Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Untuk Anda Ketahui

Hp dalam keadaan tidak baik-baik saja akan sangat menganggu aktivitas anda di hp nih. Terlebih lagi jika dalam keadaan genting yang membutuhkan untuk menghubungi orang namun tiba-tiba saja hp tidak mendukung melakukan panggilan cepat karena sangat lalod atau lemot nih. Nah untuk itu cara mengatasi hp kemasukan air harus anda ketahui apa saja itu.

Tidak perlu untuk terlalu terburu-buru membeli hp yang baru jika terjadi beberapa kerusakan pada hp ada baik itu secara fisik atau kerusakan yang terjadi dalam sistem android anda nih. Walaupun keadaan tersebut akan membuat anda menjadi sangat kesal karena merasa terganggu dengan hp yang tidak mampu beroperasi dengan normal. 

Baca juga: atasi hp lemot

Berbicara mengenai hp android nih anda sudah pasti tahu bahwa kebanyakan nih hp android pada zaman ini telah memiliki sebuah spesifikasi yang cukup tinggi. Walaupun demikian, tetap saja bahwa terdapat beberapa di antara hp tersebut tidak dapat terhindarkan dari permasalahan hp yang kerap kali lemot ketika anda gunakan. 

Keadaan hp yang kerap kali mengalami masalah berupa lemot saat digunakan sudah cukup sering terjadi. Bisa saja kelemotan hp tersebut terjadi disebabkan oleh terlalu banyaknyan aplikasi yang anda install dengan memakan memori yang cukup besar yang membuat hp menguras lebih banyak memori penyimpanan. 

cara mengatasi hp kemasukan air

Selain dari masalah hp lemot nih ada juga yang bisa menjadi alasan lainnya yakni hp yang kemasukan air juga bisa menjadi masalah yang cukup serius. Air memang menjadi musuh untuk beberapa jensi barang elektronik termasuk dengan HP. Apabila hp kemasukan air nih akan mampu menyebabkan beberapa kerusakan pada komponen di dalamnya. 

Kondisi tersebut akan membuat hp tidak mampu untuk bekerja atau berfungsi dengan normal bahkan dapat membuat hp menjadi mati total. Akan tetapi nih apabila hp anda kemasukan air atau terkena tumpahan sesuatu anda tidak perlu panik sebab ada kemungkinan masih bisa diselamatkan keberadaannya. 

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Layar HP Bergaris 100% Ampuh

Mampu memahami cara mengatasi hp kemasukan air adalah salah satu tindakan yang cukup tepat anda lakukan demi mengembalikan kondisi hp semula. Tanpa perlu berlama-lama simak penjelasan berikut ini terkait dengan cara untuk mengatasi hp yang kemasukan air untuk anda yang membutuhkan. 

Segerakan Angkat HP

Cara yang pertama untuk anda lakukan dnegan cuput adalah dengan segera mengangkat hp apabila hp anda masuk dalam genangan air. Hal ini perlu untuk anda lakukan agar dapat menghindari kemungkinan buruk yang terjadi pada hp. Kemungkinan yang dimaksud adalah air yang banyak masuk dalam komponen hp melalu celah-celah hp dapat merusakk hp. 

Namun apabila hp terkena air karena tumpahan akan sesuatu nih maka cara mengatasi hp kemasukan air yang seperti ini adalah dengan segera menjauhkannya dari area ketumpahan air tersebut. Pada saat terkena tumpahan pada air dalam keadaan tercharge, segera lepaskan hp dari charge untuk menghindari resiko akan terkena setrum. 

Jangan Langsung Menghidupkan HP

Suatu kondisi yang tanpa sengaja nih hp kemasukan air yang dapat membuat anda langsung mengambil tindakan dengan terburu-buru untuk menyalakan hp dengan tujuan untuk mengetahui apakah hp tersebut masih dapat berfungsi dengan normal adalah suatu tindakan yang tidak baik untuk anda lakukan. 

Loh mengapa tindakan tersebut tidak baik? Nah perlu anda pahami bahwa dengan menghidupkan hp yang kamasukan air bukanlah cara mengatasi hp kemasukan air yang perlu anda lakukan. Hal ini karena dengan adan menghidupkannya akan menyebabkan resiko korsleting pada hp yang justru akan dapat memperparah kondisi hp. 

Baca Juga:  2 Cara Memindahkan Kontak dari Android ke iPhone Mudah, Aman, dan Cepat

Melepaskan Beberapa Komponen HP

Selanjutnya adalah ketika hp terkena air maka anda harus segera melepaskan beberapa komponen yang memungkinkan berupa kartus sim, memori dan baterai. Ini berfungsi untuk mencegah komponen-komponen yang mengalami kerusakan cukup parah pada hp. 

Oleh karena anda perlu mengingat bahwa tidak perlu melakukan tindakan dengan mengoyang-goyangkan hp sebab hal ini akan membuat air semakin masuk dalam komponen HP. Anda cukup hanya dengan melepaskan casing pada hp dan beberapa bagian lainnya untuk bisa membantu air yang ada dalam hp mengalir keluar dengan lancar. 

cara mengatasi hp kemasukan air

Nah cara mengatasi hp kemasukan air yang satu ini sanga perlu untuk anda perhatikan yaa. Jangan melakukan tindakan-tindakan lain yang justru hanya akan membuat anda rugi dan hp malah jadi tambah rusak. Terlebih dahulu sangat penting untuk bertindak dengan bijak agar air yang ada dalam hp dapat segera beres. 

Menggunakan Lap Kering Untuk Mengeringkan HP

Cara yang selanjutnya nih adalah dengan mengeringkan semua bagian yang di hp. Akan tetapi nih untuk bagian yang pertama anda perlu dengan segera mengeringkan bagian layar atau LCD. Sebab pada bagian LCD yang merupakan sebuah bagian paling mudah rusak dan terkena air sehingga sangat penting untuk melakukan tindakan lebih dulu. 

Apabila anda membiarkan LCD dalam keadaan lembab yang cukup lama nih akan dapat menyebabkan munculnya flek hitam di layar hp. Olehnya itu cara mengatasi hp kemasukan air adalah dengan menggunakan lap kering lalu hindari untuk menjemur hp di bawah sinar matahari langsung sebab akan berpotensi untuk merusak komponen hp terutama LCD. 

Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Lemot Agar Bisa Stabil Kembali

Hindari Mengeringkan Dengan Hair Dryer

Cara yang berikutnya ini nih sebenarnya telah disinggung pada penjelasan di atas untuk melakukan tindakan dengan mengeringkan hp menggunakan lap kering dan menghindari untuk berjemur di bawah sinar matahari langsung. 

Nah cara ini berlaku juga untuk anda yang mempunyai niat mengeringkan hp yang kemasukan air dengan menggunakan hair dryer karena suhu pada hair dryer yang cukup tinggi sehingga membuat anda berfikir untuk mengeringkan hp dengan ini. Tetapi pada kenyataannya nih pikiran tersebut salah dan tidak boleh anda lakukan. 

Penyebabnya adalah karena suhu pada hair dryer yang terlalu panas dikhawatirkan akan mampu menyebabkan komponen pada listrik hp anda akan cepat naik di suhunya serta akan mampu meningkatkan resiko kerusakan pada hp. Oleh karena itu cara mengatasi hp kemasukan air adalah dengan menghindari untuk keringkan hp dengan hair dryer. 

Menggunakan Silica Gel 

Terakhir nih untuk cara mengatasi hp kemasukan air adalah dengan memanfaatkan silica gel yang dapat anda gunakan untuk mengeringkan hp yang terkena air dengan menyerap kelembapan. Silica gel ini nyatanya juga baik untuk perangkat elektronik sebab dipercaya mampu mencegah terjadinya pengembunan. 

cara mengatasi lupa sandi HP

Caranya adalah anda cukup memasukkan hp dalam tumpukan silica gel dan biarkan dalam dua atau tiga hari sehingga komponen hp anda benar-benar kering sebelum dinyalakan kembali. 

Demikian nih pembahasan artikel ini tentang cara mengatasi hp kemasukan air dan semoga dapat menjadi sumber informasi yang bermanfaat untuk anda yang membutuhkan yaa. 

Leave a Comment