Beberapa Cara Mematikan Antivirus Windows 10 Yang Bisa Kamu Coba!

Cara mematikan antivirus Windows 10 – merupakan salah satu cara yang biasa dilakukan jika suatu perangkat perlu untuk menonaktifkannya. Antivirus melindungi pengguna dari serangan siber yang berbahaya, pada windows 10 antivirus bawaan buatannya adalah windows defender.

Windows defender ini akan memberikan perlindungan secara nyata mulai dari serangan Malware atau spyware yang selalu diupgrade. Hal tersebut untuk menutup kemungkinan adanya serangan melalui celah baru, meskipun tak jarang tingkat proteksi tinggi menjadi merepotkan pengguna.

Baca juga: aktivasi windows 10 

Aplikasi ataupun data yang benar bisa jadi ikut terdeteksi sebagai ancaman sehingga diblokir. Maka dari itu Anda terkadang perlu untuk mematikan windows defender ini untuk sementara waktu, semisal pada saat memasang aplikasi yang dianggap ancaman di windows 10.

Cara mematikan antivirus Windows 10

Cara mematikan antivirus Windows 10 hampir sama dengan windows 11, Anda bisa secara khusus mematikan antivirus bawaan tersebut melalui aplikasi atau pengaturan perangkat. Maka Anda bisa simak ulasan berikut ini untuk lebih jelasnya.

Apa itu Windows Defender ?

Windows defender adalah salah satu antivirus bawaan yang telah terpasang pada laptop yang memiliki sistem operasi windows 10. Tugas dari antivirus ini cukup penting untuk mengetahui laptop Anda terkena virus atau dalam keadaan sehat.

Namun sayangnya kekurangan windows defender ini bisa ikut mendeteksi berbagai aplikasi tidak resmi yang sebetulnya tidak berbahaya. Sehingga Anda perlu mengatur beberapa pilihan untuk mematikan antivirus ini agar tidak merugikan data Anda.

Cara mematikan antivirus Windows 10 ini bisa dilakukan secara sementara atau permanen sekalipun di perangkat Anda. Jika terdapat notifikasi penolakan instalasi aplikasi maka Anda bisa ikuti langkah berikut ini.

Baca Juga:  Cara mengatasi hp ngeblank dan penyebabnya

Kenapa Antivirus Harus Dimatikan?

Antivirus adalah salah satu perlindungan yang bisa mengamankan windows secara menyeluruh menggunakan real time. Maka keberadaan antivirus dalam laptop sangat penting, namun pada beberapa kondisi antivirus harus dimatikan. 

Meskipun pada dasarnya antivirus atau windows defender berfungsi untuk melindungi perangkat Anda dari serangan virus atau digital yang membahayakan. Tapi pada beberapa kebutuhan antivirus harus dinonaktifkan.

Setelah Anda mengetahui Cara mematikan antivirus Windows 10 maka Anda akan mengerti kenapa antivirus harus dimatikan. Seperti penjelasan berikut ini.

  • Untuk menghindari ‘extraction blocking’

Saat menginstall atau mengunduh aplikasi biasanya Anda akan diminta untuk mematikan antivirus pada windows. Sebenarnya hal ini dilakukan untuk menghindari extraction blocking ketika ada software yang mencurigakan masuk. 

Cara mematikan antivirus Windows 10

Biasanya antivirus akan menggagalkan saat proses ekstraksi dari file exe yang Anda unduh. Anticirus akan memblokir penginstalan karena dianggap virus dan biasanya hal ini terjadi pada pengembang baru.

  • Untuk memaksimalkan proses intalasi

Secara umum antivirus memang harus selalu aktif untuk menghindari virus atau malware mencurigakan yang masuk dan bisa merusak perangkat. Namun dalam proses install aplikasi Anda harus memaksimalkan dengan tahu Cara mematikan antivirus Windows 10.

Karena ketika proses instalasi, antivirus akan memberatkan dan bisa memakan waktu lama ketika menginstall. Sebenarnya hal ini dilakukan agar memaksimalkan proses intalasi dan menghindari install corrupt atau gagal. 

Itulah alasan kenapa antivirus harus dimatikan dalam beberapa kondisi, hal ini penting untuk diketahui agar ketika menginstall aplikasi pada windows Anda bisa lebih berhati-hati. Berikut ini cara mudah untuk Anda mematikan antivirus di windows 10. 

Cara Mematikan Antivirus Di Windows 10

Sebenarnya ada dua Cara mematikan antivirus Windows 10 dan keduanya penting untuk diketahui agar Anda bisa mencegah virus atau malware masuk ke komputer. Langsung saja berikut ini cara mematikan antivirus sementara.

