Cara Mengatasi Hp Yang Tidak Bisa Disentuh Dengan Cepat Dan Mudah

Kebutuhan akan smartphone memang sangat maju di era modern ini. Hp dengan pengoperasian layar sentuh menjadi gadget yang lebih diminati masyarakat luas daripada handphone yang menggunakan keypad manual.

Namun, tak jarang juga HP keypad digunakan, masih banyak orang yang menggunakan HP jenis ini, salah satu alasannya adalah karena mudah digunakan dan tampilannya yang sangat sederhana. Namun, untuk era modern yang serba digital ini, kecanggihan hp yang menggunakan operasi keypad sangat kurang, oleh karena itu masyarakat beralih menggunakan hp layar sentuh karena banyak kelebihan dan kemudahan yang akan diberikan.

Baca juga: speaker kemasukan hp

Namun, disamping banyak kemudahan dan kelebihan, banyak juga kerusakan yang akan dialami, salah satunya adalah layar yang tidak bisa disentuh. Sehingga banyak pengguna Hp yang rela membayar teknisi untuk membenahi itu saja, padahal ada cara mengatasi HP yang tidak bisa disentuh dengan mudah dan murah.

cara mengatasi HP yang tidak bisa disentuh

Touchscreen yang digunakan dalam wau yang lama bisa saja rusak dan membutuhkan pengganti bru. Disamping itu, perawatan dan pemakaian yang tidak efektif bisa mempercepat kerusakan pada layar sentuh, seperti sering error, tidak bisa disentuh disentuh, bergerak-gerak sendiri.

Cara Memperbaiki Hp Yang Tidak Bisa Disentuh

Salah satu masalah umum yang sering dialami Hp touchscreen adalah layar sentuh yang tidak bisa disentuh/tidak berfungsi, gerak sendiri, dan lain sebagainya. Maksudnya, ketik Anda membuka aplikasi sama sekali tidak ada respon seperti Anda tidak melakukan apapun.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Memori Penuh di Hp Oppo Dengan Aman, Mudah, dan Terpercaya

Hal ini terjadi karena layar sentuh di gadget Anda bermasalah. Ada beberapa faktor yang kerap menimbulkan masalah seperti ini, antara in:

  1. Layar sentuh kotor sehingga menghambat perintah yang kita inginkan
  2. Penyimpanan yang penuh, sehingga HP lemot dan susah digunakan
  3. HP panas, hal ini dikarenakan terlalu lama menggunakan HP

Penyebab dibatas seringkali diabaikan oleh pengguna HP, sehingga kasus ini banyak sekali ditemukan. Untuk mengatasi hal tersebut, coba hapus aplikasi yang tidak digunakan, aga kebersihan layar HP, jangan menggunakan HP tanpa henti, dan bersihkan sistem Hp secara berkala.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi layar HP yang tidak bisa disentuh,cara dibawah tentunya sangat terbukti dan sangat mudah melakukannya. Untuk lebih lanjut, simak penjelasan berikut:

Close Semua Aplikasi Yang Sudah Tidak Digunakan

Cara mengatasi HP yang tidak bisa disentuh adalah tutup aplikasi yang sudah tidak digunakan, jika aplikasi tersebut tetap berjalan, akan membuat RAM Anda menjadi tidak kuat. Sehingga, HP Anda menjadi lemot karena banyaknya aplikasi di latar belakang yang berjalan. Saat ini banyak sekali aplikasi yang memakan RAM, sehingga jika layar tidak bisa disentuh mungkin saja masih dalam proses loading.

Jaga Kebersihan Layar

Jika kondisi layar kotor dan berdebu, hal ini dapat mengganggu respon dari sentuhan yang Anda berikan, misal, Ketika Anda menggunakan dan secara langsung  saja layar sentuh tidak merespon, bisa jadi hal ini dikarenakan adanya debu pada layar perangkat Anda.

Semakin banyak debu dan kotoran yang ada pada layar sentuh, semakin terganggu juga respon dan kinerjanya. jika masalah yang Anda alami penyebabnya adalah debu dan kotoran, anda bisa membersihkannya dengan kain bersih atau menyewa jasa tukang servis untuk dibersihkan.

Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Baterai Tanam

cara mengatasi HP yang tidak bisa disentuh

Selain membawanya ke tukang servis, Jika Anda memiliki kemampuan daam hal ini, Anda bisa memanfaatkan kain kering dan minyak kayu putih untukmembersihkan layar. Cara in sudah banyak dibuktikan dan sangat efektif.

Jangan Menggunakan Handphone dengan Waktu Lama

Cara mengatasi HP yang tidak bisa disentuh berikutnya adalah dengan memberi waktu istirahat untuk Handphone Anda. Hp yang digunakan dalam waktu lama  kemungkinan akan cepat panas. Jika HP panas tentunya akan terjadi berdampak pada baterai dan layarnya. Jadi, apabila HP Anda panas, respon yang diberikan HP juga akan lambat.

Banyak sekali pengguna yang mengeluhkan HP panas dan berdampak pada layar yang tidak bisa disentuh. Jika penyebab layar HP Anda tidak bisa disentuh karena panas, coba diamkan sebentar gadget yang Anda gunakan.

Matikan dan Nyalakan Handphone Dalam Waktu Singkat

Cara ini banyak dilakukan oleh pengguna, yang Hpnya sering hang dan tidak bisa dgunakan. Cara ini bisa dikatakan sebagai cara pertama untuk memulai ulang sistem HP yang tidak memberikan respon saat diberikan sentuhan. Jika Anda mengalami masalah yang sama, cara ini mungkin bisa menjadi pilihan pertama.

Cek Touchscreen Secara Berkala

Jika memang Anda memiliki kemampuan mumpuni dan bisa membuka dan memperbaiki Touchscreen HP, cara ini bisa Anda lakukan saat HP hang dan tidak memberikan respon. Namun jika kurang mahir dengan hal ini, sebaiknya membawa ke tukang seis untuk menghindari kerusakan selanjutnya. Biasanya jika ada goresan atau bekas di layar, itulah yang menyebabkan HP Anda tidak memberikan respon atau lambat respon.

Mulai Ulang ke Pengaturan Awal

Restart atau mulai ulang juga bisa dilakukan sebagai cara mengatasi hp yang tidak bisa disentuh. Degan mulai uang, istm yang Anda gunakan akan kembali fresh untuk menjalankan berbagai perintah dari aplikasi yang terpasang. Disamping itu, mulai ulang juga dapat memberikan waktu istirahat bagi HP Anda setelah digunakan dengan waktu lama. Berikut cara restart yang benar:

  1. Pertama, Masuk ke Settings > Kemudian, Buat Cadangan & Setel Ulang
  2. Kemudian Klik Reset Data Pabrik
  3. Selanjutnya Setel Ulang Handphone
  4. Tunggu sampai proses mulai ulang selesai.
Baca Juga:  Cara mengatasi speaker hp kemasukan air yang ampuh

Selain cara diatas, Anda juga bisa melakukan reset ulang dengan menggunakan kombinasi Tombol Daya, Volume + & Volume -. Cara ini mungkin hanya bisa dilakukan untuk beberapa jenis dan merk hp saja. jika HP Anda tidak bisa melakukan kombinasi tombol, sebaiknya menggunakan cara yang pertama saja.

Coba Aktifkan Fasilitas Force GPU for 2D 

Cara mengatasi HP yang tidak bisa disentuh yang terakhir adalah dengan mengaktifkan fitur sakti yakni, Force GPU. Cara Ini memang tidak banyak diketahui. Layar HP yang tidak dapat disentuh bisa juga disebabkan oleh keadaan transisinya yang buruk sehingga fitur ini sangat perlu diaktifkan, pengaturan ini bisa langsung ditemukan di ponsel android Anda. Berikut caranya:

  1. Masuk Settings > kemudian pilih menu ‘Tentang ponsel’
  2. Kemudian klik ‘Build Number’ sampai tujuh kali.
  3. Setelah itu, masuk lagi ke Settings > dan pilih menu ‘Developer Options’ lalu klik Force GPU Rendering secara langsung fitur ini sudah bisa diaktifkan

Demikian penjelasan mengenai Cara mengatasi HP yang tidak bisa disentuh, cara diatas bis Anda lakukan dengan mudah. Namun jika cara diatas tidak mampu mengembalikan fungsi layar sentuh perangkat Anda, sebaiknya mengganti layar saja agar kembali baru dan nyaman digunakan.

Leave a Comment