Cara Mengatasi HP Lemot Agar Bisa Stabil Kembali

Hp dalam keadaan tidak baik-baik saja akan sangat menganggu aktivitas anda di hp nih. Terlebih lagi jika dalam keadaan genting yang membutuhkan untuk menghubungi orang namun tiba-tiba saja hp tidak mendukung melakukan panggilan cepat karena sangat lalod atau lemot nih. Nah untuk itu cara mengatasi hp lemot harus anda ketahui apa saja itu.

Tidak perlu untuk terlalu terburu-buru membeli hp yang baru jika terjadi beberapa kerusakan pada hp ada baik itu secara fisik atau kerusakan yang terjadi dalam sistem android anda nih. Walaupun keadaan tersebut akan membuat anda menjadi sangat kesal karena merasa terganggu dengan hp yang tidak mampu beroperasi dengan normal. 

Berbicara mengenai hp android nih anda sudah pasti tahu bahwa kebanyakan nih hp android pada zaman ini telah memiliki sebuah spesifikasi yang cukup tinggi. Walaupun demikian, tetap saja bahwa terdapat beberapa di antara hp tersebut tidak dapat terhindarkan dari permasalahan hp yang kerap kali lemot ketika anda gunakan. 

Baca juga: cara atasi hp mati sendiri 

Keadaan hp yang kerap kali mengalami masalah berupa lemot saat digunakan sudah cukup sering terjadi. Bisa saja kelemotan hp tersebut terjadi disebabkan oleh terlalu banyaknyan aplikasi yang anda install dengan memakan memori yang cukup besar yang membuat hp menguras lebih banyak memori penyimpanan. 

Mampu memahami cara mengatasi hp lemot adalah salah satu tindakan yang cukup tepat anda lakukan demi mengembalikan kondisi hp semula. Tanpa perlu berlama-lama simak penjelasan berikut ini terkait dengan apa yang menjadi penyebab hp lemot serta cara untuk mengatasi hp agar tidak lemot. 

cara mengatasi hp lemot

Penyebab Hp Anda Lemot 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya nih bahwa beberapa alasan yang menajdikan hp anda menjadi lemot. Pertama nih yang mungkin saja dapat menjadi penyebab hp anda lemot adalah karena terlalu banyak menginstal aplikasi di hp yang mana hal ini akan membuat anda kehabisan memori untuk menyimpan aplikasi tersebut. 

Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Untuk Anda Ketahui

Penyebab yang kedua nih adalah penggunaan RAM pada hp hampir melebihi batas kapasitas. Jadi lebih baik untuk tidak membuka aplikasi berat pada saat yang bersaamaan apabila RAM pada hp anda kecil. Hal ini untuk mencegah hp anda mengalami lemot saat digunakan jadi perlu untuk mengatasinya. 

Penyebab yang ketiga adalah terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan sehingg membuat hp terkadang menjadi lemot. Biasanya nih beberapa pengguna smartphone yang lupa ketika mematikan aplikasi yang sedang berjalan. Sehingga memori yang ada di RAM tersebut menjadi penuh dan HP anda menjadi lebih lambat ketika beroperasi. 

Itulah beberapa alasan yang menjadi penyebab hp bisa mengalami kondisi lambat atau lemot saat anda gunakan untuk beraktivitas di media sosial atau mencari sesuatu yang menyangkut tentang pekerjaan. 

Selanjutnya nih akan di bahas mengenai cara mengatasi hp lemot bagi anda yang ingin agar hp mampu bekerja dengan stabil lagi dan tidak menjadi pengganggu yang cukup menyebalkan. 

Mengatasi HP Lemot

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa beberapa alasan yang menjadi penyebab hp menjadi lemot adalah karena banyaknya aplikasi dengan kapasitas yang cukup tinggi, RAM hp anda kecil juga bisa menjadi penyebab hp lemot. Langsung saja nih berikut beberapa cara untuk mengatasi agar hp tidak lemot. 

