21 Cara Jualan Online yang Menguntungkan, Mudah dan Minim Resiko

Cara jualan online semakin lama semakin dicari oleh masyarakat. Salah satu yang sangat mempengaruhi adalah perkembangan jaman yang semakin modern.

Selain itu teknologi yang semakin berkembang membuat masyarakat semakin mudah untuk melakukan berbagai aktivitas dan salah satunya adalah berjualan.

Ada banyak jenis cara berjualan dan berikut info menarik untuk Anda.

Cara Jualan Online Tanpa Modal

Sayangnya, untuk berjualan biasanya membutuhkan modal dan cara jualan online tanpa modal banyak dicari untuk meminimalisir biaya yang dipergunakan. Bahkan, sebisa mungkin tidak mengeluarkan modal dalam bentuk uang. Salah satu bisnis online tanpa harus mengeluarkan modal seperti barang yang akan dijual adalah menjadi dropshipper.

Sistem dropship saat ini banyak dilirik oleh masyarakat terutama yang sudah melek teknologi dan juga menguasai beberapa platform seperti media sosial. Untuk melakukan cara berjualan yang tepat, maka Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Misalnya produk apa yang akan Anda jual dan siapa yang akan menjadi pangsa pasarnya.

Setelah itu, Anda harus mencari partner yang tepat. Tidak hanya sekedar produk yang pas namun juga ketentuan dan peraturannya. Seperti, berapa komisi yang bisa Anda ambil. Dengan begitu, Anda bisa menentukan berapa harga jual yang akan Anda tentukan.

Walaupun tanpa modal, bukan berarti bisnis yang dijalankan tersebut tidak menjanjikan. Bisnis ini bisa cukup menguntungkan jika Anda memiliki sifat yang tidak mau menyerah untuk menjual produk tersebut.

Selain itu, cobalah menggunakan berbagai platform untuk membantu menunjang agar produk bisnis online tanpa modal yang Anda lakukan mendapatkan keuntungan tinggi.

Cara Jualan Online di Facebook

Facebook menjadi salah satu platform yang paling banyak digunakan untuk jual beli sehingga cara jualan online di Facebook sangat dicari. Media sosia Facebook memungkinkan Anda untuk membuat grup khusus, misalnya grup Baby Ridho.

Di grup tersebut, Anda bisa berjualan dengan lebih mudah. Bahkan Anda juga lebih mudah untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda.

21 Cara Jualan Online yang Menguntungkan, Mudah dan Minim Resiko

Untuk sukses berjualan di Facebook, Anda bisa melakukan trik berikut ini:

  • Membuat Halaman Fanpage

Agar Anda bisa berjualan, maka Anda harus memiliki ‘wadah’ khusus dan wadah ini adalah fanpage. Setelah membuat fanpage, maka Anda bisa menambahkan teman Anda atau mengundang teman Anda untuk masuk dan mengikuti grup tersebut.

  • Buat Postingannya

Saat Anda berjualan, termasuk berjualan di Facebook, maka isi dari postingan tersebut tidak hanya 100% produk yang Anda jual namun juga mengenai sesuatu hal yang memungkinkan untuk di-share (shareable). Hal ini disebabkan karena sesuatu yang diunggah di Facebook umumnya adalah yang memungkinkan untuk dibagikan ke orang lain.

Jika Anda memposting foto produk, sebisa mungkin harus menonjolkan keunggulan produk tersebut agar orang menjadi tertarik dan membelinya ke Anda. Berikan kualitas foto yang terbaik dan ada baiknya foto tersebut diberi watermark atau tanda agar tidak sembarangan diambil oleh orang lain.

  • Membuat Konten

Konten atau isi yang diupload tidak hanya foto mengenai produk tersebut namun juga tulisan ataupun video. Anda bisa membuat konten yang bervariasi sehingga orang lain yang melihat postingan tersebut menjadi lebih tertarik dan akhirnya membeli produk di tempat Anda.

  • Membangun Interaksi

Ketika berjualan, maka Anda harus memperhatikan interaksi atau hubungan Anda dengan pembeli Anda. Sebisa mungkin jaga agar hubungan tersebut tetap terjalin dengan baik.

Salah satu cara yang bisa membangun interaksi tersebut adalah dengan membalas pertanyaan yang ditinggalkan oleh calon pembeli. Misalnya ada komplain, maka sebisa mungkin Anda dapat menjawab komplain pembeli dengan sopan.

  • Pergunakan Facebook Ads

Saat Anda memutuskan untuk menjual produk Anda di Facebook, selain menggunakan facebook fanpage, Anda  juga bisa menggunakan Facebook Ads. Tujuannya adalah untuk mengiklankan produk Anda dengan lebih luas berdasarkan kelompok tertentu, misalnya berdasarkan jenis kelaminnya.

Dengan menggunakan facebook ads, maka kemungkinan pengunjung yang datang juga semakin besar. Hasilnya, pendapatan Anda juga bisa lebih banyak dibandingkan kalau hanya mengandalkan fanpage.

Cara Jualan Online Laris

Baik dengan menggunakan platform apapun untuk berjualan, cara jualan online laris harus diterapkan agar penjualan semakin meningkat. Ada beberapa cara untuk meningkatkan penjualan sehingga tingkat pendapatan Anda juga semakin tinggi.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk membuat dagangan Anda semakin laris, diantaranya adalah:

  • Ketahui dahulu alasan mengapa konsumen Anda memilih produk tertentu di toko Anda. Ada pertimbangan logis dan rasio tertentu. Misalnya harga dari produk tersebut, spesifikasinya, model baju, warna atau yang lainnya.
  • Tentukan promo. Untuk membuat agar pembeli Anda tertarik dan akhirnya datang ke toko Anda untuk membeli suatu produk yang Anda tawarkan, maka Anda harus membuat promo.

Promo yang Anda buat tersebut tidak hanya mengenai cashback atau potongan harga namun juga bisa juga berupa produk gratis untuk minimal pembelian tertentu. Adanya promosi tersebut membuat pembeli akan semakin tertarik dan akhirnya membeli produk yang Anda tawarkan sebelumnya.

