Inilah 7 Cara Mengatasi Laptop Not Responding

Laptop menjadi salah satu alat elektronik yang memang banyak digunakan oleh orang-orang. Selain digunakan untuk bekerja, sekolah, atau belajar, bisa juga digunakan untuk menonton dan lain sebagainya. Namun kadang ada saja masalah yang berhubungan dengan laptop, seperti not responding. Ketika sudah begini, maka Anda harus mencari tau cara mengatasi laptop not responding terlebih dahulu. 

Permasalahan laptop satu ini sangatlah mengganggu. Terlebih jika sedang terburu-buru. Sebab memang bisa menghambat dan menyita waktu. Ternyata memang permasalahan ini bukan tanpa alasan. Ada banyak sekali alasan yang menyebabkan laptop not responding. 

Salah satu penyebabnya ialah banyaknya file sampah dan cache. Di mana, jika cache atau file sampah tersebut tidak dibersihkan secara berkala, maka akan menambah beban RAM. Hal ini bisa membuat laptop menjadi not responding. Beberapa penyebab lainnya ialah sistem OS yang bermasalah, virus, panas berlebih pada CPU, sampai dengan harddisk yang bermasalah.

Baca juga: cara membuat twibbon

Beberapa Cara Mengatasi Laptop Not Responding 

cara mengatasi laptop not responding

Dari beberapa penyebab di atas, tentu saja ada beberapa juga cara mengatasi laptop not responding. Biasanya, setelah mengetahui beberapa penyebab, akan mudah mengetahui solusi yang tepat. Beberapa cara yang mungkin bisa Anda lakukan ialah sebagai berikut. 

Mematikan Aplikasi atau Program yang Menjadi Penyebab Not Responding 

Cara pertama yang bisa anda lakukan ialah dengan menutup aplikasi atau program yang mengalami masalah tersebut secara paksa. Untuk melakukannya sendiri sangatlah mudah, Anda bisa langsung menekan tombol CTRL+ALT+Delete pada keyboard laptop. 

Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Mati Sendiri

Selanjutnya, bisa memilih menu task manager. Di dalam menu ini, Anda bisa dengan mudah mematikan aplikasi yang diinginkan. Setelah itu bisa mengklik end task yang berada di bawahnya. Sangat mudah, bukan? 

Meng-Unsintall Software atau Aplikasi yang Sudah Tidak Penting

Sebelum ke cara mengatasi laptop not responding, Anda harus tau dulu bahwa dengan banyaknya aplikasi yang terinstal, akan menjadi masalah. Sebab memang bisa memakan penyimpanan dalam jumlah besar dan bisa juga berdampak pada beberapa resource laptop yang lainnya. 

Oleh sebab itu, ketika laptop mengalami not responding, maka bisa langsung membuka program manager untuk melihat ada aplikasi apa saja yang terinstal pada laptop. Jika ternyata ada aplikasi yang tidak pernah dijalankan, maka bisa langsung saja meng-unsinstall aplikasi tersebut. 

Untuk melakukannya sendiri sangatlah mudah. Di sini, Anda hanya perlu masuk ke menu setting terlebih dahulu. Setelahnya, bisa langsung pergi ke menu apps dan pilih apps & features saja. Di sini, Anda bisa langsung memilih aplikasi atau software yang sudah tidak pernah digunakan 

Cara mengatasi laptop not responding selanjutnya ialah dengan mengklik unsinstall pada aplikasi yang sudah dipilih sebelumnya. Setelah semuanya selesai, maka otomatis beberapa aplikasi sebelumnya tidak akan bisa digunakan lagi.

Melakukan Scan Virus 

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan scan virus. Virus sendiri merupakan salah satu masalah yang sangat sering terjadi pada laptop. Selain bisa membuat laptop not responding, virus juga bisa membuat laptop menjadi lemot, dan bisa juga membuatnya mati sendiri. 

Scan virus pada laptop

Untuk mengatasi hal ini, maka Anda harus memiliki Software atau aplikasi antivirus. Nantinya, jika memiliki aplikasi ini maka bisa melakukan scan dan menghapus virus dari laptop. Sehingga, laptop akan kembali seperti sedia kala. 

Baca Juga:  Cara Daftar Indomaret Online dan Offline Sesuai Posisi Kerja

Untuk melakukan scan virus pada cara mengatasi laptop not responding sangatlah mudah. Anda bisa langsung masuk ke menu setting laptop. Akan ada beberapa pilihan yang tersedia di sana, Anda hanya perlu memilih update & security. Kemudian, bisa memilih menu windows security.

 

Nantinya, pada windows security tersebut akan muncul beberapa pilihan. Cukup memilih virus & threat protection untuk bisa melakukan scan. Jika Anda menggunakan aplikasi Avast untuk melindungi laptop, maka nantinya bisa mengklik open avast antivirus. Pilihan ini disesuaikan kembali dengan aplikasi antivirus yang Anda gunakan. 

Jika sudah, Anda bisa langsung melakukan scan untuk memindai berbagai virus yang ada pada laptop. Nantinya, bisa langsung dihapus untuk membuat kinerja laptop kembali lagi. Virus ini bisa berasal dari situs tempat mengunduh sesuatu yang ilegal, oleh sebab itu harus lebih hati-hati.

Menghapus Aplikasi yang Memang Bisa Dijalankan Pada Beberapa OS Tertentu 

Ternyata, penyebab lain dari laptop not responding ialah spesifikasi aplikasi yang tidak mumpuni. Bisa juga dibilang aplikasi yang diunduh tidak kompatibel dengan OS yang Anda miliki. Oleh sebab itu, cara mengatasi laptop not responding lainnya adalah dengan menghapus aplikasi tersebut. 

Jika terus dipaksakan untuk mengunduh dan memiliki aplikasi ini, maka akan terjadi resource conflicts yang justru akan membuat sistem operasi Anda selalu mengalami crash not responding. Tentunya hal ini akan menghambat semua aktivitas yang dilakukan. 

Meminimalisir Aktivitas Multitasking 

Beberapa orang nampaknya sangat sering membuka dan menjalankan beberapa aplikasi pada laptop dalam waktu bersamaan. Hal ini tentu saja dilakukan untuk membuat pekerjaan lebih mudah. Kegiatan seperti ini sering disebut dengan istilah multitasking. 

Baca Juga:  8 Tutorial Microsoft Power Point Bagi Pemula

Kegiatan ini sebenarnya sah-sah saja, namun jika dilakukan secara terus menerus akan mengakibatkan RAM komputer menjadi terkuras habis. Hal inilah yang kadang menjadi penyebab laptop not responding. Oleh sebab itu, cara mengatasi laptop not responding jika sudah seperti ini ialah dengan tidak banyak membuka aplikasi dalam waktu bersamaan. 

Jika memang sangat memerlukan untuk membuka aplikasi secara bersamaan, maka usahakan untuk tidak lebih dari 3 aplikasi yang dibuka. Dengan begitu, setidaknya Anda bisa meminimalisir penggunaan RAM yang berlebihan. 

Melakukan Penambahan Kapasitas RAM 

Dari beberapa penyebab yang ada, kapasitas RAM menjadi salah satu hal yang sering banyak disorot. Oleh sebab itu, cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop not responding ialah dengan menambah kapasitas RAM. Melakukan penambahan kapasitas RAM ini akan meningkatkan performa pada perangkat yang digunakan. 

Laptop not responding

Sistem kerja dari RAM sendiri bisa dikatakan sebagai jembatan antara data yang ada untuk dikirimakan ke processor dan sebaliknya. Biasanya, semakin besar kapasitas dari RAM, maka semakin lancar juga aplikasi yang berjalan pada laptop. Cara mengatasi laptop not responding ini biaa menjadi salah satu pilihan yang tepat. 

Melakukan Update Driver 

Cara terakhir yang bisa dilakukan ialah dengan update driver. Ternyata, laptop not responding juga bisa terjadi akibat sistem operasi yang sudah lama. Jika sistem operasi pada laptop sudah lama, maka akan menghamnat performa perangkat dan membuatnya tidak selancar penggunaan awal. 

Oleh sebab itu, Anda harus melakukan pembaruan. Meskipun cara ini tida selalu berhasil, tetapi Anda bisa mencobanya terlebih dahulu untuk memastikan keefektifan dari cara ini. 

Demikianlah beberapa cara mengatasi laptop not responding yang bisa dilakukan. Beberapa cara di atas ada yang memang langsung berhasil dan tidak. 

Leave a Comment