Cara Promosi di Instagram Story Agar Dagangan Laris Manis

Instagram yang saat ini menjadi salah satu sosial media yang banyak digunakan hampir setiap orang di dunia, selain untuk mengunggah foto dapat digunakan sebagai media untuk melakukan promosi sebuah produk.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk promosi sebuah produk di instagram, salah satunya adalah dengan cara promosi di Instagram Story.

Pada ulasan ini akan membahas bagaimana cara untuk promosi sebuah produk jualan atau membuat iklan di Instagram Story.

Langkah Melakukan Promosi Di Instagram Story

Membuat Story

Untuk dapat membuat sebuah iklan di Instagram Story tentunya harus terlebih dulu cara membuat Instagram Story. Berikut langkah untuk membuat Instagram Story.

Langkah membuat story :

  • Masuk beranda Instagram lalu klik ikon kamera di pojok kiri atas.
  • Ambilah foto atau video dengan menggunakan tombol yang ada di tengah.
  • Editlah foto atau video yang diinginkan.
  • Terakhir adalah upload foto atau video dengan menekan tombol bagikan yang ada di bagian kanan bawah layar ponsel.

Setelah mengetahui cara membuat Instagram Story, selanjutnya anda dapat membuat dan melakukan promosi produk anda di Instagram Story.

Membuat Desain Promosi

Pengguna Instagram memiliki opsi untuk melewatkan atau mengabaikan iklan yang anda bagikan, maka dari itu produk yang ingin anda promosikan harus dapat menarik perhatian pengguna Instagram.

Bila anda ingin membuat promosi dengan gambar, pastikan gambar yang anda buat harus memiliki kualitas yang bagus. Gunakanlah gambar dengan resolusi 1080 x 1920 dengan aspek rasio 9 : 16.

Buatlah gambar dengan desain yang semenarik mungkin, padukan dengan warna warna yang menarik perhatian, hal ini akan membuat pengguna Instagram yang melihat foto anda menjadi penasaran dan tertarik untuk menggunakan produk yang anda promosikan.

Lalu  buatlah tulisan teks yang sederhana namun dapat menarik para pengguna Instagram untuk melihat promosi anda.

Bagi anda yang memilih promosi dengan menggunakan video, pastikan bahwa video yang anda buat memiliki format MOV, MP4 atau GIF dan panjang durasi iklan tidak lebih dari lima belas detik saja.

Kesadaran Merk Dan Produk

Meningkatkan kesadaran akan merk dan produk, dapat bermanfaat besar untuk Instagram Story anda.

Cara untuk meningkatkan kesadaran merk dan produk ini dengan cara memilih gambar atau video yang bisa dengan cepat menarik perhatian pengguna Instagram.

Jangan lupa untuk menampilkan nama dari brand yang anda promosikan dengan cukup mencolok. Hal ini diperlukan untuk menarik perhatian  serta membuat iklan anda lebih banyak peminatnya.

Ketahuilah yang menjadi target pasar dari produk yang anda promosikan, anda dapat menambahkan beberapa spesifikasi yang simple mengenai produk yang sedang anda promosikan di Instagram.

Anda juga bisa menggunakan warna yang kontras serta terlihat jelas pada teks di Instagram Story anda, sehingga para pengguna Instagram dapat mengetahui rincian dari produk yang sedang anda promosikan.

Menggunakan User Generated Content (UGC)

User Generated Content atau yang lebih dikenal dengan UGC merupakan media pemasaran yang memiliki pengaruh sangat besar untuk sebuah bisnis.

Dengan menggunakan UGC anda tidak perlu bersusah payah untuk membuat konten di Instagram Story.

Anda hanya perlu mendapat sebuah izin dari pengguna yang nantinya akan membuat promosi dan memposting produk anda di Instagram Story, serta menambahkan merk dari produk anda. Hal ini tentu akan membuat anda lebih hemat waktu daripada harus membuat postingan sendiri dari awal.

Selain itu menggunakan UGC menjadi cara yang baik untuk anda agar dapat membangun hubungan serta loyalitas dengan pengikut anda.

Pengikut anda akan jadi lebih bersemangat untuk dapat membantu mempromosikan produk anda, apabila anda memperhatikan serta berbagi pengarahan yang jelas.

Dengan menggunakan UGC ini, akan banyak audience atau pengikut anda yang terlibat dalam proses promosi ini. Penggunaan UGC di Instagram memiliki manfaat yang besar karena selain anda dapat mempromosikan produk anda sendiri, anda juga dapat mengajak orang lain untuk membantu dan menyukai produk yang anda promosikan.

Membuat Dan Mengumumkan Diskon Produk

Setiap orang sangat menyukai diskon atau potongan harga. Membuat promosi di Instagram Story serta memberikan sebuah potongan harga adalah cara yang terbaik.

Buatlah teks potongan harga dari produk anda, buatlah tulisan dengan warna yang mudah dibaca. Usahakan tampilan nilai potongan harganya dibuat lebih besar dari teks lainnya. Hal ini bertujuan untuk dapat menarik minat para pengguna Instagram yang melihat promosi produk anda.

Dengan memberikan sebuah potongan harga di Instagram Story, maka orang yang melihat promosi anda dapat lebih mudah untuk tertarik dengan produk anda, dan dapat lebih cepat untuk menghubungi anda atas ketertarikan mereka pada produk yang anda jual.

 Buat Promosi Anda

Anda dapat membuat promosi di Instagram Story dengan Facebook  Ads Manager atau Power Editor. Terlebih dulu Instagram anda harus terhubung dengan Facebook.

Campaign Object

Setelah Instagram anda terhubung dengan Facebook, masuklah ke Facebook Ads Manager lalu ke menu Campaign Object kemudian pilih Reach untuk dapat menjangkau peminat dari produk anda sebanyak mungkin.

Lalu buatlah nama dari Campaign anda dan klik tombol continue.

Edit Placement

Kemudian pilihlah peminat anda dan buka placement selanjutnya pilih opsi Edit Placement.

Pada menu Instagram pilihlah Stories. Setelah anda memilih stories, maka pilihan lainnya tidak dapat anda gunakan, karena anda tidak dapat menggunakan Instagram Story untuk penempatan lainnya.

Edit Format Ads

Langkah berikutnya adalah membuat jenis format yang akan digunakan untuk promosi produk anda.

Format yang disediakan adalah format dalam bentuk foto dan video. Setelah itu upload lah foto atau video promosi anda yang telah anda desain sebelumnya.

Setelah anda memilih foto atau video yang akan anda upload, anda dapat menambahkan tag pada foto atau video promosi anda. Menambahkan tag berguna untuk pengguna Instagram dapat lebih mudah menemukan produk yang sedang anda jual.

Buatlah tag dengan keyword yang paling mudah dicari oleh para pengguna Instagram, dengan begitu makan promosi anda juga dapat dilihat oleh lebih banyak pengguna Instagram.

Dalam membuat promosi di Instagram Story juga terdapat ketentuan – ketentuan yang perlu anda perhatikan. Ketentuan ini berguna untuk membantu anda agar produk yang anda promosikan menjadi lebih menarik serta memiliki kualitas yang bagus juga.

Dalam ketentuan tersebut terdapat panduan untuk menghasilkan sebuah format foto atau video yang berkualitas bagus dan menarik. Dengan demikian promosi anda akan lebih banyak mengundang pengguna Instagram untuk membeli produk anda.

Demikianlah ulasan mengenai cara promosi di Instagram Story. Sosial media ini menjadi salah satu sosial media dengan banyak fungsi yang dapat membantu setiap penggunanya menghasilkan konten yang bagus.