4 Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot Anti Ribet

Apakah Anda sudah tahu apa yang dimaksud dengan mode fastboot? Pengguna ponsel Android pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Namun bagi para awam atau pengguna baru yang masih bingung dengan mode ini dan fitur-fiturnya bisa disimak sampai akhir artikel ini. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui cara masuk mode tersebut.

Fastboot Apa artinya?

Berdasarkan laman Android Central, Fastboot artinya mode di mana ponsel terhubung ke PC atau komputer. Pabrikan biasanya menyertakan mode ini untuk mengganti atau memperbaiki ponsel yang rusak.

Baca juga: atasi hp tidak bisa disentuh 

Fitur Fastboot juga beragam, seperti unlock bootloader, wipe data dari partisi tertentu, install ulang sistem dan HP custome recovery.

Cara mengatasi HP Xiaomi Fastboot

Untuk memanfaatkan mode ini, Anda harus mengaktifkan mode fastboot, yang dapat dilakukan sesuai dengan jenis perangkat masing-masing.

Cara mengatasi HP Xiaomi Fastboot dapat Anda terapkan apabila Anda tidak sengaja masuk ke mode fastboot HP Xiaomi. Ketika HP Xiaomi masuk ke mode fastboot maka tampilan layar Xiaomi akan diam dengan logo Xiaomi di layar.

Pada mode fastboot ini maka layar ponsel Xiaomi Anda tidak bisa dioperasikan dengan benar dan hanya menampilkan logo.

Dan hal ini bisa membuat sebagian orang merasa kesal atau bingung, namun jika tersebut terjadi pada HP Xiaomi Anda jangan khawatir sebab ada Cara mengatasi HP Xiaomi Fastboot untuk mengembalikan HP Anda ketampilan semula.

Baca Juga:  Cara mengatasi hp ngeblank dan penyebabnya

Namun mode fastboot tersebut juga bisa muncul karena pengguna secara sengaja mengakses menu Recovery Mode pada HP Xiaomi. Bahkan masuknya ke sistem fastboot juga bisa terjadi karena diawali dengan HP Xiaomi yang mati dengan sendiri.

Berbicara mengenai fastboot, kami akan berbagi informasi kepada Anda semua mengenai Cara mengatasi HP Xiaomi Fastboot. Yuk simak ulasan berikut ini.

  • Cara  Mengatasi HP Xiaomi Fastboot Menggunakan Kombinasi Tombol Power dan Volume

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk Cara mengatasi HP Xiaomi Fastboot adalah dengan menggunakan kombinasi tombol power dan volume. Cara ini menjadi salah satu cara yang paling mudah untuk mengembalikan HP Xiaomi Anda ke sistem awal jika masuk fastboot.

  • Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot dengan Tahan Tombol Power

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk Cara mengatasi HP Xiaomi Fastboot yang masuk mode fastboot adalah dengan menahan tombol power. Cara ini hampir sama dengan cara yang pertama, namun Anda cukup menahan tombol power selama beberapa detik.

  • Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot Menggunakan CMD

Selain cara di atas Anda juga bisa mengatasi HP Xiaomi Anda yang masuk fastboot dengan menggunakan perintah CMD. Jika Anda menggunakan perintah CMD ini Anda akan membutuhkan alat bantu seperti PC maupun Laptop.

  • Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot dengan Melepas Baterai HP Xiaomi

Ada juga Cara mengatasi HP Xiaomi Fastboot yang paling mudah yaitu dengann melepas baterainya. Memang sebagian besar ponsel Xiaomi saat ini sudah menggunakan baterai tipe tanam.

Tetapi untuk ponsel Xiaomi tipe lama, ada juga yang masih memakai baterai yang mudah dilepas.

Cara mengatasi HP Xiaomi Fastboot

Apabila menggunakan Xiaomi tipe itu, coba Anda lepas baterainya saat HP dalam mode fastboot. Jika baterai sudah terlepas, tunggu beberapa saat dan pasang kembali baterainya.

Dengan begitu, maka fastboot akan hilang dan smartphone masuk ke dalam sistem seperti biasanya. Namun perlu diketahui, sebenarnya cara ini bisa mengharuskan untuk melepas casing HP Xiaomi yang terpasang menempel.

Baca Juga:  Simak Dan Ketahui! 6 Cara Memperbaiki Layar Hp Tidak Merespon

Cara terakhir yang akan kami jelaskan untuk Cara mengatasi HP Xiaomi Fastboot adalah dengan melepas baterai HP Xiaomi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut ini:

  1. Terlebih dahulu silahkan Anda melepas baterai HP Xiaomi
  2. Setelah itu silahkan Anda menyalakan HP kembali dengan menekan tombol power.
  3. Kemudian selesai.

Fungsi Fastboot di HP Xiaomi

Perlu Anda ketahui bahwa fastboot yang sudah masuk di HP Xiaomi memiliki fungsi, fungsi fastboot ini biasanya hadir dengan SDK (Software Development Kit). Fastboot di Xiaomi sebenarnya adalah mode recovery yang berfungsi untuk memperbaiki sistem jika sedang mengalami kerusakan.

Apakah Fastboot Berbahaya?

Apakah fastboot berbahaya untuk ponsel Android? Mengutip laman Android Data Recovery, disebutkan bahwa fitur fastboot adalah untuk memperbarui sistem yang rusak di Android.

Melihat betapa pentingnya melakukan fastboot saat ponsel disadap, ternyata langkah ini memiliki resiko yang sesuai dengan manfaatnya.

Fastboot dapat merusak perangkat Anda secara serius. Terkadang perangkat macet dalam mode fastboot. Selain itu, pengguna tidak dapat menggunakan ponsel secara normal.

Cara Keluar dari mode fastboot

Jika Anda terjebak dalam mode fastboot, ada beberapa solusi untuk membantu Anda kembali menggunakan ponsel. Anda dapat melepas baterai dari ponsel Android Anda.

Karena sebagian besar baterai ponsel saat ini menggunakan sistem limit, Anda dapat menahan tombol power dan volume down secara bersamaan selama 10-20 detik. Ponsel akan reboot dan masuk ke mode normal.

Jika cara keluar dari mode fastboot di atas tidak berhasil, kamu bisa install ulang ROM original smartphone Anda.

Sekarang Anda tahu apakah fastboot berbahaya atau tidak. Jika ponsel cerdas Anda rusak, tetapi Anda tidak berani mem-flash sendiri, Anda dapat membawa perangkat Anda ke service center resmi.

Apa yang menyebabkan ponsel masuk ke mode fastboot?

Jadi apa yang membuat Anda bisa masuk ke mode fastboot Xiaomi? Anda mungkin tidak sengaja  menekan tombol power saat booting HP baru, sehingga secara tidak langsung  masuk ke mode fastboot.

Baca Juga:  Cara Menonaktifkan Fitur Talkback di HP Xiaomi dengan Mudah

Cara mengatasi HP Xiaomi Fastboot

Namun ada opsi lain yang membuat ponsel Xiaomi masuk ke mode fastboot meski tombol volume down tidak ditekan sama sekali.

  • Cara Keluar Mode Fastboot Xiaomi

Secara kebetulan, sering terjadi pengguna Xiaomi  masuk ke mode fastboot, dan untuk pengguna Xiaomi Redmi NOTE 4, 5, 6, 8, 9, bahkan yang terbaru. Keluar dari mode ini sangat mudah, simak dan ikuti tips berikut ini.

  • Keluar Mode Fastboot Menggunakan Tombol Fisik

Opsi pertama, Anda cukup keluar dari Mode Fastboot dengan cara matikan ponsel atau restart ponsel Xiaomi Anda. Anda tidak perlu melakukan sesuatu yang khusus  untuk keluar dari mode fastboot, Anda cukup me-restart ponsel dengan menekan tombol power, ikuti langkah-langkah ini:

Langkah pertama, tekan sebentar tombol power hingga ponsel Xiaomi Anda restart atau reboot.

Setelah itu akan muncul logo Xiaomi MI, Anda tinggal menunggu hingga ponsel Xiaomi Anda kembali ke menu utama.

Selesai.

  • Jalankan perintah CMD via komputer

Cara selanjutnya adalah menggunakan perintah fastboot melalui CMD (Command Prompt) via komputer atau laptop dengan bantuan software ADB Fastboot.

Sebenarnya cara ini lebih banyak dipakai untuk debug sistem Android yang suka meng-oprek atau memodifikasi sistem Android. Akan tetapi Anda juga bisa menggunakannya sekedar untuk flashing, masuk mode fastboot atau keluar mode fastboot.

  • Melepas baterai ponsel

Jika Anda menggunakan ponsel Xiaomi tipe lama yang tidak menggunakan baterai yang dapat dilepas, Anda dapat melepas baterai tersebut untuk keluar dari mode fastboot.

Setelah itu Cara mengatasi HP Xiaomi Fastboot Anda dapat menyambungkannya kembali dan menyalakannya seperti biasa dengan menekan tombol daya. Dengan cara ini Anda telah keluar dari mode fastboot dan kembali ke menu utama ponsel Xiaomi Anda.

Leave a Comment