Cara Menghilangkan Opsi Sleep di Lockscreen Windows 10, Ikuti Langkah Berikut! 

Banyak pengguna laptop ataupun komputer sering meninggalkan perangkat tersebut dalam keadaan hidup atau menyala. Lockscreen akan sangat bermanfaat sekali untuk perangkat itu agar menghindari seseorang mengotak atik perangkat tersebut selama kamu atau pengguna lain pergi ke luar.

Bahkan kamu dapat menggunakan cara menghilangkan opsi sleep di lockscreen windows 10 ketika sudah selesai menggunakan opsi sleep itu.

Apa Itu Lockscreen Windows 10?

Lockscreen merupakan tampilan pada layar dimatikan dan dinyalakan baik handphone ataupun komputer kamu baik dengan cara menggeser atau dengan menggunakan password.

Melalui Lockscreen ini, kamu akan lebih aman dalam meninggalkan perangkat yang masih menyala karena otomatis akan mengunci windows kamu sehingga tiada siapapun bisa mengotak atiknya. Banyak pengguna yang menggunakan Lockscreen, sehingga kamu pun tidak boleh ketinggalan.

Cara Mengganti Background Lockscreen Pada Windows 10

Ada berbagai hal yang dapat kamu sebagai pengguna lakukan mengenai tampilan Lockscreen ini khususnya pada windows 10. Salah satunya adalah bagaimana mengganti background lockscreennya sehingga akan lebih terlihat sesuai dengan keinginan kamu. Untuk caranya, maka kamu cukup mengikuti langkah berikut ini:

  • Untuk membuka menu settings maka kamu bisa menekan tombol shortcut Windows + I lalu masuklah ke menu personalization
  • Lalu kamu dapat memilih “opsi” Yang letaknya berada di panel sebelah kiri
  • Langkah berikutnya adalah dengan ganti background ke “picture” Lalu klik “browse” dan pilihlah gambar yang ingin kamu jadikan sebagai background setelah itu klik “choose picture”
  • Lakukan scroll ke bawah dan checklist pilihan ” Show Lock Screen Background Picture on the Sign in Screen” Ini dilakukan agar background akan selalu muncul ketika login screen
  • Untuk pilihan background yang keren dan sesuai keinginan maka kamu dapat download lock screen window 10
Baca Juga:  Kelebihan dari Download Windows 10 64 bit dalam Pemakaian Anda

Cara Mengatur Screen Time & Sleep

Ketika kamu mengatur Screen Time & Sleep, maka nantinya akan ada efek yang terlihat. Screen Time dan juga Sleep, di mana Screen Time adalah tampilan layar mati namun tidak mengunci sedangkan Sleep adalah semua komponen laptop ataupun komputer akan berhenti bekerja tentunya daya yang digunakan akan lebih sedikit sampai nantinya kamu akan menghidupkannya kembali.

Untuk mengatur screen time & sleep, kamu dapat menggunakan langkah-langkah berikut:

  • Carilah menu pengaturan/ settings,  kamu tekan tombol kombinasi “windows + I
  • Lalu masuklah ke menu ” System” Dan setelah itu pilih “power & sleep” Yang letaknya berada di panel sebelah kiri
  • kamu bisa mengatur layar mati pada menu screen dan pada menu sleep kamu dapat mengatur waktu PC tidur secara otomatis

Cara Untuk Mengatur Auto Lock Screen Windows 10

Sleep di windows 10 merupakan opsi untuk menyimpan pekerjaan pengguna yang sudah dibuat secara otomatis. Ketika kamu sudah memilih mode sleep maka kamu sebagai pengguna tidak perlu menutup program yang kamu di perangkat. Ketika kamu ingin mengaktifkan lagi maka komputer akan langsung aktif seperti sebelum menggunakan mode sleep. Sampai dengan saat ini, banyak pengguna yang belum tahu bagaimana cara untuk mengunci layar pada windows 10. Karena itu berikut akan dijelaskan tahap demi tahap dalam mengatur auto lock screen pada windows 10.

