3 Contoh Teks MC Pengajian Rutin, Pernikahan, Santunan

Pengajian termasuk salah satu acara yang rutin digelar di Indonesia karena mayoritas penduduknya beragama Islam. Tidak heran jika teks MC pengajian banyak dicari untuk dijadikan referensi. Acara pengajian bisa digelar secara tunggal atau pun bersamaan dengan acara tertentu seperti Maulid Nabi.

Tapi bukan hanya acara besar Islam, pengajian juga bisa digelar untuk acara pribadi seperti khitanan atau pernikahan. Agar acara bisa dijalankan secara lancar, maka dibutuhkan susunan acara yang sistematis dan lengkapi dengan MC yang luwes. Nah, berikut adalah beberapa contoh teks MC Islami pengajian.

Contoh Teks MC Pengajian

1. Teks MC Pengajian Rutin Singkat

Teks MC Pengajian Rutin Singkat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahirobbilalamin. Marilah kita haturkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan nikmat sehat jasmani dan rohani sehingga hari ini kita semua bisa kembali berkumpul dalam pengajian rutin Desa Bunai Kidul.

Shalawat dan salam marilah kita hanturkan juga kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya. Semoga kita bisa mendapat syafaat beliau di yaumil akhir nanti. Aamiin.

Kepada yang terhormat bapak Ustad Ahmad Sobari, saya ucapkan selamat datang dan terima kasih karena telah meluangkan waktu untuk ikut serta ke acara pengajian rutin ini sebagai pengisi acara.

Tidak lupa juga para ibu-ibu pengajian Sabtu pagi yang berbahagia dan dirahmati Allah. Hadirin yang berbahagia, berikut adalah rangkaian acara untuk pagi hari ini:

  • Pembukaan
  • Pembacaan ayat suci Al-Qur’an.
  • Sambutan takmir masjid.
  • Tausiyah dan doa.
  • Penutup

Agar mempersingkat waktu, marilah langsung kita mulai pengajian pagi hari ini dengan bacaan basmallah. Bismillahirrohmanirrohim. Acara selanjutnya adalah pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ibu Ismi Aminah saya persilahkan.

Shadaqallahul Adzim. Semoga kita ikut mendapat pahala dari bacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang baru saja kita dengarkan. Aamin. Acara selanjutnya sambutan dari bapak Hartanto selaku takmir Masjid Al-Hikmah, saya persilahkan.

Terima kasih kepada bapak Hartanto atas sambutan yang telah diberikan, dan terima kasih karena telah mengizinkan kami untuk menggunakan Masjid Al-Hikmah sebagai tempat pengajian rutin pagi hari ini.

Acara berikutnya adalah tausiyah yang akan disampaikan oleh Ustad Ahmad Sobari dari dilanjut dengan doa penutup, saya persilahkan. Alhamdulillah hirobbil ‘alamin. Semoga ilmu yang telah disampaikan oleh Ustad Ahmad Sobari dapat menambah kecintaan kita semua kepada Allah dan Nabi Muhammad SAW.

Alhamdulillah pengajian pagi ini bisa berjalan dengan lancar, dan sekarang sampailah kita di penghujung acara. Marilah kita tutup pengajian dengan bacaan hamdalah dan bacaan solawat sambil berjabat tangan.

Sebelumnya saya selaku pembawa acara jika ada salah kata yang kurang berkenan memohon maaf yang sebesar-besarnya. Wabillahi taufiq wal hidayah. Wassalamualaikum Wr. Wb.

2. Teks MC Acara Pengajian Pernikahan

Teks MC Acara Pengajian Pernikahann

  • Pembuka

Assalamualaikum Wr. Wb. Alhamdulillahirabbil Alamin, wash shalatu was salamu ‘alaa asyrafil anbiya wal mursalin, wa ‘ala aalihi wa ash-habihi ajma’in, amma ba’du.

Sebelumnya kepada kedua mempelai dan keluarga, saya ucapkan selamat berbahagia, selamat menempuh hidup baru, semoga bisa menjadi keluarga yang sakinah mawadah warohmah Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Kepada hadirin yang terhormat, saya ucapkan selamat datang di kediaman bapak Rahmat yang telah menggelar pengajian untuk acara pernikahan anada Risma Putri dan ananda Imam Arifin yang alhamdulillah sudah sah menjadi suami istri pada hari Ahad, tanggal 15 Januari 2023.

Bapak dan ibu tamu undangan, agar pengajian sore hari ini berjalan dengan lancar, marilah kita awali dengan bacaan bismillahirrahmanirrahim.