Namun, sebelum Anda menawarkan promo tersebut, ada baiknya jika Anda menghitung secara keseluruhan. Produk mana yang kira-kira bisa dibuat untuk promosi atau jika pun produk tersebut dijadikan promosi seperti oneplus one, tidak akan membuat Anda merugi. Selain itu, akan lebih untung atau laris lagi jika Anda memiliki online shop sendiri.

  • Jangan lupa melakukan iklan. Walaupun Anda sudah mengatur promosi yang bagus dan menguntungkan namun tidak melakukan pengiklanan, maka promo tidak bisa berjalan dengan baik.

Karena hal tersebut, walaupun Anda menjualnya secara online, Anda tetap bisa menjual produk tersebut secara offline misalnya dengan mengajak teman Anda untuk membeli.

Cara Jualan Online di Shopee

Sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Shopee menawarkan banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh penjual dengan cara jualan online di Shopee yang tepat. Keuntungan yang bisa diperoleh bisa berkali-kali lipat.

Ada beberapa keunggulan berjualan di marketplace, diantaranya yaitu:

  • Menghemat biaya sewa tempat untuk berjualan.

  • Memiliki jaringan pangsa pasar yang lebih luas sehingga memungkinkan produk yang Anda jual semakin lebih banyak dan pendapatan Anda juga akan semakin meningkat.

Untuk meraih keuntungan dengan berjualan di Shopee, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Cara tersebut diantaranya adalah:

  • Membuka Akun

Sebelum memulai berjualan di Shopee maka Anda harus membuka akun terlebih dahulu. Caranya, dengan mengunduh aplikasinya di app store kemudian setelah terinstal, Anda buka dan ikuti langkah-langkahnya. Aplikasi Shopee sudah bisa digunakan.

Jangan lupa untuk verifikasi akun toko Anda yang dikirimkan ke alamat email Anda. Dengan verifikasi ini, Anda akan lebih banyak bisa menerima promosi yang dapat Anda manfaatkan untuk jual beli.

  • Buka dan Mengatur Toko

Untuk berjualan di Shopee, tidak berhenti hanya dibuka akunnya saja namun Anda juga harus mengatur tokonya. Anda bisa memulai untuk menjual produk yang Anda miliki tersebut dengan masuk ke opsi Jual.

Di bagian pengaturan toko, Anda bisa mengedit mana saja yang harus diisi, seperti profil untuk toko Anda sehingga nilai trust akan semakin tinggi.

Dalam pengaturan tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti alamat toko Anda dan juga jasa pengiriman yang akan dipergunakan.

Selain itu, atur juga mengenai rekening bank Anda. Caranya adalah dengan melakukan klik menu kartu atau rekening bank kemudian masukkan password akun shopee untuk verifikasi jika nantinya ketika ada pembelian, maka uang pembelian akan dikirimkan Shopee ke nomor tersebut.

  • Menggunakan Fitur Jualan

Untuk berjualan, maka Anda bisa memanfaatkan fitur yang disediakan oleh Shopee untuk jual beli. Misalnya fitur gratis ongkir yang memungkinan pembeli untuk membeli produk dari toko Anda dengan menghemat biaya ongkos kirim.

Cara Jualan Online di Shopee

  • Masukkan RIncian Produk

Setelah itu masukkan rincian produknya mulai dari foto yang kualitas bagus namun deskripsi dari produk yang Anda jual tersebut. Hal yang harus Anda perhatikan adalah ukuran produk akan sangat mempengaruhi harga yang ditentukan. Sehingga Anda harus teliti untuk mengisi bagian tersebut.

Setelah itu, akun Shopee yang Anda buat tersebut sudah bisa Anda pergunakan. Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur-fitur yang ditawarkan oleh pihak Shopee misalnya fitur gratis ongkir dan memperbanyak produk yang dijual.

Video ini bisa jadi referensi untuk yang masih bingung.

Cara Jualan Online di Instagram

Cara jualan online di Instagram juga banyak dicari. Apalagi karena instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang paling banyak dipergunakan oleh masyarakat di Indonesia sehingga memiliki pangsa pasar yang lebih spesifik. Untuk melakukan penjualan di Instagram maka ada baiknya jika akun Anda diganti ke akun bisnis.

Cara Jualan Online di Instagram

Agar lebih sukses, jangan lupa untuk mengikuti cara di bawah ini:

  • Melengkapi deskripsi dari toko online Anda yang ada di Instagram. Misalnya untuk deskripsi, nomer yang bisa dihubungi dan juga nomor kantor.

Jangan sampai bagian ini kosong karena akan berpengaruh pada orang yang hendak membeli produk. Sebab, orang tersebut tidak tahu mengenai produk tersebut dan jika kosong, akan menurunkan nilai trust.

  • Untuk meningkatkan nilai trust maka Anda bisa menggunakan foto profil brand yang Anda miliki. Selain itu, selalu memberikan tanggapan yang positif terhadap respons yang ditinggalkan oleh pembeli.
  • Menggunakan konten yang baik. Instagram cenderung atau identic dengan konten yang mengedepankan sisi grafik karena hal tersebut, saat Anda berjualan di Instagram, maka Anda harus menggunakan konten yang menarik seperti dilihat dari sisi grafisnya.
  • Perhatikan mengenai caption yang dibuat. Berbeda dengan facebook, caption yang dibuat oleh Instagram sebaiknya cukup banyak agar pengunjung instragram tersebut tersentuh dan akhirnya membeli produk tersebut.
  • Jangan lupa gunakan hastag (#). Hastag in tidak hanya akan berpengaruh pada jati diri toko namun juga bisa membantu calon pembeli untuk mencari dan akhirnya membeli produk yang Anda tawarkan tersebut.
  • Follow akun besar yang banyak diikuti oleh follower kecil sehingga jika Anda ‘menembak’ untuk mendapatkan banyak follower tanpa harus melakukan kecurangan seperti menggunakan bot yang akan mengurangi engagement dari aplikasi tersebut.
  • Jangan ragu untuk memberikan diskon. Dimanapun Anda berjualan, maka diskon atau promo harga adalah sesuatu yang menarik. Namun, pastikan jika diskon tersebut tidak merugikan Anda sebagai penjual.
  • Menggunakan akun paid promote dan endorse yang dipergunakan untuk memasarkan produk yang Anda miliki tersebut di akun lain. Sehingga akan semakin banyak orang yang melihat produk Anda dan akhirnya membeli produk yang ditawarkan tersebut.
  • Selain memposting konten di feed, Anda juga bisa mengunggah konten di story yang setiap harinya akan menampilkan feed yang berbeda sehingga akan terlihat bervariasi. Lewat story, Anda juga bisa mengajak follower Anda berinteraksi sehingga bisa meningkatkan hubungan antara konsumen dan penjual

Cara Jualan Online Shop Tanpa Modal

Jika Anda tidak memiliki modal untuk berjualan, Anda bisa menggunakan cara jualan online shop tanpa modal seperti berikut. Cara tersebut memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan keuntungan dengan modal yang sangat minim.

Namun, pastikan modal utama yang Anda miliki adalah smartphone/laptop dan koneksi internet, dan cara jualan tersebut yaitu:

  • Dropship
cara kerja dropship
cara kerja dropship

Seperti yang disebutkan di atas, menjadi dropshipping menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan jumlah besar dalam jumlah yang besar, tergantung dari komisi dan cara Anda berjualan.

Agar bisnis Anda semakin maju, maka pastikan jika Anda juga menjualnya tidak hanya di toko online Anda saja namun juga di media sosial.

  • Menggunakan Sistem Pre Order

Sistem ini biasanya dipergunakan untuk Anda yang memiliki produk seperti baju ataupun souvenir. Sistem pre order ini memungkinkan seseorang untuk memesan produk terlebih dahulu hingga jumlah tertentu sebelum akhirnya Anda memesan produk ke produsen.

Namun, konsumen yang menggunakan sistem PO harus membayar terlebih dahulu, minimal 50%. DP yang diberikan kepada Anda tersebut akan dipergunakan untuk membayar produk yang dibeli atau dipesan di produsen utamanya.

Agar tidak mengalami tunggakan, maka Anda harus mengatur tanggal pelunasannya. Sayangnya, bisnis ini rentan terhadap penipuan sehingga Anda harus lebih waspada untuk menggeluti bisnis ini.

  • Jasa Titip atau Hand Carry

Usaha ini semakin lama semakin berkembang terlebih saat ini sudah banyak tempat yang baru yang memproduksi banyak produk unik dan hanya ada di tempat tertentu. Sehingga membuat tidak sedikit orang yang tidak mempunyai saudara di tempat tersebut, akhirnya memutuskan menggunakan jasa titip.

Cara Jualan Online - Jual Jasa Hand Carry

Produk yang biasanya diminta tergantung dari permintaan dari pengguna jasa. Ada yang makanan, baju ataupun produk lainnya. Namun, agar Anda tidak tertipu, misalnya sudah dibelikan namun belum di TF, maka Anda harus memiliki SOP tersendiri yang harus dipatuhi oleh banyak pengguna jasa Anda.

  • Affiliate

Hampir sama dengan reseller ataupun dropship, namun, affiliate mengharuskan anda untuk memiliki website yang akan dipergunakan sebagai toko online dari produk yang Anda jual tersebut.

Untuk memiliki usaha affiliate, maka Anda harus menghubungi pihak penjual utama terlebih dahulu.

Setelah itu, melakukan pengajuan untuk pemasaran yang mana nanti produk yang Anda jual di website tersebut adalah produk dari penjual utama tersebut. Sebagai gantinya, Anda akan mendapatkan komisi dari barang yang Anda jual.

Komisi tersebut bisa berupa uang atau berupa voucher pembelian di tempat penjual utama itu.

  • Translator

Selain menjual produk, Anda bisa jualan online dengan menjual jasa Anda. Salah satunya adalah jasa sebagai translator.

Hal yang diperlukan bukan produk namun kemampuan Anda untuk menerjemahkan sesuatu dan laptop/komputer untuk media menulisnya. Misalnya menerjemahkan artikel dari inggris ke Indonesia.

Cara Jualan Online di Lazada

Seperti Shopee, cara jualan online di Lazada semakin banyak digandrungi terutama oleh ibu-ibu untuk mendapatkan uang tambahan. Untuk berjualan di Lazada, maka Anda harus memiliki akun jualan terlebih dahulu. Anda harus memasukkan identitas diri seperti KTP dan buku rekening yang masih aktif.

Tutorial buka toko di Lazada

Setelah itu, Anda masih harus menandatangani kontrak perjanjian sehingga kedepannya tidak merugikan pihak manapun. Setelah itu, unggah kembali dokumen yang diminta sesuai dengan instruksi yang ada di Lazada.

Jika sudah selesai, maka Anda bisa mengunggah produk yang Anda miliki. Pastikan foto tersebut memiliki kualitas yang bagus sehingga saat diperbesar, tidak pecah dan konsumen bisa menilai apakah produk tersebut memiliki kualitas yang bagus dan sesuai dengan yang diinginkan atau tidak. Selain foto, saat jualan di Lazada, perhatikan hal berikut ini:

  • Deskripsi Barang

Pastikan jika deskripsi barang yang ada di akun Lazada Anda jelas. Misalnya jika Anda menjual smartphone, pastikan jika Anda menuliskan spesifikasi dari ponsel tersebut.

Jangan lupa untuk menyematkan nama yang biasanya dimasukkan ke dalam kolom pencarian. Sehingga ketika orang tersebut mencari produk dengan memasukkan KW, maka produk Anda akan keluar.

