Water cooling terbaik AIO 360 untuk PC gaming

Rekomendasi Water cooling terbaik aio 360 untuk kebutuhan PC gaming masa kini. Prosesor dengan TDP tinggi memang lebih cocok menggunakan pendingin cair daripada pendingin udara.

Khususnya pada CPU Intel dan AMD kelas flagship seperti Core i9 gen 13 dan Ryzen 9 7950X. Baik CPU kelas flagship maupun kelas entry level saat ini sudah menggunakan TDP yang bisa dibilang tidak rendah lagi.

Adapun HSF bawaan Intel dan AMD memiliki kinerja yang kurang memuaskan. Mulai dari suhu yang tetap tinggi dan suara kipas yang berisik.

Sebab prosesor masa kini umumnya memiliki fitur turbo yang jika sedang aktif dapat membuat power draw lebih tinggi jauh melebihi nilai TDP semula.

Maka dari itu dibutuhkan cooler seperti Water Cooling aio 360 yang sanggup menyerap panas dengan lebih baik ketimbang heatsink fan.

Nah, buat anda yang ingin membeli water cooling terbaik tetapi masih ragu harus pilih yang mana, silahkan simak pembahasan menarik berikut ini.

Rekomendasi Water cooling terbaik aio 360

1. Deepcool Castle 360EX

Water cooling terbaik

Deepcool Castle 360EX hadir sebagai water cooling terbaik untuk para perakit PC yang memiliki budget pas-pasan.

Hanya dengan harga sekitar 1,5 juta rupiah saja anda sudah bisa membeli water cooling aio 360 yang pastinya sangat recommended untuk mendinginkan CPU PC desktop anda.

Terdapat 3 fan yang siap untuk mendinginkan atau membuang panas dari radiator aluminium. CPU cooler aio 360 dari deepcool ini tersedia dalam 2 varian warna yaitu hitam dan putih.

Namun kedua varian tersebut sama-sama tidak memiliki RGB pada ketiga fan-nya. Memang kurang cocok jika anda termasuk orang yang suka dengan fan RGB, namun akan sangat tepat sekali jika anda suka dengan yang tipe non RGB.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Desktop Windows 11/10 Freeze, Cek Penyebabnya Di sini!

Meskipun di bagian ketiga fan radiator tidak memiliki RGB, pada bagian head logo DeepCool terdapat RGB yang bisa anda atur warnanya sesuai selera.

Adapun keunggulan dari produk cooler aio 360 deepcool ini memiliki fitur pengatur kecepatan pada ketiga fannya. Tekan tombol + untuk menambah RPM fan dan – untuk mengurangi RPM fan secara praktis.

Untuk urusan soket CPU anda tidak perlu khawatir karena Deepcool Castle 360EX ini sudah kompatibel dengan Intel dan AMD.

Setiap pembelian produk Deepcool Castle 360EX tentunya sudah disertakan mounting kit yang lengkap untuk CPU AMD dan Intel.

2. ID-Cooling Zoomflow 360

ID-Cooling Zoomflow 360 hadir dengan 3 buah fan yang sudah memiliki RGB. Dengan menggunakan warna dominan hitam, water cooling terbaik 360mm ini cocok dipasangkan pada PC gaming sesuai yang anda inginkan.

Baik prosesor Intel maupun AMD, ID-Cooling Zoomflow 360 ini memiliki banyak pilihan mounting kit. Water cooling ini sudah pasti kompatibel dengan soket Intel LGA 2066, 2011, 1366, dan 115x.

Lalu untuk AMD sudah kompatibel dengan soket AM4, AM3, AM3+, FM2, dan FM2+. Sedangkan mounting untuk soket prosesor yang belum support bisa anda beli secara terpisah.

Selain keunggulan dari sisi desain yang full RGB, pihak ID-Cooling juga menggunakan material kualitas premium untuk produk yang satu ini.

Tidak seperti beberapa AIO cooler yang menggunakan copper base berbentuk lingkaran, ID-Cooling Zoomflow 360 justru memiliki copper base berbentuk persegi yang luas.

Dengan demikian berbagai CPU seperti alder lake misalnya tetap akan mampu menghantarkan panas secara lebih optimal.

Hanya dengan merogoh kocek sekitar 1,5 juta rupiah saja maka anda sudah bisa membeli ID-Cooling Zoomflow 360 melalui online.

