Cara Melihat Password Wifi di Windows 11, Penting bagi kamu yang Pelupa!

Apakah kamu sering melupakan password Wifi yang pernah kamu gunakan? Ternyata ada solusinya loh! kamu dapat melihat password Wifi di perangkat laptop atau PC berbasis Windows 11. Cara melihat password Wifi di Windows 11 tidak akan menyulitkan kamu dan tidak memakan waktu yang lama.

Namun perlu diingat, bagi kamu yang ingin melihat password Wifi melalui Windows 11,  perangkat laptop atau PC kamu harus pernah digunakan sebelumnya. Seperti yang diketahui, perangkat laptop atau PC yang dihubungkan pertama kali akan dapat terhubung secara otomatis dan tidak perlu memasukkan kata sandi berulang kali.

Dengan begitu, kamu akan mengetahui password Wifi dengan melihatnya di perangkat laptop atau PC berbasis Windows 11. Untuk kamu yang penasaran bagaimana caranya. Simak cara melihat kata sandi Wifi melalui Windows 11.

Cara 1: Melihat Password Wifi di Windows 11

Cara pertama bagi kamu yang ingin melihat password Wifi di Windows 11  adalah dengan Control Panel. Maksudnya, kamu dapat menemukan password Wifi di menu “Control Panel”. Apa sih Control Panel itu? Control Panel diartikan sebagai salah satu menu, program, dan aplikasi yang membantu mengontrol dan mengelola perangkat laptop atau PC.

Tentu saja Control Panel merupakan bagian penting dari Windows, termasuk Windows 11. Selain itu, terdapat beberapa pengaturan yang hanya dapat diakses melalui aplikasi atau menu Control Panel ini, salah satunya password Wifi. Berikut ini langkah-langkah melihat kata sandi Wifi di Windows 11 dengan melalui Control Panel.

Baca Juga:  10 Cara Mengunci Folder Di Windows 10, Lebih Aman dari Oknum Nakal

Masuk ke Control Panel di Windows 11

Cara kamu untuk mengunjungi Control Panel atau Pengaturan adalah pertama, pilih dan klik tombol “Start Menu”. Kemudian ketik Control Panel di pencarian menu Start.

Buka Opsi Network and Internet

  • Langkah selanjutnya, kamu perlu mencari dan opsi “Network and Internet” atau “Jaringan dan Internet”, kemudian klik opsi tersebut.

Cara Melihat Password Wifi di Windows 11

  • Lalu di layar berikutnya pilih opsi “Network and sharing center” atau “Jaringan dan pusat berbagi”. Di menu ini, kamu dapat melihat informasi mengenai jaringan.

Cara Melihat Password Wifi di Windows 11

  • Selanjutnya saat di menu “Network and sharing center”, di samping dan sebelah kanan menu “Connection” atau “Koneksi”. kamu pilihlah nama  jaringan Wifi yang ingin kamu ketahui passwordnya.
  • Centang Kotak Tampilkan Karakter
  • Setelah kamu memilih jaringan Wifi, jendela Status Wifi akan muncul. Saat menu “Status Wifi” sudah muncul, kamu perlu memilih Properti Nirkabel. Di Properti Nirkabel tersebut, pilih tab “Security” atau “Keamanan”.

Cara Melihat Password Wifi di Windows 11

Kemudian terakhir, kamu perlu mencentang kotak untuk menampilkan password Wifi yang kamu inginkan. Maka kata sandi kamu tidak menunggu waktu lama akan  ditampilkan di kotak kunci keamanan jaringan atau menu “Network Security Key”.

Cara 2: Melihat Password Wifi di Windows 11

Hampir sama dengan cara yang pertama dengan melalui pengaturan. Cara kedua ini lebih sederhana dan mudah untuk diikuti dengan menggunakan pintasan keyboard. Seperti yang diketahui, keyboard merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input.

Keyboard ini terdiri atas tombol berupa alfabet, angka, dan simbol yang dikhususkan untuk perangkat laptop atau PC. Nah untuk melihat password Wifi yang diinginkan pada Windows 11 dapat dilakukan dengan menggunakan pintasan keyboard. Untuk selengkapnya kamu dapat menyimak langkah-langkah di bawah ini.

Baca Juga:  Cara mematikan auto update windows 11

Klik Berbarengan Tombol Windows + i

Untuk dengan mudah masuk ke pengaturan, kamu hanya perlu menekan tombol “Windows” dengan diikuti tombol “i”. Tombol “Windows” terletak pada baris pojok kiri di bawah keyboard. Logo Windows terlihat seperti jendela. Sedangkan letak tombol “i” pada keyboard terletak di bawah pertengahan antara angka 8 dan angka 9.

Pilih dan Klik Opsi Network and Internet

Usai menekan tombol Windows + i secara bersamaan, kamu pilih dan klik opsi “Network and Internet” atau “Jaringan dan Internet”. Setelah itu, saat berada di halaman “Network and Internet”, cari dan klik “Pengaturan jaringan”.

Selanjutnya, pada halaman “Advanced Network Setting” dari bagian “Related Setting”. kamu pilih bagian “More Network Adapter Options”. Layar Windows akan membuka jendela “Network Connection”. Lalu kamu perlu mengklik kanan dan pilih “Status”.

Aktifkan Kotak Show Characters

Saat kamu sudah berada di halaman “Status”, cari dan klik tombol “Wireless Properties”. Dilanjutkan dengan klik tab “Security” atau “Keamanan”. Terakhir, untuk melihat password Wifi melalui Windows 11, aktifkan kotak “Show characters” atau  “Tampilkan Karakter”. Maka akan ditampilkan password Wifi melalui Windows 11.

Cara 3: Melihat Password Wifi di Windows 11

Cara ketiga untuk melihat password Wifi di Windows 11 adalah melalui Windows Terminal. Jika kamu gagal setelah mencoba dua cara di atas. kamu dapat mengikuti cara melihat password Wifi di Windows 11 dengan Windows Terminal.

Meskipun terlihat sedikit rumit, namun saat kamu sudah mencoba, maka kamu akan merasa cara yang satu ini mudah. Simak langkah-langkah dengan cara Windows Terminal berikut ini.

Buka Windows Terminal

kamu dapat membuka Windows Terminal dengan mengklik kanan ikon “Windows Terminal” di Taskbar. Kemudian kamu pilih opsi “Windows Terminal (Admin)” di kotak pilihan yang muncul. kamu jangan sampai salah memilih, perlu diingat bahwa yang kamu klik buka “Windows Terminal”, tetapi opsi “Windows Terminal (Admin)”.

Baca Juga:  4 Tips Sukses Kelola Bisnis Warung Kopi Wifi

Di Windows Terminal, pastikan bahwa kamu membuka tab Command Prompt. Apabila kamu ragu dan tidak yakin, kamu dapat cari dan klik ikon panah bawah, kemudian pilih opsi “Command Prompt” di bagian atas jendela Windows Terminal.

kamu juga dapat masuk ke menu “Command Prompt” dengan menekan tombol keyboard Ctrl+Shift+2. Selain itu, kamu juga dapat mengetik CMD di menu “Run”. Kemudian klik OK.

Ketik netsh wlan show profiles

Saat sudah berada di halaman menu “Command Prompt”. kamu perlu mengetik netsh wlan show profiles. Kemudian, layar akan menampilkan netsh wlan show profiles Nama WiFi key=clear. Di langkah ini, kamu perlu mengubah dan mengganti “Nama WiFi” menjadi nama jaringan Wifi yang ingin kamu lihat.

Misalkan, nama jaringan Wifi kamu adalah Wifi1234. Nah, kamu dapat mengetik netsh wlan show profiles “Wifi1234” key=clear. Kemudian klik enter untuk melanjutkan.

Di langkah ini, kamu akan melihat berbagai informasi mengenai jaringan Wifi, termasuk informasi mengenai kata sandi. kamu dapat melihat password Wifi di sebelah konten utama atau “Key Content” di grup Security Setting atau pengaturan keamanan.

Nah itulah cara melihat password Wifi di Windows 11. Bagaimana menurut kamu cara yang disampaikan di atas, sangat menarik bukan? Tentu saja, tiga cara yang berbeda di atas dapat membantu, apalagi bagi kamu yang susah mengingat dan sering lupa dengan kata sandi Wifi yang mungkin saja membuat kamu jengkel.

Pastikan kamu sudah mencoba cara melihat kata sandi Wifi di Windows 11 dan semoga berhasil dalam mencoba.

Leave a Comment