Cara Mengatasi HP Mati Sendiri

Hp dalam keadaan tidak baik-baik saja akan sangat menganggu aktivitas anda di hp nih. Terlebih lagi jika dalam keadaan genting yang membutuhkan untuk menghubungi orang namun tiba-tiba saja hp tidak mendukung melakukan panggilan cepat karena sangat lalod atau lemot nih. Nah untuk itu cara mengatasi hp mati sendiri harus anda ketahui apa saja itu.

Tidak perlu untuk terlalu terburu-buru membeli hp yang baru jika terjadi beberapa kerusakan pada hp ada baik itu secara fisik atau kerusakan yang terjadi dalam sistem android anda nih. Walaupun keadaan tersebut akan membuat anda menjadi sangat kesal karena merasa terganggu dengan hp yang tidak mampu beroperasi dengan normal. 

Baca juga: cara atasi baterai hp

Berbicara mengenai hp android nih anda sudah pasti tahu bahwa kebanyakan nih hp android pada zaman ini telah memiliki sebuah spesifikasi yang cukup tinggi. Walaupun demikian, tetap saja bahwa terdapat beberapa di antara hp tersebut tidak dapat terhindarkan dari permasalahan hp yang kerap kali lemot ketika anda gunakan. 

cara mengatasi hp mati sendiri

Keadaan hp yang kerap kali mengalami masalah berupa lemot saat digunakan sudah cukup sering terjadi. Bisa saja kelemotan hp tersebut terjadi disebabkan oleh terlalu banyaknyan aplikasi yang anda install dengan memakan memori yang cukup besar yang membuat hp menguras lebih banyak memori penyimpanan. 

Selain dari masalah hp lemot nih ada juga yang bisa menjadi alasan lainnya yakni hp yang tiba-tiba mati sendiri dengan penyebab yang cukup beragam. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah memori yang sudah penuh sehingga membuat hp tidak mampu beroperasi dengan baik seperti sebelumnya.  

Kondisi tersebut akan membuat hp tidak mampu untuk bekerja atau berfungsi dengan normal bahkan dapat membuat hp menjadi mati total. Akan tetapi nih apabila hp anda tiba-tiba mati dengan sendirinya nih anda tidak perlu panik sebab ada kemungkinan masih bisa diselamatkan keberadaannya. 

Baca Juga:  Sering Terjadi! Inilah Beberapa Cara untuk Mengatasi Layar Shadow di Ponsel Samsung

Mampu memahami cara mengatasi hp mati sendiri adalah salah satu tindakan yang cukup tepat anda lakukan demi mengembalikan kondisi hp semula. Tanpa perlu berlama-lama simak penjelasan berikut ini terkait dengan apa yang menjadi penyebab hp mati sendiri serta bagaimana  cara untuk mengatasi hp yang tiba-tiba mati sendiri untuk anda yang membutuhkan. 

Penyebab HP Mati Sendiri

Untuk anda yang pernah mengalami kondisi hp mati sendiri adalah sebuah masalah yang bukanlah hal baru terjadi di dunia teknologi nih. Terlebih lagi apabila perangkat berupa hp yang tentunya bisa saja akan mengalami masalah seperti sistem pada android yang tiba-tiba saja mati sendiri. 

cara mengatasi hp mati sendiri

Namun, anda tidak boleh panic lebih dulu nih karena ada loh cara mengatasi hp mati sendiri untuk anda nih. Tetapi anda perlu ketahui lebih dulu tentang beberapa penyebab hp anda dapat mati dengan sendirinya. Penyebab hp mati dengan sendiri bisa saja disebabkan karena sistem yang mempunyai masalah ataupun aplikasi yang terpasang mengalami crash nih. 

Adapun beberapa masala yang menjadi penyebab hp mati sendiri yakni karena adanya efek kegagalan saat melakukan root pada HP, lalu file cache yang jarang anda bersihkan sehingga menumpuk, aplikasi yang terpasang di h panda telah rusak dan tidak sesuai dengan sistem yang ada di  HP. 

