Pemasaran Digital: Konsep dan Penjelasan Para Ahli

Pemasaran Digital – Teknologi menjadi salah satu elemen penting dalam kehidupan masyarakat. Tak dapat dipungkiri, keberadaan teknologi memang sangat membantu dalam banyak sektor. Salah satunya adalah pemasaran, di mana saat ini kita mengenal adanya digital marketing.

Melalui digital marketing inilah, seorang pemilik bisnis bisa mengenalkan dan memasarkan produk dengan lebih cepat. Perbedaan waktu, lokasi, bahasa, dan bahkan negara tak lagi menjadi rintangan besar. Semuanya bisa terlewati dengan koneksi internet.

Pengertian Pemasaran Digital Menurut Para Ahli

Secara umum, digital marketing adalah kegiatan pemasaran dan promosi produk atau brand dengan menggunakan media internet. Lalu bagaimana dengan penjelasan para ahli?

  • Coviello, Miley, dan Marcolin

Jika Anda mencari pengertian yang spesifik tentang digital marketing, maka pendapat milik Coviello, Miley, dan Marcolin bisa jadi pilihan.

Digital marketing merupakan penggunaan internet dan teknologi interaktif lain untuk menciptakan dan menghubungkan komunikasi antara perusahaan dan konsumen spesifik.

  • American Marketing Association

Sependapat dengan Coviello, Miley, dan Marcolin, Asosiasi Marketing Amerika mendefinisikan digital marketing sebagai aktivitas, institusi, dan juga proses yang difasilitasi oleh teknologi digital untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai lebih pada konsumen dan pemangku kepentingan lain.

  • Urban

Pendapat dari Urban ini banyak digunakan oleh kalangan akademis. Pemasaran digital merupakan kegiatan menggunakan internet dan teknologi, guna memperluas serta meningkatkan fungsi pemasaran tradisional.

Melalui pengertian ini terlihat jelas bahwa digital marketing adalah upgrade dari pemasaran konvensional.

  • Chaffey

Beberapa dari Anda mungkin membutuhkan pengertian yang lebih sederhana dari digital marketing. Pendapat dari Chaffey bisa jadi solusi, yaitu digital marketing merupakan kegiatan untuk mencapai tujuan pemasaran dengan bantuan teknologi digital.

  • Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan

Ridwan dan Josua berpendapat bahwa digital marketing adalah kegiatan pemasaran – termasuk branding – yang menggunakan berbagai media berbasis web misalnya blog, website, e-mail, AdWords, maupun media sosial.

Pengertian ini terdengar lebih modern dan spesifik menyebut beberapa media yang saat ini memang lumrah digunakan untuk mendukung kegiatan pemasaran.

Dari lima pengertian di atas, bisa kita lihat bahwa kunci dari pemasaran digital adalah penggunaan teknologi di dalamnya.

Konsep Pemasaran Digital

Untuk bisa mendapatkan hasil optimal dalam digital marketing, Anda harus mampu memilih konsep yang tepat. Penerapan konsep ini nanti bisa Anda pertimbangkan dari segi biaya yang dialokasikan, jenis produk yang ingin dikenalkan, hingga target pasar yang ingin Anda raih.

Berikut adalah beberapa konsep digital marketing yang perlu Anda ketahui:

  • Konten Marketing

Pembuatan konten dalam digital marketing adalah hal pertama yang harus Anda fokuskan. Konten yang dibuat tidak boleh asal. Semuanya harus dipertimbangkan dan dikombinasikan dengan baik, agar konten tersebut benar-benar mewakili produk yang akan dipasarkan.

Visualisasi pada konten marketing juga penting karena bisa membantu menarik perhatian dan meningkatkan engagement.

  • Media Social Marketing

Media sosial memegang peranan penting dalam digital marketing. Kaitannya sangat erat dengan konsep pertama tadi. Pertama, Anda bisa mengkombinasikan konten marketing dengan media social marketing. Caranya, sebar luaskan konten yang sudah Anda buat melalui media sosial. Audiensnya lebih jelas dan terukur.

Kedua, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan calon pelanggan. Ketiga, Anda bisa menjaga hubungan dengan pelanggan lama dan terus mendorong mereka untuk menggunakan produk Anda melalui interaksi ini.

  • SEO

Percayakah Anda, bahwa 98% orang yang melakukan pencarian di mesin pencari lebih memilih bisnis  yang ada di halaman pertama?

Jadi, misalkan seseorang ingin membeli buket bunga. Mereka mengetikkan kata kunci “beli buket bunga” dan mayoritas hanya akan memindai bisnis yang ada di halaman pertama.

Agar konten Anda bisa ada di halaman pertama ini, maka SEO diperlukan. Semakin tinggi rangking Anda di halaman mesin pencari, maka semakin tinggi pula traffic, konversi dan lead penjualan ke depannya.

  • Pay Per Click

Konsep yang satu ini sudah pasti membutuhkan biaya. Tapi biaya yang harus Anda keluarkan sepadan dengan apa yang Anda dapat. Simulasinya adalah, Anda memasang iklan di baliho atau media cetak. Tidak ada yang bisa tahu, biaya iklan tadi akan tertutup oleh penjualan yang berasal dari iklan tadi atau tidak.

Ini berbeda dengan PPC yang intinya adalah Anda beriklan, namun biaya iklannya sesuai dengan jumlah klik yang didapat. Jadi, konversinya lebih jelas dan masuk akal.

  • Email Marketing

Konsep terakhir ini memang sedikit konvensional, tetapi cukup jitu. Apalagi jika Anda mampu membuat konten email yang menarik dan tepat sasaran. Menurut riset dari McKinsey, email marketing itu 40x lebih efektif dibandingkan dengan media pemasaran lain lho. Tidak percaya? Coba saja.

Selain memahami pengertian digital marketing dan konsepnya, Anda juga harus belajar untuk menganalisa dan mengevaluasi. Ini penting, agar Anda tahu di sektor mana yang harus diperbaiki, ditingkatkan ataupun dihilangkan. Selamat mencoba!

Leave a Comment