apa yang dimaksud dengan promosi
Edukasi

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Banyak penjual yang melakukan kegiatan ini untuk menarik minat pembeli. Tapi, tak banyak yang mengerti akan pengertian kata promosi yang jika didalami, akan membuka potensi terbaik dari diri seorang penjual.

Sederhananya, jika anda menjalani bisnis online maka pemahaman akan makna dari kata promosi ini akan membantu keberhasilan bisnis Anda.

Berikut diuraikan pengertian promosi menurut para ahli yang kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Boyd (2000:65)

Boyd mengemukakan pengertian promosi adalah cara yang dilakukan untuk membujuk orang dalam menerima suatu produk dalam suatu konsep dan gagasan. Jadi menurut Boyd promosi merupakan cara yang dapat digunakan untuk menarik orang agar menggunakan produk dari yang dijual dengan konsep strategi promosi yang tepat.

Swastha (2000:22)

Menurut Swastha promosi adalah sebuah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mempengaruhi seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam proses  pemasaran.

Hal tersebut sangat erat kaitannya dengan kegiatan promosi yang dilakukan para penjual untuk mempengaruhi pembeli dan terjadi proses jual beli dengan proses kesepakatan antara penjual dan pembeli.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI pengertian promosi adalah kegiatan komunikasi untuk meningkatkan penjualan dengan pameran, periklanan, demonstrasi, dan usaha lain yang bersifat persuasif. Jadi menurut KBBI kegiatan promosi merupakan salah satu bentuk komunikasi dalam penjualan.

Baca Juga:   Contoh Kuitansi Jual Beli Mobil dan Motor Bekas

Stanton (1993)

Pengertian promosi menurut Stanton adalah kegiatan untuk memberikan informasi kepada konsumen dengan cara memengaruhi, dan menghimbau khalayak ramai.  Menurut Stanton, promosi merupakan sebuah kegiatan memberikan informasi dan cara mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

Saladin (2003)

Menurut Saladin promosi adalah salah satu unsur dalam bauran pemasaran, dan  perusahaan yang didayagunakan untuk memberitahukan, mengingatkan, dan membujuk konsumen mengenai produk perusahaan.

Zimmerer (2002)

Menurut Zimmerer promosi adalah cara untuk berkomunikasi dalam bentuk persuasi/ ajakan, dimana penjual akan memberikan informasikan kepada pelanggan tentang produk atau jasa dan memengaruhi agar konsumen tertarik membeli barang atau jasa tersebut.

Cakupan dalam promosi tersebut adalah publisitas, penjualan perorangan, dan periklanan. Menurut Zimmerer promosi merupakan bentuk komunikasi dan bertujuan untuk mengajak.

Marwan Asri (1991)

Menurut Marwan Asri promosi adalah salah satu bagian dari marketing mix yang memiliki peranan besar. Promosi merupakan suatu ungkapan tentang kegiatan-kegiatan secara aktif dilakukan oleh perusahaan (penjual) untuk mendorong konsumen melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan.

Ratih Hurriyati

Ratih Hurriyati mengemukakan bahwa promosi adalah salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran.

Seberapa besar kualitas suatu produk, bila konsumen belum pernah mengenal ataupun mendengarnya dan mereka tidak yakin bahwa produk tersebut akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya.

American Marketing Association (AMA)

Menurut AMA pengertian promosi yang dikutip dari bukunya Sustina (2003) promosi adalah upaya pemasaran yang bersifat media dan non media untuk merangsang respon coba-coba dari konsumen, meningkatkan permintaan dari konsumen atau memperbaiki kualitas produk.

Sehingga dengan cara tersebut, konsumen akan puas mendapatkan produk yang berkualitas.

Rambat Lupiyoadi (2006:120)

Menurut Rambat Lupiyoadi promosi adalah variabel yang ada dalam bauran pemasaran dan sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan untuk memasarkan produk yang dijual kepada pembeli.

Baca Juga:   Mencari Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Kotler (2000:119)

Menurut Kotler promosi adalah sebuah bagian dan proses dari strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan bagian pemasaran produk yang menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix”.

Gitosudarmo (2000:237)

Pengertian promosi menurut Gitosudarmo adalah suatu kegiatan dengan sasaran konsumen dengan tujuan mempengaruhi mereka untuk bisa mengenal terlebih dahulu produk yang dijual oleh perusahaan, lalu pembeli akan merasa senang dan puas terhadap produk yang telah ditawarkan dan pada akhirnya mereka akan melakukan proses pembelian terhadap produk tersebut.