  • Temukan menu settings lalu tekan kombinasi windows + I setelah itu masuk ke menu personalization
  • Pilih “Lock Screen” Pada panel yang ada di sebelah kiri lalu scroll kebawah selanjutnya klik “screen saver settings”
  • Nantinya kamu akan menemukan kolom “wait” kamu bisa mengganti angka ke berapa untuk mengunci screen
  • Langkah selanjutnya adalah dengan menceklist “On Resume, Display Loh on Screen” Dan setelah itu klik “apply” dan “Ok”
Baca Juga:  Cara Update Driver Windows 10 yang Mulai Bermasalah

Perbedaan Sleep, Hibernate, Shutdown dan Restart Pada Komputer

Sebelum kamu mengetahui cara menghilangkan opsi Sleep pada Lockscreen Windows 10, maka ada baiknya kamu harus tahu perbedaan antara Sleep, Hibernate, Shutdown dan juga Restart pada komputer. Karena ke empat opsi tersebut hampir sama dalam fungsinya.

  • Sleep

Sleep merupakan opsi untuk command komputer tidur sementata. Jika kamu menggunakan mode ini maka komputer kamu akan istirahat hanya saja RAM yang akan tetap berjalan. Namun opsi ini memiliki kelebihan di mana dalam menghidupkan komputer akan lebih cepat dengan hanya menekan tombol sembarang saja.

  • Hibernate

Hibernate merupakan perintah untuk membuat komputer kamu istirahat total tetapi pada saat menghidupkannya kembali kamu sebagai pengguna tidak perlu menjalankan sistem dari awal. Hibernate ini lebih sering disebut dengan kombinasi atau perpaduan antara Sleep dan juga Shutdown.

  • Shutdown

Shutdown adalah opsi dari komputer yang memerintahkan komputer untuk mati secara total. Semua sistem akan mati total dan untuk menghidupkannya lagi maka kamu harus memulainya dengan sistem dari awal. Kelebihan dari opsi shutdown tentu akan membuat komputer kamu benar benar istirahat secara total sehingga akan memperlambat perangkat kamu untuk rusak ataupun lambat loading.

  • Restart

Restart adalah opsi dalam memerintahkan komputer untuk menjalankan sistem ulang. Sistem yang pada awalnya berjalan akan dihentikan semua dan tentu akan dijalankan kembali dari awal secara menyeluruh. Banyak pengguna yang sering melakukan ini karena perangkatnya lambat respon apa yang diinginkan pengguna, sehingga restart menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi hal tersebut.

Baca Juga:  Cara Install Microsoft Teams di Windows 10, Pengertian dan Fungsinya

Kelebihan dari opsi restart ini adalah mampu memperbaiki sistem yang awalnya tidak bekerja sesuai fungsinya yang dikarenakan data dan filenya yang gagal menjalankan fungsinya. Karena itu, banyak pengguna lebih memilih opsi ini dibandingkan opsi lainnya dalam menghadapi “not responding” atau kursus macet dan lain sebagainya.

3 Langkah Cara Menghilangkan Opsi Sleep di Lockscreen Windows 10

Sekarang saatnya kamu mengikuti 3 langkah untuk menghilangkan opsi Sleep di Lockscreen pada windows 10. Caranya juga mudah sama seperti penggunaan laptop pada umumnya. Berikut akan disebutkan dan dijelaskan 3 langkah menghilangkan opsi Sleep tentunya di windows 10, yaitu:

  1. Langkah pertama adalah silahkan kamu membuka Registry Editor untuk memulai menghilangkan opsi sleep ini
  2. Langkah kedua adalah masuk ke key registry, ketika kamu melakukan langkah kedua maka kamu akan melihat ada key value dan bisa kamu edit dengan cara klik kanan pada value lalu klik edit
  3. Langkah ketiga adalah setelah kamu ubah value nya klik ok dan kamu bisa mengecek dengan masuk ke lockscreen dengan menekan tombol win + L,  dan opsi sleep sudah tidak ada lagi

Ternyata penggunaan opsi sleep ada kelebihannya dan juga kekurangannya. Namun ketika kekurangannya berupa kendala yang terjadi pada perangkat kamu, maka kamu sebagai pengguna dapat menggunakan cara menghilangkan opsi sleep di lockscreen windows 10 yang sudah dijelaskan di atas untuk mengatasi hal tersebut.

Walaupun banyak pengguna yang belum mengetahui caranya, namun kamu bisa mempraktekkannya sesuai dengan yang sudah dijelaskan.

Leave a Comment