Pengertian Teks Laporan Percobaan, Struktur, Fungsi dan Tujuan

Pengertian teks laporan percobaan adalah teks yang menyajikan informasi mengenai hasil percobaan yang didapatkan dengan percobaan serta analisis sistematis dan dilakukan dengan apa adanya. Pengertian tersebut serupa dengan tim Kemdikbud (2017, hlm.10) yang menerangkan bahwa teks laporan hasil percobaan yaitu teks yang memberikan informasi tentang hasil percobaan secara apa adanya.

Teks laporan hasil percobaan sebenarnya bisa disebut juga hampir sama dengan teks laporan observasi. Akan tetapi, yang dilaporkan adalah berupa hasil sebuah percobaan, bukan hasil dari observasi. Percobaan harus dilakukan dengan melibatkan serangkaian langkah sistematis sebelum dilaporkan.

a percobaan ini adalah kegiatan yang dipraktekkan, maka ketika dilaporkan juga harus dilakukan observasi hasil dari kegiatannya. Oleh karenanya, seperti halnya laporan observasi, sebuah teks laporan hasil percobaan juga akan meliputi sejumlah teks mulai dari teks deskripsi, teks eksposisi, serta teks eksplanasi.

Ciri- Ciri Teks Laporan Percobaan

Setelah memahami pengertian teks laporan percobaan, selanjutnya Anda harus memahami apa saja ciri-ciri teks laporan percobaan. Dikutip dari kajian struktur dan kebahasaan (2017), ciri-ciri teks hasil laporan percobaan yaitu sebagai berikut:

  • Memakai Kalimat Kompleks

Kalimat kompleks atau yang disebut juga dengan kalimat majemuk merupakan kalimat yang yang mempunyai lebih dari satu pola kalimat. Ciri kalimat kompleks yaitu punya lebih dari satu kalimat tunggal. Contohnya pada kalimat “saat dijatuhkan bersamaan dari tempat yang sama ketinggiannya, maka kedua buah batu akan jatuh bersamaan”.

  • Memakai Kata Penghubung

Kata penghubung yaitu kata yang yang fungsinya sebagai penghubung antarkata, frasa, klausa, kalimat, maupun paragraf. Beberapa contoh kata penghubung yaitu : dan, apabila, tetapi, ketika, sehingga, jika, meskipun, dan sebagainya.

  • Memakai Kata Rujukan

Secara umum, kata rujukan terbagi menjadi 3 antara lain kata rujukan benda, kata rujukan tempat, dan kata rujukan personal. Contoh kata rujukan benda misalnya ini dan itu. Contoh kata rujukan tempat yaitu di sini dan di situ. Sedangkan contoh kata rujukan personal misalnya kalian, dia, dan mereka.

  • Memakai Istilah Teknis Atau Ilmiah

Percobaan yang dilakukan biasanya adalah percobaan ilmiah. Oleh karena itu, akan muncul teori atau istilah yang dipakai dalam teks. Contohnya, di dalam teks laporan percobaan akan ada teori bahwa menjatuhkan dua buah batu secara bersamaan, maka akan muncul istilah hambatan dan gravitasi.

  • Memakai Kalimat Perintah Dan Kata Bilangan

Ciri berikutnya yaitu akan menggunakan kalimat perintah. Misalnya “Masukkan larutan ke tabung memakai pipet”. Kemudian untuk kata bilangan, biasanya menjelaskan langkah. Contohnya “Pertama, tuang air ke bejana”.

Struktur Teks Laporan Percobaan

Selain memahami apa pengertian teks laporan percobaan, struktur teks laporan percobaan juga harus dipelajari. Secara sederhana, struktur dari teks laporan percobaan yaitu terdiri dari dua bagian ( Kemdikbud, 2017, hlm.24).

  • Pernyataan Umum

Pada bagian ini terdiri dari klasifikasi dan pernyataan. Dalam bagian ini akan menentukan klasifikasi aspek dari hal yang diujicobakan misalnya tumbuhan, alam, alat, dan sebagainya yang dibahas secara lebih umum.

  • Uraian

Pada bagian ini menggambarkan suatu hal yang dibahas lebih terperinci, secara bagian demi bagian, bagaimana kebiasaannya, sampai dengan suatu hal yang dibutuhkan untuk hidup serta perilaku alami bagi makhluk hidup. Di sini juga dapat memuat pemakaian bahan serta alat untuk percobaan dalam membuat benda serta hal khusus lain.

Namun, struktur laporan hasil percobaan pada kenyataannya akan menyesuaikan dengan laporan seperti apa yang akan disusun.

Pada model percobaan untuk membuat sesuatu misalnya, strukturnya akan disesuaikan seperti berikut:

Tujuan Percobaan

Di sini akan menjelaskan apa tujuan percobaan. Misalnya, percobaan seperti apa yang dilakukan, mengapa harus dilakukan percobaan tersebut, hal apa yang akan dibuktikan, dan sebagainya.

Alat dan bahan

Di sini, akan dijelaskan apa saja alat dan bahan yang dipakai untuk percobaan.
Langkah-langkah. Bagian ini akan menjelaskan seperti apa langkah demi langkah yang harus dilakukan untuk melakukan kegiatan percobaan tersebut.

Hasil

Di bagian ini akan memuat seperti apa hasil percobaan dan punya struktur utama laporan antara lain pernyataan umum, serta uraian masing-masing hasil percobaan yang dilakukan.

Kesimpulan

Uraian akan menyimpulkan seluruh kegiatan serta bagaimana hasil dari percobaan yang sudah dilakukan.

Fungsi Dan Tujuan Teks Laporan Percobaan

Pengertian teks laporan percobaan, ciri, dan strukturnya sudah Anda pelajari. Berikutnya, fungsi dan tujuan teks laporan percobaan juga penting dipahami.

Fungsi laporan teks percobaan adalah menjelaskan apa saja informasi, tujuan, dan hasil percobaan. Dengan demikian, dapat menginformasikan dengan lebih mudah kepada pembaca mengenai percobaan tersebut dari mulai awal sampai akhir.

Sebuah teks laporan percobaan, mempunyai tujuan utama yaitu menyampaikan hasil percobaan secara apa adanya.

Teks laporan percobaan akan menjelaskan bagaimana proses, langkah-langkah, serta hasil dari sebuah percobaan yang sudah dilakukan agar dijelaskan secara sistematis dan faktual.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian teks laporan percobaan, ciri-ciri, struktur, fungsi dan tujuannya. Semoga informasi yang kami jelaskan bisa bermanfaat bagi Anda.

Leave a Comment