Laptop gaming murah Acer Nitro V 15 ANV15-51

Review laptop gaming murah Acer Nitro V 15 ANV15-51. Laptop yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang punya budget terbatas tetapi ingin dapat high performance.

Acer Nitro V 15 merupakan laptop gaming kelas mainstream terbaru dari Acer harga kisaran 14 jutaan rupiah saja.

Laptop seharga 14 jutaan rupiah ini sudah pakai RTX 4050 yang punya fitur penting seperti DLSS3 serta ray tracing.

Begitu juga prosesor octa core dari intel i5 generasi 13 raptor lake yang siap membuat laptop ini menjadi super kencang.

Berikut ini review lengkap laptop gaming murah Acer Nitro V 15 ANV15-51 beserta kelebihan dan kekurangan yang ada.

Review laptop gaming murah Acer Nitro V 15 ANV15-51

Desain Laptop

Acer Nitro V 15 ANV15-51 menggunakan desain klasik atau laptop clamshell dengan engsel yang kuat. Material yang digunakan bodi laptop Acer Nitro V yaitu polikarbonat sesuai dengan harganya.

Bagian desain menarik dapat langsung terlihat pada bagian punggung laptop yang pastinya akan terlihat sangat keren ketika dilihat oleh orang yang melihatnya.

Terlihat berbeda dari generasi Acer Nitro sebelumnya yang menjadikan laptop Nitro V 15 ANV15-51 sangat unik dan terbilang baru.

Sebagai laptop gaming harga terjangkau, Acer Nitro V 15 ANV15-51 memiliki bobot yang masih terbilang ringan yaitu 2KG saja.

Ukuran laptop gaming ini memiliki dimensi panjang 36 cm x lebar 24 cm x tebal 3 cm yang menjadikannya lebih mudah untuk dibawa bepergian.

Kualitas Layar

Ukuran layar 15,6 inch menggunakan resolusi FullHD 1920 x 1080 pixels dengan aspect ratio 20:9. Sebagai laptop gaming, Acer Nitro V 15 ini sudah mendukung layar dengan refresh rate hingga 144 Hz.

Perpaduan refresh rate layar yang tinggi dengan GPU RTX 4050 dapat menghasilkan visual yang tajam dan detail.

Model layar laptop ini sudah memiliki ukuran bezel yang tipis, terutama untuk sisi kiri dan sisi kanan layar. Namun untuk ukuran bezel bagian atas dan bagian bawah agak sedikit tebal.

Meskipun demikian tampilan layar laptop gaming ini secara keseluruhan tetap sangat menarik dan dapat memanjakan mata para penggunanya.

Sebagai laptop gaming, Acer juga sudah memberikan perhatian ekstra pada layarnya agar tidak silau ketika digunakan ruangan terang.

Tipe layar sudah non glare jadi pengguna tidak akan melihat bayangan yang mengganggu atau pantulan cahaya dari belakang saat menggunakan Acer Nitro V 15.

Spesifikasi

Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa laptop Acer Nitro V 15 ANV15-51 sudah menggunakan spesifikasi yang high performance.

Prosesor menggunakan Intel Core i5 13420H Raptor Lake generasi ke-13 dan sudah menggunakan fabrikasi intel 7.

Base power yang digunakan laptop ini 45 watt, yang memiliki 8 core 12 thread. 8 Core tersebut terdiri dari 4 performance core dan 4 efficient core.

Intel Core i5 13420H juga sudah memiliki smart cache yang besar yaitu 12 MB. Dari sisi GPU, laptop Acer Nitro V 15 memiliki integrated graphics dan discrete GPU.

Untuk integrated graphics laptop ini menggunakan Intel UHD 48 EU. Integrated GPU ini juga sudah dibekali fitur QSV dan AV1 yang merupakan teknologi dari Intel terbaru generasi ke-13.

Untuk discrete GPU laptop ini menggunakan Nvidia RTX 4050 dengan vram 6GB GDDR6. Adapun sebagai GPU laptop maka memiliki power limit yang pada Acer Nitro V 15 mempunyai limit maximum 75 watt.

Kapasitas RAM bawaan 8GB DDR5 5200 MHz single channel, dan masih ada satu lagi slot kosong sodimm yang bisa ditambah menjadi dual channel.

Adapun total kapasitas RAM yang bisa diupgrade laptop Acer ini mencapai 32GB dual channel dengan masing-masing kepingnya ada di 16GB + 16GB.

Dari sisi storage internal sudah pakai SSD 512 GB yang tipe form factor M.2 nvme PCIe gen 4 x4. Menariknya lagi masih tersedia satu slot SSD M.2 kedua yang bisa kamu pasang jika diperlukan.

Sistem operasi bawaan sudah pakai Windows 11 versi terbaru yang sudah sepaket pada pembelian laptop baru ini.

Konektivitas

Untuk dukungan konektivitas wireless pada laptop gaming ini sudah memiliki Wi-Fi 6 dan Bluetooth v5.2 yang pastinya bisa serba guna menyesuaikan kebutuhan.

Begitu juga dengan koneksi port yang ada bermacam-macam seperti 1x DC-IN, 1x HDMI, 2x USB 3.2 Gen 1, dan ada juga 1x Thunderbolt 4.

Pada bagian sisi samping satunya lagi terdapat juga port seperti 1x audio combo jack 3,5 mm, 1x USB 3.2 gen 1, dan 1x kensington lock slot.

Tersedianya port USB di kedua sisi laptop dapat mempermudah pengguna saat ingin memasang kabel USB sesuai dengan keadaan tempatnya.

Baterai Laptop

Kapasitas baterai laptop ini sebesar 57 Wh yang dapat bertahan hingga 7 jam jika dipakai untuk playback video lokal secara terus menerus.

Baterai laptop ini bisa di cas yang membutuhkan waktu 30 menit untuk mengisi dari nol sampai 50 persen. Dan untuk mengisi baterai laptop dari nol hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.

Keunggulan Laptop Acer Nitro V 15

Acer Nitro V 15 hadir sebagai laptop yang punya desain super fresh dan unik. Sehingga bisa menjadi keunggulan tersendiri bagi yang mau punya laptop gaming berbeda dari lainnya.

Bicara soal keunggulan Laptop Acer Nitro V 15 memang sudah pakai discrete GPU yang kencang. Namun dengan tersedianya port Thunderbolt 4 maka bukan tidak mungkin lagi untuk menggunakan GPU eksternal yang lebih powerfull lagi.

Fitur ini bisa berguna jika pengguna sedang ingin menjalankan tugas berat seperti render 3D yang bisa memakan waktu cukup lama.

Karena sudah menggunakan discrete GPU seri terbaru dari Nvidia yaitu 4000 series maka pastinya ada fitur seperti DLSS 3.5 yang dapat menghasilkan FPS lebih tinggi lagi terutama saat sedang main game.

Untuk kemampuan bermain game kekinian pada laptop Acer Nitro V 15 ini juga sudah bisa diandalkan dengan baik.

Sebut saja game yang banyak dimainkan orang hingga saat ini seperti Valorant resolusi 1080p yang sudah bisa menghasilkan ratusan FPS dengan sangat enteng sekali.

Belum lagi jika memainkan game berat seperti Cyberpunk 2077 yang pada laptop ini masih mampu menghasilkan FPS diatas 60 rata-rata.

Kekurangan Laptop Acer Nitro V 15

Kekurangan Laptop Acer Nitro V 15 yang mungkin akan dirasakan sebagian pengguna saat memakai kamera ini yaitu masih pakai resolusi 720p 30 FPS.

Sangat disayangkan untuk laptop gaming keluaran terbaru masih belum memakai kamera yang memakai resolusi FullHD atau 1080p.

Kekurangan lain juga terlihat pada RAM bawaan kapasitas 8GB yang masih single channel. Jadi untuk bisa menjadi dual channel maka pengguna harus membeli satu keping RAM lagi.

Sistem pendingin prosesor laptop ini juga menjadi kurang maksimal jika dipakai bekerja load all core secara terus menerus. Sebab suhunya bisa mentok 100 derajat celcius yang bisa menyebabkan CPU throttling.

Demikian pembahasan mengenai Laptop gaming murah Acer Nitro V 15 terbaru, semoga para pembaca dapat mengetahui lebih jelas mengenai berbagai kelebihan dan kekurangannya secara detail.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment