11 Nama-nama Gunung di Pulau Kalimantan & Ketinggiannya

Kalimantan merupakan salah satu pulau di Indonesia yang masih memiliki banyak hutan dan gunung. Ada banyak nama-nama gunung di Pulau Kalimantan yang masih jarang didengar oleh banyak orang tetapi memiliki keindahan yang tidak kalah dengan gunung lainnya.

Keindahan Pulau Kalimantan memang tidak usah diragukan lagi. Apalagi masih ada banyak hutan yang terjaga kelestariannya hingga saat ini. Tidak hanya itu, bahkan sungai besar serta gunung disana juga memiliki banyak cerita dan hal menariknya sendiri.

Bahkan ada beberapa gunung di Pulau Kalimantan yang masih aktif dan membutuhkan pengawasan secara rutin agar bisa mengantisipasi jika terjadi letusan sewaktu-waktu. Di artikel kali ini akan membahas mengenai nama gunung yang berada di Pulau Kalimantan sebagai pengetahuan.

Nama-nama Gunung di Pulau Kalimantan Berdasarkan Peta

Kalimantan menjadi salah satu pulau di Indonesia yang memiliki keanekaragaman hayati di dunia. Hal ini tidak lepas dari adanya banyak gunung yang ada disana. Bahkan ada banyak gunung yang memiliki pemandangan indah dan tinggi.

Meskipun tidak terlalu populer seperti gunung-gunung yang berada di Jawa tetapi gunung di Kalimantan juga perlu diketahui sebagai pengetahuan orang Indonesia. Berikut ini adalah beberapa nama gunung yang ada di Pulau Kalimantan:

1. Gunung Asing

Gunung Asing

Gunung pertama yang berada di Pulau Kalimantan adalah Gunung Asing. Dengan tinggi sekitar 1.703 mdpl, Gunung Asing berada di perbatasan antara Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah dengan Kabupaten Melawi Kalimantan Barat.

Puncak dari Gunung Asing bernama Pegunungan Schwaner dan menjadi bagian dari Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. Selain itu, gunung ini juga memiliki pemandangan yang indah dengan sungai hulu yang mengalir dengan jernih.

Baca Juga:  Apakah yang Dimaksud Dengan Cerita Fiksi? Ini Jawabannya!

2. Gunung Batubrok

Gunung Batubrok

Salah satu nama-nama gunung di Pulau Kalimantan adalah Gunung Batubrok. Gunung satu ini berada di Kecamatan Long Pahangai, Kutai Barat Kalimantan Timur. Jika dari kota Long Pahangai harus menempuh perjalanan sekitar 50km ke arah Barat Laut untuk menuju ke gunung ini.

Gunung Batubrok juga memiliki ketinggian sekitar 1.545 mdpl. Tingginya lebih rendah dibandingkan dengan Gunung Asing tetapi masih memiliki pemandangan yang menakjubkan.

3. Gunung Bawang

Gunung Bawang

Memiliki nama yang unik, Gunung Bawang terletak di Kalimantan Barat. Gunung ini memiliki bentuk serupa dengan pegunungan karena memanjang sekitar 18km dan mencakup dalam 4 daerah kecamatan di kabupaten Bengkayang.

Ada empat puncak runcing yang dimiliki oleh Gunung Bawang dengan ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Puncak yang paling tinggi dari gunung ini mencapai 1.490 mdpl. Menariknya lagi, Gunung Bawang menjadi salah satu gunung keramat bagi Suku Dayak.

Penamaan Bawang sendiri diambil karena gunung tersebut memiliki bentuk seperti bawang dengan tujuh lapis. Gunung ini memiliki banyak cerita yang berkaitan dengan Suku Dayak dan dikeramatkan karena dianggap sebagai asal mula dari Suku Dayak Bengkayan.

4. Gunung Bukit Raya

Gunung Bukit Raya

Nama-nama gunung di Pulau Kalimantan di atas merupakan nama gunung yang dianggap memiliki  ketinggian sedang. Karena ada satu gunung di Kalimantan yang memiliki ketinggian hingga mencapai 2.278 mdpl dan menjadi gunung paling tinggi disana.

Gunung tersebut adalah Gunung Bukit Raya yang berada di Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah. Kawasan yang berada di sekitar Bukit Raya tersebut juga menjadi cagar alam dan masuk dalam wilayah Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya.

Baca Juga:  50+ Judul Ceramah yang Menarik untuk Remaja Berbagai Tema

5. Gunung Cemaru

Gunung Cemaru

Gunung Cemaru menjadi salah satu gunung yang menarik di Kalimantan. Bentuknya yang tidak biasa dengan puncak datar membuatnya jadi berbeda dibanding gunung-gunung lainnya. Gunung ini berada di Kecamatan Long Apari Kabupaten Mahakam Ulu Kalimantan Timur.

Lokasi tersebut membuat Gunung Cemaru berada dalam perbatasan antara Kalimantan Timur dengan Kapuas Raya Malaysia. Ketinggian dari gunung ini mencapai 1.681 mdpl dan terdapat hulu sungai dari Sungai Mahakam.

6. Gunung Halau-Halau

Gunung Halau-Halau

Yang menjadi salah satu nama-nama gunung di Pulau Kalimantan adalah Gunung Halau-Halau. Gunung ini berada diantara perbatasan tiga kabupaten yang ada di wilayah Kalimantan Selatan. Ketiga kabupaten tersebut antara lain, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Sungai Selatan dan Kabupaten Tanah Bambu.

Tidak hanya memiliki ukuran yang besar, tinggi dari Gunung Halau-Halau juga mencapai sekitar 1.901 mdpl.

7. Gunung Harung

Gunung Harung

Salah satu gunung yang ada di Pulau Kalimantan ini berada dalam kawasan Taman Nasional Kayan Mentarang yang letaknya di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Memiliki ketinggian hingga mencapai 2.160 mdpl, gunung ini cukup tinggi jika ingin didaki.

Namun pendakian yang melelahkan tersebut nantinya akan terbayar dengan adanya tanaman-tanaman indah yang bisa dilihat secara langsung. Akan tetapi, untuk menjaga kelestarian alam jangan sampai memetik tanaman tersebut secara ilegal atau bahkan merusaknya.

8. Gunung Kaba

Gunung Kaba

Gunung Kaba menjadi salah satu gunung berapi yang masih aktif di Pulau Kalimantan. Berada di daerah Rajang Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, gunung ini memiliki jarak sekitar 15 km dari Kota Curup.

Dahulunya lokasi sekitar Gunung Kaba menjadi cagar alam perlindungan bunga Rafflesia. Akan tetapi, karena kondisi daerah tersebut yang mulai tidak bisa diandalkan akhirnya lokasi tersebut berubah fungsi menjadi taman wisata alam dari berbagai tanaman yang dilindungi.

Baca Juga:  Contoh Kata-Kata Promosi Baju, Jenis, dan Cara Membuatnya¬†

Memiliki ketinggian sekitar 1.938 mdpl, Anda akan mendapatkan pemandangan yang indah saat mencoba untuk mendakinya. Bahkan di puncaknya terdapat dua kawah yang memiliki warna hijau dan putih kecoklatan yang cantik.

9. Gunung Lawit

Gunung Lawit

Lalu ada pula Gunung Lawit yang letaknya di Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat. Letak dari gunung ini berada di perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Selain itu, Gunung Lawit juga puncak tertinggi dari Pegunungan Kapuas Hulu.

Meskipun terletak dalam perbatasan tetapi secara administrasi tercatat bahwa Gunung Lawit ini terletak di perbatasan Kecamatan Embalih Hulu dan Kecamatan Putussibau Utara. Menariknya lagi Gunung Lawit ini juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Betung Kerihun.

10. Gunung Liangpran

Gunung Liangpran

Yang termasuk dalam nama-nama gunung di Pulau Kalimantan adalah Gunung Liangpran. Gunung satu ini berada di Kecamatan Long Pahangai Kabupaten Kutai Barat Kalimantan Timur. Dengan tinggi yang dimiliki sekitar 2.240 mdpl membuat gunung satu ini menjadi salah satu yang tertinggi di Pulau Kalimantan.

11. Gunung Niut

Gunung Niut

Gunung Niut menjadi salah satu gunung di Pulau Kalimantan yang masuk sebagai cagar alam dan terletak dalam kawasan tiga kabupaten. Dengan ketinggian mencapai 1.701 mdpl membuat gunung ini masuk dalam salah satu gunung tertinggi di Kalimantan Barat.

Menariknya lagi adalah Gunung Niut termasuk dalam gunung vulkanik purba yang sudah tidak aktif lagi. Karena itu ada banyak hasil alam yang bisa didapatkan di gunung ini sehingga harus tetap dijaga kelestariannya agar nantinya tidak merusak lingkungan atau hutan yang ada.

Dari nama-nama gunung di Pulau Kalimantan di atas manakah yang menurut Anda paling menarik untuk didaki? Semoga saja Anda memiliki kesempatan untuk mendaki salah satu gunung di atas dan berhasil mencapai puncak.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment