10+ Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Bagi Anda yang sedang belajar ilmu bisnis tentu membutuhkan informasi terkait pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli. Dengan adanya informasi tersebut tentunya Anda bisa mengetahui ilmu dasar dan seluk beluk dunia marketing management secara baik. 

Nantinya ilmu yang Anda pelajari tersebut bisa menentukan produk maupun jasa agar mampu dikenal publik luas dan sebaliknya. Kuatkan pondasi Anda untuk mempelajari ilmu manajemen pemasaran lewat pengertian yang dikemukakan oleh para ahli berikut. 

Pengertian Manajemen Pemasaran

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Manajemen pemasaran merupakan jenis kegiatan untuk melakukan perencanaan, tindakan, pengawasan sekaligus evaluasi yang berkaitan dengan proses identifikasi produk maupun jasa kepada masyarakat luas. Jadi, kegiatan ini bertujuan agar produk dapat dikenal oleh banyak orang. 

Diharapkan dengan kegiatan ini maka banyak orang yang dapat tertarik dan menaruh minat tinggi untuk melakukan pembelian terhadap produk tersebut. Apabila hal ini terjadi, maka manajemen pemasaran berarti telah sukses dilakukan dengan baik. 

Sebaliknya apabila manajemen pemasaran tidak dilakukan dengan baik, maka kegiatan marketing tidak akan berlangsung secara maksimal. Tidak mungkin suatu perusahaan dapat menjual suatu produk maupun jasa tanpa ada konsumen yang tahu tentang produk dan jasa tersebut terlebih dahulu. 

10+ Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Tidak sedikit ahli ilmu ekonomi yang mempunyai pandangan tentang pengertian manajemen pemasaran. Berikut merupakan definisi manajemen pemasaran menurut para ahli yang dapat Anda simak lebih jauh lagi. 

1. Buchari Alma

Buchari Alma merupakan salah satu ahli ekonomi yang ikut menyumbangkan opini tentang manajemen pemasaran. Menurutnya manajemen pemasaran kegiatan merencanakan, mengarahkan hingga mengawasi seluruh kegiatan pemasaran produk dari perusahaan. 

Umumnya manajemen pemasaran dijalankan oleh unit satuan kerja di bagian marketing. Tanpa manajemen ini, maka kegiatan pemasaran produk dan jasa tidak dapat berlangsung dengan baik. Buruknya, bahkan tidak dapat berjalan.  

2. Philip Kotler

Philip Kotler merupakan penulis, profesor pemasaran Amerika sekaligus konsultan ternama tentang ilmu ekonomi. Beliau turut serta dalam memberikan opininya terkait manajemen pemasaran atau marketing management. 

Menurutnya manajemen pemasaran adalah kegiatan untuk melakukan analisis planning terkait aktualisasi serta pengendalian program yang terencana guna menghasilkan pertukaran secara baik dalam pasaran yang telah ditargetkan.  

Manajemen pemasaran bukan hanya sekedar ilmu melainkan juga seni. Di dalamnya diperlukan praktek berkelanjutan tentang promosi penjualan, iklan dan sebagainya. Philip Kotler juga mengatakan bahwa manajemen pemasaran melibatkan beberapa hal penting. Hal-hal tersebut di antaranya sebagai berikut. 

  • Pengaturan terhadap sasaran dan tujuan pemasaran. 
  • Pengembangan rencana pemasaran.
  • Pengaturan fungsi pemasaran. 
  • Penerapan rencana pemasaran ke dalam suatu tindakan. 
  • Melakukan kontrol terhadap program pemasaran. 

3. American Marketing Association

Manajemen pemasaran menurut American Marketing Association merupakan perencanaan, pengendalian hingga pelaksanaan operasi pemasaran total. Di dalamya termasuk juga tentang perumusan tujuan dari aktivitas pemasaran, kebijakan pemasaran, program pemasaran sampai strateginya.

Semuanya ditujukan untuk menciptakan pertukaran yang bisa mencukupi tujuan individu maupun organisasi tertentu. Tentunya tanpa adanya manajemen marketing yang baik, maka proses pemasaran produk tidak akan berjalan dengan baik pula. 

4. Philip William J Schultz

Philip William J Schultz merupakan ahli ekonomi bisnis selanjutnya yang juga ikut memberikan sumbangan opininya terkait manajemen pemasaran. Menurutnya manajemen pemasaran merupakan sistem perencanaan, pengarahan hingga pengawasan semua kegiatan pemasaran dari suatu perusahaan. 

Pendapat tersebut juga sudah banyak dimuat dalam berbagai karya tulis ilmiah sebagai suatu landasan teori yang bagus. Bahkan pendapat tersebut juga sempat mengisi kutipan salah satu buku manajemen pemasaran dari penulis ternama Indonesia yaitu Prof.Dr.H.Buchari Alma. 

