Bauran Pemasaran Jasa: Pengertian, Konsep dan Unsur-Unsurnya 

Bauran pemasaran jasa seringkali dibicarakan dalam konteks ilmu ekonomi dan marketing. Bauran ini sangat penting demi mengoptimalkan pemasaran yang dilakukan oleh departemen terkait demi terealisasinya tujuan perusahaan. 

Bauran pemasaran yang juga dikenal dengan istilah marketing mix melibatkan banyak orang di dalamnya semata-mata demi bisa memuaskan kebutuhan konsumen. Sehingga membuat konsumen dapat terus membeli maupun menggunakan produk perusahaan tersebut. 

Pengertian Bauran Pemasaran Jasa

Bauran pemasaran atau marketing mix jasa sejatinya merupakan elemen organisasi dari perusahaan yang bisa dikontrol oleh perusahaan itu sendiri dalam mengerjakan komunikasi dengan melibatkan konsumen semata-mata demi memuaskan pihak tersebut.

Bauran Pemasaran Jasa: Pengertian, Konsep dan Unsur-Unsurnya 

Di samping itu, sistem marketing mix ini juga dapat didefinisikan sebagai strategi kombinasi yang dapat dilakukan oleh berbagai perusahaan pemasaran. Bauran pemasaran ini dilakukan karena adanya persaingan yang ketat antar perusahaan demi mencapai targetnya.

Konsep Marketing Mix Jasa

Konsep marketing mix jasa berangkat dari konsep tradisional sebelumnya yang dikenal dengan istilah 4P. Penjabaran dari konsep 4P sendiri ialah product, price, promotion dan place. Kemudian konsep tradisional tersebut dikembangkan demi bisa mengoptimalkan marketing mix jasa. 

Jadi, konsep bauran marketing jasa merambah ke bagian non tradisional seperti people, process dan physical evidence. Konsep ini familiar dengan istilah bauran pemasaran 7P. Antara yang satu dengan lainnya akan saling berhubungan membentuk rantai demi mengoptimalkan kegiatan pemasaran.

Penambahan unsur bauran pemasaran tersebut juga dikarenakan bahwa jasa mempunyai karakteristik yang berbeda dengan produk. Misalnya, tidak berwujud, tidak bisa dipisahkan, berubah-ubah maupun gampang lenyap. 

Unsur-Unsur Marketing Mix Jasa

Zeithaml dan Bitner dalam bukunya mengungkapkan bahwa bauran pemasaran yang berfokus kepada jasa dikenal dengan istilah 7P. Unsur-unsur yang mencakup marketing mix tersebut di antaranya seperti berikut. 

Product (Produk)

Produk  adalah seluruh hal yang bisa ditawarkan. Biasanya meliputi barang fisik, jasa, orang, organisasi, tempat hingga gagasan tertentu. Pengertian tersebut juga sejalan dengan apa yang dikemukakan oleh Kotler. 

Bauran Pemasaran Jasa: Pengertian, Konsep dan Unsur-Unsurnya 

Menurut Kotler produk merupakan segala hal yang bisa ditawarkan produsen guna diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, dipakai maupun dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan. Sementara itu, menurut Ratih Hurriyati seorang ahli ekonomi menyebutkan bahwa produk bisa dibedakan menjadi 4 macam. 

  • Barang nyata. 
  • Barang nyata serta disertai jasa.
  • Jasa utama yang juga dilengkapi dengan barang sekaligus jasa tambahan. 
  • Murni jasa. 

Guna merencanakan penawaran produk tersebut, maka diharapkan pihak terkait bisa memahami tingkat produk. Jika Anda ingin menawarkan produk bisnis, maka berikut ini merupakan tingkatan produk yang bisa Anda simak. 

  • Produk utama (inti) atau yang dikenal dengan core benefit. Jenis produk ini bisa memberikan manfaat sebenarnya yang dibutuhkan serta dikonsumsi oleh pelanggan dari tiap-tiap produk.
  • Produk generic atau generic product merupakan produk dasar yang bisa mencukupi fungsi produk paling mendasar. Bisa dikatakan bahwa produk ini adalah rancangan minimal produk. 
  • Produk harapan atau expected product yakni produk formal yang ditawarkan dengan melibatkan berbagai macam atribut serta kondisinya secara normal. Tentunya akan disepakati untuk dibeli.
  • Produk pelengkap atau augmented product merupakan berbagai macam kelengkapan atribut dari produk sehingga bisa memberikan tambahan kepuasan bagi konsumen. Tentunya berbeda dari pesaing.
  • Produk potensial atau potencial product ialah segala bentuk tambahan serta perubahan yang bisa dikembangkan guna suatu produk di masa yang akan datang. Jadi, pada dasarnya produk ini menjadi sekumpulan nilai kepuasan yang cukup kompleks. 