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Layar HP Bergaris 100% Ampuh

Penyebab lainnya adalah adanya kerusakan pada baterai, suhu pada hp meningkat yang menyebabkan ponsel menjadi panas, memori internal pada HP telah penuh yang mana sistem di hp akan mengalami kerusakan. Selain itu bisa juga disebabkan oleh adanya malware sehingga besar kemungkinan hp dapat mati secara tiba-tiba. 

Itulah beberapa alasan atau yang menjadi penyebab hp menjadi tiba-tiba mati sendiri yang terkadang akan sangat mengganggu kenyamanan dan juga membuat anda menjadi panic sendiri saat kondisi tersebut terjadi. 

Simak penjelasan berikut ini terkait dengan beberapa cara mengatasi hp mati sendiri yang dapat anda ketahui pada pembahasan di bawah ini. 

Cara Atasi HP Mati Sendiri

Setelah anda mengetahui tentang apa saja yang menjadi penyebab dari hp mati yang terkadang nih mati dengan sendirinya, maka solusi untuk mengatasinya nih dapat anda ketahui dengan beberapa cara di bawah ini. 

Mengatasi HP Mati Sendiri Melalui Kalibrasi Baterai 

Cara yang pertama ini nih dapat anda lakukan apabila terdapat ndikator pada baterai Hp yang mengalami eror. Sementara itu untuk masalah baterai yang rusak berupa menggembung maka aka nada solusi yang berbeda. 

Cara mengatasi hp mati sendiri dapat anda lakukan dengan mengosongkan baterai hp hingga ponsel anda mati lalu coba untuk menghidupkan kembali hp anda. Setelah itu nih anda gunakan lagi HP hingga pada baterai ponsel yang hampir habis menunjukkan angka 0%. Ketika hp mati, charger hp hingga penuh lalu anda hidupkan kembali. 

Setelah itu anda masuk pada menu pengaturan kemudian pilih opsi pengaturan perawatan pada perangkat lalu pilih baterai. Selanjutnya nih adalah dengan klik penggunaan baterai dan setelah itu selesai. 

Mengatasi HP Mati Sendiri Melalui Uninstasl Aplikasi 

Cara kedua untuk cara mengatasi hp mati sendiri adalah dengan andan mengunistal aplikasi yang terpasang yang mana anda  dapat mendeteksi aplikasi rusak yang menjadi penyebab dari hp yang tiba-tiba mati dengan sendiri. Pada umumnya nih aplikasi ini akan mengalami kerusakan dengan ditandai oleh pesan eror ketika anda membuka aplikasinya. 

Baca Juga:  Cara overclock prosesor Intel Alder Lake LGA 1700

Olehnya itu nih adan dapat menghapus aplikasi tersebut dengan mengunistalnya secara mudah dengan langkah yang cukup praktism anda juga bisa menghapus melalui menu pengaturan ataupun secara langsung dari laman bagian depan. 

Mengatasi HP Mati Sendiri Karena Suhu yang Meningkat

Apabila penyebab dari aplikasi yang terpasang ini sudah cukup menguras penggunaan CPU, anda dapat mencoba untuk membekukannya di aplikasi freezer berupa HiOS atau XOS atau juga bisa dengan mencopot pemasangannya. Caranya adalah dengan cek terlebih dahuluh aplikasi yang menyebabkan suhu Hp menjadi meningkat. 

Mengatasi HP Sendiri Karena Memori Penuh

Cara mengatasi hp mati sendiri karena memori penuh adalah dengan menghapus cache dengan cara masuk pada menu pengaturan lalu pilih perawatan perangkat ataupun penyimpanan. ANda dapat pilih optimalkan sekarang untuk jenis HP Samsung Android Pie 9 yang secara otomatis akan menghapus cahce di perangkat HP. 

cara mengatasi hp mati sendiri

Selain itu nih anda juga bisa menggunakan aplikasi pembersih untuk membersihkan cache berupa ccleaner celan master dan aplikasi pembersih lainnya. Dengan anda menggunakan aplikasi yang satu ini nih akan mampu untuk mengatasi hp suatu waktu mati dengan sendirinya. 

Demikian nih pembahasan artikel ini terkait dengan cara mengatasi hp mati sendiri semoga dengan adanya pembahasan ini akan dapat membantu anda serta memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda yang sering mengalami gangguan pada sistem hp anda yang bermasalah. 

Leave a Comment