Cara Upgrade Versi Android Xiaomi Terbaru MIUI dengan Mudah

Kehadiran dari cara upgrade versi Android Xiaomi terbaru untuk MIUI memang menjadi informasi penting yang wajib diketahui. Dengan memperbaruinya itulah, ternyata dapat membantu untuk meningkatkan kinerja dari smartphone Anda tersebut.

Tidak hanya mengenai kinerjanya saja yang meningkat, tetapi pembaharuan itulah juga akan menawarkan fitur terbaru. Dengan begitu akan memberikan kemudahan bagi users dalam mengoperasikan perangkat Android mereka.

Xiaomi sendiri hadir dengan sistem operasinya bernama MIUI yang menjadi andalan bagi perangkat lunak mereka dan mempunyai kualitas cukup bagus. Jadi sangat wajar apabila banyak orang lebih memilih untuk menggunakan jenis smartphone satu ini.

Apa itu MIUI Xiaomi

Apa Itu MIUI Xiaomi

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara memperbaruinya, maka perlu memahami lebih lanjut apa itu MIUI Xiaomi tersebut? Jadi MIUI adalah interface pengguna dimana diciptakan oleh Xiaomi dan dikembangkan sesuai dengan sistem operasi Android.

Sebagian besar dari pengguna menyebutnya dengan ROM atau Skin. Sedangkan di sejumlah literatur, menyebutkan bahwa MIUI berasal dari singkatan Mobile internet UI (user interface). Tapi ternyata kehadirannya sendiri khusus untuk ponsel Xiaomi.

Kehadiran dari MIUI itulah ternyata sudah ada sejak tahun 2010 secara global. Tetapi saat itu, interface dari sistem hadir sebagai custom ROM dimana mengemas basis kode Android 2.2 Froyo dan terdapat beberapa modifikasi dari pihak CyanogenMOD.

Dibandingkan dengan sistem dimana menjalankan Android murni, interface dari MUI inilah akan menawarkan sejumlah fitur atau utilitas tambahan. Dengan begitu akan memberikan dukungan terhadap para pengguna lainnya.

Baca Juga:  Inilah 8 Cara Membersihkan RAM Laptop Agar Tidak Lemot 

Mengecek Kompabilitas Android Versi MIUI

Sebagai pengguna dari Xiaomi, Anda tentunya ingin selalu mendapatkan update-an dari MIUI sehingga kinerja sekaligus fitur yang terdapat didalamnya semakin lengkap. Tetapi sebelum Anda upgrade versi android Xiaomi MIUI, maka penting agar mengecek kompatibilitas terlebih dahulu.

Adapun cara tersebut ternyata berguna untuk menghindari adanya bootloop sesudah Anda melakukan update ROM di MIUI tersebut. Di samping itu, apabila tidak sesuai maka dapat mengakibatkan lemot bahkan alami mati total.

Berikut ini beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengecek apakah perangkat telah compatible ataukah belum:

Melalui About Phone

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengecek melalui about phone atau tentang telefon. Cara ini sendiri sangat mudah dilakukan yakni dapat masuk ke menu pengaturan dan tab pada bagian about phone.

Mengeceknya Secara Online

Cara lainnya yang dapat digunakan adalah secara online melalui situs untuk pengecekan tersebut. Saat ini sudah banyak situs dimana menyediakan informasi lengkap versi ROM MIUI tipe HP Xiaomi bisa diupdate ataukah tidak.

Cara Upgrade Versi Android Xiaomi Terbaru yang Mudah

Cara Upgrade Versi Android Xiaomi Terbaru

Sudah mengetahui apakah ponsel Anda dapat menerima pembaharuan versi android MIUI terbaru ataukah belum? Disinilah Anda bisa segera melakukan update sekarang juga dan untuk caranya sendiri sangat mudah.

Anda dapat melakukannya melalui menu settings ataupun menggunakan cara manual yang terdapat dibawah ini:

Upgrade Melalui Via OTA (Settings HP)

Cara paling mudah yang dapat Anda lakukan adalah memperbaruinya melalui OTA atau over the air. Disinilah berarti pengguna dapat memperbarui ROM versi terbaru langsung melalui perangkat dari Xiaomi.

Tutorial inilah akan meminta Anda untuk melakukan pembaharuan sistem software tetapi sebelum melakukannya, maka terdapat beberapa hal yang harus dilakukan. Karena ukuran file adalah 1,5GB, maka harus menyediakan ruangan cukup, jaringan Wi-Fi dan baterai minimal 30%.

