Cara Mengatasi Mouse Wireless Tak Terhubung yang Mudah

Anda termasuk pengguna mouse wireless? Mouse wireless memang dianggap sebagai pengganti mouse kabel terbaik karena lebih praktis. Hanya saja, sampai sekarang masih banyak yang mencari cara mengatasi mouse wireless tak terhubung.

Mouse wireless yang tak terhubung menjadi masalah yang paling sering terjadi dan dialami oleh pengguna perangkat tersebut. Apakah Anda pun pernah mengalaminya? Jika benar begitu, jangan buru-buru membeli mouse baru, karena ada solusi yang lebih mudah.

Penyebab Umum Mengapa Mouse Wireless Tak Terhubung

Sebelum membahas tentang cara mengatasi mouse wireless tak terhubung, mungkin harus dipahami dulu apa saja penyebabnya. Setelah itu baru bisa dilakukan langkah penanganan yang tepat. Pada umumnya mouse wireless tidak berfungsi normal karena:

cara mengatasi mouse wireless tak terhubung

  •         Perangkat Wireless Dalam Kondisi Off
  •         Daya Baterai habis
  •         Driver yang eror
  •         Port USB error
  •         Bug pada komputer
  •         Kerusakan mouse wireless

Semua itu adalah penyebab umum kondisi mouse wireless tiba-tiba tak terhubung. Untuk cara mengatasinya, akan dijelaskan pada pembahasan berikutnya jadi ada baiknya Anda simak baik-baik.

Baca juga: komputer tiba-tiba restart

Cara Mengatasi Mouse Wireless Tak Terhubung Termudah

Biasanya setelah mengetahui mouse wireless bermasalah, rata-rata orang akan langsung membeli baru. Padahal, hal seperti ini belum perlu. Mouse wireless masih bisa diatasi dengan cara-cara di bawah ini:

Pastikan Mouse Wireless Benar-Benar Dalam Kondisi Menyala

Begitu merasa mouse wireless Anda tak terhubung, hal pertama yang harus dilakukan adalah pastikan perangkat tersebut sudah menyala atau belum. Terkesan lucu memang, namun faktanya kondisi seperti ini cukup sering terjadi.

Baca Juga:  Ternyata Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Freeze

Apalagi jika Anda merupakan pengguna mouse wireless baru yang sebelumnya pakai model biasa (kabel). Beberapa tipe atau model mouse wireless mempunyai tombol switch on/off yang berada di bagian bawah mouse.

Ada juga yang letaknya di bagian dalam tempat mengganti baterai. Jadi, silahkan Anda cek dulu tombol-tersebut untuk memastikan mouse wireless sudah dalam posisi “on”. Jika sudah, coba aplikasikan mouse kembali untuk memastikan sudah terhubung apa belum.

Sebagai tambahan, ada juga mode atau tipe mouse wireless yang tak dilengkapi tombol on/off. Biasanya yang seperti ini akan secara otomatis “on” begitu dihubungkan dengan laptop. Apabila cara ini belum membantu silahkan pilih alternatif lain.

Memperbaharui Driver Mouse Wireless

Mouse wireless sudah menyala (dalam kondisi “on”) namun tetap tidak terhubung dan tak mau berfungsi. Kalau sudah begitu, bisa dilakukan proses update driver yang kemungkinan mengalami error. Lakukan melalui device manager dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  •         Buka menu “start”
  •         Klik “device manager”
  •         Pilih “Mice and other pointing device”
  •         Cari driver mouse, kemudian klik kanan dan pilih opsi “update driver”
  •         Pilih “search automatically for drivers”

Setelah sejumlah langkah tadi sudah Anda lakukan, sekarang tinggal cek lagi mouse wirelessnya. Namun selain mengupdate, pengguna pun dapat melakukan install ulang driver mouse wireless.

Untuk caranya sendiri hampir sama. Anda hanya perlu klik kanan driver mouse wireless. Setelah itu pilih “uninstall device”. Apabila sudah, klik langsung pada menu “action”. Terakhir klik “scan for hardware change”.

Terdapat kondisi jika driver mouse wireless sama sekali tidak muncul di device manager. Artinya, memang mouse tersebut tidak terdeteksi sama sekali atau kemungkinan besar eror disebabkan hal lain. Cari solusi lain juga untuk mengatasinya.

Baca Juga:  3 Alternatif Terbaik Cara Download Story Instagram

Copot Koneksi Sekaligus Baterainya

Cara mengatasi mouse wireless tak terhubung yang paling mudah sebetulnya Anda tinggal mencopot koneksi atau receivernya. Selain itu, lepas juga bagian baterai seperti pada umumnya.

cara mengatasi mouse wireless tak terhubung

Jika sudah Anda lepas, tunggu dulu sampai beberapa saat, bisa mungkin selama kurang lebih 10 detik. Kemudian, masukkan kembali baterainya lalu hubungkan USB konektor mouse wireless tersebut ke laptop atau PC Anda. Perhatikan apakah sudah terhubung atau belum.

Memasangkan Mouse Wireless ke PC/laptop Lain

Kalau dari cara pertama tadi Anda belum menemukan yang bisa memberikan solusi terbaik, mouse wireless masih belum bisa terhubung, ada alternatif lain. Coba hubungkan mouse ke laptop/pc lain.

Dengan cara ini, Anda bisa mengecek apakah kerusakan memang berasal dari mouse wireless atau tidak. Apabila setelah dipasang pada laptop/PC lain terbaca, artinya mouse wireless masih normal. Seharusnya Anda masih bisa menggunakannya.

Namun, apabila setelah dipasang ke laptop/PC lain pun mouse wireless masih tak terhubung, tidak terdeteksi bisa jadi sudah rusak. Selain itu, dapat juga mouse wireless tersebut kehabisan baterai.

Coba ganti baterai dulu lalu lakukan hal yang sama adalah solusinya. Setelah ganti baterai lalu dipasang ke PC/laptop lain masih tetap tak mau bekerja, mungkin Anda perlu membeli mouse baru.

Pindahkan Port USB Mouse Wireless ke Port Lain

Mouse wireless yang tak terhubung pun bisa dikarenakan adanya error pada port USB laptop/pc pengguna. Jika hal ini terjadi, Anda tinggal coba saja melepas konektor USB mouse wireless tersebut.

Setelah itu, hubungkan kembali ke port USB yang lain di PC/Laptop. Bagi pengguna komputer bisa diperhatikan baik-baik. Anda sebaiknya mencoba menghubungkan port USB bagian belakang.

cara mengatasi mouse wireless tak terhubung

Mengapa hal itu dilakukan? Pasalnya port USB komputer bagian belakang pada umumnya cenderung lebih stabil. Paling tidak jika dibandingkan dengan port USB lain yang berada di casing depan perangkat.

Baca Juga:  Cara Membuat Video Tiktok Fyp Untuk Pemula

Mengganti Baterai Mouse Wireless

Tidak seperti mouse kabel biasa, mouse wireless ini membutuhkan baterai untuk konsumsi daya. Dengan begitu, mouse tetap bisa dipakai oleh pengguna. Coba lihat posisi lampu mouse wireless apakah sudah menyala?

Bisa juga Anda sudah mencoba menghidupkannya namun masih tidak berhasil? Hal ini mungkin pertanda jika mouse wireless dalam kondisi kehabisan baterai. Solusinya coba beli baterai yang baru.

Jangan lupa beli baterai mouse dengan tipe yang sama, lalu silahkan menggantinya. Pada umumnya, cara ini sangat ampuh untuk mengatasi mouse wireless yang tak terhubung di laptop/PC. Setelah baterai diganti, mouse wireless akan kembali bekerja dengan baik.

Lepas Dongle Mouse Wireless Lalu Memasangnya Kembali

Cara ini mungkin agak mirip dengan sebelum-sebelumnya, tapi beda sedikit. Letak perbedaannya adalah disini Anad tidak perlu mencabut baterai mouse wireless terlebih dahulu. Cukup melepas dongle atau receiver nya saja, kemudian pasang kembali.

Sebagai saran saja, sebelum konektornya dihubungkan, ada baiknya Anda lakukan restart dulu pada PC/laptop. Cobalah cara ini, karena banyak yang mencobanya dan terbukti sangat efektif untuk mengatasi wireless mouse tak terhubung.

Membeli Mouse Wireless Baru

Merupakan cara mengatasi mouse wireless tak terhubung yang terakhir. Jadikan cara ini sebagai opsi paling akhir, setidaknya Anda sudah mencoba alternatif lain. Apalagi jika Anda sudah mencoba mengaplikasikan mouse pada PC/laptop lain dan masih tak mau bekerja.

Bisa diartikan mouse memang sudah mengalami kerusakan. Satu-satunya solusinya hanyalah membeli yang baru. Supaya lebih aman, pastikan membeli produk mouse wireless yang berkualitas.

Itu dia tadi cara mengatasi mouse wireless tak terhubung. Membeli baru memang bisa Anda lakukan. Namun jadikan itu sebagai alternatif terakhir, sebab ada solusi lain yang mungkin masih bisa mengatasi masalah Anda tersebut. 

Leave a Comment