Tips memilih smartphone terbaik untuk budget rendah

Ini dia tips memilih smartphone terbaik untuk budget rendah agar bisa tepat sasaran memenuhi kebutuhan anda. Hingga saat ini sudah ada banyak sekali varian smartphone dan masih terus bertambah.

Seolah tidak ada habisnya, banyak produsen yang menawarkan smartphone dengan berbagai pilihan menarik. Mulai dari harga baru 1 jutaan hingga 10 juta rupiah keatas semuanya tersedia.

Masalahnya dengan banyaknya pilihan tersebut membuat tidak sedikit orang menjadi bingung untuk memilih. Apalagi jika budget minim maka pastinya harus lebih selektif dalam mencari smartphone yang tepat.

Dari pada selalu bingung mencari smartphone dengan mengandalkan kata orang lain. Akan jauh lebih baik jika anda menyimak pembahasan menarik berikut ini, sehingga nantinya anda bisa memiliki kemampuan untuk memilih sendiri yang sesuai kebutuhan.

Tips memilih smartphone terbaik untuk budget rendah

Tips memilih smartphone terbaik untuk budget rendah

Untuk bisa menemukan smartphone terbaik sesuai dengan budget dan kebutuhan anda maka sebaiknya ketahui beberapa hal penting berikut ini.

1. SoC

Tips memilih smartphone terbaik untuk budget rendah

SoC atau system on chip adalah faktor penting yang sangat mempengaruhi fitur dan performa dari smartphone itu sendiri.

Orang awam biasanya mengabaikan Soc dan hanya melihat dari sisi merk atau brand HP saja. Padahal meskipun sudah memilih merk HP terkenal belum tentu menggunakan SoC yang bagus.

Snapdragon dan Dimensity adalah contoh dari SoC yang digunakan kebanyakan smartphone android saat ini. Qualcomm Snapdragon sendiri mempunyai banyak varian seperti Snapdragon 778G, 888, 8 gen 1, dan yang terbaru 8 gen 2.

Demikian juga dengan perusahaan Mediatek yang mempunyai produk SoC bernama Dimensity dan Helio dengan berbagai varian yang banyak.

Baca Juga:  Cara mengatasi hp ngeblank dan penyebabnya

Setiap SoC mempunyai fitur bawaan sendiri yang khas, tetapi belum tentu pihak produsen smartphone seperti Xiaomi, Samsung, dll menggunakan semua fitur bawaan yang ada di SoC.

Ini adalah salah satu tips memilih smartphone terbaik untuk budget rendah yang bisa anda lihat langsung dari sisi SoC nya.

Jangan langsung tergiur harga murah hanya karena melihat merk HP saja tetapi lihat juga SoC yang digunakan. Sebagai contoh produsen HP seperti Xiaomi ini sering melakukan trik marketing yang dapat mengecoh banyak orang awam.

Dengan seri yang sama atau mirip-mirip, mereka menggunakan SoC yang berbeda. Ini berarti meskipun serinya masih mirip dan desain yang mirip juga, tetapi akan membuat performa HP berbeda karena SoC nya juga berbeda.

2. Melihat hasil skor Benchmark

Tips memilih smartphone terbaik untuk budget rendah

Tips memilih smartphone terbaik untuk budget rendah berikutnya adalah melihat hasil skor benchmark. Hingga saat ini sudah ada banyak software benchmark yang bisa anda pakai untuk mengukur performa dari suatu HP.

Yang paling populer dan digemari orang saat ini adalah Antutu 9. Memang bukan sesuatu yang pasti, namun cara ini sangat efektif untuk mempermudah anda untuk memilih HP terbaik sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh hasil benchmark dari SoC Snapdragon 8 gen 1 menggunakan Antutu 9 yaitu berkisar 1 juta. Lalu ada juga Snapdragon 778G yang memiliki skor 500 ribuan jika menggunakan Antutu 9.

Snapdragon 8 gen 1 adalah SoC seri flagship, sedangkan 778G adalah SoC untuk menengah atas yang sudah mempunyai performa termasuk kencang.

Sedangkan snapdragon 600 series skor rata-rata Antutu 9 ada di level 200 ribuan. Jadi dari nilai-nilai benchmark ini setidaknya bisa memberikan gambaran seberapa powerfull suatu HP yang nantinya anda beli.

Dan sangat disarankan terutama untuk tahun 2023 ini untuk anda yang ingin membeli HP low budget. Usahakan untuk memilih HP yang sudah memiliki Antutu 9 dengan skor diatas 200 ribu.

Baca Juga:  7 Cara Screenshot Panjang di Handphone OPPO A54, A9, A15, A37 dan F 1s

Sebab jika skor masih dibawah itu maka kemungkinan akan terasa lambat sekali dalam menjalankan aplikasi modern saat ini.

3. Material bodi smartphone secara keseluruhan

Tips memilih smartphone terbaik untuk budget rendah berikutnya adalah dengan memperhatikan material yang dipakai dari HP itu sendiri.

Harga smartphone yang murah dengan spesifikasi tinggi biasanya pihak produsen cenderung mengurangi kualitas dari material bodi HP.

Ketahui dahulu kualitas dari casing HP menggunakan material apa, begitu juga dengan ketahanan layarnya. Apakah sudah anti gores dengan level yang tinggi ? Lalu liat juga dengan sertifikat ketahanan air nya misal IP67 atau IP68.

4. Kelengkapan Aksesoris

Jika dahulu membeli HP baru biasanya sudah dilengkapi dengan aksesoris lengkap. Maka kini sejak ketatnya persaingan harga dan ditambah faktor kelangkaan chipset membuat produsen HP mengurangi dukungan aksesoris dalam pembelian HP baru.

Untuk anda yang punya budget minim, hitung juga apakah pembelian HP itu sudah termasuk charger, TWS dan screen protector ?

Jika belum termasuk dalam satu paket pembelian, maka jangan lupa hitung juga agar budget minim anda sanggup membeli semua yang dibutuhkan.

Adapun aksesoris penting yaitu charger sebaiknya anda utamakan jika budget yang dimiliki benar-benar minim. Sedangkan TWS dan screen protector bisa menjadi prioritas anda selanjutnya.

Aksesori tambahan seperti bumper case silikon ada baiknya anda pertimbangkan juga untuk masuk budget pembelian.

Sebab aksesoris yang satu ini mampu melindungi bodi HP ketika anda sebagai pengguna tidak sengaja menjatuhkannya ke lantai pada ketinggian tertentu.

5. Kualitas Audio speaker dan mic

Tips memilih smartphone terbaik untuk budget rendah berikutnya adalah memperhatikan kualitas audio speaker dan mic.

Baca Juga:  Cara Ampuh Mengatasi HP Lenovo Lemot/Hang

Untuk urusan kualitas kamera HP jaman sekarang memang sudah termasuk bagus atau standar meskipun harganya cuma satu jutaan rupiah saja.

Namun sayangnya masih banyak calon pembeli yang mengabaikan komponen penting seperti speaker dan mic. Biasanya HP murah untuk budget pas-passan pihak produsen hanya memberi speaker dan mic dengan kualitas ala kadarnya saja. Bahkan beberap varian HP mempunyai mic yang sangat buruk sekali.

Microphone bawaan HP yang jelek pastinya akan sangat mengganggu ketika anda sedang berbicara melalui telepon. Demikian juga saat melakukan perekaman video, meskipun gambar cukup jelas namun hasil suaranya akan jelek.

Dengan lebih selektif memilih smartphone murah maka anda tetap bisa mendapatkan mic dan speaker kualitas bagus.

Baca juga : Cara mematikan auto update windows 11

6. Dukungan koneksi Internet 5G

Cepat atau lambat jaringan 4G dan generasi pendahulunya pasti akan segera musnah karena tergusur dengan 5G. Bahkan di kota-kota besar saat ini sudah bisa menikmati jaringan internet cepat 5G.

Jadi pastikan HP yang anda beli sekalipun varian entry level tetap sudah memiliki fitur 5G. Beruntung Qualcomm dan Mediatek saat ini juga sudah memberi fitur 5G pada SoC seri entry level.

Contohnya saja HP dengan SoC Dimensity 700 atau Snapdragon 690 yang pastinya sudah mendukung 5G pada sisi hardwarenya. Sehingga anda bisa membeli HP merk apapun yang sudah menggunakan SoC tersebut karena pastinya bisa untuk 5G.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai tips memilih smartphone terbaik untuk budget rendah yang bisa anda pakai di tahun 2023 ini.

Semoga dengan adanya pembahasan ini orang yang sedang mencari HP murah tidak akan kebingungan lagi. Sebab hanya dengan melihat dari poin-poin yang sudah dibahas tadi pastinya bisa memberikan gambaran jelas untuk menemukan HP yang tepat.

Leave a Comment