Kreatif Adalah – Definisi, Ciri, Bentuk, dan Cara Mengasahnya

Berpikir kreatif adalah kemampuan yang saat ini banyak dibutuhkan dalam berbagai sektor termasuk pendidikan hingga pekerjaan. Pada dasarnya, setiap orang pastilah memiliki kemampuan berpikir kreatif di dalam dirinya.

Namun, tidak semua orang bisa memaksimalkan kemampuan tersebut dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Padahal di lain sisi, kehidupan di zaman modern membutuhkan orang-orang yang kreatif untuk berperan di dalamnya.

Meski begitu Anda tidak perlu khawatir karena kemampuan berpikir kreatif bisa dipelajari dan diasah. Dalam hal itu, perlu untuk mempelajari terlebih dahulu tentang apa itu definisi kreatif, ciri-ciri hingga contohnya untuk bisa mulai mengasah dan menerapkannya ke dalam kehidupan sehari-hari.

Apakah Kreatif Adalah Kemampuan yang Penting Dimiliki?

Apakah Kreatif Adalah Kemampuan yang Penting Dimiliki

Sebelum membahas lebih jauh terkait kemampuan berpikir kreatif, Anda perlu mengetahui tentang definisi atau pengertian dari kreatif itu sendiri. Kreatif merupakan kemampuan seseorang dalam menciptakan ide ataupun gagasan dalam bentuk baru dengan mengkombinasikan hal-hal yang ada dalam imajinasinya.

Kreatif tidak hanya berupa ide dalam membuat karya yang unik dan belum pernah ditemukan, namun lebih luas lagi seperti menemukan konsep baru, metode baru, hingga pengertian baru. Untuk itulah kemampuan kreatif begitu berguna dan diperlukan dalam berbagai aspek yang ada saat ini.

Contohnya saja untuk seseorang yang bekerja di perusahaan pembuat aplikasi, maka berpikir kreatif bisa jadi merupakan kunci keberhasilan perusahaan tersebut. Pasalnya jika hanya memakai aplikasi yang itu-itu saja tentu para pengguna akan merasa bosan dan tidak tertarik.

Selain berguna seperti contoh di atas, seseorang yang memiliki kemampuan berpikir kreatif dengan baik juga akan lebih mudah menemukan jalan keluar saat dihadapkan suatu permasalahan. Ini karena otaknya telah terbiasa memikirkan pilihan-pilihan unik yang mungkin jarang terpikirkan oleh orang biasa.

Jadi, menjawab pertanyaan apakan kreatif adalah kemampuan yang penting untuk dimiliki? Maka besar jawabannya adalah iya. Anda bisa mendapatkan pekerjaan atau bisa menyelesaikan masalah dengan lebih mudah dengan mengasah kemampuan berpikir kreatif.

Bentuk-Bentuk Kreatif

Bentuk-Bentuk Kreatif

Sesuai dengan sedikit pembahasan yang telah tertera di atas, berpikir kreatif tidak terbatas pada menghasilkan produk baru saja. Kreatif sendiri muncul dalam berbagai bentuk yang bisa Anda temui dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya yaitu:

1. Gagasan

Gagasan termasuk dalam salah satu bentuk kreatif yang terkadang tidak disadari. Gagasan sendiri adalah suatu pernyataan yang dihasilkan dari pemikiran seseorang yang nantinya diperdengarkan atau disampaikan.

Gagasan juga dapat diartikan sebagai pemikiran yang ada dari hasil pemahaman mental, aktivitas, serta kesadaran. Hal ini masuk dalam bentuk kreatif karena diperlukan kekreatifan berpikir untuk bisa menuangkan pemahaman serta hasil pemikiran untuk kemudian disampaikan atau diperdengarkan.

2. Ide

Bentuk pemikiran kreatif yang begitu umum dan banyak ditemui adalah berupa ide-ide pemikiran seseorang. Adapun pengertian ide sendiri adalah suatu pemikiran baru yang sebelumnya belum pernah ada atau belum terpikirkan. Ide juga memiliki ciri khusus unik sehingga membuatnya terlihat spesial.

Jika Anda pernah menemui bungkus makanan dengan desain unik, maka itu termasuk perwujudan pikiran kreatif seseorang yang dituangkan dalam ide baru serta unik.

Tidak hanya berhenti dalam lingkup itu saja, ide juga bisa diartikan sebagai suatu pemikiran yang berbeda untuk bisa dijadikan sebagai solusi suatu masalah. Karena pada dasarnya setiap permasalah selalu bisa dipecahkan dengan berbagai cara dan jalan yang bervariasi.

3. Produk

Selain ide dan gagasan, kreatif juga bisa berbentuk produk. Sesuai dengan namanya, produk adalah suatu hal yang diciptakan dari kekreatifan manusia sehingga bisa memiliki nilai jual serta keunikan yang dapat dinikmati konsumen.

Produk yang dihasilkan dari berpikir kreatif dapat berupa barang ataupun jasa. Contohnya, jasa titipan makanan sebenarnya berasal dari kemampuan berpikir kreatif dalam menentukan metode dan konsep jasa yang saat ini banyak dicari masyarakat.

Sementara itu, manfaat kreatif dalam bentuk produk juga bisa berupa barang serbaguna seperti kursi portabel yang bisa dilipat dan praktis dibawa kemana-mana. Ini membuktikan bahwa kreatif adalah kemampuan yang bisa menghasilkan berbagai hal bermanfaat dalam kehidupan.

Ciri-Ciri Orang yang Berpikir Kreatif

Ciri-Ciri Orang yang Berpikir Kreatif

Dalam beberapa hal, mungkin Anda perlu mengetahui cara untuk mengenali orang-orang yang memiliki pikiran kreatif. Hal ini biasanya diperlukan dalam bidang akademis hingga pekerjaan. Untuk itu, inilah beberapa ciri-ciri orang yang memiliki kemampuan berpikir kreatif:

1. Memiliki Imajinasi Tinggi

Seseorang yang kerap berimajinasi dan terlihat memiliki imajinasi tinggi umumnya menunjukkan bahwa dirinya menyimpan potensi kreatif dalam dirinya. Imajinasi tinggi dapat ditunjukkan dari perilaku seseorang tersebut.

Contohnya, seorang anak yang kerap menjadikan kotak pensil sebagai perahu dengan penghapus serta pensil sebagai penumpangnya merupakan perwujudan imajinasi yang tinggi. Biasanya anak seperti ini juga memiliki kreativitas yang tinggi pula.

Imajinasi tinggi juga bisa ditemui pada para seniman mulai dari penulis, hingga pelukis. Karya-karya yang dihasilkan oleh mereka tidak lain berasal dari imajinasi tinggi yang dimilikinya. Sementara unsur seni yang menjadikan karya tersebut semakin sempurna bisa jadi berasal dari daya kreativitas yang dimilikinya.

2. Menyukai Tantangan

Ciri lain seseorang yang kreatif adalah sosoknya merupakan seseorang yang menyukai hal baru atau tantangan.

Ini karena seseorang yang kreatif cenderung akan bosan dengan hal yang itu-itu saja di sekitarnya dan tidak tahan untuk menyalurkan pikiran kreatifnya pada hal baru. Adanya tantangan juga akan membuat seseorang yang kreatif merasa antusias dan semangat.

3. Cenderung Mudah Bosan

Sesuai dengan poin sebelumnya, orang kreatif lebih cenderung menyukai hal yang menantang atau hal-hal baru. Tentu hal ini tidak terlepas dari sifat alamiahnya yang sering merasa bosan dengan hal-hal monoton yang ada di sekitarnya.

Karena cepat merasa bosan itulah orang kreatif akan menemukan ide-ide unik atau gagasan yang fresh sehingga menciptakan hal baru atau produk berupa barang dan jasa.

Cara Mengasah Kreativitas Diri

Cara Mengasah Kreativitas Diri

Telah memahami ciri-ciri orang kreatif dan merasa bahwa tidak memiliki satupun ciri-ciri tersebut? Anda tidak perlu sedih atau khawatir karena kreativitas diri dapat dicari, dikembangkan, dan diasah.

Karena pada dasarnya setiap orang sebenarnya memiliki kreativitas di dalam dirinya namun dengan tingkat berbeda. Adapun berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengasah kemampuan kreatif adalah sebagai berikut:

1. Mengembangkan Pola Pikir Out of The Box

Terus berlatih berpikir out of the box adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan inovatif. Pola berpikir seperti ini bisa dilakukan dengan mulai mencari soal-soal penalaran dan memecahkannya dengan imajinasi yang dimiliki.

2. Memperbanyak Wawasan

Tidak hanya bakat, berpikir kreatif juga bisa muncul karena adanya banyak wawasan yang dimiliki oleh seseorang. Semakin banyak wawasan yang didapat, maka ide-ide kreatif juga akan semakin banyak muncul dalam benak.

3. Melatih Kemampuan Berimajinasi

Rasanya berpikir kreatif tidak terlepas dari kemampuan berimajinasi yang tinggi pula. Untuk bisa melatih imajinasi, Anda bisa mulai dengan membuat cerpen, menulis puisi, atau melukis.

Karena kemampuan berpikiran kreatif bisa diasah dan dikembangkan, maka siapapun bisa memiliki kesempatan yang bagus dengan menunjukkan kreativitas dirinya. Kreatif adalah kemampuan yang bisa dimiliki siapa saja termasuk Anda sendiri, dan cobalah untuk terus mengasahnya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment