Cara Mendirikan Perusahaan Startup Untuk Pemula Seperti Anda

Cara mendirikan perusahaan startup sebenarnya sangat mudah dan tidak rumit. Hanya perlu mempunyai satu website sebagai tempat untuk beraktivitas dalam bisnis. Bisa menjual jasa atau barang sesuai keinginan. Bahkan, menulis blog dan menyediakan sarana promosi juga bisa disebut dengan perusahaan startup.

Tetapi, untuk proses pengembangan hingga menjadi sukses dan besar seperti, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka Anda butuh tiga kunci rahasia yaitu, waktu, usaha, dan pengalaman. Selebihnya hanya pengembangan dari ketiganya. Jika, Anda berminat untuk mendirikannya, cobalah memahami ketiganya sejak sekarang.

Waktu

Poin pertama yang harus ada dalam diri Anda adalah waktu. Sebenarnya, hampir semua orang mempunyainya tetapi, tidak bisa memaksimalkannya. Saat ini setiap jam berjalan sangat cepat, seharusnya begitu pula dengan Anda. Tetapi, berbagai masalah hidup membuat Anda menyerah dan memilih untuk terus berada di dalam persoalan tersebut.

Inilah yang dinamakan, sebagai tidak punya waktu. Anda hanya sibuk memikirkan apa dan bagaimana tanpa mau mencoba. Ketakutan datang tetapi, terus disimpan. Sehingga, pikiran semakin lupa dan usia semakin menua. Sangat disayangkan dengan orang semacam ini, tidak punya waktu untuk keluar dari permasalahan tersebut.

Mengembangkan Ide

Cara mendirikan perusahaan startup selanjutnya adalah mengembangkan ide. Jika, Anda sudah punya banyak waktu tidak ada salahnya untuk fokus. Pikirkan satu ide atau gagasan, kemudian kembangkan dengan cara mencari tahu terlebih dulu. Bagaimana peluang dari ide Anda tersebut.

Cara mudah memahaminya begini, saat Anda sudah punya gagasan ini mendirikan perusahaan di bidang wisata. Cobalah untuk melihat semua startup sesuai dengan ide. Berapa jumlah pesaingnya, hitung secara lengkap baik yang sudah punya nama besar hingga baru berdiri. Tulis di kertas agar tidak lupa.

Cara Mendirikan Perusahaan Startup Untuk Pemula Seperti Anda

Pelajari, setidaknya 5 perusahaan yang menurut Anda menarik. Jangan lupa 2 di antaranya adalah startup terkenal dan sudah punya nama besar. Sisanya terserah Anda, analisa satu per satu terlebih dulu. Catat apa saja fasilitas serta alasan banyak orang menggunakannya. Bila perlu, ajak orang lain untuk proses identifikasi ini.

Setelah, semua selesai tarik satu kesimpulan. Apa yang harus Ada dalam startup Anda tetapi, mereka semua tidak mempunyainya. Hal ini sangat penting agar terlihat berbeda bila harus disandingkan dengan startup lain. Pembeda ini merupakan modal utama dalam mengembangkan usaha, agar lebih disukai oleh orang lain.

Perencanaan

Langkah selanjutnya yang banyak menyita waktu adalah mulai merencanakan sesuatu, dari hasil mengembangkan ide. Sebagai contoh, apa saja yang harus ada, bagaimana sistem mereka mendapatkan informasi, kemudian, apakah ada diskon atau promo menarik lainnya serta kemungkinan program yang akan dijalankan.

Semua ini perlu perencanaan yang matang, baik jangka panjang dan pendek. Tetapi, dalam proses ini Anda harus melakukannya dengan hati-hati. Jangan terburu-buru dan tetap pada patokan yang sudah ditulis. Selanjutnya, melakukan usaha nyata. Dalam tahap ini mental harus dipersiapkan.

Usaha

Cara mendirikan perusahaan startup selanjutnya adalah usaha. Saat Anda sudah memasuki tahapan ini. Secara tidak langsung, ego dan emosi sudah bisa dikendalikan dengan baik. Hal ini sangat penting untuk kelancaran perusahaan nanti. Usaha juga mencakup bagaimana caranya mendapatkan dana.

Hampir semua bisnis yang sedang dibangun membutuhkan modal. Dari mana mendapatkannya tergantung dari Anda sendiri. Karena, bisa menggunakan uang pribadi, memilih investor, atau mencari pinjaman dana dengan bank. Semua pilihan mempunyai risiko masing-masing.

Tahap ini sebenarnya mudah tetapi sangat sulit dijalankan karena, tidak hanya emosi saja, pikiran juga. Semuanya harus terjadi dalam satu waktu. Dalam faktor usaha ini Anda sudah harus mempersiapkan semuanya. Bahkan, beberapa ada yang sudah siap untuk menjalankannya, serta bagaimana caranya untuk bertahan.

Bangun Koneksi

Walaupun, sudah dalam tahap pengembangan. Namun, membangun koneksi merupakan langkah selanjutnya yang harus dijalankan. Koneksi memang sangat penting agar bisnis bisa berjalan. Tidak peduli merupakan sebuah perdagangan atau menawarkan jasa. Membangun jaringan memang sangat penting.

Koneksi ini bisa Anda dapatkan melalui online dengan menggunakan sarana media sosial atau dengan offline. Bergabung ke berbagai komunitas atau minimal Anda selalu aktif dalam organisasi yang Ada di kampung Anda. Jangan meremehkan setiap orang, karena bisa jadi salh satu dari mereka merupakan jalan untuk membangun bisnis ini lebih besar.

Dalam membangun jaringan jangan hanya mencari saja, tetapi cobalah membangun dari pelanggan yang datang. Mungkin, menghadirkan program promo dengan kartu, atau apa saja agar mereka tidak pergi. Hal ini sangat penting untuk mengetahui bagaimana kualitas Anda sesungguhnya. Dengan mereka, keburukan bisa diubah jadi kebaikan.

Jatuh Bangun

Cara mendirikan perusahaan startup selanjutnya adalah jatuh bangun dalam penjualan. Hal ini pasti akan terjadi bahkan, pada bisnis yang sudah punya nama. Ada waktu di mana kondisi keuangan akan  minus. Bila sudah terjadi, jangan pernah menyerah tetap berusaha. Terus berpikir dan inovasi. Evaluasi apa yang kurang dan harus dipertahankan.

Cara Mendirikan Perusahaan Startup Untuk Pemula Seperti Anda

Jatuh bangun sebenarnya sangat penting. Hal ini sebagai sarana Anda belajar bagaimana untuk bertahan. Pasti ada kondisi di mana keadaan tidak menentu dan tidak pasti seperti sekarang ini. Dengan jatuh bangun yang sudah Anda jalani sejak awal, bukan tidak mungkin hal serupa bisa Anda lewati lebih baik.

Pengalaman

Fase terakhir dalam membangun perusahaan adalah Pengalaman. Dari fase jatuh bangun pasti Anda sudah akan mendapatkan pengalaman berharga. Hal yang harus diperlukan oleh setiap pengusaha. Kunci ini tidak semua orang bisa memahaminya. Cara mendapatkannya juga tidak mudah butuh waktu panjang.

Dari sini Anda akan tahu bagaimana caranya menghadapi berbagai permasalahan. Mulai dari karyawan hingga gejolak penjualan. Oleh karena itu asah pula kemampuan dalam melakukan sarana promosi. Dalam bisnis, iklan memang sangat penting, agar orang tahu berita baru mengenai perusahaan Anda.

Media Promosi

Ada banyak media promosi yang bisa Anda pilih. Mulai dari media sosial hingga membayar berbagai platform seperti, brosur, videotron, atau baliho. Semua media ini punya kelebihan, kelemahan dan harga masing-masing. Bahkan, untuk sarana promosi melalui berbagai macam artikel juga bisa Anda jadikan sarana terbaik.

Tetapi, harus hati-hati dalam menggunakan media ini. Bisa saja tidak efektif hingga uang akan habis hanya untuk promosi saja. Indikatornya sangat mudah, penjualan jadi lebih baik. Tidak ada hal lain untuk bisa mengetahuinya. Pelajari lebih lanjut, bagaimana mendapatkan iklan secara efektif.

Fasilitas Tambahan

Selain mempengaruhi orang lain dengan iklan, Anda bisa melakukan hal lain dengan penambahan fasilitas. Sebagai contoh, menambah area untuk anak-anak, atau menyediakan ruang tunggu yang nyaman, bebas mengambil makanan dan minuman. Mungkin, hal tersebut terlihat sederhana, tetapi bisa jadi cara terbaik dalam menjaring pelanggan.

Cara mendirikan perusahaan startup mempunyai beberapa langkah, bahkan secara teori akan berbeda bila diterapkan dalam saat usaha ini berjalan. Jadi, jangan pernah lelah untuk tetap bertanya dan belajar kepada semua orang. Bahkan, pada teman Anda yang gagal sekali pun, mereka masih tetap punya pengalaman.

Leave a Comment

3 + four =