Cara Membuat Tabel Di Excel Untuk Pemula

Cara Membuat Tabel Di Excel – Apakah Anda pernah merasa terombang-ambing oleh tumpukan data yang rumit? Atau pernahkah Anda merasa kebingungan dalam mengorganisir informasi penting untuk pekerjaan atau tugas sekolah Anda? Jangan khawatir, karena ada sebuah solusi yang dapat membuat hidup Anda menjadi lebih mudah. Mari kita pelajari cara untuk membuat tabel di Excel!

Excel bukan hanya sekadar program spreadsheet biasa. Melainkan dapat membantu Anda menghadapi tantangan sehari-hari dalam mengatur dan menganalisis data. Dengan menggunakan Excel, Anda dapat mengubah informasi berupa data menjadi tabel yang terstruktur dan mudah dipahami. Tidak ada lagi kekacauan atau kebingungan, karena Excel hadir untuk menyelamatkan Anda.

Maka dari itu pada kesempatan ini kita akan menjelasakan cara membuat tabel di Excel untuk pemula sekaligus pun akan dapat dimengerti, simak penjelasannya dibawah hingga selesai.

Cara Membuat Tabel Di Excel

Tabel di Excel menjadi hal yang penting bagi kita jika ingin mengumpulkan data baik itu tugas atau pekerjaan. Dengan menggunakan tabel informasi mengenai data juga lebih rapih dan enak dipandang. Tidak hanya itu, kita juga dapat menjumlahkan data, menghitung rata-rata, membagi, mengkalikan dan lain sebgainya. Sehingga kita juga diuntungkan dari segi waktu menjadi lebih efisien. Membuat Tabel di Excel sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, simak caranya dibawah ini ya!

Baca Juga:  5 Cara Edit Foto di Photoshop dengan Mudah, Cocok untuk Pemula

Cara Membuat Tabel Di Excel Untuk Pemula Dengan Rumus

Bagi sebagian orang tentu membuat tabel menjadi hal yang membingungkan, apalagi jika anda tidak sering atau baru pertama kali menggunakan software Excel. Adanya tabel di Excel membuat kesan data lebih rapih anda juga dapat mengkombinasikannya dengan berbagai rumus seperti menjumlahkan, membagi, rata-rata dan mengkalikannya. Maka dari itu silahkan simak penjelasannya dibawah ini mengenai cara membuat tabel di Excel untuk pemula:

  • Langkah ke 1: Buka Microsoft Excel

Langkah ke 1: Buka Microsoft Excel dalam membuat tabel di excel

Pertama yang harus ada lakukan ialah membuka Software Microsoft Excel. Ketika sudah ada di Excel Silahkan klik “Blank workbook” apabila anda sudah membuat sebelumnya anda dapat membuka file excel tersebut.

  • Langkah ke 2: Tab Insert

Langkah ke 2: Tab Insert untuk membuat tabel di excel

Sebelum kita lanjut, silahkan letakkan kursor data yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian untuk menambahkan tabel anda dapat klik tab atu menu “Insert”. Setelah itu fokus ke bagian “Tables”.

  • Langkah ke 3: Buat Tabel

Langkah ke 3: Buat Tabel di excel

Setelah itu silahkan klik menu “Table” untuk mulai membuat tabel. Jika sudah akan muncul pop up “Create Table” jangan lupa untuk menceklis “My Table Has headers” dan klik “Ok”

  • Tabel sudah berhasil dibuat seperti dibawah ini

Cara membuat tabel di excel untuk pemula dengan rumus

Tabel di Excel telah selesai dibuat dengan begitu mudah dan gampang, selanjutnya anda tinggal merapihkan data tersebut dengan menu yang ada di Excel untuk membuat tabel lebih rapih dan menarik. Anda juga bisa memfilter data tersebut berdasarkan huruf dari A-Z, dari Z-A, serta dapat memfilter nilai atau angka dari yang terbesar ke yang terkecil, begitupun sebaliknya.

