Cara Mengembalikan Tema Seperti Semula di Berbagi Merek HP

Mengganti tema tampilan pastinya merupakan hal yang sering Anda dan pengguna HP lainnya lakukan. Namun, apakah Anda sudah tahu cara mengembalikan tema seperti semula pada HP Android tersebut?

Secara tampilan, mungkin tema baru yang Anda terapkan lebih unik dan menarik. Akan tetapi, akan tiba waktu di mana Anda sudah bosan dengan tema tersebut kemudian ingin mengembalikan seperti semula.

Nah, meskipun terlihat sederhana, rupanya tidak sedikit orang yang belum memahami tentang cara mengembalikan tampilan tema tersebut. Bagi Anda yang belum tahu, silakan ikuti penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

Cara Mengembalikan Tema Seperti Semula

Apakah Bisa Mengembalikan Tema HP ke Tampilan Semula?

Untuk pengguna HP awam, tentunya kerap kali merasa bingung saat menerapkan perubahan di HP. Salah satu contohnya adalah saat melakukan perubahan pada tema HP yang digunakan.

Bahkan, dari banyaknya pengguna tersebut tidak jarang yang kebingungan saat ingin kembali menerapkan tema default. Nah, yang jadi pertanyaan, apakah bisa tema di HP yang digunakan dikembalikan menjadi tema default HP?

Menjawab pertanyaan tentang apakah bisa tema HP dikembalikan ke tema semula tersebut, jawabannya tentu saja bisa. Bahkan, tampilan tema tersebut bisa dikembalikan kapan saja tanpa harus menunggu dalam waktu tertentu.

Seperti diketahui, perubahan tema pada HP memang sudah disediakan fiturnya di setiap HP. Untuk melakukan perubahan tema tersebut juga tidak diperlukan trik ataupun aturan khusus sehingga Anda bisa dengan bebas untuk mengganti tema di HP.

Baca Juga:  Cara Membatasi Penggunaan Data HP Xiaomi Tanpa dan Dengan Aplikasi

Cara Mengembalikan Tema Seperti Semula Secara Umum

Memilih mengembalikan tema HP menjadi ke default bisa dijadikan pilihan saat Anda sudah mulai bosan dengan tema dari aplikasi launcher. Nah, untuk mengembalikan tema ke default tersebut, Anda bisa mencoba menggunakan cara-cara di bawah ini.

1. Menu Settings

Untuk cara yang dapat digunakan dalam mengembalikan tema HP ke default, terdapat cukup banyak cara yang bisa dilakukan. Cara yang pertama ini bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan fitur yang terdapat di menu pengaturan setiap HP.

Cara seperti ini tentunya dapat dilakukan dengan mudah oleh semua pengguna HP. Untuk lebih jelas dan paham tentang bagaimana caranya, Anda dapat langsung saja mengikuti penjelasan langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Pertama, bukalah menu settings atau pengaturan yang ada di HP
  • Kemudian, pilih menu aplikasi
  • Carilah aplikasi tema yang dipakai di HP
  • Setelah itu, hapus lah cache dan data dari aplikasi tersebut
  • Jika sudah, kembalilah ke halaman utama HP atau home
  • Pilihlah peluncur awal agar tema kembali ke default

Dengan menyelesaikan langkah yang diberikan di atas, secara otomatis tema yang akan diterapkan di HP menggunakan versi default. Dalam hal ini, mungkin terdapat beberapa perbedaan menu pengaturan di setiap HP, namun itu tidaklah menjadi masalah.

2. Menghapus Launcher

Kebingungan dalam mengembalikan tema default HP biasanya karena pengguna sudah telanjur memasang launcher baru. Seperti diketahui, dengan memasang launcher tertentu, tampilan di HP dapat diubah sesuai dengan tema aplikasi launcher tersebut.

Lalu, bagaimanakah cara mengembalikan tema seperti semula jika sudah telanjur menginstal aplikasi launcher tersebut? Caranya tentu sangatlah mudah yaitu tinggal hapus saja aplikasi launcher tersebut dari perangkat HP Anda.

Untuk uninstall aplikasi tersebut, Anda dapat melakukannya langsung dari pengaturan aplikasi di HP ataupun lewat Google Play Store. Dengan menghapus aplikasi, otomatis tema yang akan dipakai pada HP Anda kembali ke setelan default.

Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Jangan Langsung Panik!

Cara Mengembalikan Tema Seperti Semula di HP OPPO

tema default HP OPPO

Pada pembahasan sebelumnya, telah dijelaskan tentang cara mengembalikan tema seperti semula secara umum. Nah, pada bagian ini akan dijelaskan dengan lebih spesifik untuk cara mengembalikan tema default di HP OPPO.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama, bukalah Theme Store di HP OPPO
  • Selanjutnya, carilah menu “ME” dan pilih
  • Login ke aplikasi “ME” tersebut
  • Jika sudah, pilih menu “My Resources”
  • Pilih “Theme”
  • Pilih menu “Default Theme” dan Apply untuk menerapkan tema
  • Setelah itu, sistem akan mengubah tema HP menjadi default

Kurang lebih seperti itulah langkah-langkah untuk mengembalikan setelah pada HP OPPO Anda menjadi default. Secara umum, cara di atas tentu juga tidak kalah mudah karena dari pihak pabrikan OPPO telah diberikan fitur pergantian tema.

Hal yang perlu diperhatikan adalah mungkin cara di atas tidak sama persis di semua HP OPPO. Namun, secara keseluruhan tidak terdapat perbedaan langkah penggantian tema yang terlalu besar jika dibandingkan dengan cara di atas.

Cara Mengembalikan Tema Seperti Semula di HP Samsung

Selain pada HP OPPO, akan dijelaskan juga tentang cara mengembalikan tema seperti semula di HP Samsung. Tidak seperti OPPO yang punya fitur tema di HP, pada HP Samsung ini Anda dapat mengembalikan tema lewat pengaturan.

Untuk cara untuk mengembalikannya, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, masuklah ke menu pengaturan di HP Samsung
  • Pilihlah menu “Themes”
  • Selanjutnya, pilih “My Stuff” yang ada di bagian kanan bawah halaman
  • Setelah itu, pilih “Default”
  • Pilih “Apply” untuk menerapkan tema default Samsung
  • Tunggu proses penggantian tema HP Samsung
Baca Juga:  Cara Update One UI 5 Berbasis Android 13. Penting untuk HP Samsung

Cara yang dijelaskan di atas tentunya juga tidak kalah mudah dibandingkan pada cara mengembalikan tema seperti semula di HP OPPO. Dengan menerapkan langkah tersebut, setelan tema di HP Samsung Anda akan kembali seperti semula.

Untuk cara di atas, bisa diterapkan pada semua tipe HP Samsung. Namun, pada pelaksanaannya mungkin Anda akan menemukan sedikit perbedaan saja seperti dalam hal letak pengaturan tema ataupun di beberapa posisi menu pengaturan HP Samsung.

Cara Mengembalikan Tema Seperti Semula di HP Xiaomi

tema default HP Xiaomi

Berikutnya, bagi Anda yang menggunakan HP Xiaomi, cara mengembalikan tema seperti semula juga sangat mudah dilakukan. Secara umum, Anda dapat mengembalikan setelan tema default tersebut melalui menu pengaturan di HP Xiaomi.

Lalu, bagaimanakah langkah untuk mengembalikan tema default pada HP Xiaomi melalui menu pengaturan tersebut? Nah, untuk mengetahuinya, berikut ini adalah penjelasan tentang cara dan langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama, bukalah menu settings atau pengaturan di HP Xiaomi
  • Setelah itu, carilah menu tema Xiaomi
  • Jika sudah, masuk ke Theme Store Xiaomi
  • Selanjutnya, pilih icon “Profile” di bagian kanan
  • Pilihlah tema “Default”
  • Selesai

Setelah menerapkan langkah yang telah disebutkan di atas, maka otomatis tema di HP Xiaomi Anda akan kembali ke default. Nantinya, jika akan mengganti tema baru, maka Anda juga dapat menggunakan fitur theme tersebut.

Perlu diketahui, sangat mungkin terjadi perbedaan langkah pengembalian tema default di beberapa tipe HP Xiaomi. Akan tetapi, pastinya perbedaan yang ada tidaklah jauh berbeda dengan yang dijelaskan di atas.

Demikianlah tadi berbagai macam cara mengembalikan tema seperti semula yang bisa Anda terapkan. Berdasarkan ulasan di atas, semua cara yang dijelaskan tidaklah terlalu rumit sehingga pengembalian tema tersebut bisa dilakukan oleh siapa saja.

Leave a Comment