apa yang dimaksud dengan promosi
Edukasi

Dari Segi Strategi Promosi Wadah atau Pembungkus Berfungsi Sebagai

Bagi pelaku bisnis yang bergerak di  bidang penjualan produk, kemasan atau wadah menjadi suatu yang penting. Ditambah lagi akan kenyataan bahwa dari segi strategi promosi wadah atau pembungkus berfungsi sebagai teknik pemasaran juga.

Dahulu, pengemasan hanya berfungsi sebagai suatu sistem terkoordinir yang dibuat untuk mempersiapkan barang supaya siap untuk dijual dan distribusikan ke produsen kedua dan pada akhirnya konsumen.

Memang fungsi wadah atau kemasan pada produk sebagai pembungkus pada suatu produk memang tidak salah. Selain itu, kemasan juga dapat membantu mencegah suatu produk dari risiko kerusakan ketika proses pendistribusian.

Pun kemasan produk juga bisa menjaga dari kemungkinan kontaminasi oleh zat atau virus serta gangguan fisik lainnya. Walaupun begitu, industri semakin berkembang dan membuat wadah yang dulunya hanya sebagai wadah kini bisa menjadi media promosi.

Dari Segi Strategi Promosi Wadah atau Pembungkus Berfungsi Sebagai Berikut

Seperti yang telah disebutkan sebutkan sebelumnya bahwa pada umumnya, peran kemasan hanya ditujukan pada perlindungan produk saja. Padahal banyak sekali manfaat wadah atau pembungkus. Salah satunya adalah sebagai sarana promosional.

Menyangkut promosi pun, banyak perusahaan mempertimbangkan pandangan konsumen menyangkut warna, ukuran, dan penampilan suatu kemasan.

Memberikan Informasi kepada pelanggan

Dalam hal ini kemasan memiliki fungsi yang lebih luas lagi. Siapa sangka, kemasan juga busa membuat konsumen memberikan kesan ke sebuah perusahaan produk tersebut diciptakan. Ini membuat wadah semakin berfungsi lebih banyak lagi dalam proses penjualan.

Baca Juga:   Kumpulan Kata-kata Promosi Supaya Jualan Makin Laris-manis

Kemasan, haruslah menarik dan menyebutkan ciri-ciri produk. Misalnya Anda memiliki produk keripik singkong, maka di wasah Anda harus ada ciri-ciri produk.

Itu memberikan kesan bahwa perusahaan tersebut memiliki sifat terbuka terhadap bahan-bahannya sehingga dapat meyakinkan konsumen dan memberi kesan menyeluruh yang mendukung produk. Jenis-jenis informasi yang bisa dimuat dalam suatu kemasan juga bervariasi tergantung produk.

Jika makanan, informasi yang harus dicantumkan adalah bahan, tanggal kadaluarsa, dan kode halal. Jika produk Anda non makanan juga mencantumkan informasi berupa petunjuk penggunaan dan lain-lain.

Dari segi strategi promosi wadah atau pembungkus berfungsi sebagai kenyamanan konsumen

Dalam membuat wadah atau mendesain kemasan suatu produk tidak boleh asal-asalan. Anda juga harus mementingkan kenyamanan konsumen saat mrmbuatnya. Bahkan konsumen bersedia membayar lebih mahal bagi kemudahan dan penampilan pada suatu produk.

Kenyamanan tersebut berupa mudah atau tidaknya dibawa dan dipegang, mudah tidaknya dibawa untuk perjalanan jauh (jika makanan atau barang kecil lainnya), mudah tidaknya untuk dilepas, dan lain-lain.

Jika konsumen sudah nyaman dengan produk Anda dan dimulai dari wadah atau kemasannya, maka tidak mungkin tidak jika para konsumen akan terus membeli produk Anda.

Kemasan yang ramah dan mempertimbangkan kenyamanan konsumen biasanya ada pada kemasan botol, atau plastik. Bagi produk yang tidak bisa terpisahkan dengan wadahnya, seperti shampoo atau minyak wangi, kenyamanan saat dipegang adalah yang paling utama.

Wadah atau pembungkus digunakan sebagai branding perusahaan

Apakah Anda tahu bahwa perusahaan juga akan dikenal baik melalui bagaimana kemasan mereka yang digunakan terhadap produk mereka? Suatu perusahaan harus mengenal dan mengetahui dengan baik kekuatan yang dikandung dari kemasan.