Kapasitas Memori

Cara yang pertama nih untuk mengatasi agar hp tidak lemot adalah dengan memperhatikan jumlah memori pada hp anda. Setiap hp android nih mempunyai spesifikasi memori yang berbeda dari hp yang lain. Selain itu nih RAM yang mana kapasitas dari memori internal ini juga dapat mempengaruhi performa dari smartphone anda.

Baca Juga:  Inilah 7 Cara Mengatasi Laptop Not Responding

cara mengatasi hp lemot

Ketika kapasitas dari memori internal anda hanya tingga sedikit akan besar kemungkinan mempengaruhi android anda menjadi lemot. Oleh karena itu cara mengatasi hp lemot seperti ini sebaiknya agar anda bisa menghindari untuk menyimpan lebih banyak data yang dapat memenuhi memori internal anda. 

Akan tetapi apabila anda sering menyimpan banyak data di hp android maka usahakan untuk membeli hp yang mempunyai memori banyak atau beli hp yang memiliki memori internal yang luas. Sehingga akan mengurangi resiko hp ada menjadi lemot pada suatu waktu. 

Aplikasi Serbaguna

Cara mengatasi hp lemot adalah alih-alih anda menginstal cukup banyak aplikasi yang akan membuat memori internal menjadi penuh sehingga lebih baik untuk menginstal satu aplikasi yang mempunyai banyak fungsi. Hal ini disebabkan karena dalam satu aplikasi anda bisa mendapatkan fungsi yang lebih banyak berupa partisi SD card, backup aplikasi dan lainnya. 

Selain itu nih bagi anda yang ingin menggunakan aplikasi antivirus dan mempercayai keberadaannya maka ada baiknya untuk menggunakan satu aplikasi antivirus saja. Hal ini karena hampir sama dengan aplikasi bawaan yang terus berjalan di background sehingga membuat RAM anda menjadi boros dan performa hp menjadi lemot. 

Adapun aplikasi lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi yang berbayar. Walaupun nih kebanyakan dari para pengguna android bahwa menggunakan aplikasi gratis memang cukup baik karena anda tidak perlu lagi untuk mengeluarkan uang untuk bisa menikmati berbagai macam fitur menarik pada aplikasi yang anda gunakan. 

Baca Juga:  Cara mematikan auto update windows 11

Keberadaan dari aplikasi gratis ini pada kenyataanya akan membuat hp menjadi lemot sebab pengembang aplikasi akan mendapatkan lebih banyak review untuk mengetahui bugs apapun yang menimpa aplikasi di hp. Olehnya itu cara mengatasi hp lemot adalah dengan menghindari penggunaan aplikasi gratis untuk mencegah hp menjadi lemot. 

Update Software

Selanjutnya adalah apabila terdapat notifikasi pada hp untuk megupdate software pada hp, maka segeralah untuk lakukan update. Hal ini bertujuan agar mampu segera memperbaiki masalah yang mungkin saja di bawa oleh sistem sebelumnya. Ini dapat memastikan bawah update anda bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik daripada sebelumnya. 

Mengurangi Penggunaan Widget

Cara mengatasi hp lemot adalah dengan anda mengurangi penggunaan widget di hp. Walaupun nih salah satu hal yang menjadikan hp android anda tampak menarik adalah dengan keberadaan dari widget. Selain itu nih widget bukan hanya untuk mempercantik tampilan hp tetapi juga untuk memantau berbagai aplikasi tanpa harus anda buka aplikasinya. 

cara mengatasi hp lemot

Walaupun demikian nih, dengan menggunakan widget akan mampu menyita konsumsi RAM yang lebih besar di hp sehingga akan berdampak pada kondisi hp menjadi lemot. Maka di anjurkan untuk anda mengurangi penggunaan dari widget sebagai solusi untuk mengatasi android menjadi lemot. 

Menghentikan penggunaan aplikasi yang tidak terpakai dengan cara menghapus aplikasi tersebut adalah salah satu cara mengatasi hp lemot yang juga bisa anda lakukan. Karena dengan adanya aplikasi yang tidak terpakai tersebut akan menghabiskan RAM pada hp. 

Demikian pembahasan artikel ini tentang cara mengatasi hp lemot semoga bermanfaat. 

Leave a Comment