5. William J Stanton

Menurut William J Stanton manajemen pemasaran merupakan aktivitas penganalisaan, pelaksanaan hingga pengawasan terhadap program-program yang memang ditujukan guna mengadakan pertukaran pasar tujuan. Maksudnya tidak lain ialah untuk melakukan pencapaian tujuan organisasi tertentu. 

Pengusaha sekaligus komisaris di Lake Country pada 1956 dan 1960 ini memuat opininya tentang manajemen pemasaran di berbagai buku karyanya. Salah satu yang cukup populer ialah Fundamentals of Marketing. Di Indonesia buku tersebut sudah diterjemahkan dengan judul Prinsip Pemasaran. 

6. Sofyan Assauri

Pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli berikutnya ialah Sofyan Assauri. Dalam bukunya yang berjudul Manajemen Pemasaran, manajemen ini adalah suatu aktivitas untuk melakukan analisis, perencanaan, koordinasi hingga pengendalian seluruh kegiatan terkait pemasaran. 

Termasuk di dalamnya peluncuran produk, komunikasi, penetapan harga sampai transaksinya. Hal tersebut bertujuan demi bisa memuaskan konsumen serta mencapai tujuan organisasi perusahaan dalam jangka waktu yang cukup panjang.  

7. Basu Swastha 

Basu Swastha berpendapat bahwa manajemen pemasaran menjadi suatu aktivitas analisis, perencanaan, pelaksanaan sampai pengawasan terhadap segala program yang memiliki tujuan tertentu. Adapun tujuan tersebut ialah agar menimbulkan pertukaran dengan pasar target demi target perusahaan. 

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Profesor dari  Universitas Gadjah Mada ini memuat opininya dalam buku tulisannya berjudul Manajemen Pemasaran. Hingga kini buku tersebut sudah dicetak dan mengalami pembaharuan lebih dari tiga edisi lanjutan. 

8. Suparyanto dan Rosad 

Menurut Suparyanto dan Rosad manajemen pemasaran adalah suatu proses menganalisis, merencanakan, melakukan pengaturan hingga mengelola program tertentu yang mencakup konsep, penetapan harga, promosi hingga distribusi produk. 

Tujuannya tidak lain ialah menciptakan serta melakukan pemeliharaan pertukaran menguntungkan dengan pasar target. Tentunya hal ini karena adanya misi serta visi dari perusahaan pembuat produk dan jasa tersebut. 

9. Ben M. Eniy

Menurut ahli ilmu ekonomi ini, definisi dari manajemen pemasaran ialah proses yang dilakukan untuk meningkatkan efisiensi sekaligus efektivitas dari kegiatan pemasaran yang dikerjakan oleh individu, tim maupun perusahaan itu sendiri. 

Intinya, manajemen pemasaran menurut Ben M. Eniy tetap saja melakukan serangkaian kegiatan manajemen. Misalnya, membuat perencanaan, pelaksanaan hingga mengawasi jalannya kegiatan tersebut hingga akhirnya mampu mencapai target sesuai harapan. 

10. Dharmmesta dan Handoko

Kedua ahli ekonomi ini mendefinisikan manajemen pemasaran sebagai kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan tertentu guna mempertahankan kelangsungan perusahaannya. Jadi, perkembangan dan perolehan keuntungan perusahaan didapatkan dari kegiatan pertukaran melalui proses pemasaran. 

Kegiatan pemasaran meliputi pemberian kepuasan juga kepada setiap konsumen. Hal ini wajib dilakukan oleh semua perusahaan demi tetap bisa mempertahankan keberlangsungan perusahaannya dengan sangat baik. 

11. Peter R. Dickson

Penulis buku Instructor’s Manual and Transparency Masters to Accompany Marketing Management ini ikut serta memberikan pendapatnya tentang manajemen pemasaran. Menurutnya manajemen pemasaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh organisasi untuk memahami kepuasan konsumen. 

Tanpa adanya manajemen pemasaran yang bagus tentunya produk perusahaan tidak dapat sampai ke tangan konsumen sesuai target. Jadi, manajemen pemasaran bukan hanya memastikan produk sampai ke tangan para konsumen saja melainkan juga mendapatkan feedback dari mereka.  

Pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli tersebut kiranya bisa menjadi pondasi awal Anda dalam mempelajari salah satu cabang ilmu ekonomi ini. Jika Anda sedang ingin merintis bisnis, maka pastikan telah mengonsep manajemen pemasaran sebaik mungkin.

Leave a Comment

18 − 17 =