Baca Juga:  Incognito Mode: Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Cara Menggunakannya

Cara Mengubah Template Tabel di Excel

Cara Mengubah Template Tabel di Excel

Jika cara diatas sudah kamu coba dan berhasil, namun kamu tidak menyukai warna default dari Excel. Anda juga dapat menggantinya dan menggunakan template yang sudah disediakan dengan bergitu banyak pilihan warna yang kece. Berikut cara yang dapat anda lakukan untuk mengubah warna atau templat tabel di Excel:

  • Pertama silahkan tandai “table” yang sebelumnya sudah anda buat
  • Kemudian pergi ke menu “Table Design”
  • Jika sudah silahkan fokus dibagian “Table Style” akan terdapat beberapa pilihan warna untuk tabel anda.
  • Untuk melihat semua template table silahkan klik menu seperti tanda “panah bawah”
  • Kemudian sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan warna tabel dan untuk menerapkan warnanya silahkan klik warna tabel yang anda inginkan
  • Selesai

Cara Membuat Tabel Di Excel Menggunakan Border

Membuat tabel di Excel selain menggunakan cara diatas atau menggunakan rumus, anda juga dapat membuat tabel dengan cara lain yaitu dengan menu Border. Bagi anda yang penasaran silahkan simak caranya dibawah ini:

  • Langkah ke 1: Buka Microsoft Excel

Pertama-tama bagi anda silahkan buka perangkat anda kemudian buka aplikasi Microsoft pada Laptop atau Komputer anda. Apabila sudah terbuka silahkan klik “Blank Workbook” atau anda bisa mencari file atau data yang sudah anda buat.

  • Langkah ke 2: Siapkan Data

Selanjutnya silahkan siapkan data yang ingin anda tambahkan tabel menggunakan menu border. Apabila sudah disiapkan blok atau tandai data yang ingin anda tambahkan tabelnya.

  • Langkah ke 3: Menu Home -> Border

Setelah itu silahkan fokus dibagian “Font” dan perhatikan sesuai gambar dibawah ini. Untuk membuat tabel dengan border. Jika sudah ketemu silahkan klik “All Border” untuk membuat tabel seperti pada umumnya

Baca Juga:  Gaperlu Ribet! Begini Cara Cek Kuota Tri Terbaru

Cara membuat tabel di excel menggunakan border

Sangat mudah bukan cara membuat tabel di Excel menggunakan border? Bagi anda seorang pemula pun pasti bisa menggunakan cara tersebut. Jika dirasa ingin menambahkan warna, anda dapat mendesainnya sesuai keinginan dan kebutuhan anda menggunakan menu “Home” -> “Fill Color” atau lebih jelasnya disamping menu “Border”.

Manfaat Penggunaan Tabel di Excel

Penggunaan tabel di Excel memiliki manfaat yang signifikan dalam pengolahan dan analisis data. Berikut adalah beberapa manfaat utama:

  • Organisasi Data yang Baik

Tabel di Excel membantu mengorganisir data dengan cara yang jelas dan terstruktur. Data yang serupa dapat dikelompokkan bersama, membuatnya lebih mudah dibaca dan dianalisis.

  • Pemfilteran Data

Tabel memungkinkan pemfilteran data berdasarkan kriteria tertentu. Kita dapat dengan cepat memfokuskan pada data penting dan menyembunyikan data yang tidak relevan.

  • Penghitungan Otomatis

Dalam tabel di Excel, kita dapat menggunakan rumus dan fungsi untuk perhitungan otomatis. Hal ini sangat berguna saat data terus diperbarui, dan hasil perhitungan perlu selalu mengikuti perubahan data.

  • Pengurutan Data

Tabel memungkinkan pengurutan data berdasarkan nilai dalam kolom tertentu. Ini memudahkan pencarian dan analisis data lebih mendalam.

  • Visualisasi Data

Tabel di Excel dapat dengan cepat mengubah data menjadi grafik atau diagram, membantu memvisualisasikan informasi secara jelas dan menarik.

  • Mengurangi Kesalahan

Dengan tabel, kesalahan yang kita buat dapat diminimalkan. Format yang konsisten dan kemampuan untuk menggunakan rumus dan fungsi secara otomatis serta dapat mengurangi risiko kesalahan perhitungan.

  • Efisiensi dan Produktivitas

Tabel membuat pengolahan data lebih efisien dan meningkatkan produktivitas. Dengan fitur seperti filter, pengurutan, dan perhitungan otomatis, pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan tepat.

Demikian artikel mengenai Cara Membuat Tabel Di Excel semoga dapat membantu, bermanfaat dan menambah wawasan anda, Terimakasih!

Bagikan Postingan:

Leave a Comment