2 Jenis Strategi Komunikasi Pemasaran

Strategi komunikasi pemasaran merupakan strategi yang biasa digunakan penjual untuk memasarkan produk miliknya.

Setiap perusahaan memiliki trik rahasia mereka yang mereka gunakan untuk menarik para pelanggan untuk membeli produk milik mereka. Dua jenis media promosi yang mereka gunakan bisa melalui komunikasi massa atau komunikasi antar individu.

Komunikasi Massa

Komunikasi massa merupakan komunikasi yang dilakukan untuk menarik minat banyak pembeli dalam satu kali promosi. Metode ini umumnya bisa menarik pelanggan dengan jumlah yang banyak untuk membeli produk mereka karena promosi menarik yang digunakan. Promosi ini biasanya tidak dilakukan setiap saat.

Karena promosi yang bersifat jarang ini, para pembeli akan tertarik dengan barang yang dijual. Sistem promosi melalui komunikasi massa merupakan strategi komunikasi pemasaran yang banyak digunakan perusahaan besar dan kecil.

2 Jenis Strategi Komunikasi Pemasaran

Promosi besar-besaran dalam satu waktu bisa dengan mudah menarik para pembeli untuk membeli dalam jumlah yang banyak. 

Komunikasi massa bisa dilakukan melalui promosi secara online dan offline. Anda bisa memilih untuk melakukan promosi dengan promosi yang dicetak di kertas atau promosi yang diunggah ke media sosial.

Dengan besarnya pengguna media sosial di negara ini, umumnya penjual akan memilih untuk menjual produk mereka melalui promosi di sosial media.

Promosi melalui Sponsorship

Strategi komunikasi pemasaran nomor satu yang bisa anda lakukan adalah melalui sponsorship. Dengan memberikan dukungan kepada suatu acara, anda akan dapat dengan mudah menawarkan produk yang anda jual secara bersamaan. Metode ini banyak digunakan karena bisa meningkatkan efek pembelian secara langsung.

Metode yang bisa menguntungkan dua pihak ini memang banyak dilakukan karena selain menguntungkan pihak pemilik acara, pihak penjual juga akan mendapatkan eksposur pasar yang besar. Produk milik anda akan muncul di sosial media pemilik acara, selain itu logo toko anda juga akan muncul di berbagai poster cetak milik acara tersebut.

Dengan sistem ini, produk anda bisa meraih pasar yang lebih besar. Sebelum melakukan metode sponsorship, ada baiknya anda melakukan pengecekan mengenai penonton atau target para hadirin dari acara yang akan anda dukung.

Hal ini penting untuk memastikan bahwa acara tersebut memang memiliki target tujuan bagi pasar barang yang anda jual.

Promosi melalui Pop up Discounts

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan promosi melalui Pop up Discounts. Sama seperti promosi melalui sponsorship, promosi melalui strategi komunikasi pemasaran ini bisa menarik banyak pelanggan atau pembeli bagi barang yang anda jual. Promosi ini bisa menarik minat pelanggan dengan metode penjualan yang tidak terduga.

Diskon tidak terduga dengan waktu yang terbatas akan menarik pembeli untuk segera membeli produk yang anda jual. Tidak hanya para pembeli yang memang sudah berniat membeli produk anda, akan ada juga banyak pembeli yang berakhir membeli produk anda karena promosi melalui diskon yang tidak terduga ini.

2 Jenis Strategi Komunikasi Pemasaran

Para pembeli juga kemungkinan akan langsung membeli banyak barang dalam satu kali pembelian, karena promosi harga yang lebih murah dari harga asli dapat membuat mereka tertarik membeli lebih banyak untuk memanfaatkan momen tersebut. Hal tersebut bisa membantu penjualan produk barang di toko milik anda.

Komunikasi antar Individu

Metode komunikasi yang selanjutnya dinamakan metode komunikasi antar individu. Tidak seperti metode yang sebelumnya, metode ini akan fokus kepada para individu calon pembeli barang yang anda jual. Anda akan menawarkan barang yang anda jual kepada pembeli per individu secara langsung.