  • Acara Kedua

Selanjutnya, marilah kita dengarkan bacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an dari saudara Rifan Wahyu, saya persilahkan….. (pembacaan). Semoga kita yang mendengarkan ikuti mendapat pahala dari bacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an tadi, aamiin.

  • Acara Ketiga

Acara berikutnya adalah sambutan dari tuan rumah yang akan diwakili oleh Bapak Zainal, saya persilahkan…. (sambutan). Terima kasih kepada bapak Zainal, dan sekarang acara selanjutnya adalah tausiyah dengan tema pernikahan yang akan disampaikan oleh Ustad Arifin, saya persilahkan.

  • Acara Keempat

Terima kasih kepada Ustad Arifin. Semoga apa yang telah beliau sampaikan bisa menambah ilmu dan bermanfaat bagi kita semua khususnya untuk kedua pengantin. Aamiin.

  • Acara Kelima

Acara selanjutnya adalah solawat nabi dan doa penutup yang akan dipimpin oleh Ustad Ansori, saya persilahkan.

  • Penutup

Alhamdulillah hirobbil ‘alamin, acara demi acara sudah kami lewati dengan lancar. Di sini saya selaku pembawa acara dan mewakili keluarga bapak Rahmat ingin menyampaikan permohonan maaf jika ada yang kurang berkenan di hati bapak ibu sekalian, baik tempat, hidangan, atau pun lainnya.

Kepada bapak ibu sekalian setelah ini dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang telah disediakan. Saya undur diri. Wassalamualaikum Wr. Wb.

3. Teks MC Pengajian Santunan Anak Yatim

Teks MC Pengajian Santunan Anak Yatim

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya ucapkan selamat datang kepada bapak dan ibu tamu undangan serta adik-adik semua yang berbahagia. Marilah kita buka pengajian ini dengan bacaan basmallah, bismillahirrahmanirrahim.

Marilah kita ucap syukur kepada Allah karena telah memberikan kita semua berkat, rahmat, dan rezeki berupa kesehatan sehingga kita semua dapat berkumpul di acara yang berbahagia malam hari ini. Tidak lupa juga solawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya.

Hadirin yang berbahagia, di sini saya selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara pada malam hari ini sebagai berikut:

  • Pembukaan
  • Pembacaan Al-Qur’an
  • Sambutan tokoh agama
  • Penyerahan santunan
  • Ceramah agama
  • Penutup dan doa

Agar tidak selesai terlalu malam, marilah langsung kita masuki acara kedua yaitu lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang akan dibacakan oleh adik Nana Arina, dipersilahkan.

Terima kasih kepada adik Nana Arina yang telah melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dengan sangat merdu. Semoga kita semua yang mendengarkan ikut mendapatkan pahala dan keberkahannya. Aamiin. Acara ketiga yaitu sambutan dari Bapak Ahmad Zulilmi, saya persilahkan.

Alhamdulillah hirobbil ‘alamin, terima kasih kepada bapak Ahmad yang telah memberikan ilmu baru, semoga dapat bermanfaat dan bisa kita amalkan. Aamiin.

Acara keempat yaitu santunan untuk adik-adik kita yang akan dipimpin oleh panita acara, saya persilahkan. Alhamdulillah, santunan untuk adik-adik sudah diberikan dan semoga memberikan manfaat, aamiin.

Hadirin yang dirahmati Allah, acara selanjutnya adalah kajian agama yang akan diisi oleh Kyai Rizal Arifin dari Pondok Pesantren Darul Ilmi, saya persilahkan.

Terima kasih kepada Kyai Rizal Arifin, semoga apa yang telah disampaikan dapat memberikan manfaat serta bisa menjadi salah satu jalan untuk mendapat ridha Allah bagi orang-orang yang mengamalkannya. Aamiin.

Sebagai penutup acara pada malam hari ini, marilah kita tutup dengan bacaan hamdallah. Alhamdulillah hirobbil ‘alamin.

Sebelum mendengarkan doa yang akan dipimpin oleh Bapak Imam Rusli, di sini saya selaku pembawa acara ingin menyampaikan permohonan maaf jika ada perkataan atau sikap yang kurang berkenan di hati bapak ibu sekalian.

Saya mewakili panitia ingin menyampaikan terima kasih kepada bapak ibu undangan yang telah menyempatkan waktu untuk hadir malam hari ini. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Secara garis besar, teks MC pengajian dari ketiga contoh di atas memiliki struktur yang sama, yaitu pembuka, pembacaan susunan acara, mengawal acara sesuai susunan acara, dan penutup.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment