Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Baterai Tanam

Hp dalam keadaan tidak baik-baik saja akan sangat menganggu aktivitas anda di hp nih. Terlebih lagi jika dalam keadaan genting yang membutuhkan untuk menghubungi orang namun tiba-tiba saja hp tidak mendukung melakukan panggilan cepat karena sangat lalod atau lemot nih. Nah untuk itu cara mengatasi hp tidak bisa di cas baterai tanam harus anda ketahui apa saja itu. 

Tidak perlu untuk terlalu terburu-buru membeli hp yang baru jika terjadi beberapa kerusakan pada hp ada baik itu secara fisik atau kerusakan yang terjadi dalam sistem android anda nih. Walaupun keadaan tersebut akan membuat anda menjadi sangat kesal karena merasa terganggu dengan hp yang tidak mampu beroperasi dengan normal. 

Baca juga: atasi hp fastboot

Berbicara mengenai hp android nih anda sudah pasti tahu bahwa kebanyakan nih hp android pada zaman ini telah memiliki sebuah spesifikasi yang cukup tinggi. Walaupun demikian, tetap saja bahwa terdapat beberapa di antara hp tersebut tidak dapat terhindarkan dari permasalahan hp yang kerap kali lemot ketika anda gunakan. 

Keadaan hp yang kerap kali mengalami masalah berupa lemot saat digunakan sudah cukup sering terjadi. Bisa saja kelemotan hp tersebut terjadi disebabkan oleh terlalu banyaknyan aplikasi yang anda install dengan memakan memori yang cukup besar yang membuat hp menguras lebih banyak memori penyimpanan. 

Kondisi tersebut akan membuat hp tidak mampu untuk bekerja atau berfungsi dengan normal bahkan dapat membuat hp menjadi mati total. Akan tetapi nih apabila hp anda kemasukan air atau terkena tumpahan sesuatu anda tidak perlu panik sebab ada kemungkinan masih bisa diselamatkan keberadaannya. 

cara mengatasi hp tidak bisa di cas baterai tanam

Mampu memahami cara mengatasi hp tidak bisa di cas baterai tanam adalah salah satu tindakan yang cukup tepat anda lakukan demi mengembalikan kondisi hp semula. Tanpa perlu berlama-lama simak penjelasan berikut ini terkait dengan penyebab hp tidak bisa di cas baterai tanam serta bagaiaman cara untuk mengatasinya. 

Penyebab HP Baterai Tanam Tidak Dapat Di Cas

Beberapa alasan yang menjadi penyebab dari bateri hp tanam tidak dapat di cas tentunya akan menjadi sesuatu hal yang cukup merepotkan nih untuk anda. Dengan kondisi tersebut akan membuat anda menjadi merasa cukup repot dan menganggu aktivitas yang anda lakukan di hp terlebih lagi jika sedang mengerjakan pekerjaan rumah dengan memanfaatkan media sosial. 

Baca Juga:  Cara Update Windows 11 Paling Cepat dan Anti Ribet

Terdapat beberapa faktor yang dapat menajdi penyebab dari baterai tanam di hp mengalami masalah yang tidak mampu untuk mengisi daya. Pada umumnya nih hp yang tidak mampu untuk mengisi daya ada pada baterai hp itu sendiri. Akan tetapi tidak dapat dipungkiri juga nih bahwa penyebab lainnya yang perlu anda ketahui. 

Penyebab yang pertama adalah usia pada hp telah tua yang menyebabkan akan sangat mudah untuk terkena kerusakan berupa kebocoran pada baterai tanam hp android anda. Adanya kerusakan pada port charger yang menyebabkan daya listrik tidak dapat masuk dalam hp android anda dan baterai 0 % terus tidak ada penambahan daya.

Oleh karena itu sangat penting untuk anda ketahui cara mengatasi hp tidak bisa di cas baterai tanam untuk menghindari hal yang tidak anda inginkan terjadi nih. Adapun penyebab lainnya nh adalah software atau OS Hp yang tidak mampu untuk mendeteksi atau menagalami kegagalan dalam menganalisis masuknya daya listrik ketika HP sedang dalam kondisi di charge.

Aplikasi yang terinstal di HP android anda nih akan menyebabkan baterai menjadi lebih boros  yang mana pada saat tercharge nih akan membuat baterai hp tidak bertambah bahkan menjadi semakin menurun dengan persentase baterai pengisian daya baterai. 

Nah itulah beberapa faktor yang menyebabkan hp tidak bisa di cas baterai tanam untuk anda ketahui nih. Berikutnya adalah beberapa cara mengatasi hp tidak bisa di cas baterai tanam yang dapat anda pahami pada pembahasan di bawah ini. 

Baca Juga:  5 Tips Pesan Tiket Bioskop Online Via TIX

Cara Atas HP Tidak Bisa dicas Baterai Tanam

Jika anda nih yang pada saat ini mengalami keadaaan baterai hp android yang tidak dapat mengisi daya atau charging serta baterai HP 0% yang secara terus menerus padahal nih kondisi kabel charger anda yang tidak baik. 

Simak penjelesan di bawah ini terkait dengan cara mengatasi hp tidak bisa di cas baterai tanam untuk anda yang tentunya sangat penting untuk anda ketahui. 

cara mengatasi hp tidak bisa di cas baterai tanam

Jaga Kebersihan Port Charger HP

Port charger merupakan bagian yang tempat anda mencolokkan kable charger dan sebagai penghubung untuk mengalirnya daya listrik dari sumber listrik ke baterai hp. Apabila port charger hp mengalami masalah nih maka akan berdampak pada tidak terisinya daya baterai hp anda. 

Olehnya itu cara mengatasi hp tidak bisa di cas baterai tanam adalah dengan memastikan bahwa kondisi port charge baik serta bersihkan port charger anda dari debu serta kotoran untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. 

Mengganti Kabel Charger 

Selanjutnya nih adalah apabila pada lubang port charger anda tidak ada masalah, untuk hal berikutnya yang perlu anda perhatikan adalah kabel charger yang anda gunakan ketika mengisi daya di hp android anda nih. 

Pastikan untuk selalu menggunakan kabel charger dan juga adaptor yang asli serta original sebab kabel charger dan juga adaptor itulah yang dapat berfungsi dengan baik ketika mengisi daya serta yang sangat cocok dengan HP anda nih. Nah cara mengatasi hp tidak bisa di cas baterai tanam yang satu ini penting untuk anda ketahui. 

Baca Juga:  Rumus Excel Mengambil Data dari Tabel (VLOOKUP, HLOOKUP)

Lakukan Kalibrasi Baterai

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan kalibrasi pada hp tersebut. Kalibarasi baterai yang anda lakukan berguna untuk mengatasi eror pada sistem baterai meter. Baterai meter biasa juga disebut sebagai penunjuk persentase dari berapa banyak daya yang tersisa pada hp anda. Apabila pada baterai meter mengalami eror maka tentu saja persentasenya tidak sesuai. 

Hal ini akan dapat menyebabkan anda secara terus menerus mengecas hp padahal pada umumnya nih hp masih mempunyai banyak daya dan tidak perlu untuk mengecasnya. Tindakan ini tidak baik anda lakukan secara terus menerus sebab akan ada kerusakan pada bateri. Jadi cara mengatasi hp tidak bisa di cas baterai tanam adalah dengan melakukan kalibrasi baterai. 

Reset HP ke Versi Pabrik 

Terakhir adalah dengan melakuka reset pada hp android kembali pada versi pabrik. Namun sebelum itu nih anda perlu untuk mengamankan dan mencadangkan data serta berkas yang tersimpan di hp. Hal ini karena melakukan reset untuk kembali ke versi pabrik beresiko anda akan kehilangan beberapa data penting. 

Demikian pembahasan artikel ini tentang cara mengatasi hp tidak bisa di cas baterai tanam dan semoga bermanfaat. 

Leave a Comment