Promosi melalui metode ini memakan waktu yang lebih lama dari promosi massa yang memang menargetkan promosi ke banyak orang sekaligus.

Tidak hanya memakan waktu yang lebih lama, anda juga harus menghabiskan lebih banyak energi untuk melakukan promosi dengan metode ini. Anda bisa melakukan promosi metode ini setelah metode promosi yang sebelumnya.

Yang menjadi kelebihan dari promosi model ini adalah bagaimana anda bisa berbicara secara langsung dengan calon pembeli produk anda. Akan ada pemahaman secara keseluruhan oleh pembeli, dan anda juga bisa memiliki kedekatan dengan pembeli.

Kedekatan dengan pembeli ini bisa meningkatkan kepercayaan dari sang pembeli kepada kantor anda. Pada akhirnya, para pembeli akan terus membeli produk dari tempat anda untuk waktu yang lama. Hal ini akan memberikan pembelian yang konstan bagi produk anda setiap bulannya.

Sales Promotion

Strategi pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan sales promotion untuk mempromosikan produk anda. Dengan cara ini, anda bisa langsung menawarkan produk ke pembeli.

Sales yang memang memiliki kemampuan untuk persuasi kepada pembeli untuk membeli produk anda, akan memberikan rasa percaya kepada calon pembeli.

Apabila promosi ini dilakukan dengan benar, anda bisa mendapat pelanggan setia yang akan selalu membeli produk anda melalui sales dari kantor anda.

Sales bisa menjelaskan secara langsung kelebihan dan manfaat dari produk yang mereka jual, hal ini lah yang bisa meningkatkan minat pembelian dari pembeli untuk melakukan pembelian secara langsung.

Anda juga bisa memberikan kelebihan yang bisa dimanfaatkan pembeli apabila mereka membeli produk melalui sistem ini, dengan begitu para pembeli akan semakin tertarik dengan produk yang terbatas. Pemberian kelebihan terhadap sistem pembelian yang terbatas dapat membuat pelanggan melakukan pembelian.

2 Jenis Strategi Komunikasi Pemasaran

Tidak dengan produk penjualan massa yang memberikan promosi kepada orang banyak, promosi melalui sales promotion bisa lebih menarik karena sifatnya yang melakukan promosi ke individu. Kedekatan antar individu bisa membuat para pembeli merasa nyaman, sehingga bisa bisa memilih untuk membeli produk tanpa beban.     

Direct Promotion

Cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah melalui direct promotion kepada individu. Metode ini bisa menarik perhatian pembeli apabila dilakukan dengan benar. Promosi satu waktu yang tidak terkesan memaksa harus bisa dilakukan oleh perusahaan anda agar tidak mendapat respon yang buruk dari pembeli.

Alih-alih membeli produk anda, para pembeli justru bisa kehilangan kepercayaan terhadap perusahaan anda. Merasa dipaksa dan tidak dihargai. Direct promotion bisa dilakukan melalui brosur. Brosur promosi dari perusahaan anda seharusnya bisa terlihat simpel dan menarik.

Hindari promosi berlebihan yang bisa menghilangkan minat pembeli. Brosur promosi ini bisa anda berikan kepada pelanggan atau pembeli melalui dua cara.

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan metode brosur promosi traditional. Dengan menggunakan metode ini, anda harus memiliki seorang pekerja yang berdiri di kerumunan masyarakat untuk membagikan brosur tersebut. Pastikan anda memiliki pekerja yang sabar untuk menghadapi banyak orang.

Cara selanjutnya adalah dengan promosi secara langsung kepada pembeli melalui brosur yang dikirimkan melalui email atau pesan di ponsel pembeli. Ini termasuk strategi komunikasi pemasaran yang sekarang banyak orang lakukan.

Ada baiknya anda tidak melakukan promosi ini secara berlebihan. Para pelanggan justru bisa menganggap pesan tersebut hanyalah pesan spam dan tidak akan membaca konten dari brosur yang anda berikan.

1 thought on “2 Jenis Strategi Komunikasi Pemasaran”

Leave a Comment

two × 3 =