Inilah 7 Cara Agar WhatsApp Tidak Terlihat Online!

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi tukar pesan yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain digunakan untuk bertukar pesan pribadi, WhatsApp juga kerap digunakan untuk membangun sebuah hubungan yang baik dengan konsumen. Nah pada pembahasan kali ini kita akan ulas bagaimana cara agar WhatsApp tidak terlihat online padahal Anda sedang menggunakannya. 

Bagi Anda yang sedang sibuk dan tidak ingin diganggu tentu tutorial ini sangat dibutuhkan. Agar pesan-pesan yang sekiranya tidak penting tidak perlu Anda tanggapi. Sehingga waktu yang Anda punya hanya fokus digunakan untuk hal-hal yang sekiranya menghasilkan cuan tambahan. 

cara agar WhatsApp tidak terlihat online

Baca juga: cara hapus akun Twitter 

Cara agar WhatsApp tidak terlihat online 

Bagi Anda yang tidak ingin diganggu, bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini agar WhatsApp tidak terlihat online. Berikut cara mudah yang bisa Anda terapkan langsung pada WhatsApp :

Manfaatkan fitur last seen

Fitur last seen merupakan salah satu fitur yang cukup penting. Melalui fitur tersebut Anda dapat memantau kapan terakhir kali seseorang menggunakan WhatsApp. Termasuk ketika kapan terakhir kali orang tersebut online. Agar WhatsApp Anda tidak terlihat sedang online padahal memang sedang aktif bisa menggunakan fitur ini. 

Anda dapat menonaktifkan fitur last seen agar orang lain tidak tahu kapan terakhir Anda online. Cara menonaktifkan fitur tersebut tidak ribet. Berikut langkahnya :

  1. Pertama klik titik tiga yang berada di pojok kanan atas layar ponsel ketika Anda berada di dalam WhatsApp. 
  2. Lanjut untuk klik menu setelan. 
  3. Klik menu privasi. 
  4. Setelah itu pada menu terakhir dilihat Anda dapat memilih opsi tidak ada. 
Baca Juga:  Cara Mengatasi Layar Hp Tidak Bisa Disentuh untuk Pemula

Ketika menonaktifkan fitur last seen ini, secara otomatis Anda juga tidak akan bisa melihat jalan terakhir kali orang lain aktif dan online. 

Matikan tanda centang biru

Cara agar WhatsApp tidak terlihat online selanjutnya ialah dengan cara mematikan itanda centang biru. Seperti yang kita ketahui, tanda centang biru membuat Anda terlihat sudah membaca pesan yang terkirim. Dengan mematikan tanda centang biru ini secara otomatis orang lain tidak akan tahu jika Anda sudah membaca pesan yang masuk. 

Bagi Anda yang ingin menonaktifkan centang biru agar tidak terlihat sedang online bisa mengikuti langkah-langkahnya di sini. Berikut diantaranya ialah :

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah klik titik tiga yang berada di pojok kanan atas ponsel Anda ketika membuka WhatsApp. 
  2. Setelah itu pilih setelan. 
  3. Lanjut untuk klik pilihan Privasi. 
  4. Geser pilihan laporan dibaca hingga menjadi nonaktif. 
  5. Selesai. Tanda centang biru sudah nonaktif. 

Jadi, meski Anda sudah membaca pesan yang masuk nantinya tanda centang biru tidak akan aktif. Cara ini cukup ampuh bukan untuk mengelabuhi orang lain agar tidak menggangu Anda yang sedang aktif?

cara agar WhatsApp tidak terlihat online

Menyembunyikan status

Cara yang satu ini juga tidak kalah menarik untuk dicoba. Ya, Anda dapat menyembunyikan status dari beberapa orang. Atur siapa-siapa saja yang dapat melihat status yang Anda buat. Jika Anda tidak ingin orang seseorang yang menyebalkan melihat Anda online, maka sembunyikan saja status darinya. 

Cara menyembunyikan status atau memilah siapa saja yang bisa melihat story WhatsApp Anda tidaklah rumit. Berikut caranya :

  1. Pertama, klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas WhatsApp Anda. 
  2. Lanjut klik menu setelan WhatsApp. 
  3. Setelah itu lanjut pilih kolom privasi WhatsApp. 
  4. Selanjutnya klik bagian status dan atur siapa saja yang boleh melihat status Anda. 
Baca Juga:  Tips Merawat iPhone Awet dan Tahan Lama

Bagikan status 

Cara agar WhatsApp tidak terlihat online lainnya yang bisa Anda terapkan ialah dengan membuat status secara jelas. Katakan jika Anda tidak dapat diganggu selama jangka waktu tertentu. Bagikan status Anda ke seluruh kontak agar tidak ada lagi yang bertanya-tanya dan mencoba mengganggu. 

