Cara Update Windows 11 Paling Cepat dan Anti Ribet

Sudah tahu belum jika ada cara update windows 11 tercepat? Jika Anda memang pengguna PC Windows, ada baiknya untuk segera melakukan update. Windows 11 ini diyakini memiliki tampilan yang minimalis dan ringan.

Bahkan, banyak informasi yang menyebutkan jika windows 11 ini bisa membuat perangkat Anda menjadi lebih aman dan semakin fleksibel. Dengan adanya keuntungan ini, tentu akan membuat Anda makin produktif saat mengerjakan tugas harian.

Hingga mendapatkan pengalaman maksimal ketika main game, nonton film, serta aktivitas hiburan lainnya. Lagipula update windows 11 sama sekali tidak sulit kok. Fitur ini pun gratis walaupun masih ada yang bilang lisensi free-nya berakhir tahun 2022.

Baca juga: atasi lupa sandi HP 

Apapun bentuknya, Anda lebih baik harus segera melakukan update windows 11. Selain cara update windows 11 ini sangat sederhana, juga Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan apabila melakukannya.

cara update windows 11

Mengapa Anda Harus Update Windows 11?

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya memang perlukah update windows 11. Sampai harus mencari tahu sana-sini bagaimana cara updatenya? Apakah perangkat PC/laptop tidak akan berfungsi jika tidak dilakukan pembaharuan?

Faktanya, jika Anda memang tidak mau melakukan update pun tidak menjadi masalah besar. Namun, apakah tidak sayang sebab windows 11 yang terbaru ini dilengkapi dengan banyak sekali keunggulan yang tak ada di windows 10 atau versi lama, seperti diantaranya:

Tampilan Interface Minimalis dan Fresh

Hal yang membuat Anda harus tahu cara update windows 11 adalah interface-nya yang sangat fresh. Setidaknya jika dibandingkan dengan windows 10 yang cenderung lebih berat. Selain itu tampilannya juga begitu minimalis.

Baca Juga:  9 Cara Mengatasi Touchscreen Hp Tidak Berfungsi

Mulai dari ikon, task bar, hingga toolsnya sangat memanjakan mata pengguna. Bukan hanya itu saja, Anda pun dapat secara penuh melakukan kustomisasi. Seperti menentukan warna, background, sampai memilih dark atau light mode.

Keamanan Lebih Optimal

Melakukan update windows 11 sama artinya dengan meningkatkan keamanan perangkat Anda. Pasalnya, menginstall windows 11 pada PC/Laptop akan membuat secara otomatis perangkat tersebut memiliki TPM 2.0 (trusted platform module)

TPM 2.0 dalam windows 11 punya banyak fitur seperti Windows Hello yaitu sebagai perlindungan identitas dan BitLocker untuk melindungi data. Sehingga jangan heran jika semakin banyak orang yang mencari tahu cara update windows 11 ini.

Meningkatkan Produktivitas

Selain itu, windows 11 pun terbukti memiliki sejumlah fitur untuk meningkatkan produktivitas pengguna. Contohnya fitur Snap Layout yang memungkinkan pengguna menjalankan berbagai aktivitas dalam waktu bersamaan atau multitasking.

cara update windows 11

Bahkan, windows 11 pun sudah terintegrasi langsung dengan Microsoft Teams yang berguna untuk memudahkan rapat online dengan rekan kerja Anda. Versi windows yang satu ini juga dapat menjalankan aplikasi Android.

Hal lain yang membuat Anda harus tahu cara update windows 11 adalah terdapat fitur Focus. Fitur ini membuat pengguna dapat mengerjakan aktivitas tertentu dengan fitur pengatur waktu serta Do Not Disturb. Intinya begitu lengkap dan memudahkan pengguna.

Gaming Lebih Mumpuni

Windows 11 nyatanya juga telah mendukung lebih dari 100 game PC terbaru. Jadi, Anda penggemar game tak perlu khawatir tidak bisa main permainan favorit melalui windows 11 ini.

Apalagi windows 11 bahkan sudah melengkapi diri dengan fitur pendukung aktivitas gaming. Mulai dari DirectX 12 ultimate, Auto HDR, sampai Direct Storage. Siapa saja akan ketagihan main game melalui windows 11. 

Baca Juga:  Begini Beberapa Cara Mematikan Windows Defender yang Perlu Diketahui 

Persiapan Melakukan Update Windows 11

Sudah tahu beberapa alasan mengapa Anda harus mencoba windows 11. Sekarang mungkin menjadi makin penasaran bagaimana cara update windows 11 tersebut? Langkah pertama adalah memastikan perangkat Anda sudah sesuai spesifikasi berikut:

  • Procesor : 1 gigaheartz (GHz) or faster with 2 or more cores on compatible 64 bit processor or system on a Chip (SoC)
  • Ram: Minimal 4 GB
  • Storage: Minimal 4 GB
  • System Firmwar: UEFI, Secure Boot Copable
  • TPM (trusted platform module): minimal version 2.0
  • Graphick card: compatible with DirectX 12 or later with WDDM 2.0 driver
  • Display: High definition (720p) display that is greater than 9 diagonally, 8 bits per colour channel

Jadi sudah jelas bukan, tidak semua PC/laptop dapat melakukan update windows 11. Pastikan dulu perangkat Anda paling tidak memenuhi spesifikasi di atas. Apabila merasa PC/laptop belum memenuhi spesifikasi, lebih baik jangan dilakukan dari awal.

Setelah merasa perangkat ternyata cocok dengan spesifikasi di atas, Anda juga perlu melakukan beberapa langkah persiapan lain. Coba perhatikan penjelasan selengkapnya di bawah ini supaya tidak salah:

  • Lakukan back up data
  • Pastikan terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil
  • Pastikan perangkat sudah punya TPM 2.0. Untuk mengeceknya silahkan tekan Win + R bersamaan lalu ketik tpm.msc dan enter
  • Secure boot pun harus dipastikan aktif caranya dengan tekan win + R dan ketik msinfo32 dan enter
  • Siapkan akun Microsoft jika Anda belum punya

Mulai Update Windows 11

Sebagai informasi, ada 2 cara update windows 11 yaitu melalui windows update dan via windows 11 instalation assistant. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatian pembahasan selengkapnya di bawah ini:

cara update windows 11

Update Windows 11 Melalui Windows Update

Cara pertama adalah Anda bisa melalui windows update langsung. Jadi, setelah langkah persiapan tadi telah dilakukan, lanjutkan dengan melewati tahap-tahapan di bawah ini:

  • Buka menu “setting”
  • Pilih opsi “update & Security”
  • Klik “windows update” lalu pilih “check for updates”
  • Muncul informasi tentang update windows 11
  • Pilih “download and install”
  • Tunggu sampai proses download selesai
  • Apabila sudah berhasil, klik “restart now”
  • Tinggal ikuti proses instalasi seperti biasanya
Baca Juga:  Cara Ampuh Mengatasi HP Lenovo Lemot/Hang

Update Windows 11 Via Installtion Assistant

Merasa kurang mampu atau terlalu bingung dengan cara pertama tadi? Tenang saja, karena Anda pun dapat mencoba alternatif lainnya. Update windows 11 pun dapat melalui Installation Assistant. Cara ini pun bisa dipakai saat metode pertama tadi gagal.

  • Kunjungi situs resmi Microsoft
  • Jika sudah terbuka, cari menu “download now” biasanya ada di bagian windows 11 installations assistant
  • Buka file aplikasi setelah berhasil terunduh
  • Nanti pada bagian “install windows 11” langsung klik “accept and install”
  • Silahkan tunggu proses download windows 11 sampai selesai
  • Apabila ternyata sudah selesai, Anda klik “restart now”
  • Windows 11 pun telah terpasang

Kendala yang Muncul Saat Update Windows 11

Baik cara update windows 11 yang pertama maupun kedua tadi sebetulnya memang sama-sama mudah. Namun, tidak menutup kemungkinan ada kendala yang terjadi. Misalnya saja update windows 11 ternyata tidak muncul.

Jika ini terjadi, silahkan Anda cek dulu spesifikasi PC/laptop. Kalau tidak sesuai, tawaran upgrade dari Microsoft sudah pasti tidak keluar. Pasalnya, jika tidak sesuai spesifikasi menurut Microsoft sendiri dapat menimbulkan sejumlah malfungsi pada perangkat.

Kendala lain yang terjadi adalah lama waktu untuk update. Pada umumnya waktu yang dibutuhkan adalah 8 jam dan bisa lebih cepat jika perangkat Anda termasuk high end. Namun apabila sudah sangat lama, besar kemungkinan karena koneksi internet yang tak stabil.

Itu tadi penjelasan tentang cara update windows 11. Alasan mengapa Anda perlu update serta kendala yang biasanya muncul saat prosesnya. Semoga menjadi bahan tambahan referensi terbaik untuk semua. 

Leave a Comment