Ide Bisnis

Kelebihan Bisnis Online yang Wajib Diketahui Pebisnis Pemula

Mau memulai bisnis online tapi masih ragu? Mungkin Anda harus membaca artikel ini sampai habis karena kali ini akan dibahas apa saja yang menjadi kelebihan bisnis online. Di era yang sudah serba canggih ini, banyak pengusaha yang sudah mulai melebarkan bisnis mereka ke dunia online.

Mengingat saat ini, teknologi sudah mengalami banyak perubahan. Banyak platform-platform online yang dikembangkan untuk mempertemukan antara konsumen dan pedagang.

Apalagi kebanyakan konsumen saat ini lebih suka berbelanja secara online. Maka sudah bisa dipastikan kalau menekuni bisnis online bisa mendatangkan banyak keuntungan. Namun agar Anda lebih yakin, memang sebaiknya mengetahui lebih dulu apa saja yang menjadi kelebihan dari bisnis online.

5 kelebihan bisnis online

  • Modal yang dibutuhkan tidak besar

Untuk melakukan bisnis online, modal yang dibutuhkan bisa dibilang tidak terlalu besar. Anda bahkan bisa membuka toko online hanya dengan sedikit modal. Bagaimana caranya? Mudah sekali, Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper.

Dengan menjadi reseller atau dropshipper, Anda tidak perlu memiliki stok atau gudang, tetapi sudah bisa menjual produk yang didapat dari para produsen. Tentunya dengan cara tersebut, modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, bukan?

Coba bandingkan ketika Anda harus membuka toko secara offline, Anda setidaknya harus memikirkan yang stok, sewa tempatnya hingga biaya-biaya operasional lain yang bisa jadi menghabiskan banyak uang dan membuat Anda kesulitan.

  • Fleksibel dan praktis

Menjalankan bisnis online sangatlah fleksibel dan praktis. Kenapa? Sebab, Anda bisa tetap menjalankan bisnis tidak peduli dimanapun sedang berada dan kapanpun Anda memiliki waktu.

Baca Juga:   Contoh Struktur Organisasi Perusahaan yang Baik untuk Pengembangan Bisnis

Bisa dilakukan ketika dalam perjalanan, bisa dilakukan ketika sedang di kantor. Intinya sangat fleksibel dan praktis, semua disesuaikan dengan kesibukan Anda.

  • Promosi sangat gampang

Ketika Anda melakoni bisnis online, maka sarana atau media yang bisa digunakan untuk promosi sangatlah luas dan tak terbatas dengan adanya media social seperti Facebook, Instagram hingga Twitter.

Apapun bisa Anda promosikan disana. Bahkan dengan cara yang mudah dan gampang. Buat konten, upload dan jangan lupa, terus ramah kepada pelanggan.

  • Peluang besar membuka usaha baru

Waktu Anda melakoni bisnis online, maka ide-ide untuk menjalankan bisnis yang lain pasti juga akan bermunculan seiring banyaknya Anda bertemu dengan pelanggan, supplier hingga komunitas.

Dengan pertemuan-pertemuan tersebut, bisa jadi Anda kembali menemukan sebuah ide baru untuk menjalan sebuah bisnis yang baru dan bisa jadi, bisnis tersebut tidak Anda perkirakan sebelumnya.

  • Tenaga kerja yang dibutuhkan minim

Inilah yang menjadi kelebihan lain dari bisnis online, dimana Anda tidak akan terlalu membutuhkan banyak tenaga kerja. Anda bisa menjadi pelaksana bisnis tunggal, dimana semua proses yang berkaitan dengan bisnis, Andalah yang menjadi otaknya alias pelakunya.

Tetapi, tentu saja, hal tersebut tak akan bertahan selamanya. Setidaknya jika bisnis sudah mengalami perkembangan, Anda tetap membutuhkan tenaga kerja yang berfungsi sebagai admin.

  • Transaksi sangat mudah dan cepat

Kelebihan bisnis online yang lainnya yaitu ada pada segi transaksi yang sangat mudah dan cepat. Bahkan sekalipun pelanggan yang membeli produk Anda tinggal di tempat yang sangat dari perkotaan.

Sebab, dengan adanya bisnis online, proses pembayaran bisa dilakukan secara online dan begitu proses pembayaran ditunaikan, maka selanjutnya barang akan dikirimkan melalui jasa kurir.

Baca Juga:   Langkah Penting Menjadi Seorang Blogger Handal

Apalagi saat ini, jasa kurir alias pengantara di Indonesia itu sangat banyak, jadi Anda hanya tinggal pilih sesuai keinginan konsumen.