  1. Pertama Anda harus memilih tombol mulai atau start yang berada di sudut kiri bawah layar komputer Anda.
  2. Kemudian Anda bisa membuka bagian pengaturan atau setting yang berada dalam tombol start. Jika Anda bingung maka Anda bisa klik pilihan yang menggambarkan gigi mesin. 
  3. Setelah itu, akan muncul jendela pengaturan di layar Anda dan pilih lah update dan security untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  4. Lalu berikutnya akan muncul jendela update dan security yang terbuka dan klik bagian windows security atau keamanan windows. 
  5. Berikutnya buka bagian virus dan threat protection, lalu pergi lagi ke kelola pengaturan atau pengaturan proteksi ancaman pada versi windows 10 yang sudah lama.
  6. Terakhir Anda akan dialihkan ke proteksi real time dan Anda pilih non aktif untuk mematikan antivirus windows 10 secara sementara. 
Baca Juga:  Dengan Cara Ini, Anda Sudah Bisa Menonaktifkan Show More Options Pada Windows 11

Itulah Cara mematikan antivirus Windows 10 yang bersifat sementara, sebenarnya cara ini mudah dan bisa ditiru. 

Jika digambarkan secara singkat Anda bisa memilih mulai lalu klik pengaturan – update dan security – kemudian keamanan windows dan threat protection- pengaturan dan proteksi real time lalu nonaktif.

Cara Mematikan Antivirus Windows 10 Secara Permanen 

Selain bisa dimatikan sementara antivirus juga bisa dimatikan secara permanen. Biasanya cara ini dilakukan ketika Anda sudah tidak ingin menggunakan aplikasi antivirus lagi maka dinonaktifkan secara permanen.

Berikut ini Cara mematikan antivirus Windows 10 secara permanen di laptop Anda. 

  1. Pertama Anda bisa buka menu mulai atau start, setelah itu Anda bisa pilih update dan security.
  2. Kemudian buka opsi windows security dan klik virus & threat protection untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  3. Lalu klik manage dan setting yang terletak di bagian bawah virus dan threat protection setting. 
  4. Setelah itu, Anda akan dialihkan ke tombol yang aktif, untuk menonaktifkan nya Anda bisa pilih tidak aktif.
  5. Kemudian real time protection cloud delivered protection dan automatic sample submission nya di nonaktifkan.
  6. Setelah selesai antivirus di windows 10 atau defender ini akan dimatikan secara permanen di komputer Anda. 
  7. Maka untuk mengaktifkan kembali Anda bisa mengalihkan ke tombol yang awalnya nonaktif akan menjadi aktif.
Baca Juga:  2 Cara edit Video Tiktok yang Paling Menarik

Itulah Cara mematikan antivirus Windows 10 secara permanen di laptop Anda. Sebenarnya cara ini terbilang mudah dan bisa menjadi solusi jika Anda sudah tidak ingin menggunakan antivirus ini lagi sebagai pengaman di laptop Anda. 

Cara Lain Menonaktifkan Antivirus Di Komputer 

Pada dasarnya antivirus itu ada banyak sekali seperti McAfee, Avira, smadav dan masih banyak lagi. Maka saat Anda mengunduh antivirus tersebut secara otomatis windows defender di laptop Anda akan non aktif. 

Cara mematikan antivirus Windows 10

Anda bisa dengan mudah menonaktifkan antivirus tersebut dengan mengikuti beberapa cara berikut. 

  1. Buka menu mulai atau start terlebih dahulu dan pilih apps
  2. Kemudian Anda bisa pilih apps dan features di bagian kiri dan cari antivirus yang ingin Anda uninstall.
  3. Selanjutnya setelah menemukan aplikasi yang ingin di uninstall tadi ikuti langkah yang diberikan dan hapus antivirus tersebut.

Bahaya Mematikan Antivirus

Meskipun Anda sudah mengetahui Cara mematikan antivirus Windows 10  secara permanen atau sementara tapi ada beberapa bahaya yang mungkin bisa Anda temui jika melakukan hal tersebut. 

  1. Malware dan virus bisa memasuki komputer dengan mudah dan bisa merusak stabilitas komputer Anda.
  2. Bisa lebih riskan terkena aksi phising yang bisa membuat rekening, sandi, email dan akun milik Anda dicuri orang.
  3. Beberapa software game bisa terganggu dan hilang begitu saja. 

Nah, itulah ulasan singkat seputar Cara mematikan antivirus Windows 10 yang mesti Anda ketahui. 

Leave a Comment