Tips Memilih Android TV Box Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Pembeli

Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui apa itu android TV box? Tapi tenang saja dalam artikel kali ini akan dijelaskan seputar pengertian, fungsi dan tips memilih android Tv box agar Anda tidak tertipu, sehingga awet digunakan jangka lama.

Tapi sebelum kesana mungkin akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu tentang android TV box nya sendiri. Agar lebih jelas Anda bisa simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: tips wa web

Pengertian Android TV box

Pertama android sendiri merupakan salah satu sistem operasi yang tidak hanya dipakai untuk smartphone saja. Tetapi ada perangkat lain yang juga bisa Anda andalkan seperti android televisi atau android TV box. Maka sebelum membelinya simak dulu tips memilih android TV box nya. 

tips memilih android Tv box

Android TV adalah salah satu perangkat gadget yang bisa digunakan untuk mengubah fungsi TV menjadi smart TV dengan basis android. Sehingga dengan begitu, pengguna dapat menjalankan aplikasi yang ada di android selayaknya di TV. 

Tapi bukan hanya itu, pengguna pun dapat mengunduh melalui TV berbasis android. Cara menggunakannya juga terhitung mudah yaitu dengan menghubungkan perangkat TV box melalui kabel HDMI. 

Selanjutnya ada android TV box yang berbentuk seperti remote yang dipakai untuk mengoperasikannya. Nah, apakah Anda tertarik untuk memilikinya, tapi tunggu dulu, Anda harus menyimak Tips memilih android TV box lebih dulu. 

Fungsi Android TV Box

Dengan adanya teknologi berbasis android TV box tentu saja Anda akan mendapat berbagai fungsi yang juga berguna dalam menunjang kebutuhan sehari-hari. Untuk lebih jelasnya simak fungsi android TV box berikut ini. 

  • Untuk Menonton

Fungsi pertama, yang dimiliki android TV box ialah bisa digunakan untuk menonton. Salah satunya dengan menggunakan internet yang semakin berkembang. Banyak masyarakat yang lebih memilih koneksi internet untuk menikmati tontonan yang bagus bagi keluarga. 

Baca Juga:  2 Tips Kirim Saldo DANA

Dengan adanya android TV box Anda mungkin bisa mengganti acara konvensional yang disalurkan dari antenna TV. Dimana pengguna langsung melakukan streaming video. Dengan mengetahui tips memilih android TV box. 

  • Untuk Browsing 

Fungsi lainnya yaitu bisa digunakan untuk browsing atau berselancar di sosial media. Tentu akan lebih menyenangkan bukan, Anda bisa melakukan kegiatan ini bersama keluarga atau teman dengan lebih seru. 

  • Untuk Bermain Game 

Kemudian smartphone atau gadget ini juga bisa digunakan untuk bermain game. Tetapi kenyataannya, layar smatphone lebih sempit sehingga dengan memakai TV box bisa lebih leluasa dan puas. 

Dengan begitu, android TV box juga bisa dipakai untuk bermain game dan bisa dimainkan sepuasnya pada layar TV yang lebih besar. 

  • Video Call atau Chatting

Selanjutnya sebelum mengetahui Tips memilih android TV box, Anda juga bisa melakukan video call atau chatting lho. Pengguna akan merasa lebih nyaman ketika menggunakan TV untuk VC atau chatting dengan keluarga atau sahabat daripada memakai smartphone. 

  • Untuk mirror Screen dan Cast Screen 

Berikutnya fungsi android TV box ini bisa dimanfaatkan untuk presentasi memakai layar yang lebih besar. Tentunya, layar kecil ini bisa menjadi lebih besar memakai cast screen yang merupakan aplikasi di android. 

  • SD Card dan Slot USB

Terakhir fungsi android tv box lain yang bisa digunakan adanya SD Card atau slot USB. Sehingga pengguna bisa menyimpan file dan membukanya di layar TV yang lebih besar dengan penggunaan android TV box. 

Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Disadap Melalui IMEI Anti Ribet

Itulah beberapa fungsi dari android TV box yang mesti Anda ketahui. Maka berikut ini tips memilih android TV box yang benar dan tepat, karena tidak semua penjual android TV box menjual barang asli. 

tips memilih android Tv box

Tips Memilih Android TV Box

Karena ada banyak android TV box yang dijual di pasaran dengan spesifikasi yang serupa. Harganya juga bersaing mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah, sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan hal ini dengan baik. 

  • Perhatikan Kualitas Gambar

Pertama sebelum Anda membeli, periksa lebih dulu kemasan android TV box nya. Apakah alat yang tersedia sudah menghadirkan gambar 4K, 6K, atau 8K. Biasanya hal ini akan dipengaruhi oleh merk atau pun harga.

Jadi sebelum membeli pastikan lagi baca deskripsi yang ada di kotak kemasan. Tips memilih android TV box juga tergantung harga, dibawah 1jutaan akan dibatasi penggunaannya. Biasanya tidak bisa mengakses Netflix atau Amazon Prime dalam 4K hingga 1080 HD.

  • Lihat Bagian Prosesor

Selanjutnya Anda harus melihat prosessor yang merupaakan hardware atau perangkat keras yang sangat dipengaruhi kecepatan atau kinerja dari sebuah perangkat. 

Prosesor dengan kinerja yang tinggi maka akan meningkatkan kinerja perangkat juga. Maka untuk hasil yang lebih baik, setidaknya pengguna harus memilih prosesor quad core dengan benar. 

  • Memori

Berikutnya memori yang digunakan dipengaruhi sistem operasi yang bekerja. Jika perangkatnya tidak punya cukup memori maka untuk menjalankan aplikasi, akan membuatnya bekerja lebih lambat. Jadi perhatikan Tips memilih android TV box. 

Setidaknya Anda harus memakai memori 4 GB agar hasilnya lebih memuaskan. Tapi perlu diingat jika memori yang besar memang baik, tapi disarankan jangan sampai 4GB agar tidak terjadi pemborosan. 

  • Memiliki Spesifikasi Port

Secara umum android tv box memakai kabel HDMI sehingga pengguna TV jadul bisa tetap memakainya. Tapi ada android TV box yang juga mendukung port AV video audio RCA, jadi pengguna tabung bisa menggunakan juga. 

Baca Juga:  HP Android Lamban? Begini Cara Mengatasi Android Lemot

Disarankan juga untuk memilih perangkat yang mempunyai USB 3.0 agar mendapat kepuasan dalam menonton dan kecepatan internet yang lebih stabil, disinilah perlu Anda ketahui Tips memilih android TV box. 

  • Versi Android

untuk versi android yang lama mempunyai banyak hal terbatas, untuk mendapatkan hasil terbaik maka direkomendasikan memakai android 9.0 atau hal yang baru. 

  • Bluetooth

Berikutnya perhatikan juga bagian Bluetooth yang dapat membantu pengguna dalam mentransfer file. Sama seperti HP atau android pada umumnya, android TV box juga harus sudah dilengkapi Bluetooth. 

  • Koneksi Jaringan

Tips memilih android TV box selanjutnya yaitu dengan melihat konektivitas jaringan. Hal tersebut tidak kalah penting agar diperhatikan yaitu koneksi jaringan yang lancar memakai giga byte Ethernet sebagai pilihan terbaik. 

Itulah ulasan singkat tentang beberapa tips untuk memilih android TV box yang baik dan benar. Karena harga nya yang mahal maka pemilihannya pun harus tepat sesuai dengan kebutuhan. 

Perangkat juga harus sudah didukung 802.11 ac untuk koneksi nirkabel yang lebih cepat. Dengan alat ini, TV sebelumnya hanya dipakai untuk menonton channel yang biasa didapat untuk streaming YouTube, Netflix dan kegiatan lain. 

Nah itu dia, ulasan lengkap seputar tips memilih android TV box dan beberapa fungsi android TV box yang berguna sebelum Anda memilih perangkat ini. Ada banyak kegunaan yang bisa dirasakan, jadi jangan sampai salah pilih, ya.  

Leave a Comment