Price (Harga)

Harga merupakan jumlah uang atau biaya yang mesti dibayar oleh konsumen guna mendapatkan produk maupun jasa tertentu. Menurut DR. Buchari Alma harga menjadi satu-satunya unsur bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan sementara lainnya justru menimbulkan biaya. 

Tidak jauh berbeda dari unsur bauran pemasaran khusus jasa lainnya, harga juga mempunyai sejumlah komponen penting. Beberapa komponen harga di antaranya dapat dijelaskan secara mendetail seperti berikut.

  • Daftar harga atau price list yaitu uraian harga yang dicantumkan pada label produk.
  • Potongan harga atau discount yakni pengurangan dari harga normal.
  • Penghargaan atau allowance yaitu keringan konsumen guna cicilan kredit yang diambil.
  • Jangka waktu pembayaran atau payment period merupakan cicilan kredit sesuai kesepakatan waktu tertentu.
  • Persyaratan kredit atau credit term yakni sesuatu yang wajib dipenuhi konsumen. 

Promotion (Promosi)

Promosi ialah kegiatan yang dilakukan untuk mengkomunikasikan produk sekaligus membujuk pelanggan potensial guna membelinya. Setidaknya terdapat tiga macam tujuan utama dari kegiatan promosi yang bisa memberikan dampak baik bagi perusahaan seperti berikut.

  • Memberikan informasi kepada konsumen dan calon konsumen potensial.
  • Membujuk pelanggan target. 
  • Mengingatkan pelanggan. 

Dalam promosi juga terdapat istilah promotion mix. Istilah ini merujuk kepada tujuan khusus dari promosi. Beberapa cakupan tentang promosi ini di antaranya dijelaskan secara mendetail seperti berikut ini. Kiranya bisa memberikan Anda wawasan. 

  • Periklanan. 
  • Promosi penjualan. 
  • Hubungan masyarakat.
  • Publisitas. 
  • Penjualan tatap muka. 
  • Pemasaran langsung. 

Place (Tempat)

Tempat merupakan kegiatan perusahaan guna melakukan penyaluran produk maupun jasa tertentu yang tersedia kepada konsumen. Tempat sangat penting sebagai lingkungan dimana dan bagaimana produk maupun jasa tersebut akan disalurkan. 

Bauran Pemasaran Jasa: Pengertian, Konsep dan Unsur-Unsurnya 

Tempat memungkinkan adanya interaksi yang bagus antara produsen dengan konsumen. Setidaknya juga terdapat tiga tipe interaksi yang terjalin antara kedua belah pihak tersebut dan berkaitan langsung dengan unsur tempat. 

  • Konsumen mendatangi pihak penyedia jasa (produsen).
  • Produsen mendatangi konsumen.
  • Produsen dan konsumen melakukan interaksi melalui perantara (pihak ketiga). 

Process (Proses)

Unsur proses meliputi prosedur, tugas-tugas, jadwal-jadwal, mekanisme, kegiatan hingga rutinitas dimana suatu produk maupun jasa disampaikan dengan baik kepada pelanggan. Proses merupakan faktor utama dalam bauran pemasaran baik bagi produsen maupun konsumen. 

People (Orang)

Orang adalah semua pihak atau pelaku yang memainkan peran sebagai penyajian jasa dan karenanya akan mempengaruhi bakal pembeli. Pada unsur ini terdapat dua macam elemen yang penting di dalamnya yakni seperti berikut.

  • Service people yakni pemegang jabatan ganda guna mengadakan jasa dan menjual jasa tersebut secara ramah, cepat, teliti dan setia kepada pelanggan.
  • Customer yakni pelanggan yang ingin membeli produk maupun jasa dari produsen. 

Physical Evidence (Bukti Fisik)

Bukti fisik adalah lingkungan fisik dimana jasa akan disampaikan, perusahaan jasa dan konsumen bakal melakukan interaksi serta tiap-tiap komponennya memfasilitasi penampilan maupun komunikasi jasa tersebut. 

Terdapat beberapa saran fisik yang termasuk ke dalam physical evidence. Saran fisik tersebut di antaranya bangunan fisik, peralatan, perlengkapan, barang-barang hingga logo warna. Tentunya ini tidak kalah penting dari unsur-unsur lain yang ada dalam bauran pemasaran jasa

Bauran pemasaran jasa menjadi hal penting yang bisa Anda terapkan demi bisa mencapai tujuan bisnis. Kiranya tetap harus tekun, sabar dan kembali ke tujuan awal jika ingin membangun kerajaan bisnis. Jangan pantang menyerah dan tetap semangat dalam melakoni usaha Anda. 

Leave a Comment

15 + 19 =