Ubah info akun 

Mengubah info akun Anda juga bisa membuat orang lain semakin yakin jika akun WhatsApp Anda sedang tidak aktif. Berikut cara mengubah info akun guna meyakinkan orang lain jika WhatsApp Anda sedang dinonaktifkan :

  1. Tekan titik tiga yang berada di pojok kanan atas layar WhatsApp. 
  2. Setelah itu klik menu setelan atau pengaturan. 
  3. Lanjut untuk ketuk foto profil. 
  4. Jika sudah klik kolom info. 
  5. Terakhir ubah status akun menjadi offline guna meyakinkan orang lain jika WhatsApp Anda sedang nonaktif. 

Nonaktifkan background data

Cara lainnya agar WhatsApp terlihat tidak aktif ialah dengan menonaktifkan background data. Selain dapat menghemat kuota internet, menonaktifkan background data membuat akun Anda terlihat offline. Berikut cara nonaktif background data :

  1. Pertama pergi ke menu setelan smartphone. 
  2. Lanjut masuk ke aplikasi WhatsApp. 
  3. Klik penggunaan data ponsel. 
  4. Matikan data di latar belakang. 

Jadi, ketika keluar dari WhatsApp secara otomatis Anda akan langsung offline. 

Membalas pesan melalui pop up yang muncul

Cara agar WhatsApp tidak terlihat online selanjutnya ialah dengan membalas pesan melalui pop up yang muncul. Ya, cara ini bisa Anda lakukan jika tetap ingin terhubung dengan rekan kerja yang penting. Berikut cara aktifkan pesan pop up pada ponsel :

  1. Pertama, masuk ke menu setelan smartphone. 
  2. Jika sudah lanjut klik notifikasi. 
  3. Setelah itu, klik notifikasi pop up dan pilih opsi “selalu tampilkan pop up”. 

Alasan seseorang tidak ingin terlihat online

Seseorang yang tidak ingin terlihat sedang online padahal memang sedang mengaktifkan WhatsApp tentu memiliki beberapa alasan tersendiri. Beberapa alasan mengapa seseorang ingin terlihat offline ialah :

Baca Juga:  Cara Mengatasi Hp Ngelag, Dijamin Ampuh dan Anti Ribet!

cara agar WhatsApp tidak terlihat online

Menjauhkan diri dari perasaan kecewa

Alasan pertama ialah dikarenakan seseorang sedang menjauhkan dirinya dari perasaan kecewa. Dalam hal ini orang yang sedang menjalin hubungan pendekatan dengan lawan jenis memang kerap memiliki rasa harap yang lebih. Berharap seseorang yang ia sukai membalas pesannya dengan cepat. 

Nah, salah satu kegunaan tidak ingin terlihat online dengan mematikan centang biru kalau untuk menghindari rasa kecewa. Dengan mematikan centang biru tersebut, Anda tidak akan melihat apakah pesan tersebut sudah dibaca atau belum. Sehingga rasa kecewa tidak akan terlalu besar seperti ketika fitur centang biru digunakan. 

Melakukan misi stalking

Bagi Anda yang sedang menyukai orang lain tentu fitur centang biru tidak sekedar untuk membuat orang lain mengira akun WhatsApp nonaktif bukan? Lebih dari itu. Menonaktifkan fitur tersebut juga membuat Anda semakin bebas mengintip status orang lain tanpa takut ketahuan. 

Tidak ingin diganggu

Mengetahui cara agar WhatsApp tidak terlihat online juga berguna bagi Anda yang tidak ingin diganggu. Ya, jika Anda sedang sibuk dan tidak ingin diganggu oleh orang lain, satu-satunya cara yang dapat dilakukan ialah dengan terlihat offline. Jika melihat Anda yang sedang tidak online, tentu orang lain akan enggan atau tidak mengirim pesan lagi. 

Sebenarnya masih banyak alasan lainnya yang mendasari orang lain tidak ingin terlihat online. Semisal tidak bisa membalas pesan dengan cepat. Sehingga menggunakan beberapa fitur agar terlihat offline. 

Nah jadi itulah tadi beberapa cara agar WhatsApp tidak terlihat online yang dapat kita bahas. Pastinya Anda dapat menerapkan beberapa cara di atas dengan mudah. Tentunya cara di atas cukup ampuh untuk dilakukan. 

Leave a Comment