Baca Juga:  Merk PSU murah terbaik di bawah 1 jutaan

3. Enermax liqmax iii 360

Jika anda menggunakan CPU seperti core i9 12900k atau i9 13900k maka sudah pasti membutuhkan cooler yang tidak sembarangan.

Sebab TDP yang besar akan menghasilkan panas pada prosesor, dan tentunya butuh cooler seperti AIO 360 yang bagus.

Enermax liqmax iii 360 hadir sebagai AIO cooler premium yang bisa anda pasangkan pada CPU seperti core i9, i7, i5 yang masih termasuk dalam K series.

Dengan liquid cooler dari enermax ini maka dipastikan akan mempunyai headroom yang jauh lebih besar ketimbang anda menggunakan heatsink fan.

Apalagi jika anda memiliki rencana untuk melakukan overclock pada CPU seperti alder lake atau raptor lake dari Intel.

AIO cooler 360 yang bernama Enermax liqmax iii 360 ini siap memberikan performa terbaiknya agar CPU bisa memiliki suhu yang tetap stabil.

Satu lagi daya tarik yang tidak ketinggalan dari water cooling ini adalah fitur RGB nya yang bisa anda atur sesuai keinginan.

Keunggulan lain juga terlihat pada desain kipas yang memiliki sirip unik dan mampu beroperasi tanpa menghasilkan suara yang berisik.

4. MAG CORELIQUID 360R V2

Jika anda termasuk fans setia produk MSI pastinya untuk urusan water cooling terbaik juga akan menggunakan produk yang satu ini.

MAG CORELIQUID 360R V2 hadir sebagai water cooling terbaik yang bisa anda sandingkan dengan motherboard MSI juga.

Logo Dragon yang sangat khas dari MSI ini akan sangat selaras jika anda menggunakan casing dan motherboard yang juga memiliki loga serupa (dragon).

Setiap pembelian MAG CORELIQUID 360R V2 sudah pasti akan sepaket dengan mounting kit yang lengkap. Tentunya soket terbaru seperti AM5 untuk CPU AMD dan LGA 1700 untuk CPU Intel juga sudah tersedia.

Baca Juga:  Headset gaming terbaik yang suaranya bagus

Jadi anda tidak perlu lagi repot-repot membeli mounting kit secara terpisah.

Dari segi desain yang menggunakan RGB, AIO Cooler MSI ini sangat cocok digunakan untuk merakit PC gaming antusias.

Terlebih jika dibawah AIO cooler MSI ini juga menggunakan GPU dari MSI seperti RTX 3000 series atau RTX 4000 series.

Pihak MSI juga telah mengklaim bahwa MAG CORELIQUID 360R V2 ini memiliki pompa yang awet dan tahan lama. Desain pompanya mampu menghasilkan getaran sekecil mungkin yang menggunakan motor tiga fase.

Begitu juga dari ketiga fan RGB nya yang memiliki noise tidak lebih dari 44DB saja saat kipas berputar di 2000 RPM.

Kondisi ini tentunya bisa unggul 10 persen dibanding merk aio 360 lain yang biasanya memiliki noise 50DB saat kipas berputar di 2000 RPM.

Namun putaran kipas saat normal tentunya tidak selalu di 2000 RPM, jadi pengguna PC sama sekali tidak akan terganggu dengan suara berisik dari ketiga fan aio ini.

5. ROG RYUJIN II 360

Water cooling terbaik selanjutnya yaitu ada ROG RYUJIN II 360 yang merupakan produk flagship dari Asus. ROG RYUJIN II 360 memiliki performa terbaik untuk mendinginkan CPU dengan tingkat kebisingan rendah.

Tidak hanya memiliki 3 kipas saja untuk mendinginkan radiator, ROG RYUJIN II 360 masih memiliki satu kipas lagi pada bagian pompa yang mampu mendinginkan area VRM dan SSD M.2 (dekat slot CPU).

AIO cooler ini sangat cocok dipasangkan pada motherboard ROG yang juga merupakan produk flagship dari Asus. Keunggulan dari ROG RYUJIN II 360 terlihat pada bagian pompa Asetek Generasi ke-7 yang diklaim lebih awet.

Nah, demikian pembahasan mengenai rekomendasi water cooling terbaik AIO 360 untuk kebutuhan CPU PC gaming.

Leave a Comment