Tips Melihat Sorotan Instagram Tanpa Diketahui, Cari Tahu di Sini!

Apa ya sorotan atau highlights Instagram itu? Dan apakah pemilik akun bisa mengetahui siapa yang melihat sorotan Instagram? Kalau bisa, lalu bagaimana ya cara melihat sorotan Instagram tanpa diketahui?

Apabila kamu kebetulan punya pertanyaan-pertanyaan tersebut, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menemukan jawabannya. Karena di dalam artikel ini, kamu akan temukan bahasa lengkap tentang sorotan Instagram. Selamat membaca!

Apa Itu Sorotan Instagram?

Hanya saja, pertama kamu perlu ketahui dulu apa itu sorotan alias highlights Instagram. Pada dasarnya, sorotan Instagram ini berisi kumpulan Instagram Story atau IG Story yang sudah di-save agar muncul di bio. Tepatnya di bagian atas profil Instagram, di antara bio dan feed-mu.

Oleh karena itu, meskipun IG Story akan menghilang setelah 24 jam, Story akan tetap bisa diakses kalau kamu masukkan ke sorotan — tentu saja selama kamu tidak mengarsipkan atau menghapus Story tersebut, ya!

Apakah Kita Bisa Tahu Orang Lain Melihat Sorotan Instagram?

Kalau begitu, apakah artinya kamu bisa mengetahui siapa saja yang membuka dan melihat-lihat sorotan Instagram di bio-mu? Soalnya kan siapa yang melihat Story bisa kelihatan, tuh.

Ternyata, meskipun sorotan pada dasarnya adalah kumpulan Story, fitur siapa yang melihat Story tidak akan lagi bisa digunakan apabila “umur” Story tersebut sudah lewat dari 24 jam. Oleh karena itu, walaupun Story-nya tetap bisa ditampilkan lewat sorotan, fitur tersebut tetap akan berhenti berfungsi selama melewati batas waktu tersebut.

Hal ini juga berarti sebenarnya kamu tidak akan lagi bisa mengecek siapa yang melihat sorotan Instagram. Sebaliknya, jika kamu membuka-buka sorotan milik orang lain, si pemilik akun juga tidak akan tahu kalau kamu melihat sorotan Instagram kepunyaan dia.

Cara Melihat Instagram Story Tanpa Diketahui

Kalau begitu, kamu sebenarnya tidak perlu repot-repot mencari cara melihat sorotan Instagram tanpa diketahui. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur siapa yang melihat Story tidak akan lagi aktif jika sudah lewat dari 24 jam, termasuk jika Story masih muncul di sorotan Instagram sekalipun. Jadi, kamu yang buka-buka sorotan Instagram mantan atau orang asing tidak perlu takut ketahuan si pemilik akun, ya!

Tapi lain cerita jika kamu penasaran dan ingin mengecek Instagram Story milik orang lain yang masih aktif, alias umurnya belum 24 jam. Dalam kondisi tersebut, tentu saja si pemilik akun akan tahu jika kamu membuka Story miliknya. Lalu, apakah ada cara untuk melihat IG Story tanpa ketahuan?

Tentu saja jawabannya adalah ada! Malah ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat Story di IG tanpa diketahui pemilik akunnya, lho. Apa saja, ya?

Buat akun Instagram baru.

Cara paling gampang dan simpel untuk melihat Story tanpa ketahuan adalah dengan menggunakan akun lain. Kamu hanya perlu membuat akun Instagram baru untuk menjajal cara yang satu ini. Dengan begitu, pemilik Story tidak akan tahu kalau kamu melihat Story miliknya.

Hanya saja, tentu kamu perlu pastikan bahwa username hingga isi akun baru tersebut sama sekali tidak menunjukkan bahwa kamu lah pemiliknya. Dengan begitu, tentu saja identitasmu tidak akan terbongkar, kan?

Solusi ini merupakan opsi termudah kalau kamu penasaran ingin melihat update Story orang lain, tapi tidak ingin ketahuan. Misalnya ketika kamu ingin melihat apa kabar mantan, tapi kalian putus tidak dengan baik-baik. Atau mungkin ketika kamu juga ingin cari tahu kabar terbaru teman lama yang putus hubungan denganmu.

Aktifkan mode pesawat.

Opsi kedua adalah dengan memanfaatkan fitur mode pesawat alias airplane mode. Akan tetapi, bukannya mengaktifkan mode pesawat sama saja mematikan akses internet lewat koneksi mobile maupun WiFi, ya?

Tentu saja metode ini memiliki urutan langkah-langkahnya agar kamu tetap bisa mengecek update Story di Instagram orang lain tanpa ketahuan. Caranya seperti ini:

  • Buka aplikasi Instagram dan tunggu sampai Instagram Story orang-orang dimuat di bagian paling atas halaman Home.

Tips Melihat Sorotan Instagram Tanpa Diketahui

  • Jika Instagram Story orang-orang yang kamu follow sudah muncul semua, baru aktifkan mode pesawat di HP-mu.
  • Setelah itu, buka Story yang ingin kamu cek.

Tips Melihat Sorotan Instagram Tanpa Diketahui

  • Jika sudah, kamu bisa close Instagram-nya dan matikan mode pesawat.

Karena kamu ada dalam status offline begitu mengaktifkan mode pesawat saat melihat Story tersebut, kemungkinan bahwa username-mu akan muncul di daftar pelihat Story sangatlah kecil. Dengan begitu, kamu tidak perlu takut ketahuan.

Dari Story milik orang lain yang muncul sebelumnya.

Untuk cara yang satu ini, kamu hanya bisa melakukannya jika kamu juga follow akun orang tersebut, ya. Misalnya akun Instagram gebetan, tapi kamu masih belum ingin menunjukkan kalau kamu menyukainya. Sedangkan caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Instagram, kemudian cari update IG Story akun “sasaran” di antara deretan update Story akun-akun lain yang kamu follow. Seperti yang sudah kamu ketahui, update IG Story bisa kamu lihat dari lingkaran-lingkaran yang ada di bagian teratas halaman Home.
  • Setelah menemukan update Story yang jadi targetmu (sebut saja Gigi), klik update milik pengguna yang muncul sebelum si target. Anggap saja pengguna lain yang muncul sebelum Gigi adalah Chila.
  • Jika sudah, buka sampai Story terakhir Chila. Kemudian tahan Story tersebut dengan jempol, lalu geser perlahan ke kiri. Pastikan jempolmu tidak terlepas, ya! Karena dengan cara ini, kamu sebenarnya sedang mengintip update Story Gigi. Kalau jempolmu lepas, dijamin kamu langsung ketahuan oleh Gigi.
  • Kalau sudah, geser lagi ke kanan untuk kembali ke Story Chila. Lalu tutup Story-nya dan kembali ke halaman Home.

Pakai tools pihak ketiga.

Alternatif lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan tools milik pihak ketiga. Dengan cara ini, kamu bisa melihat update Story orang lain di Instagram tanpa diketahui sama sekali. Tak hanya itu saja, tools-nya bahkan bisa kamu gunakan juga secara gratis tanpa harus login.

Tools yang tersedia bisa jadi berupa aplikasi ataupun website. Beberapa tools yang bisa kamu gunakan misalnya StorySave (aplikasi), Insta Story Viewer (website), dan StorySaver.net (website). Walaupun platform-nya berbeda, pada dasarnya cara kerjanya sama, kok.

  • Buka aplikasi atau website untuk cek Story Instagram yang kamu pilih.
  • Masukkan username pengguna Instagram yang update Story-nya ingin kamu lihat.
  • Klik Enter atau tombol pencarian, dan tunggu selama beberapa saat.
  • Setelah itu, aplikasi atau website akan menampilkan isi Story dari akun yang kamu input tadi. Kamu bisa cek satu per satu tanpa harus membuka Instagram dan pastinya tanpa harus takut ketahuan.

Penutup

Bagaimana, apakah penjelasan di atas sudah membantumu menjawab pertanyaan soal cara melihat sorotan Instagram tanpa diketahui? Tapi ingat untuk menjaga kenyamanan dan privasi pengguna Instagram lain. Jadi, gunakan sewajarnya saja, ya!

Bagikan Postingan:

Leave a Comment