  • Jangan lupa untuk memberikan potongan harga sehingga akan semakin banyak pembeli yang tertarik untuk membeli produk yang Anda miliki.
  • Berikan Pelayanan Terbaik

Ketika menjadi penjual, maka pembeli adalah raja. Karena hal tersebut, pastikan jika Anda selalu memberikan pelayanan yang terbaik seperti memberikan jawaban yang cepat jika ada pembeli yang bertanya. Hal ini akan berpengaruh pada rating yang akan diberikan ke Anda.

Semakin bagus rating yang diberikan konsumen, maka nilai Anda akan semakin baik. Sehingga Anda juga akan semakin terpercaya.

Bagaimana Cara Jualan Online

Bagi sebagian orang, tidak tahu bagaimana cara berjualan online karena beragam faktor. Salah satunya adalah karena belum mengenal internet atau masih terlalu nyaman dengan cara konvensional.

Padahal cara online memiliki keuntungan tersendiri seperti memungkinkan Anda untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.

Bagi pemula, point berikut ini bisa Anda coba untuk memulai usaha dengan berjualan online:

  • Pastikan produknya sudah ada atau belum dan jika sudah ada, apakah produk yang Anda tawarkan tersebut cukup banyak jumlahnya atau tidak.
  • Pilih tempat jualannya. Ibarat seperti Anda yang memilih lapak atau tempat jualan, maka Anda harus memilih yang sesuai dengan yang Anda butuhkan. Misalnya dengan marketplace.
  • Memasarkannya misalnya dengan menggunakan instagram ads agar pengguna internet semakin banyak yang tahu usaha Anda.
  • Memberikan pelayanan yang terbaik terutama jika ada yang bertanya-tanya dalam waktu yang lama atau belum menentukan mau membeli produk yang mana.
  • Evaluasi segala cara yang sudah Anda buat sebelumnya agar Anda tahu kelemahan dan kelebihannya sehingga Anda bisa menyusun strategi yang baru.

Cara Jualan Online di Bukalapak

Marketplace seperti Bukalapak menjadi solusi untuk berjualan sehingga agar omset naik maka harus tahu cara jualan online di Bukalapak. Hal mendasar yang harus dimiliki adalah akun sebagai pelapak atau penjual.

Jika Anda sudah mendaftar, maka untuk jualan ada 2 versi caranya yaitu lewat smartphone dan desktop. Caranya yaitu:

Smartphone

  • Tap ikon akun dan tap jual barang.

Cara Jualan Online di Bukalapak

  • Lengkapi data yang dibutuhkan seperti gambar, harga, nama, berat, stok. Setelah itu, tap di bagian lengkapi rincian produk.

Cara Jualan Online di Bukalapak

  • Isi pada bagian data yang belum lengkap.

Cara Jualan Online di Bukalapak

  • Klik jual atau simpan draft apabila Anda ingin menyimpannya terlebih dahulu karena akan diedit kembali.
  • Setelah selesai, Anda siap untuk jualan.

Desktop

  • Masuk ke akun Bukalapak dan klik mulai jualan.

Cara Jualan Online di Bukalapak

  • Isi kolom yang diminta dan pastikan data Anda jelas termasuk gambar dari produk Anda. Setelah itu, klik jual.
  • Jika sudah, maka produk yang Anda jual bisa langsung terpanjang di Bukalapak dan Anda sudah siap untuk memulai berjualan.

Cara Jualan Online di Bukalapak

  • Nantinya, Anda akan bisa melihat konfigurasi lengkapnya seperti tombol Mulai Jualan yang dilengkapi dengan opsi lain seperti daftar barang, label barang, upgrade to premium ataupun lapak saya.

Cara Jualan di Tokopedia

Walaupun cara jualan di Tokopedia hampir sama seperti marketplace yang lainnya, namun Anda perlu tahu cara yang tepat untuk membuka toko agar tidak terjadi masalah nantinya, misalnya ditutup karena melanggar peraturan. Jika Anda berjualan di Tokopedia, ada beberapa hal penting yang harus diketahui caranya yaitu:

  • Membuat akun Tokopedia terlebih dahulu. Jangan lupa untuk melakukan verifikasi terutama di email.
  • Menentukan nama dan link toko Anda agar lebih mudah dicari oleh orang lain dan pastikan nama tersebut belum ada yang menggunakannya.

Cara Jualan di Tokopedia

  • Melengkapi informasi toko seperti mengupload logo.
  • Informasi pengiriman atau alamat toko Anda dan kemudian menandainya di peta.

cara jualan online di Tokopedia

  • Pilih jenis layanan kurir terdekat agar Anda tidak susah saat hendak mengirimkan paket.
  • Setelah itu, toko sudah siap dan Anda bisa mulai untuk berjualan di Tokopedia.

Cara Jualan di Kaskus

Cara jualan di Kaskus agak berbeda dengan cara jualan di marketplace karena bisa diibaratkan menjual produk di forum ini seperti menjual ke konsumen secara langsung atau berhadap-hadapan disebabkan ada sebutan khusus di Kaskus yaitu ‘agan’.

Sama seperti marketplace dimana Anda harus membuka lapak dengan memiliki akun terlebih dahulu di Kaskus. Caranya adalah dengan melakukan sign in lebih dahulu dengan menggunakan password dan username Anda. Kemudian masuk ke bagian Jual-Beli dan klik ‘Buat Lapak’.

Video Cara Daftar dan Bikin Postingan di KasKus

Nantinya, Anda harus menyertakan informasi yang dibutuhkan untuk membuat lapak tersebut sebelum akhirnya Anda melakukan submit untuk membuka lapak yang akan Anda jadikan tempat berjualan.

Setelah itu, lakukan tahapan sesuai dengan instruksi seperti membuat deskripsi produk yang selengkap dan sejelas mungkin. Jika ada yang memesan dan pemesanan tersebut deal maka pengiriman akan dilakukan jika Kaskus sudah memverifikasi pembayaran dari buyer.

