5 Tips Membuat CV yang Menarik

Curriculum Vitae (CV) merupakan identitas diri yang digunakan oleh para pekerja dengan tujuan melamar pekerjaan sesuai perusahaan yang dituju. Banyaknya berkas CV yang diterima oleh suatu perusahaan, membuat Human Resources Development (HRD) perlu mempertimbangkan keputusan dengan baik. Berbicara mengenai identitas diri, berikut ulasan lengkap mengenai tips membuat CV yang menarik untuk para pelamar pekerjaan.

  • Memahami Isi Curriculum Vitae

Sebelum beranjak pada pembuatan CV, Anda perlu belajar mengenai isi yang tercantum dalam identitas penting saat melamar sebuah pekerjaan. Identitas yang dicantumkan dalam sebuah CV tidak asal-asalan dan perlu melalui tahap analisis yang baik dan benar. Umumnya dari adanya identitas tersebut, digunakan sebagai jalan HRD untuk mengenal lebih awal karakter dari pelamar kerja.

Isi dari Curriculum Vitae (CV) yang benar, antara lain: Identitas Diri (nama lengkap, alamat, nomor telepon, e-mail), Pendidikan (pendidikan terakhir, jurusan dan IPK), Personalitas (gambaran singkat tentang diri), Keterampilan (baik hard skill maupun soft skill), Proyek dan Pengalaman Kerja (pekerjaan atau prestasi yang telah diselesaikan), Pelatihan (umumnya 2-3 tahun terakhir), dan Referensi (hobi atau aktivitas penunjang).

  • Membuat Desain Sederhana namun Menarik

Desain yang sederhana namun menarik merupakan tips yang sebenarnya penting namun sering disepelekan oleh para pelamar kerja. orang-orang menganggap bahwasanya CV hanya perlu ditulis dalam bagian desain yang monoton. Padahal HRD lebih menyukai desain yang sederhana namun tetap menarik. Terlebih apabila pelamar berencana melamar di bagian dunia desain.

Pada bagian kedua dari tips membuat CV yang menarik ini tidak selalu tentang desain yang ramai dan warna-warni. Anda hanya perlu menghidupkan suasana dari tulisan yang tertera di CV tersebut. Ketika tulisan yang Anda ciptakan dapat terlihat lebih berkesan dengan desain yang kuat. Tentu HRD akan betah saat menganalisis identitas yang Anda berikan melalui CV tersebut.

Anda juga bisa menemukan beberapa contoh CV yang menarik, agar peluang menjadi kandidat potensial semakin besar.

  • Mencantumkan Pengalaman secara Detail

Pengalaman yang termaktub tidak hanya dari sisi hardskill, namun juga softskill. Berbagai pengalaman yang Anda miliki dapat ditulis secara detail dengan baik dan benar. Sebab ketika HRD menganalisis berbagai CV, waktu yang diperlukan tidak banyak. Anda harus mampu meyakinkan HRD melalui tulisan yang tercantum dalam CV tersebut. Sehingga tidak ada celah bagi HRD untuk meragukan kualitas Anda.

Pahami pula pada dasarnya, terdapat perusahaan yang membuat sistem otomasi pada perekrutan pekerja. Dari adanya hal ini, tentu Anda dapat menyimpulkan bahwasanya tidak semua perusahaan mampu menerima pekerja yang masih dibawah standar. Adanya detail informasi pengalaman yang dimiliki, dapat selangkah lebih mendukung Anda dalam menarik kesempatan kerja di perusahaan tersebut.

  • Menyisipkan Kontak Referensi Pendukung

Kontak referensi pendukung, berguna sebagai jalan Anda memperlihatkan hasil pengalaman pekerjaan maupun prestasi yang telah diraih. Bagian keempat dari tips membuat CV yang menarik dapat Anda selipkan dengan mencantumkan sosial media penting yang berisi karya. Sehingga HRD dapat dengan leluasa melihat berbagai kemampuan yang telah diberikan oleh Anda selama mencari pengalaman.

Pastikan sosial media yang tercantum bebas dari unsur SARA membahayakan. Sebab HRD akan dengan cepat dan tepat menelusuri informasi Anda di sosial media. Jika nama baik Anda sebelumnya telah tercemar buruk di lingkungan masyarakat, kecil kemungkinan peluang kerja akan diterima. Oleh sebab itu pastikan Anda selalu menjaga nama baik dimanapun dan kapanpun.

  • Menunjukkan Kemampuan Bahasa Asing

Poin terakhir dari tips membuat CV yang menarik yakni menunjukkan kemampuan bahasa asing. Memang tidak semua orang mampu dalam menguasai kemampuan tersebut. Jika Anda memang berada di bawah kemampuan standar, disarankan untuk tidak perlu mencantumkannya. Namun jika Anda merasa yakin dan percaya diri, kemampuan bahasa asing dapat menjadi poin tambahan tersendiri bagi para pelamar kerja.

Gambar header Pixabay.

Leave a Comment