Pengertian Ide Pokok Bacaan, Ciri-ciri, dan Cara Menentukannya

Saat membaca cerita, Anda tentu sudah tidak asing dengan ide pokok. Lantas, apa sebenarnya pengertian ide pokok bacaan tersebut? Agar mengetahuinya lebih lanjur, maka pastikan mencari tahu dahulu apa pengertiannya. Terlebih, pengertian tersebut sering muncul pada ujian sekolah.

Pengertian Ide Pokok Bacaan

Perlu Anda ketahui, bahwa ide pokok atau gagasan pokok merupakan garis besar pembahasan sebuah bacaan atau paragraf. Keberadaannya sendiri sangat membantu pembaca dalam memahami pokok pikiran dari penulis. Tidak hanya itu saja, ide pokok juga akan membantu penulis dalam mengembangkan alur tulisan.

Tepatnya lewat adanya kalimat penjelas di dalam paragraf. Oleh sebab itu, keberadaan ide pokok tersebut menjadi salah satu unsur paling penting dalam sebuah paragraf. Tidak heran jika sangat penting pula bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menemukannya.

Umumnya, dalam sebuah paragraf hanya akan terdapat satu ide pokok saja. Hal ini biasanya terletak di bagian kalimat utama. Agar tidak sulit dalam menemukannya, maka pastikan Anda memahami dahulu seperti apa ciri-ciri dari ide pokok bacaan tersebut

Ciri-ciri Ide Pokok Bacaan

Sebelum menentukan ide pokok pada sebuah bacaan, maka sangat penting bagi Anda mengetahui dahulu apa saja ciri-cirinya. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam mencari tahu apa saja ide pokok bacaan tersebut. Ide pokok sendiri biasanya mengandung pokok atau inti dari permasalahan.

Untuk inti dari permasalahan ini sendiri nantinya akan disebutkan secara eksplisit pada pembaca di dalam kalimat umum maupun kalimat utama. Bagi Anda yang sudah tidak asing dengan ide pokok, maka tentu sangat mudah untuk menemukannya di dalam paragraf bacaan.

Tidak hanya itu, masih ada ciri-ciri ide pokok bahasan lainnya yakni mempunyai pernyataan pendukung atau penjelas. Umumnya, pernyataan pendukung ini akan disebutkan di dalam kalimat khusus. Agar lebih mudah menemukannya, maka ketahui juga bagaimana cara menentukan ide pokok tersebut.

Cara Menentukan Ide Pokok dalam Bacaan

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan apabila ingin menentukan ide pokok dalam sebuah bacaan. Tentu saja akan menemukannya dengan cepat dan tepat. Oleh sebab itu, pahami dahulu cara tersebut agar nantinya tidak salah dalam menentukannya. Di bawah ini beberapa caranya:

  • Baca Paragraf Dahulu

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membaca paragraf atau bacaan secara teliti. Terlebih apabila ingin mengerjakan soal, pastikan untuk membaca pertanyaannya terlebih dahulu agar tidak salah langkah. Hal ini dilakukan agar mengetahui bagian mana dari pertanyaan tersebut.

Jika sudah, maka baca seluruh teksnya pada setiap paragraf dengan teliti. Hal ini agar nantinya lebih memudahkan Anda dalam menemukan manakah yang termasuk kalimat utama dan kalimat penjelas.

  • Tentukan Kalimat Utama

Selanjutnya, Anda perlu menentukan kalimat utamanya. Yakni sebuah kalimat yang akan menggambarkan keseluruhan isi dari paragraf. Tidak hanya itu, kalimat utama juga berupa pernyataan secara umum tetapi rinci daripada kalimat lainnya. Kalimat tersebut juga tidak mengandung kata acuan tertentu.

Umumnya, kalimat utama ini akan mengandung kata kunci seperti sebagai kesimpulannya, adalah, yang terpenting, jadi, pada prinsipnya, intinya, dengan demikian, dan masih banyak lagi. Kalimat ini sendiri dapat terletak baik di awal maupun akhir paragraf.

  • Tandai Informasi Kalimat Utama

Setelah itu, Anda bisa langsung menandai informasi penting yang ada di kalimat utama tersebut berdasarkan dengan jenis paragrafnya. Jika sudah, maka pastikan untuk menemukan kata kuncinya. Umumnya, kalimat utama disini akan mengandung banyak informasi penting.

Tentu sangat mudah bagi Anda untuk menemukan ide pokok dalam sebuah kalimat. Kalimat utama inilah yang termasuk sebagai ide pokok bacaan. Setelah mengetahui pengertian ide pokok bacaan, maka pastikan menerapkan cara menemukannya seperti pada langkah-langkah di atas.

Leave a Comment