Sistaningrum (2002:98)

Pengertian promosi menurut Sistaningrum adalah suatu cara perusahaan dalam mempengaruhi konsumen baik secara aktual maupun potensial agar mereka memiliki keinginan untuk melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan untuk waktu sekarang dan besok.

Swastha dan Irawan (2005:349)

Swastha dan Irawan mengemukakan bahwa promosi adalah sebuah cara untuk menginformasikan atau menawarkan secara persuasi bersifat satu arah yang bertujuan mengarahkan seseorang atau kelompok terhadap suatu tindakan dalam menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

Tjiptono (2002:219)

Menurut Tjiptono promosi adalah suatu bentuk komunikasi yaitu  aktivitas pemasaran dengan cara menyebarkan informasi, mempengaruhi dan meningkatkan pasar sasaran agar produknya dapat diterima, dan konsumen dapat membeli, loyal terhadap produk yang ditawarkan perusahaan.

Madura (2001:157)

Madura mengemukakan bahwa promosi adalah tindakan atau kegiatan  menginformasikan dan mengingatkan mengenai spesifikasi produk atau merek.

Kusmono (2001:374)

Kusmono mengemukakan bahwa promosi merupakan salah satu usaha/cara  yang dilakukan pasar untuk mempengaruhi pihak lain agar berpartisipasi dalam kegiatan pertukaran.

Suryana (2001:112)

Suryana mengemukakan bahwa promosi adalah cara mengkomunikasikan barang dan jasa yang ditawarkan agar konsumen mau mengenal dan membeli.

Boone dan Kurtz (2002:129)

Boone dan Kurtz mengemukakan bahwa promosi adalah sebuah proses memberikan informasi, membujuk, dan mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.

Djaslim Saladin dan Yevis Marty Oesman(2002:123)

Djaslim Saladin dan Yevis Marty Oesman mengemukakan bahwa promosi adalah bentuk komunikasi yang memberikan informasi dari penjual kepada pembeli dengan tujuan mempengaruhi pembeli dengan mengubah sikap dan tingkah lakunya, yang sebelumnya tidak mengetahui produk tersebut dan pada akhirnya dapat mengenal produk tersebut, dan pada akhirnya bisa membeli dan mengingat produk tersebut.

Baca Juga:   Cek Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik Sebelum Menjadi Wirausaha!

Buchari Alma (2006:179)

Buchari Alma mengemukakan bahwa promosi adalah jenis komunikasi yang berisi memberi penjelasan dan mampu meyakinkan calon konsumen mengenai barang dan jasa yang dijual dengan tujuan mendapatkan perhatian, mendidik, mengingatkan dan meyakinkan calon konsumen.

Kotler dan Keller (2010:496)

Kotler dan Keller mengemukakan bahwa promosi adalah suatu sarana yang dilakukan perusahaan untuk memberi informasi, merayu dengan cara membujuk, serta mengingatkan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung mengenai suatu produk dan mereka jual.

Stanton (2007:456)

Stanton mengemukakan bahwa promosi adalah suatu unsur dalam bauran pemasaran yang dilakukan perusahaan untuk didayagunakan dengan cara memberitahukan, membujuk, dan mengingatkan tentang produk perusahaan dengan harapan mempengaruhi pembeli, sehingga timbul kepercayaan.

Agus Hermawan (2013:38)

Agus Hermawan mengemukakan bahwa promosi adalah sebuah prioritas yang harus dilakukan dalam kegiatan pemasaran dengan memberitahukan kepada konsumen bahwa perusahaan meluncurkan produk baru yang menarik sehingga konsumen tertarik untuk melakukan kegiatan pembelian.

Kotler dan Armstrong (2012:76)

Kotler dan Armstrong mengemukakan bahwa promosi merupakan suatu  kegiatan dengan strategi mengkomunikasikan manfaat dari sebuah produk yang ditawarkan dan membujuk target konsumen sasaran untuk membeli produk tersebut.

Daryanto (2011:94)

Daryanto mengemukakan bahwa promosi adalah suatu program terakhir dari marketing mix dengan strategi yang sangat penting karena keadaan pasar lebih memiliki sifat pasar pembeli karena keputusan terakhir terjadinya pada saat terjadi kesepakatan jual beli penjual dan pembeli.

Rangkuti (2009:49)

Rangkuti mengemukakan bahwa promosi adalah unsur dalam kegiatan bauran pemasaran perusahaan dengan tujuan untuk memberitahukan, membujuk, dan mengingatkan tentang produk perusahaan.