Teknik Plakat dalam Seni Lukis, Unsur dan Cara Melakukannya

Pernah mendapatkan materi belajar teknik plakat saat di sekolah? Teknik melukis satu ini memiliki ciri khas dengan hasil gambaran yang penuh dengan warna. Biasanya pelukis yang menggunakan metode plakat akan mengandalkan sapuan cat untuk membuat hasilnya penuh warna abstrak yang menarik.

Mereka akan berusaha memilih dan memadukan warna yang pas dalam satu canvas sehingga hasil akhir bisa menjadi karya yang mengagumkan. Teknik melukis plakat bisa dikatakan gampang-gampang sulit sehingga tidak semua orang bisa berhasil menciptakan karya terbaik dengan sapuan cat tersebut.

Banyak pelukis pemula yang bingung memadukan warna atau memilih tema lukisan yang pas agar bisa terlihat menarik nantinya. Untuk bisa berhasil menerapkan lukisan plakat, maka Anda harus memahami tentang teknik, unsur pendukungnya, dan cara melukisnya dengan benar sesuai prosedur.

Sekilas Tentang Teknik Plakat Dalam Dunia Karya Seni Lukis

Sekilas Tentang Teknik Plakat Dalam Dunia Karya Seni Lukis

Teknik lukisan plakat merupakan salah satu teknik yang bisa digunakan untuk menciptakan karya seni lukis dengan cara memadukan dan menyapu warna tebal untuk menutupi background objek. Biasanya hasil polesan yang dituangkan dalam lukisan bersifat colorfull sehingga mampu menutupi semua bagian.

Pelukis yang menggunakan metode plakat akan memanfaatkan beberapa peralatan misalnya cat minyak, cat air, dan cat akrilik. Untuk mendapatkan karya lukisan yang mengagumkan, maka Anda disarankan menggunakan cat akrilik karena terkenal memiliki warna cerah dan daya penutup yang sangat baik.

Ciri khas yang dimiliki oleh metode plakat yaitu memiliki sapuan warna cat tebal, hasilnya akan memenuhi seluruh bagian objek kanvas, dan campuran cairannya pekat. Teknik melukis dengan cara seperti ini sangat bertolak belakang dengan teknik aquarel yang banyak diterapkan juga oleh seniman.

Baca Juga:  10 Film India Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Nonton!

Dengan menggunakan plakat, maka jenis warna cat yang dipadukan akan menghasilkan sebuah gambar yang berkualitas unik. Jika ingin mempraktekkannya, maka Anda perlu menyiapkan beragam cat dan kuas yang benar-benar cocok dikombinasikan agar hasilnya tidak terlihat aneh di mata orang lain.

Bagi pelukis yang pertama kali mempraktekannya tentu saja membutuhkan kesabaran lebih karena tidak mudah mengkombinasikan warna tebal dalam satu kanvas. Setelah beberapa kali percobaan biasanya Anda baru bisa berhasil mendapatkan karya lukisan plakat yang sesuai dengan harapan.

Unsur Pendukung Dalam Metode Plakat

Unsur Pendukung Dalam Metode Plakat

Umumnya teknik gambar plakat sama dengan karya seni lainnya, dimana dibutuhkan sebuah unsur untuk bisa membentuknya secara optimal. Unsur dalam teknik gambar plakat meliputi garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, warna gelap terang, dan ruang memadai sesuai penjelasan berikut ini.

Unsur Garis

Dalam membentuk gambar apapun, maka unsur garis tergolong langkah paling dasar yang harus ada. Umumnya sebuah garis akan terbentuk lewat tarikan atau goresan dari titik yang satu dengan titik lainnya sehingga bisa membentuk satu kesatuan tertentu.

Unsur Bidang

Ketika mempraktekkan melukis dengan metode plakat, maka Anda juga harus mengedepankan unsur bidang. Pelukis bisa membentuk segitiga. persegi, persegi panjang, garis lengkung, atau bentuk bebas sesuai dengan kebutuhan gambar yang diinginkan.

Unsur Bentuk

Teknik plakat juga membutuhkan penggabungan dari beberapa unsur bidang. Misalnya pelukis ingin membentuk 4 sisi bidang agar saling bergabung, maka nantinya akan membentuk persegi. Dengan adanya bentuk, orang akan mudah memahami makna tersirat dalam lukisan tersebut.

Unsur Warna

Menggambar plakat sangat mengandalkan warna sebagai ciri khas hasil lukisannya. Biasanya ada 3 jenis warna dasar yang cocok untuk plakat diantaranya biru, merah, dan kuning. Coba padukan warna untuk menghasilkan warna lain agar berbeda dengan tampilan lukisan lainnya.

Baca Juga:  40+ Kata-kata Hujan yang Lucu, Romantis, Rindu & Islami

Unsur Tekstur

Dalam dunia lukisan, maka Anda perlu mengenal adanya unsur tekstur halus dan tekstur kasar. Tekstur kasar adalah golongan tekstur yang sifatnya tidak merata atau kasar, sedangkan tekstur halus memiliki permukaan yang halus, lembut, dan rata ketika tersentuh langsung dengan kulit.

Nada Gelap Terang

Untuk mendapatkan karya lukisan yang sesuai keinginan, maka Anda perlu memadukan sisi gelap terang untuk menghidupkannya. Sisi gelap terang bisa terlihat saat terkena sinar, berbeda dengan objek lainnya yang sama sekali tidak terkena sinar.

Unsur Ruang

Ruang yang ada dalam sebuah gambar plakat dinamakan dengan ruang khayalan. Pelukis akan menuangkan segala ide dan kreativitasnya untuk membentuk ruang yang nyaman bagi pengguna. Jika pelukis berhasil menggambar dengan baik, maka lukisan seolah-olah dari alam nyata.

Bagaimana Cara Lukis Menggunakan Metode Plakat?

Bagaimana Cara Lukis Menggunakan Metode Plakat

Untuk bisa mempraktekkan metode plakat dalam sebuah lukisan, maka Anda bisa mengikuti prosedurnya dengan baik. Mungkin bagi pemula yang pertama kali mencobanya merasa kebingungan tahap awalnya membuat apa, maka bisa ikuti beberapa langkah yang ada di bawah ini.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan Melukis

Teknik plakat dalam menulis memang memiliki ciri khas tersendiri, bahkan dari segi alat dan bahan yang banyak dibutuhkan. Untuk mulai melukis, maka Anda perlu menyiapkan kanvas tebal, cat air akrilik, kuas cat, air bersih, palet tempat cat air, dan juga kain lap warna apapun.

2. Tentukan Konsep Lukisan

Sebelum memahami konsep atau tema lukisan yang diinginkan, Anda jangan terburu-buru mulai karena hasilnya bisa berantakan. Mungkin bagi pelukis profesional tidak masalah melakukannya secara spontan, namun pelukis yang baru saja mencoba akan mengalami kesulitan nantinya.

Baca Juga:  10 Daftar Pemandangan Gunung Indonesia, Indah & Eksotis!

3. Bentuklah Sketsa Objek yang Akan Dilukis

Sudah pernah praktek buat sketsa bukan saat di sekolah? Tahapan ini perlu dilakukan setelah pelukis menentukan tema atau konsep gambar. Anda bisa membentuk sketsa dengan memakai pensil tipis-tipis pada kanvas yang sudah dipersiapkan secara hati-hati sesuai konsep.

Dengan membentuk sketsa seperti ini, maka pelukis akan lebih mudah dalam proses pewarnaan. Tiap bagian bisa mendapatkan warna yang sesuai dengan garis batas sketsa. Tinggal manfaatkan kuas untuk mengikuti pola sketsa yang sudah dibentuk sesuai dengan konsep tersebut.

4. Melalui Proses Pewarnaan

Cat teknik plakat yang biasa digunakan menggunakan akrilik karena terkenal memiliki warna cerah dan hasil lukisan lebih sempurna. Coba atur tingkat kekentalan cat akrilik, kemudian bubuhkan kuas dan oleskan langsung pada lembaran kanvas yang tersedia dari kiri-kanan.

Bagian atas bawah kanvas juga perlu tersentuh cat akrilik sesuai dengan prinsip plakat untuk bisa menutupi semua latar belakang objek. Dalam menggambar plakat, Anda disarankan untuk pakai cat akrilik berupa warna merah, biru, dan juga kuning ke satu arah secara berulang kali.

5. Melakukan Proses Pengeringan

Jika Anda sudah merasa lukisan sesuai dengan konsep atau tema yang diinginkan, maka lakukan pewarnaan se-optimal mungkin. Cat akrilik akan membantu hasil lukisan tampak lebih menarik karena perpaduan warnanya yang pas dan membentuk kesatuan tertentu.

Selesai melukis dengan menggunakan akrilik, maka langkah terakhir dengan mengeringkannya. Proses pengeringan akan membantu lukisan awet dan tintanya tidak tercecer berantakan. Hindari membuat bagian lukisan kanvas tergulung karena akan merusak tampilan nantinya.

Tertarik untuk mencoba melukis plakat saat di rumah? Langsung saja persiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Sebelum melukis menggunakan teknik plakat, Anda bisa tentukan konsep atau tema lukisan misalnya keromantisan, bangunan rumah, taman bunga, tokoh penting, dan masih banyak lagi.

Leave a Comment