Sama seperti marketplace, di Kaskus, Anda juga bisa memilih untuk menggunakan fitur nego atau gratis ongkir. Dengan begitu, buyer juga akan mendapatkan keuntungan seperti hemat untuk biaya ongkir dan Anda sebagai penjual bisa menjual produk yang Anda miliki tersebut.

Ada hal lain yang berbeda dari Kaskus dibandingkan marketplace yaitu bisa menggunakan jasa kirim atau kurir selain yang ditentukan. Akan tetapi hanya bisa dilakukan jika Anda menggunakan transaksi nego dan Anda harus mengisi harga pengiriman barang tergantung dengan kebutuhan Anda.

Itulah cara jualan online yang dapat membantu Anda untuk menjual dagangan Anda agar semakin laris dan keuntungan bertambah. Semoga bermanfaat.

Video ini bisa untuk tambahan pemahaman kamu


Cara Berjualan di OLX

Cara jualan online di OLX sangatlah mudah dan praktis. Anda tak perlu keluar memasarkan produk. Yang harus Anda lakukan adalah mengambil foto produknya, menyusun kalimat yang memikat, tentukan harga yang pas kemudian bisa langsung di posting dengan bantuan internet.

Sudah banyak pengguna yang menggunakan OLX untuk sarana jual beli yang efektif. Berikut akan diulas cara berjualan di OLX melalui website.

  • Buka website resmi olx.co.id atau Anda bisa ketikkan kata kunci OLX pada halaman pencarian.
  • Setelah masuk ke halaman OLX maka Anda bisa masuk ke akun OLX. Namun jika belum memilikinya Anda bisa langsung mendaftarkan diri pada situs tersebut.

Cara Berjualan di OLX

  • Ikuti langkah-langkah pendaftaran dan isi seluruh informasi yang dibutuhkan. Anda akan dikirimkan link melalui email untuk verifikasi akun. Jika akun telah terverifikasi, maka Anda bisa langsung menggunakannya.
  • Masuk ke akun untuk melihat detailnya. Lakukan pengaturan pada nama, foto, dan juga nomor yang dapat dihubungi. Anda bisa memilih dari mana bisa dihubungi, misalnya melalui SMS, Whatsapp atau chat aplikasi.

Cara Berjualan di OLX

  • Sebelum memasang iklan, pastikan Anda sudah menyiapkan foto produk, judul iklan dan detail produk. Pastikan kualitas foto bagus dan bisa dilihat dengan jelas. Akan lebih cepat laku jika Anda menggunakan real foto yang diambil secara langsung.
  • Klik tombol berwarna orange yang bertulisan Pasang Iklan Gratis.

Cara Berjualan di OLX

  • Anda akan diminta untuk mengisi seluruh informasi yang dibutuhkan seperti judul produk, harga, kondisi barang dan deskripsi produk. Pastikan Anda mengisi seluruh informasi dengan lengkap. Pada bagian harga Anda juga bisa menentukan apakah masih bisa di nego atau tidak.

  • Anda juga akan diminta untuk mengisi informasi diri untuk keperluan kontak. Sehingga ketika terdapat pembelian yang berminat bisa langsung menghubungi Anda.
  • Untuk membuat iklan berada di posisi atas, maka Anda bisa memilih biaya tertentu untuk masa berlaku tertentu. Jika Anda memilih layanan iklan premium ini maka produk akan lebih cepat terjual.

  • Pastikan seluruh informasi diisi dengan lengkap dan sesuai. Jika sudah yakin Anda bisa klik tombol simpan untuk memposting iklan.
  • Jika iklan sudah berhasil di posting, maka Anda akan mendapatkan notifikasi pesan. Anda juga bisa melihat posisi iklan yang dimasukkan dengan memasukkan judul iklan yang sebelumnya Anda buat. Gunakan fitur cari untuk menemukannya.

Cara jualan online di Twitter

Twitter merupakan media sosial yang banyak digunakan, terutama untuk kalangan anak muda. Hal ini membuat Anda bisa memanfaatkan sosial media sebagai sarana jual beli. Agar produk Anda bisa cepat terjual, maka akan perlu memperluas jangkauan pasar melalui Twitter.

Cara jualan online di Twitter sangatlah mudah dan praktis. Bagi Anda yang belum pernah menjual produk di Twitter, simaklah langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun Twitter khusus untuk berjualan. Pilihlah username yang berkaitan dengan nama produk agar mudah diingat. Jangan lupa untuk mengganti foto yang lebih menarik. Pada halaman profile, jangan lupa untuk menuliskan contact person agar pelanggan bisa dengan mudah menghubungi Anda nantinya.
  • Untuk langkah pembuatan akun, Anda hanya perlu mengisi informasi secara detail dan mengikuti prosedur yang berlaku.
  • Untuk membangun kepercayaan pada calon pelanggan, tentunya Anda harus memiliki banyak follower. Anda bisa menginvite beberapa orang untuk menambah teman.
  • Untuk melakukan pemasaran, Anda bisa langsung membuat postingan dengan cara update status. Caranya adalah dengan klik tulisan tweet, kemudian ketikkan kalimat yang ingin di posting.
  • Twitter membatasi jumlah karakter maksimal yang bisa di posting, untuk itu pastikan Anda membuat kalimat yang singkat dan jelas. Buatlah kalimat semenarik mungkin agar menarik minat pelanggan.
  • Untuk lebih menarik, Anda bisa menambahkan gambar produk yang ditawarkan. Jika banyak gambar yang ingin di posting, maka Anda bisa melakukannya satu persatu. Tambahkan kalimat yang menarik seperti promosi beli 1 gratis 1 atau berbagai kalimat yang kreatif. Dengan begitu Anda bisa menarik perhatian calon pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan.
  • Selain mempromosikan produk, Anda bisa membagikan berbagai tweet seperti tips, cara dan lain sebagainya. Pilihlah konten yang berkaitan dengan produk. Hal ini dilakukan agar postingan Anda terlihat menarik.
  • Jika Anda memiliki blog, website atau toko online, maka arahkan pembaca untuk kesana agar bisa melihat produk dengan lebih lengkap. Anda juga bisa menginformasikan pembaca untuk menghubungi contact person jika ingin melakukan orderan.

Cara jualan online di blog gratis

Cara jualan online melalui blog gratis memang sedang marak dilakukan. Melalui blog gratis, Anda bisa melakukan berbagai hal seperti promo ataupun internet marketing. Cara ini bisa Anda gunakan untuk menghemat biaya, karena Anda bisa langsung membuat blog secara gratis kemudian memasarkan produk melalui media tersebut. Banyaknya keunggulan pemasaran melalui internet, membuat para pelaku bisnis harus melakukan hal tersebut. Berikut akan diinformasikan cara berjualan melalui blog gratis.

  • Untuk bisa berjualan di blog, tentunya Anda harus memiliki blog khusus yang akan berperan sebagai toko online. Banyak sekali platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat blog gratis seperti Blogger.com, Medium.com, WordPress.com, Webbly.com dan lain sebagainya.
  • Jika sudah memiliki blog, maka Anda hanya perlu memikirkan konten yang akan ditulis. Pastikan Anda sudah menyusunnya dengan baik agar menarik yang informatif. Anda juga harus menyiapkan berbagai video maupun gambar yang bisa mendukung pemasaran.
  • Selain itu Anda juga harus mendesain blog dengan icon, warna dan tulisan agar semakin menarik.
  • Untuk membuat postingan baru Anda bisa masuk ke akun blog, kemudian pilih menu Post yang berada di sebelah kiri. Kemudian pilih Buat Entri Baru atau klik ikon pensil.
  • Kemudian tuliskan postingan Anda. Masukkan gambar terkait produk, detail produk, judul dan lain sebagainya. Pastikan Anda membuat jadwal kapan harus memposting agar blog lebih aktif dan terstruktur.
  • Jika seluruh informasi sudah diisi, klik tombol Publish. Klik Simpan untuk melanjutkannya. Anda bisa melihat tampilannya dengan cara klik Pratinjau. Setelah informasi di posting, Anda masih bisa melakukan berbagai perubahan jika dibutuhkan.

Video Cara Bikin Blog Gratis di Blogger.com


Cara Membuat Blog di WordPress.com


Cara jualan online dengan WhatsApp

Pengguna aplikasi Whatsapp saat ini terus bertambah, bahkan sekarang di Whatsapp terdapat grup yang bisa memudahkan Anda untuk memasarkan dagangan. Hal inilah yang membuat banyak orang memilih cara jualan online dengan Whatsapp. Anda hanya perlu bermodal internet saja dan sudah bisa langsung berjualan. Bagi yang masih bingung, langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini agar lebih memahaminya.

  • Untuk bisa berjualan online melalui aplikasi Whatsapp, maka Anda harus membuat sebuah grup khusus untuk menampung para calon pelanggan. Anda bisa membuat nama grup yang sama dengan nama toko yang Anda miliki.
  • Invite beberapa teman Anda yang mungkin akan tertarik dengan produk yang akan dijual. Aplikasi grup Whatsapp tidak membutuhkan konfirmasi untuk bisa bergabung dalam sebuah grup. Sehingga calon pelanggan akan otomatis berada pada sebuah grup.
  • Anda bisa menginformasikan kepada para calon pengguna tentang alasan membuat grup tersebut.
  • Mulailah menjual produk secara online dengan cara memposting gambar produk beserta dengan detail spesifikasi ke grup. Secara bersamaan anggota grup akan mendapatkan informasi tentang hal tersebut.
  • Grup ini akan menjadi media komunikasi antara pelanggan dan juga pembeli. Sehingga tanya jawab bisa dilakukan pada grup tersebut. Agar Anda bisa memberikan layanan yang terbaik, sebaiknya cepatlah merespon pertanyaan yang muncul.
  • Untuk melakukan pembelian, pelanggan bisa langsung menghubungi pihak admin. Akan diinformasikan nomor rekening.
  • Setelah pelanggan membayar pesanannya, Anda bisa langsung mengirimkan produk ke alamat pembeli dengan menggunakan jasa kurir. Anda akan memberikan nomor resi pada pelanggan agar bisa mengecek pergerakan pengirimannya.
  • Menjual produk melalui Whatsapp memang terbilang cukup mudah dan bisa dilakukan oleh pemula. Anda hanya perlu membiasakan diri dan membangun komunikasi yang baik dengan para calon pelanggan.

Cara jualan pulsa sendiri

Di zaman modern seperti sekarang, pulsa tentu menjadi salah satu kebutuhan pokok banyak orang untuk menjalin komunikasi dan juga bermain internet. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda mencoba cara jualan online pulsa sendiri. Dari bisnis tersebut Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dan juga pengalaman berbisnis. Berikut akan dijabarkan cara jualan pulsa sendiri tanpa ribet.

  • Untuk bisa menjual pulsa sendiri, Anda bisa menggunakan sistem chips semua operator. Dengan menggunakannya Anda bisa melakukan pengisian pulsa untuk jenis provider apapun.
  • Untuk bisa mendapatkan chips semua operator, Anda bisa mengunjungi agen ataupun counter yang menjualnya. Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan informasinya, bisa mencarinya di internet. Banyak sekali penjual di internet yang menyediakan chips semua operator.
  • Untuk membeli chips ini Anda perlu membayar sejumlah biaya sesuai dengan harganya dan melampirkan identitas diri.
  • Ketika sudah memiliki chips semua operator, Anda bisa memasukkannya ke sebuah device yang nantinya akan digunakan untuk mengisi pulsa.
  • Akan terdapat beberapa panduan yang harus Anda pelajari untuk bisa melakukan transaksi. Chips semua operator ini bisa melayani setiap provider. Namun yang harus diperhatikan adalah nomor server. Setiap provider akan nomor server yang berbeda.
  • Pada panduan akan diberitahukan perintah untuk mengisi pulsa dan harus dikirim ke server mana. Terdapat juga beberapa server pada setiap provider.
  • Untuk melakukan transaksi, Anda bisa mengirimkan sms ke salah satu server provider dengan menggunakan kode perintah sesuai. Jika berhasil atau gagal, nantinya Anda akan mendapatkan notifikasi melalui sms.

Cara jualan pulsa M Kios

M Kios merupakan agen besar yang menghimpun seluruh transaksi penjualan pulsa. Anda bisa bergabung menjadi agennya untuk menerapkan cara jualan online melalui M Kios. Anda akan mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut. Agar bisnis berjalan, Anda harus mempromosikan bisnis dengan baik. Semakin banyak pelanggan yang didapatkan maka akan semakin banyak juga penghasilan yang bisa diraih. Simak berikut ini cara berjualan pulsa melalui M Kios.

  • M Kios merupakan layanan jualan pulsa yang dihadirkan oleh provider Telkomsel. Untuk bisa bergabung menjadi agen M Kios, Anda bisa langsung mengunjungi gerai Telkomsel terdekat dari lokasi tempat tinggal Anda.
  • Sesampai disana Anda bisa mengatakan maksud kedatangan pada petugas.
  • Anda akan diminta untuk mengisi beberapa informasi terkait data diri. Ikuti seluruh prosedur yang ditentukan oleh pihak Telkomsel. Jika semua prosedur sudah dilakukan dengan baik maka Anda bisa langsung terdaftar sebagai agen di M Kios.
  • Jika sudah terdaftar, Anda bisa langsung menjual pulsa. Anda bisa memasarkan pulsa mulai dari orang terdekat terlebih dahulu barulah lama kelamaan ke masyarakat umum.
  • Untuk mengisi pulsa Anda perlu memahami perintahnya dengan baik. Anda akan mengirimkan perintah ke server dengan menggunakan kode yang sesuai. Layanan ini disebut dengan USSD.
  • Nantinya pulsa akan langsung dikirimkan ke nomor penerima. Sedangkan Anda hanya akan mendapatkan sms pemberitahuan apakah transaksi berhasil atau tidak.
  • Saat menjual pulsa, Anda harus cermat dalam hal menentukan harga agar mampu bersaing dengan yang lainnya. Jika Anda bisa memberikan harga yang ideal, maka akan banyak pelanggan yang memilih layanan yang Anda berikan.

Cara jualan pulsa di Bukalapak

Bukalapak merupakan marketplace terbesar yang menjual berbagai produk yang dibutuhkan oleh para pengguna. Selain itu, Bukalapak juga membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin bergabung sebagai agen pulsa di dalamnya. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga lumayan besar. Semakin banyak Anda menjual produk Bukalapak, maka fee yang didapatkan juga akan lebih banyak. Berikut cara jualan online pulsa di Bukalapak.

  • Berjualan pulsa di Bukalapak sangat mudah, Anda hanya perlu mendaftarkan diri sebagai mitra Bukalapak. Anda bisa melakukan semua transaksi melalui smartphone. Sebagai langkah awal, Anda perlu install aplikasi Mitra Bukalapak terlebih dahulu.
  • Klik daftar untuk membuat akun.
  • Isi data diri dengan lengkap kemudian klik daftar. Jika berhasil maka Anda akan mendapatkan notifikasi dan bisa langsung bertransaksi.
  • Untuk bisa mengisi pulsa, Anda harus mengisi saldo terlebih dahulu. Nantinya harga pulsa yang dibeli akan dipotong langsung melalui saldo yang dimiliki. Anda bisa klik tombol Tambah untuk mengisi saldo.
  • Pilih metode pembayaran yang diinginkan dan nominal yang akan diisi.
  • Ikuti instruksinya dan lakukanlah pembayaran. Jika sudah terkonfirmasi, maka saldo Anda akan langsung bertambah.
  • Untuk mengisi pulsa pelanggan, Anda bisa membuka aplikasi Mitra Bukalapak.
  • Kemudian pilih menu pulsa.
  • Masukkan nomor ponsel pelanggan dan jumlah nominal yang ingin diisi.
  • Periksa kembali apakah nomor dan nominal sudah sesuai atau belum.
  • Untuk melanjutkan Anda bisa klik tombol Bayar. Jika transaksi berhasil maka akan terdapat pemberitahuan terkait hal tersebut.

Cara jualan diamond Mobile Legend

Mobile Legend adalah game yang sedang populer di berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa suka dengan permainan ini. Saat memainkannya, pemain membutuhkan diamond untuk membeli item yang terdapat pada game. Item ini akan memberikan pemain efek kekuatan yang diinginkan. Untuk itu menjual diamond game ini sangat menjanjikan dan bisa memberikan banyak keuntungan. Berikut cara jualan online diamond Mobile Legend.

  • Untuk bisa membeli diamond Mobile Legend Anda harus bekerja sama dengan penyedia yang menjualnya. Salah satu partner yang sudah terpercaya adalah Bebas Bayar. Anda perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk bisa melakukan transaksi.
  • Kunjungi website resmi Bebas Bayar. Ketikkan keyword Bebas Bayar maka akan langsung muncul teratas.
  • Klik Daftar Gratis untuk bergabung menjadi anggota. Isi formulir yang ditampilkan secara lengkap. Kemudian klik Daftar untuk melanjutkan.
  • Lakukan verifikasi yang dikirimkan ke email dan juga nomor ponsel Anda.
  • Ketika akun telah terverifikasi maka Anda diharuskan mengisi saldo terlebih dahulu untuk bisa bertransaksi. Minimal saldo yang harus diisi adalah 50 rb. Anda bisa mengisi saldo melalui Alfamart dengan cara memasukkan nomor ponsel yang terdaftar.
  • Untuk membeli diamond, Anda bisa masuk ke dashboard kemudian pilih voucher game. Kemudian pilih diamond Mobile Legend. Anda akan diminta untuk memasukkan id Mobile Legend beserta dengan servernya.
  • Anda bisa langsung memasukkan id pengguna yang dituju.
  • Pilih jumlah diamond yang akan dibeli. Klik beli untuk mengkonfirmasi. Secara otomatis diamond akan bertambah ke akun pelanggan.

Cara jualan pulsa di Shopee

Saat ini banyak sekali marketplace yang bisa Anda manfaatkan sebagai media bisnis online yang menguntungkan, salah satunya adalah Shopee. Melalui marketplace ini Anda bisa menjual berbagai produk yang diinginkan seperti baju, hp, tas, pulsa dan lain sebagainya. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut. Di bawah ini akan dijelaskan cara jualan online pulsa di Shopee yang sangat mudah.

  • Shopee tidak memiliki sistem agen atau reseller untuk pulsa. Sehingga Anda bisa melakukan pembelian pulsa seperti biasa.
  • Buka aplikasi Shopee, kemudian login dengan akun yang Anda miliki. Jika belum memiliki Anda bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu.
  • Kemudian masuk halaman utama dan pilihlah pulsa. Masukkan nomor ponsel yang ingin diisi pulsanya. Anda bisa memasukkan nomor siapapun. Kemudian isikan nominalnya.
  • Klik Bayar. Pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  • Lakukan pembayaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jika pembayaran telah berhasil, maka sistem akan otomatis mengirimkan pulsa ke pelanggan.
  • Meskipun tidak ada sistem reseller atau agen, namun Anda bisa memanfaatkan harga yang diberikan oleh Shopee. Misalnya untuk pulsa 50 ribu mungkin Anda harus membayar 48 ribu, namun Anda bisa menjualnya dengan harga 51 ribu. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan keuntungan.
  • Anda bisa memilih metode pembayaran melalui mobile banking saja sehingga tidak dikenakan biaya lagi.
  • Pelanggan biasanya akan membayar cash ke Anda. Namun Anda harus standby mobile banking untuk bisa melakukan pembayaran dengan cepat. Belum lagi bisa saja Shopee sedang mengadakan diskon ataupun cashback. Semakin sering melakukan transaksi, maka Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Cara jualan di Jd.id

JD.id menyediakan sarana bagi Anda yang ingin membuka toko online. Anda bisa bergabung bersama JD.id dengan mudah dan tentunya gratis. Anda hanya perlu mengikuti cara jualan online di JD.id di bawah ini untuk bisa mulai membuka bisnis. Seluruh sistem jual beli akan diatur oleh JD.id sehingga akan aman dan terstuktur. Hal ini memberikan kenyamanan untuk para pelaku bisnis dan juga pengguna. Untuk lebih jelasnya, simaklah uraian berikut.

  • Jika Anda ingin berjualan di Jd.id, maka sebelumnya Anda harus terdaftar dahulu sebagai seller. Kunjungi website resminya untuk bisa mendaftarkan diri. Anda juga bisa mengetikkan di halaman pencarian seller jd id.
  • Akan muncul halaman khusus seller. Anda bisa langsung mengisi data yang diminta kemudian klik Daftar.
  • Akan muncul halaman pendaftaran yang lebih detail. Anda bisa mengisi semua data dengan lengkap.
  • Anda perlu menentukan sendiri kategori toko yang diinginkan.
  • Siapkan dokumen seperti KTP dan NPWP dalam bentuk file atau gambar. Sebaiknya Anda scan kedua dokumen tersebut karena nantinya akan diupload dan hasilnya harus jelas.
  • Jika Anda sudah mengupload dokumen dan mengisi seluruh informasi yang dibutuhkan klik tombol Daftar untuk melanjutkan.
  • Anda akan mendapatkan notifikasi jika sudah terdaftar sebagai penjual resmi. Anda bisa langsung menjual produk jika sudah terdaftar sebagai seller resmi.
  • Sebelum Anda mendaftar pastikan bahwa Anda adalah distributor utama dan produsen barang tersebut bukan berperan sebagai orang yang menjual produk orang lain. JD.id tidak bekerja sama dengan perorangan karena untuk menjamin kualitas dan keaslian sebuah produk. Hal ini merupakan layanan yang diberikan oleh JD.id untuk seluruh penggunanya.

Video Cara Buka toko di JD.id


Cara Upload Produk di JD.id


Cara jualan di Blibli

Blibli terkenal sebagai marketplace yang menjual produk original dan berkualitas. Hal tersebut terjadi karena Blibli bekerja sama dengan para penjual berkualitas. Jika Anda ingin membangun kerjasama dengan Blibli Anda hanya perlu mendaftar secara online. Jika telah terdaftar, Anda bisa langsung menjual produk apapun yang diinginkan Berikut cara jualan online di Blibli yang menguntungkan.

  • Untuk mulai berjualan di Blibli, maka Anda harus membangun kerjasama dan tergabung sebagai merchant. Anda bisa menghubungi customer service Blibli untuk mendaftar. Sebelum bergabung sebaiknya Anda ketahui segala syarat dan ketentuannya terlebih dahulu.
  • Anda akan mendapatkan sebuah formulir pendaftaran. Isi seluruh data yang diperlukan dengan benar.
  • Formulir akan diberikan melalui email. Anda harus membalas email tersebut dengan melampirkan formulir pendaftaran yang sudah diisi, KTP, NPWP, produk yang akan dijual dan toko yang dimiliki.
  • Setelah Blibli mengkonfirmasi pendaftaran, Anda akan mendapatkan email balasan yang berisikan password dan username akun.
  • Anda perlu membayar biaya sebesar Rp 500 ribu untuk mendaftar sebagai merchant. Dana ini bisa ditarik ketika Anda sudah tidak lagi berjualan di Blibli.
  • Jika telah membayar maka dalam 2 hari akun Anda akan langsung aktif.
  • Anda bisa langsung mulai berjualan dengan memposting produk beserta dengan detail lengkapnya di panel khusus merchan di https://merchant.blibli.com.

cara jualan di blibli indonesia

  • Seluruh transaksi yang dilakukan oleh pembeli nantinya bisa dicairkan ke rekening Anda.