Baca Juga:  5 Cara Mengaktifkan Fast Charging Xiaomi Terbaru 2023

Sesudah itu, Anda dapat mengikuti panduan yang terdapat dibawah ini:

  • Silahkan masuk ke dalam menu settings atau pengaturan pada perangkat Xiaomi
  • Selanjutnya, pilih menu about phone atau tentang telefon
  • Tab pada pembaharuan sistem dan klik di bagian MIUI
  • Berikutnya, pengguna dapat klik pada Unduh Pembaharuan
  • Tunggu hingga proses pengunduhan selesai dilakukan dan akan memakan waktu sekitar 20 menit
  • Apabila ROM MIUI tersebut berhasil diunduh, tab mulai ulang dan sistem akan memulai ulang hingga 100%
  • Jika sudah, sistem akan melakukan reboot sendiri dan ponsel sudah berhasil diperbaruhi.

Update Secara Manual

Selain menggunakan cara update MIUI android Xiaomi, masih terdapat cara lainnya dimana dapat Anda gunakan yakni cara manual. Dimana nantinya firmware atau ROM terbaru akan di download secara manual dahulu.

Tetapi disarankan agar mengunduh ROM tersebut melalui situs resmi MIUI sesuai dengan tipe HP Xiaomi Anda. Jika berbeda, maka proses install akan gagal dilakukan dan bahkan dapat mengalami bootloop.

Berikut ini, langkah-langkah yang harus Anda lewati terlebih dahulu:

  • Silahkan download versi ROM terbaru melalui situs c.mi.com
  • Masukkan tipe HP Xiaomi dan tab submit
  • Akan muncul tampilan baru dan tekan Unduh Full ROM
  • Tunggu proses download selesai dilakukan
  • Pergi ke menu pengaturan>tentang ponsel > pembaharuan sistem
  • Klik titik 3 di sudut kanan atas dan tab pada pilih paket pembaharuan
  • Apabila tidak muncul, klik pada logo MIUI sebanyak 10 kali dan akan muncul pemberitahuan Tambahkan Fitur Pembaharuan Hidup
  • Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke File Manager. Silahkan cari folder tempat menyimpan ROM
  • Tab Oke dan ikuti proses berikutnya sesuai dengan instruksi
  • Jangan lupa untuk memuat ulang perangkat kembali.
Baca Juga:  Ternyata Begini Cara Mengecek Garansi Xiaomi

Upgrade Melalui Custom Recovery TWRP

Upgrade Melalui Custom Recovery TWRP

Apabila Anda masih mencari cara upgrade versi android Xiaomi terbaru lainnya, maka dapat mempertimbangkan untuk menggunakan langkah dibawah ini. Yakni Anda dapat menggunakan custom recovery TWRP juga.

Sebelum itu, Anda perlu agar memasang MAGISK di Xiaomi dahulu dan tipe HP juga harus telah unlock bootloader. Apabila sudah, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Masuk ke menu recovery mode dengan menekan tombol volume up + power hingga nantinya logo android
  • Berikutnya bersihkan data didalam smartphone dengan cara klik wipe data
  • Sesudah itu, tab install dan cari file update dimana akan diinstall tersebut
  • Nantinya, sistem akan secara otomatis dalam melakukan install
  • Sesudah proses install selesai maka dapat melakukan reboot sistem
  • Tunggu hingga HP menyala dengan sendirinya.

Keuntungan Melakukan Upgrade Sistem Android Xiaomi

Sudah tahu bukan cara melakukan pembaharuannya? Ternyata terdapat keuntungan upgrade versi android Xiaomi dimana perlu diketahui. Seperti mampu meningkatkan versi sistem pada perangkat sehingga lebih terlihat menarik.

Tidak sampai disitu saja, dengan melakukan upgrade itulah ternyata juga mampu meningkatkan kinerja dari ponsel Anda tersebut. Bahkan performanya bisa jauh lebih cepat dibandingkan dengan sebelumnya sehingga dijamin puas.

Bahkan dengan melakukan update itulah, ternyata juga akan membuat versi aplikasi semakin meningkat sehingga Anda dapat memperoleh pembaharuannya. Tampilan dari user interface perangkat juga akan semakin menarik.

Keuntungan lainnya adalah memperbaiki sejumlah error atau bug, membuat perangkat jauh lebih stabil, mempercepat perangkat android Xiaomi Anda hingga memperoleh fitur android terbaru yang dijamin semakin menarik.

Bagi pengguna Xiaomi, maka jangan sampai lewatkan untuk memperbarui smartphone Anda ke versi terbaru. Nah cara upgrade versi android Xiaomi terbaru diatas dapat diterapkan pada semua tipe ponsel dari brand ini.

Leave a Comment