Mereka harus merancangnya dengan cermat dan baik karena melalui kemasan itulah, konsumen akan memandang suatu perusahaan. Bisa juga wadah atau kemasan tersebut mempercepat konsumen dalam mengenali perusahaan atau merek produk.

Baca Juga:   Contoh Format Proposal Sponsorship yang Baik dan Rapi

Kemasan Anda juga harus unik dan beda dari yang lain. Biasanya perusahaan menciptakan keunikan yang menjadi pembeda dengan merek lainnya tersebut lewat penggunaan logo sebagai identitas merek.

Jika berbicara mengenai logo, logo juga bisa menjadi representasi dari brand. Hal ini karena logo selalu melekat pada sebuah merek produk.

Logo memiliki beberapa identitas tertentu seperti penggunaan warna, font tulisan, dan gambar. Oleh karena itu, produk harus mencantumkan logo yang menjadi identitas dan selalu tampil pada setiap kemasan yang diluncurkan ke pasaran.

Selain logo, ada juga maskot atau bintang dari produk tersebut, misalnya foto artis atau maskot karakter. Inilah yang biasanya menjadi ciri khas dari suatu produk. Jadi Anda juga perlu menentukan suatu hal yang bisa menjadi ciri khas produk.

Dari segi strategi promosi wadah atau pembungkus berfungsi sebagai estetika

Fungsi terakhir wadah atau pembungkus suatu produk dari segi promosi adalah sebagai gaya estetika. Kemana produk yang yang berhasil diproduksi oleh suatu perusahaan? Benar sekali, toko. Toko sebagai tempat konsumen melakukan pembelian.

Dan, kemasan menjadi sangat penting bagi perusahaan karena memegang peranan penting yang bisa mempengaruhi keputusan pembelian. Terutama ketika konsumen sedang memperhatikan barang-barang yang dipajang di etalase toko, pasti konsumen akan lebih tertarik pada kemasan yang menarik.

Pada saat itu, mungkin saja konsumen belum memiliki referensi tentang produk yang hendak dibelinya atau masih bingung dengan apa yang akan dibelinya. Hal ini, kemasan yang didesain secara menarik memiliki kemampuan untuk menarik perhatian konsumen.

Oleh karena itu, mengingat pentingnya peran packaging wadah dalam mempengaruhi keputusan pembelian, pemasar dan pemilik perusahaan sengaja mendesain kemasan sebagus mungkin agar konsumen tertarik untuk membeli.

Baca Juga:   Cara Promosi di Instagram Story Agar Dagangan Laris Manis

Biasanya mereka akan bermain pada warna, bentuk kemasan, tulisan, logo dan yang lainnya. Warna berperan sangat penting, karena warnalah yang pertama kali terlihat ketika calon konsumen melirik pada etalase toko.

Pemilihan warna juga harus sesuai dengan produk itu sendiri. Misalnya jika makanan pedas maka warna yang biasa diambil adalah merah, orange, kuning, dan warna cerah lainnya.

Kemasan sebagai pelindung dari suatu produk

Mungkin diawal tadi, kita sudah menyinggung tentang wadah yang berfungsi sebagai pelindung. Namun fungsi tersebut juga berguna untuk strategi promosi.

Dengan pengemasan yang baik, produk pastinya akan terlindungi dari berbagai macam polusi dan paparan sinar ultraviolet, menjaga kelembaban udara, terhindar dari benturan keras yang bisa membuatnya rusak.

Selain itu, untuk produk-produk elektronik maupun barang yang rentan akan kerusakan, kemasan pada bagian luar biasanya menggunakan bahan yang relatif lebih tebal dan ditambah pula dengan busa atau styrofoam pada bagian dalam.

Gunanya adalah untuk mengantisipasi adanya goncangan yang bisa merusak barang. Jadi, lewat perencanaan yang matang, kemasan bisa dibuat sedemikian rupa sehingga bisa mempertahankan keawetan barang dan ditambah lagi. bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Kegunaan produk memang banyak sekali. Dari segi promosi, keamanan, semua penting agar produk tersebut sampai dengan aman di tangan pembeli. Produk yang dikemas dengan bagus tidak hanya membuat produk lebih awet saja.

Namun juga bisa membangun brand image perusahaan Anda yang bersifat jangka panjang. Demikian ulasan mengenai dari segi strategi promosi wadah atau pembungkus berfungsi sebagai apa-apa saja yang telah disebutkan di atas. Semoga informasi ini bermanfaat