pihak Instagram. Metode ini bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang sedang membutuhkan kenaikan follower dalam waktu cepat.

Membangun Interaksi dengan Para Pengikut Baru

Membangun interaksi dengan  pengikut baru termasuk ke dalam cara paling mudah untuk mengatasi follower Instagram yang  tiba-tiba hilang.  Pasalnya dengan menjalin Interaksi  bisa menimbulkan kesan  baik untuk para pengikutnya. Di samping memiliki fungsi untuk menambah jumlah follower, metode ini juga mampu meningkatkan jangkauan akun Instagram dan memperbanyak jumlah komentar di sosial media tersebut.

Apa Saja Penyebab Follower Instagram Jumlahnya Berkurang Sendiri Itu?

Setelah mengetahui cara untuk mengatasi follower Instagram yang jumlahnya berkurang sendiri, alangkah baiknya Anda juga perlu memahami penyebab mengapa pengikut dari sosial media itu tiba-tiba hilang. Adapun beberapa penyebab follower Instagram jumlahnya berkurang sendiri atau tiba-tiba hilang seperti berikut ini.

  • Akun Instagram sudah lama tidak aktif.
  • Adanya perubahan sistem pada Instagram.
  • Melakukan tindakan spam di Instagram.
  • Tidak pernah melakukan update konten.

Demikianlah ulasan singkat tentang cara mengatasi follower Instagram berkurang sendiri. Dalam hal ini agar jumlah pengikut itu dari hari ke hari terus mengalami peningkatan pastikan ketika sedang memposting konten di Instagram sudah menambahkan hashtag di bawahnya. Karena hastag bisa membuat jangkauannya menjadi luas sehingga banyak orang mengetahui akun tersebut dan pada akhirnya mereka tertarik untuk memfollownya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment