Perbedaan HTTP dan HTTPS: Fungsi dan Kelebihan

Perbedaan HTTP dan HTTPS: Fungsi dan Kelebihan – Internet telah memudahkan banyak aspek kehidupan bagi kita, termasuk dalam hal berkomunikasi dengan orang lain, mencari informasi, dan bahkan melakukan transaksi bisnis. Namun, semakin banyaknya aktivitas yang dilakukan di internet, semakin rentan pula keamanan dan privasi pengguna.

Penting bagi pengguna internet untuk memahami dan mengambil tindakan untuk menjaga keamanan dan privasi mereka di internet. Salah satu hal yang perlu dipahami adalah perbedaan antara HTTP dan HTTPS.

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk mentransfer data antara web server dan browser. Namun, data yang ditransfer melalui HTTP tidak dienkripsi, sehingga mudah diakses oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure), di sisi lain, menggunakan enkripsi SSL/TLS untuk mengamankan data yang ditransfer antara web server dan browser. Hal ini membuat HTTPS lebih aman daripada HTTP dan lebih sulit untuk diakses oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS, fungsi serta kelebihan dan kekurangan masing-masing protokol dalam menjaga keamanan dan privasi pengguna internet. Dengan memahami hal ini, pengguna internet dapat mengambil tindakan yang tepat untuk menjaga keamanan dan privasi mereka di internet.

Pengertian HTTP dan HTTPS

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk mentransfer data antara web server dan browser. Dalam hal ini, web server bertindak sebagai pengirim data dan browser bertindak sebagai penerima data. HTTP bekerja pada layer aplikasi model OSI (Open Systems Interconnection), yang terdiri dari 7 layer.

Pada dasarnya, HTTP digunakan untuk mentransfer data teks, gambar, dan file lainnya dari server ke browser pengguna. Dalam proses transfer data tersebut, HTTP menggunakan metode “requestresponse“. Namun, salah satu kelemahan dari HTTP adalah ketidakamanannya. Karena data yang ditransfer melalui HTTP tidak dienkripsi, maka mudah bagi pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data tersebut, seperti username dan password, atau informasi pribadi lainnya.

Baca Juga:  50+ Kata-kata Santri Salafi tentang Cinta Gaul, Gokil & Romantis!

Untuk mengatasi masalah ini, HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) dikembangkan. HTTPS adalah versi yang lebih aman dari HTTP, karena menggunakan enkripsi SSL/TLS (Secure Sockets Layer/Transport Layer Security) untuk mengamankan data yang ditransfer antara web server dan browser. Sehingga dapat menjaga data privasi para pengguna dari pihak ketiga yang mencuri data.

Ketika menggunakan HTTPS, data yang ditransfer dienkripsi menjadi bentuk yang tidak dapat dibaca oleh orang yang tidak memiliki kunci enkripsi yang benar. Dalam hal ini, kunci enkripsi yang digunakan terdiri dari kunci publik dan kunci pribadi, di mana kunci publik dapat diakses oleh siapa saja dan kunci pribadi hanya dapat diakses oleh server dan pengguna tertentu.

Dalam hal ini, HTTPS juga menggunakan metode “requestresponse” yang sama dengan HTTP. Namun, karena data yang ditransfer dienkripsi, maka lebih sulit bagi pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data tersebut.

Secara keseluruhan, perbedaan utama antara HTTP dan HTTPS adalah pada tingkat keamanan dan privasi data yang ditransfer. HTTPS lebih aman daripada HTTP karena menggunakan enkripsi SSL/TLS untuk mengamankan data yang ditransfer antara web server dan browser.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Setelah kita mengetahui pengertian HTTP dan HTTPS berikut penjelasan mengenai perbedaan mengenai topik yang satu ini :

  1. Keamanan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, HTTPS lebih aman daripada HTTP karena menggunakan enkripsi SSL/TLS. Dalam hal ini, data yang ditransfer dienkripsi dan sulit bagi pihak ketiga untuk mencurinya. Sebaliknya, jika kamu menggunakan HTTP, data yang ditransfer tidak dienkripsi sehingga lebih rentan terhadap serangan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

  1. Sertifikat SSL

HTTPS memerlukan sertifikat SSL untuk mengamankan koneksi internetmu. Sertifikat SSL digunakan untuk mengenkripsi data yang ditransfer antara browser dan server. Jika kamu mengunjungi sebuah website dengan HTTPS, kamu akan melihat ikon gembok hijau di address bar browsermu. Ini menandakan bahwa website tersebut aman dan terverifikasi.

Baca Juga:  Komponen-komponen Penting dan Cara Kerja Air Conditioner Mobil

Sedangkan jika kamu mengunjungi website dengan HTTP, kamu tidak akan melihat ikon gembok hijau. Hal ini menandakan bahwa website tersebut tidak aman dan data yang ditransfer tidak dienkripsi.

  1. Port

HTTP menggunakan port 80 untuk mentransfer data antara browser dan server, sedangkan HTTPS menggunakan port 443. Hal ini membedakan keduanya secara teknis.

  1. Kecepatan

Meskipun HTTPS lebih aman daripada HTTP, namun HTTPS sedikit lebih lambat dalam hal kecepatan karena harus melakukan proses enkripsi dan dekripsi data. Namun, dengan kemajuan teknologi, perbedaan kecepatan antara keduanya semakin kecil.

Kelebihan HTTP

Kelebihan HTTP
Sumber Freepik

HTTP tentu memiliki kelebihan yang perlu kamu ketahui, berikut penjelasannya :

  1. Koneksi Cepat

Keuntungan utama dari HTTP adalah koneksi yang cepat. Karena tidak ada koneksi keamanan, data dapat dikirim dengan lebih cepat. Ini menjadikan HTTP ideal untuk website dengan konten yang tidak terlalu sensitif.

  1. Mudah Digunakan

HTTP sangat mudah digunakan. Protokol ini sudah banyak digunakan selama bertahun-tahun dan sudah menjadi standar dalam pengiriman data di internet. Hal ini menjadikan HTTP mudah digunakan oleh pengembang dan dapat digunakan pada banyak platform.

  1. Kompatibilitas Tinggi

HTTP sangat kompatibel dengan banyak platform, termasuk perangkat lunak dan perangkat keras. Hal ini menjadikan HTTP ideal untuk pengembangan website dan aplikasi yang diinginkan dapat diakses oleh sebanyak mungkin pengguna.

Kekurangan HTTP

Setiap program yang dibuat tentu memiliki kelebihan, akan tetapi dibalik hal tersebut tentu memiliki kekurangan, diantaranya:

  • Tidak Aman

Salah satu kekurangan utama dari HTTP adalah ketidakamanannya. Karena data dikirim dalam bentuk teks biasa, informasi yang sensitif seperti informasi login dan informasi kartu kredit dapat dicuri oleh hacker dengan mudah.

  • Rentan terhadap Man in the Middle (MITM) Attacks

Karena tidak adanya enkripsi, HTTP rentan terhadap serangan Man in the Middle (MITM) Attacks. Dalam serangan ini, penyerang dapat menyisipkan kode berbahaya dalam data yang sedang dikirim.

Baca Juga:  Gampang! Begini Cara Membuat Grafik Di Excel

Kelebihan HTTPS

Kelebihan HTTPS
Sumber sessions

Sama seperti halnya HTTP, HTTPS juga memiliki kelebihan juga yang perlu kamu tahu. Berikut kelebihan HTTPS:

  1. Lebih Aman

Keuntungan utama dari HTTPS adalah keamanannya. Karena data dienkripsi, informasi sensitif seperti informasi login dan informasi kartu kredit tidak mudah dicuri oleh hacker.

  1. Memenuhi Persyaratan PCI DSS

Jika kamu menjalankan toko online atau bisnis yang memproses informasi kartu kredit, kamu harus memenuhi persyaratan PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard). HTTPS membantu kamu memenuhi persyaratan ini.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Pengguna

Pengguna internet semakin sadar akan keamanan online. Jika website kamu menggunakan HTTPS, pengguna akan merasa lebih percaya dan cenderung lebih sering mengunjungi website yang kamu build.

Kekurangan HTTPS

Tidak jarang, bahkan jadi hall umrah setiap program yang dibuat memiliki kekurangan. Meskipun bagi Sebagian kekurangajn yang akan dijelaskan bukan kekurangan. Kekurangan menjadi hal perspektif bagi orang-orang. Berikut kekurangan HTTPS :

  • Lebih Lambat

Karena data dienkripsi, HTTPS lebih lambat daripada HTTP. Hal ini mungkin menjadi masalah jika kamu memiliki banyak pengunjung dan server tidak cukup kuat untuk menangani permintaan yang banyak.

  • Membutuhkan Sertifikat SSL

Untuk menggunakan HTTPS, kamu harus membeli sertifikat SSL (Secure Sockets Layer). Sertifikat ini bisa mahal tergantung pada vendor yang gunakan.

Kesimpulan

Secara sederhana, perbedaan antara HTTP dan HTTPS terletak pada tingkat keamanannya. HTTPS lebih aman dan terenkripsi, sedangkan HTTP lebih rentan terhadap serangan pihak ketiga. Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan HTTPS sudah semakin penting untuk menjaga keamanan dan privasi pengguna internet. Jadi, jika kamu ingin meningkatkan keamanan dan ranking website kamu, pastikan untuk menggunakan HTTPS.

Demikian artikel mengenai Perbedaan HTTP dan HTTPS semoga dapat membantu dan bermanfaat, Terimakasih.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment