Cara Menyambungkan HP OPPO ke TV Semua Merk

Apakah Anda sudah tahu bahwa ada cara menyambungkan HP OPPO ke TV dengan mudah? Jika belum, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencari tahu apa saja cara untuk melakukannya.

Sebenarnya, menyambungkan perangkat HP ke TV bukanlah menjadi hal yang baru di dunia teknologi. Pasalnya terdapat cukup banyak cara yang bisa digunakan untuk mewujudkan hal tersebut.

Lantas, bagaimanakah langkah-langkah untuk bisa menghubungkan perangkat HP OPPO ke TV? Nah untuk mengetahuinya, langsung saja ikutilah berbagai macam cara yang dijelaskan pada ulasan berikut ini.

Tentang Menyambungkan HP OPPO ke TV

Tentang Menyambungkan HP OPPO ke TV

Menonton video di HP tentu merupakan suatu hal yang menyenangkan. Apalagi sekarang telah banyak aplikasi streaming yang bisa dinikmati seperti YouTube, Netflix, dan berbagai macam layanan streaming lainnya di HP.

Adanya berbagai layanan tersebut membuat Anda lebih mudah dalam mengakses beragam video ataupun film dari HP. Hanya dengan membuka aplikasi atau download saja, video tersebut sudah Anda nikmati di HP.

Namun, pada saat Anda menonton di HP tentu sensasi dan kenyamanan yang dirasakan pasti berbeda dengan menonton di TV. Pasalnya, layar HP ukurannya sangatlah terbatas dan tidak sebesar layar TV.

Nah, agar Anda tetap bisa menonton video di HP dengan nyaman, maka bisa mencoba menggunakan cara menyambungkan HP OPPO ke TV. Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi tambahan ataupun bantuan dari kabel.

Dengan menyambungkan perangkat HP ke Televisi, tentu acara menonton streaming bisa menjadi lebih seru karena bisa ditonton bersama teman ataupun keluarga. Selain itu, gambar yang ditampilkan di TV pastinya juga bisa lebih tajam.

Baca Juga:  Cara Mengembalikan Keyboard HP Oppo dengan Mudah

Cara Menyambungkan HP OPPO ke TV Menggunakan Kabel

Untuk bisa menghubungkan HP ke layar TV, Anda bisa menggunakan bantuan kabel. Kabel yang dimaksud pada cara ini adalah jenis kabel HDMI to HDMI dan juga kabel USB to HDMI.

Selain itu, cara ini bisa dilakukan dengan syarat TV Anda sudah mempunyai port HDMI cadangan. Namun, jika tidak punya, maka bisa juga menggunakan jenis kabel MHL yang telah support pada HP OPPO Anda.

Apabila Anda telah mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan tersebut, maka berikutnya Anda bisa memulai untuk menghubungkan perangkat HP dengan TV. Berikut ini adalah cara menyambungkan HP OPPO ke TV menggunakan bantuan kabel.

  • Pertama-tama, matikan terlebih dahulu perangkat TV
  • Setelah itu, pasangkan port kabel HDMI ke TV
  • Pasang port Kabel USB to HDMI ke HP OPPO
  • Jika sudah, TV bisa dihidupkan kembali
  • Selanjutnya, setting channel TV ke mode HDMI
  • Berikutnya, aturlah HP OPPO dalam mode HDMI Connections
  • Selesai, HP sudah berhasil dihubungkan ke TV

Cara Menyambungkan HP OPPO ke TV dengan Aplikasi Miracast

miracast

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menghubungkan HP OPPO ke Televisi adalah menggunakan aplikasi Miracast. Aplikasi tersebut memang secara khusus dapat digunakan untuk menyambungkan HP Anda ke layar TV.

Pada aplikasi Miracast, terdapat beberapa macam fitur menarik yang diberikan seperti pengaturan resolusi, screen sharing, bisa digunakan banyak merek Android, dan lain sebagainya. Untuk melakukan cara ini, Anda bisa lihat langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Pertama, pastikan TV sudah support aplikasi Miracast dan jaringan Wifi
  • Pastikan juga HP OPPO dan TV menggunakan jaringan internet yang sama
  • Setelah itu, download aplikasi Miracast di HP OPPO
  • Hidupkan penangkap Wifi di HP OPPO
  • Selanjutnya, bukalah aplikasi Miracast di HP
  • Kemudian, pilih “Connect” dan hidupkan multi layar interaksi
  • Jika sudah, bukalah pengaturan TV
  • Aktifkanlah mode Miracast/Mirroring
  • Apabila berhasil, device akan terdeteksi di HP OPPO
  • Lalu, tinggal pilih nama device TV dan pilih “sambungkan”
  • Selesai
Baca Juga:  Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Cara Menyambungkan HP OPPO ke TV dengan Google Chromecast

Tidak hanya dengan aplikasi Miracast, Anda juga bisa memanfaatkan Google Chromecast untuk menghubungkan HP ke TV. Untuk yang belum tahu, Google Chromecast adalah adaptor streaming yang dibuat Google untuk melihat konten online di TV.

Untuk cara kerjanya, Google Chromecast ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya seperti Apple TV dan AirPlay. Hal yang dibutuhkan dalam hal ini hanyalah jaringan internet Wifi yang sama antara TV dan HP OPPO.

Berikut adalah cara menyambungkan HP OPPO ke TV dengan bantuan Google Chromecast:

  • Permata, download dan pasang aplikasi Google Chromecast terlebih dahulu
  • Setelah itu, aktifkan jaringan Wifi di HP OPPO Anda
  • Kemudian, ubah TV ke mode koneksi HDMI dengan remote
  • Selanjutnya, masukkanlah kode pada layar TV lewat Google Chromecast untuk melakukan sinkronisasi perangkat
  • Selesai

Setelah proses sinkronisasi berhasil, maka TV sudah dapat menampilkan layar HP Anda di layar TV. Berikutnya, Anda bisa langsung menikmati menonton video HP di TV dengan nyaman bersama keluarga.

Keuntungan Menyambungkan HP OPPO Ke TV

Dengan memanfaatkan cara menyambungkan HP OPPO ke TV yang dijelaskan sebelumnya, tentu terdapat berbagai keuntungan yang bisa dirasakan. Nah, berikut ini adalah keuntungan apa saja yang bisa didapatkan saat menghubungkan HP ke TV.

1. Menonton Video Jadi Lebih Nyaman

Meskipun sudah mempunyai banyak fasilitas, menonton di HP tentu tetaplah kurang nyaman. Pasalnya, Anda harus memegang HP terus menerus agar mendapatkan posisi menonton layar yang lebih nyaman.

Baca Juga:  Review Xiaomi Pad 6 Tablet murah kencang terbaru

Namun, dengan dihubungkan ke TV, Anda tidak perlu repot menentukan posisi HP lagi. Jadi, tinggal siapkan saja bantal ataupun snack ringan sebagai teman menonton video dari layar TV.

2. Layar Lebih Lebar

Keuntungan berikutnya adalah Anda bisa melihat video di HP dengan layar yang lebih lebar serta kualitas yang lebih baik. Menonton di layar TV yang lebih lebar tentu membuat gambar yang ditampilkan jadi lebih tajam.

Mengapa HP OPPO Gagal Terhubung ke TV

Setelah mencoba berbagai cara menyambungkan HP OPPO ke TV di atas, mungkin masih terdapat orang yang belum berhasil menghubungkan HP ke TV. Hal tersebut biasanya terjadi karena terdapat beberapa persyaratan yang belum terpenuhi.

Seperti yang dijelaskan pada cara sebelumnya, untuk bisa menyambungkan perangkat, baik HP maupun TV harus sudah mendukung fitur mirroring. Apabila hal itu belum bisa, maka proses mirroring HP ke TV tentu tidak akan bisa dilakukan.

Selain itu, cara tersebut juga hanya bisa dilakukan pada jenis Smart TV yang bisa menginstal aplikasi dan menangkap jaringan Wifi. Apabila TV yang digunakan merupakan TV biasa, maka cara di atas tidak bisa untuk Anda lakukan.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk mencoba berbagai cara yang dijelaskan di atas, pastikan terlebih dahulu jika perangkat yang dimiliki sudah sesuai. Dengan begitu, proses penyambungan antara HP OPPO ke layar TV bisa dilakukan.

Itulah tadi berbagai cara menyambungkan HP OPPO ke TV yang bisa dicoba. Dengan menggunakan cara ini, Anda bisa mendapatkan kualitas menonton video HP dengan pengalaman yang lebih menyenangkan dan kualitas lebih baik.

Bagikan Postingan: