Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri Tercepat

Anda mungkin pernah mengalami, saat sedang serius mengerjakan sesuatu tiba-tiba komputer restart sendiri. Padahal Anda sama sekali belum menyimpan hasil pekerjaan tadi. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasi komputer restart sendiri.

Sebetulnya, masalah komputer restart sendiri itu bisa diatasi dengan mudah. Hanya saja, Anda perlu mengetahui dulu apa penyebabnya. Pada umumnya hal yang membuat kondisi komputer bisa restart sendiri adalah karena kelebihan kapasitas.

Oleh karena beban berlebih tersebut, komputer mengalami down kemudian merestart sistemnya sendiri. Kapasitas disini maksudnya bisa harddisk, RAM, Processor dan lain-lain. Pada intinya, Anda masih bisa mengatasi masalah komputer restart sendiri kok.

Baca juga: android TV box

Penyebab Umum Komputer Restart Sendiri

Sebelum membahas tentang cara mengatasi komputer restart sendiri, mungkin mengetahui apa saja penyebabnya adalah pilihan terbaik. Secara umum, komputer atau laptop tiba-tiba restart sendiri karena:

cara mengatasi komputer restart sendiri

Processor Kepanasan

Bekerja sebagai otak komputer, saat menerima pekerjaan berat, processor pun akan menjadi cepat panas. Jika tidak segera didinginkan, maka bisa membuatnya berhenti bekerja atau restart sendiri. Oleh sebab itu, jangan biarkan komputer dipakai saat suhu panas.

Driver/Software Tidak Kompatibel

Driver yang tidak kompatibel dengan hardware dan sistem operasi pun bisa membuat komputer restart sendiri. Selain itu, kondisi ini pun dapat membuat komputer mengalami blue screen. Cara mengecek driver bisa melalui device manager.

Power Supply Kekurangan Daya

Komputer restart sendiri juga bisa disebabkan karena kipas power supply macet dan membuatnya overheat. Untuk mengetahui power supply bermasalah atau tidak, cukup nyalakan komputer. Jika terasa panas, biasanya memang ada masalah serius di sana.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri Baterai Tanam Anti Ribet

Hardisk Bad Sector/Error

Kondisi komputer yang tiba-tiba restart sendiri pun dapat dipicu karena ada harddisk error atau bad sector. Cakram keras yang rusak membuat komputer terus melakukan restart sendiri lalu diikuti dengan blue screen pada layar.

Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri Tercepat

Apakah komputer Anda sudah terlanjur sering melakukan restart sendiri? Panik sedikit wajar, tapi jangan terlalu khawatir. Masih ada cara mengatasi komputer restart sendiri paling cepat dan mudah yang bisa Anda coba, yaitu:

Cek Daya Pada Power Supply

Sama halnya dengan mobil yang butuh bahan bakar bensin supaya bisa berjalan. Begitu juga dengan komputer yang butuh listrik agar bisa beroperasi. Tegangan listrik di Indonesia khususnya di beberapa daerah pada umumnya sering naik turun.

Jika daya listrik yang masuk ke Power Supply kurang, wajar jika komputer melakukan restart. Anda bisa mengatasinya menggunakan stabilizer atau UPS. Jadi, tegangan listrik akan tetap terjaga walaupun kondisinya naik turun.

Bukan hanya itu saja, lonjakan listrik yang tiba-tiba sebenarnya pun cukup berbahaya. Selain bisa membuat komputer restart tiba-tiba, juga dapat merusak komponen di dalamnya. Pada saat power supply bermasalah, maka suplay daya ke komponen lain pun jadi demikian.

Cek Temperatur CPU

Seringkali ditemukan komputer mengalami overheating dan otomatis akan merestart diri sendiri. Hal ini dilakukan untuk mengatasi kerusakan pada beberapa komponen karena kepanasan.

cara mengatasi komputer restart sendiri

Saat komputer bekerja terlalu berat, apalagi untuk beberapa jenis program harus digunakan dalam waktu lama, besar kemungkinan terjadi overheat. Jadi, usahakan untuk tidak membuka banyak program dalam waktu bersamaan. Matikan program yang tidak digunakan.

Baca Juga:  Ternyata Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Freeze

Mengecek temperatur CPU bisa menggunakan program seperti Speed Fan, Open Hardware Monitor, dan lainnya. Selain itu, overheating pada komputer juga bisa disebabkan karena terganggunya sistem pendinginan CPU.

Setting Off Automatically Restart

Cara kedua adalah dengan menonaktifkan automatically restart supaya komputer saat mengalami crash atau dump tidak melakukan restart sendiri. Untuk mengaplikasikannya, berikut tahapan yang perlu Anda lakukan:

  •         Tekan tombol windows + E untuk buka file explorer lalu klik kanan my computer/this PC dan pilih properties
  •         Pilih opsi advanced system settings
  •         Masuk ke menu system and recovery lalu klik settings
  •         Hilangkan ceklist pada automatically restart dan pilih ok

Cek Fan dan Heatsink Pada CPU

Jika fan serta heatsink bermasalah, bisa membuat kurang lancarnya proses pendinginan komponen dalam CPU, khususnya processor. Ini juga bisa membuat komputer restart sendiri. Jadi, periksa lagi apakah fan berputar secara normal.

Bersihkan semua debu yang menempel baik pada fan maupun heatsink. Jika sudah dibersihkan tapi fan tetap tidak berputar normal atau sampai mati, sebaiknya segera dilakukan penggantian. Sebelum komponen lain juga rusak karena overheating.

Cek Processor

Processor memiliki self system untuk merestart komputer saat sudah mencapai temperatur tertentu. Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan kerusakan komponen karena overheating.

Jika merasa fan tidak ada masalah dan heatsink juga bersih tapi komputer tetap restart sendiri, kemungkinan karena hal lain. Seperti pasta penyalur panas dari processor ke heatsink sudah tipis dan kering atau menggumpal.

Kalau sudah begini, Anda harus segera menggantinya dengan pasta baru. Ada banyak isothermal di pasaran dengan aneka pilihan harga. Namun, ada baiknya Anda tidak memilih yang terlalu murah, karena pastinya berpengaruh pada kualitas.

Baca Juga:  Begini Cara Aktivasi Windows 10 Termudah!

Cek VGA

Apabila ternyata VGA yang bermasalah, sebelum komputer restart sendiri umumnya terjadi blue screen dulu. Anda bisa cek tulisan yang muncul saat terjadi blue screen untuk memastikan penyebabnya.

Anda harus tahu jika beberapa VGA memiliki kipas pendingin. Jika bagian ini bermasalah, maka proses pendinginan VGA pun tak bisa berjalan lancar dan komputer akan kembali restart sendiri secara tiba-tiba. Maka selalu pastikan fan VGA Anda berputar normal.

cara mengatasi komputer restart sendiri

Cek RAM

Begitu RAM bermasalah biasanya langsung bisa membuat komputer menampilkan blue screen. Lebih parahnya dapat mengakibatkan komputer tidak menyala sama sekali. Maka saat RAM bermasalah, Anda coba dengan membersihkan pin-pinnya dengan penghapus pensil.

Setelah itu, pastikan juga RAM terpasang dengan benar kembali. Bukan hanya itu saja, kapasitas RAM yang kurang kadang juga membuat komputer restart sendiri. Solusinya adalah menambah RAM ketika punya program yang dinilai cukup berat.

Cek Hardisk

Sama halnya dengan VGA, hardisk yang rusak pun dapat mengakibatkan blue screen pada layar sebelum akhirnya merestart diri sendiri. Adanya bad sector pada harddisk tak terbacanya data yang sebetulnya dibutuhkan oleh processor.

Hal ini pun dapat mengakibatkan komputer tiba-tiba restart sendiri. Bahkan, dalam kondisi hardisk rusak parah, komputer akhirnya tak mau menyala lagi. Solusinya adalah Anda bisa melakukan check disk serta defragment pada harddisk tersebut.

Selain itu, harddisk yang tak bisa membaca data pun dapat disebabkan karena kabel data rusak. Maka, ada baiknya Anda periksa sambungan kabel pada harddisk, pastikan sudah benar-benar terpasang sesuai prosedur.

Itu dia tadi beberapa cara mengatasi komputer restart sendiri. Sebelumnya dijelaskan juga tentang beberapa penyebab umumnya. Setelah mengetahuinya, diharapkan Anda tidak lagi khawatir dan terlalu bingung saat mengalami masalah komputer yang restart sendiri tiba-tiba.

Leave a Comment